Cara Menghapus Virus di Android - Kiraky
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menghapus Virus di Android

Cara Menghapus Virus di Android


Tak hanya di komputer atau laptop aja virus juga dapat memasuki smartphone anda seperti Android. Mungkin, sudah banyak smartphone android yang terkena virus.

Virus pada OS Android sendiri memiliki versi yang bermacam-macam, contohnya: Cyber Police (Ransomware), Engriks, ShiftyBug, Obad, Shuanet, Shedun, dan masih banyak virus lainnya.

Untuk anda yang smartphone nya sedang dimasukin virus malware anda tenang terlebih dahulu. Pada kesempatan kali ini kiraky akan memberikan cara yang bisa anda gunakan untuk menghapus virus pada smartphone anda.

Cara Menghapus Virus di HP Android

Untuk menghapus virus di HP Android cara yang bisa anda gunakan yaitu menggunakan fitur bawaan maupun aplikasi pihak ketiga. Silahkan anda simak di bawah ini untuk cara menghapus virus di hp android dengan aplikasi pihak ketiga.

Menghapus Virus Android dengan Aplikasi

Pada aplikasi google play store, tersedia banyak sekali aplikasi antivirus dari beberapa developer. Tetapi, saya tidak akan menjelaskan semuanya (kalo di jelasin semua capek uy) jadi saya akan menjelaskan cuman 2 aplikasi saja silahakan anda simak dibawah ini.

1. Kaspersky Antivirus

Siapa yang ga tau kaspersky? bagi anda yang belum tau, perusahaan ini bergerak untuk membasmi virus-virus di dunia yang sangat ampuh.

Kaspersky mempunyai aplikasi untuk android yg ada di google play store yang bernama Kaspersky Antivirus, aplikasi ini sangat direkomendasikan di smartphone atau di pc dengan aplikasi ini anda bisa melakukan scanning terhadap virus yang ada di smarthone anda.

Untuk anda yang mau mencoba aplikasi rekomendasi ini silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Pertama anda downlaod dahulu aplikasi Kaspersky Antivirus di google play store (Kaspersky Antivirus).
  2. Jika anda sudah menginstall aplikasi kaspersky antivirus silahkan anda buka aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya akan tampil tampilan awal aplikasi kaspersky antivirus di hp anda, silahkaan anda tap next pada aplikasi itu.
  4. Nanti akan ada tampilan lagi untuk menggunakan versi gratis atau berbayar jika anda ingin versi gratis silahkan anda tap skip dan lanjutkan dengan tap scan pada aplikasi kaspersky antivirus.
  5. Setelah itu anda klik Scan lagi dan pilih Full Scan agar aplikasi kaspersky antivirus melakukan scan secara keseluruhan pada hp anda.
  6. Silahkan anda tunggu proses scan sampai selesai, jika sudah selesai biasanya akan muncul icon centang dan backgroudn berubah berwarna hijau.
  7. Selesai

2. Avast Antivirus

Selain dari aplikasi kaspersky, ada aplikasi lain yaitu dari perusahaan Avast. Avast juga merupakan perusahaan yang bergerak untuk membasmi virus-virus di dunia, perusahaan ini juga mengeluarkan aplikasi untuk smartphone yang dapat diandalkan untuk menghapus virus-virus jahat yang ada di smartphone kalian.

Berikut adalah cara untuk menggunakan Avast Antivirus untuk mengahapus virus di android:
  1. Pertama silahkan download terlebih dahulu Aplikasi Avast Antivirus di Google Play Store (Avast Antivirus).
  2. Silahkan download silahkan anda buka aplikasi Avast Antivirus nanti akan tampil halaman awal dari aplikasi tersebut.
  3. Jika sudah pilih versi datar karna kita akan menggunakan versi gratis.
  4. Nanti akan muncul Pop Up Catatan Privasi silahkan anda pilih lanjutkan secara gratis setelah itu anda tap pindai untuk memulai proses scan virus di smartphone anda.
  5. Silahakan anda tunggu proses scan avast antivirus sampai selesai, jika sudah selesai anda akaan melihat laporan dari Aplikasi Avast Antivirus jika terdapat masalah silahakan pilih Selesaikan atau Resolved termasuk jika ada virus.
  6. Selesai.

Menghapus Virus Android Tanpa Aplikasi

Cara diatas tadi kan menggunakan aplikasi sekarang kita basmi virus di smartphone kita tanpa aplikasi atau pihak ketiga jika cara menghapus virus android dengan aplikasi gagal.

Catatan:
Untuk jaga-jaga silahkan anda membackup terlebih dahulu data di smartphone anda supaya menjaga-jaga kalau error ada backupan.

Menggunakan Safe Mode

Apa itu safe mode? Safe Mode adalah sebuah fitur yang ada di android untuk kegunaan terbatas jadi tuh semua aplikasi yang anda install di smartphone kalian tidak akan bisa dijalankan.


Dikarenakan sebagian virus kan banyak disebabkan oleh aplikasi yang terinstall otomatis di smartphone kalian, jadi langkah untuk menghapus aplikasi tersebut kita menggunakan safemode. Berikut adalah cara menghapus virus di android dengan safe mode:
  • Silahakan anda masuk terlebih dahulu ke Safe Mode di Android untuk caranya silahkan anda matikan terlebih dahulu hp anda terus hidupkan kembali.
  • Saat layar hp anda sudah menyala silahkan anda tekan dan tahan volume down sampai hp berhasil booting (oh ia tipe hp beda-beda ya untuk masuk ke safe mode, kalau tidak berhasil silahkan anda cari di google cara masuk safe mode merek hp kalian).
  • Jika anda sudah berhasil anda akan melihat safe mode atau mode aman di pojok kiri bawah hp anda.
  • Selanjutnya anda buka aplikasi pengaturan atau setting terus cari pengaturan aplikasi, Silahkan anda cari aplikasi yang mencurigakan atau aplikasi yang anda merasa tidak pernah install aplikasi tersebut.
  • Jika sudah ketemu aplikasi nya silahkan anda uinstall aplikasi tersebut seperti biasanya.
  • Oh ia, jangan lupa cek file yang anda simpan siapa tau virus nya berasal dari file yang anda download.
  • Kalau sudah selesai menghapus aplikasi atau file mencurigakan silahkan anda keluar dari Safe Mode dengan cara restart hp anda.

Menggunakan Factory Reset

Ingat kan saya suruh membackup data anda terlebih dahulu? dikarenakan menggunakan cara ini semua data dan pengaturan di hp anda akan kembali seperti anda membeli baru hp anda.

Cara ini ampuh sih tapi semua data akan terhapus termasuk juga virus yang ada di hp anda juga terhapus tapi ya gitu resiko nya kalo tidak membackup data, data anda bisa ilang :(

Jika anda ingin mencoba nya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Silahkan anda buka aplikasi pengaturan di hp anda.
  • Silahkan buka pengaturan manajemen umum lalu tap RESET (oh ia ini letak nya kadang beda-beda jadi silahkan anda cari sendiri ya).
  • Kalau sudah ketemu silahakan anda pilih RESET DATA PABRIK nanti akan muncul pilihan RESET untuk memulai prosesnya.
  • Silahkan anda tunggu proses factory reset nya hingga hp anda hidup kembali seperti awal membeli hp anda.
  • Selesai.

Menggunakan Flash Firmware

Hmmmm, pasti kalian ngira kalau flash firmware itu sama kaya factory reset ya? dikarenakan sama-sama menghapus data di hp anda, ga sepenuhnya benar kok itu. Terkadang juga masih ada sisa-sisa anda melakukan factory reset tapi dengan melakukan flash firmware semua data di hp anda akan terhapus dan akan digantikan dengan data baru dari firmware yang anda flash.

Jadi kalau anda tadi menggunakan factory reset masih belum ilang juga virus nya silahakan anda melakukan flash firmware tapi ya gitu backup dulu data anda kalo ilang kan sayang :(

Terima kasih udah berkunjung ke artikel "Cara Menghapus Virus di Android" Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian.