Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak - Kiraky
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak

Flashdisk merupakan benda yang sangat penting pada sekarang ini walaupun memiliki bentuk ukuran yang kecil tapi flashdisk dapat menyimpan dokumen bebagai format dan ukuran yang sangat baik.

Tidak hanya itu saja, flashdisk ini sering sekali kita gunakan untuk memindahkan file dari komputer/laptop ke komputer/laptop lain. Walaupun bendanya kecil tapi sangat memudahkan kita untuk pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen non fisik (elektronik).

Pada zaman sekarang ini flashdisk semakin berkembang dan semakin canggih, flashdisk ini dapat anda temukan dengan berbagai merek dan ukuran yang bisa anda gunakan dan harganya pun juga beragam tergantung ukurannya.

Biasanya sih kalo semakin besar kapasitas penyimpanan yang ditawarkan harganya juga akan semakin mahal karna dengan kapasitas ukuran penyimpanan yang besar tentu aja anda akan bisa menaruh dokumen atau file-file yang akan anda butuhkan nanti.


Tapi sayangnya flashdisk dapat rentan mengalami berbagai masalah jika penggunannya tidak tepat dan tidak berhati-hati, contohnya seperti tidak terbaca, file corrupt, dan terjatuh ke dalam air sehingga flashdisk bisa rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Untuk orang yang awam tentu saja ini jadi masalah serius dan meresahkan dikarenakan tidak tahu bagiaman cara untuk memperbaikinya.

Tapi tenang aja anda tidak perlu khawatir dikarenakan banyak cara untuk menyelesaikan masalah kerusakan pada flashdisk, silahkan anda baca cara-cara tersebut di bawah ini untuk memperbaiki flashdisk rusak:

Cara Untuk Memperbaiki Flashdisk Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak
image: pixabay.com

Menginstall Ulang Driver USB

Untuk cara yang pertama anda dapat memperbaiki falshdisk rusak dengan cara menginstall ulang driver USB, langkah ini bisa anda lakukan ketika mendapati masalah dengan flashdisk anda yang tidak terbaca di komputer maupun di laptop. Untuk melakukan install ulang driver usb anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:
  • Silahkan anda hubungkan terlebih dahulu flashdisk anda pada komputer atau laptop anda.
  • Setelah itu anda buka menu control panel pada komputer/laptop anda lalu anda pilih menu hardware and sound.
  • Lalu anda pilih menu driver manager dan silahkan anda cari serial bus controller.
  • Setelah itu anda buka menu dropdown dan anda cari perangkat USB Mass Strogae Device yang ada tanda peringatan berwarna kuning.
  • Terus anda klik kanan dan pilih menu uinstall lalu cabut flashdisk anda dan silahkan anda hubungkan kembali di komputer atau laptop anda.

Menggunakan Write Protected

Cara kedua untuk memperbaiki flashdisk anda bisa menggunakan White Protected, write protected ini bisa anda gunakan di command prompt atau cmd di komputer atau laptop anda. Silahkan anda ikuti beberapa dibawah ini untuk menggunakan write protected:
  • Anda buka dahulu command prompt atau cmd dengan cara klik pada logo windows yang ada di bawah kiri atau bisa anda gunakan "run" dengan cara tombol windows + r lalu ketikkan "cmd" setelah itu enter.
  • Nanti akan muncul command prompt atau cmd setelah itu silahkan anda ketikkan diskpart dan anda enter nanti akan muncul jendela baru.
  • Terus anda ketik lagi "list disk" untuk melihat daftar penyimpanan yang ada di komputer atau laptop anda.
  • Setelah itu silahkan anda pilih perintah select disk 3 jika flashdisk anda berada di posisi nomor 3 pas tadi list disk.
  • Terus anda ketikkan perintah "attributes disk clear readonly" setelah itu klik clean dan create participation primary.
  • Selanjutnnya anda ketikkan perintah "format fs=fat32" atau anda bisa ubah "fat32" jadi "ntfs".

Menggunakan HDD Low Level Format

Cara ketiga untuk memperbaiki flashdisk rusak anda juga bisa menggunakan bantuan software "HDD Low Level Format" cara ini sangat mudah dan simpel, berikut cara menggunakan HDD Low Level Format:
  • Silahkan anda hubungkan terlebih dahulu flashdisk anda pada komputer atau lapotp anda.
  • Setelah itu download software HDDGuru Low Level Format, klik disini.
  • Setelah anda sudah download software HDDGuru Low Level Format.
  • Silahkan anda install terlebih dahulu dengan cara klik kanan pada software HDDGuru Low Level Format lalu pilih "Run As Administartor".
  • Setelah itu anda ikuti pentunjuk untuk install software tersebut.
  • Setelah sudah di install anda buka software HDDGuru Low Level Format dan anda pilih usb lalu klik menu continue.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang terkena Air

Apabila anda mempunyai masalah dengan flashdisk anda yang terkena air atau berenang di air anda tidak perlu khawatir masalah ini bisa anda tangangi dengan cara mengeringkan flashdisk anda yang terkena air atau berenang di air.

Anda dapat mengeringkannya dengan cara menjemur flashdisk anda langsung di bawah matahari hingga kering, setelah flashdisk anda kering anda bisa mencobanya di komputer atau laptop anda. Biasanya sih setelah dijemur dibawah panasnya sinar matahari flashdisk anda bisa digunakan kembali.


Oh ia selama flashdisk masih keadaan masih basah jangan dihubungkan ke komputer atau laptop kalian ya soalnya nanti bisa konslet gitu terus bisa mengalami kerusakan karena arus listrik abis itu malah beli flashdisk baru deh.

Note: Untuk anda yang ada dokumen atau file penting lebih baik anda menggunakan penyimpanan cloud seperti google drive, onedrive, dropbox, dan lain-lain untuk menjaga dokumen atau file anda tidak hilang.

Terima kasih sudah berkunjung ke artikel "Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak", jika artikel ini bermanfaat silahkan anda share ke teman-teman kalian.