Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

manfaat-makan-pisang-setiap-hari

Salah satu buah yang paling gampang didapati di Indonesia ialah pisang. Tidak perlu membelinya di toko buah, banyak orang yang bahkan dapat dengan gampang memperolehnya di kebun-kebun ataupun pekarangan dekat dengan rumah. Tak Hanya rasanya yang manis serta mengenyangkan, ahli kesehatan menyebutkan pisang sebagai salah satu buah yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang amat besar untuk tubuh.

Bermacam manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari makan pisang

Di dalam buah pisang ada banyak sekali nutrisi sehat semacam potasium, kalium, serat, zat besi, magnesium, serta bermacam jenis vitamin. Hal ini membuatnya masuk dalam daftar makanan superfood yang berlimpah akan manfaat kesehatan.

Berikut ini bermacam manfaat makan pisang bagi kesehatan yang dapat diperoleh bila kita rutin mengkonsumsi pisang.

Bagus untuk kesehatan otak

Sebagaimana dikatakan sebelumnya, di dalam pisang ada kandungan kalium yang tinggi. Kandungan ini ternyata sungguh bagus untuk kesehatan otak, khususnya dalam membuat fungsinya meningkat. Kita juga akan lebih positif dalam berpikir, berkonsentrasi, dan juga mengingat.

Tidak Cuma itu, di dalam pisang pula tinggi kandungan magnesium. Kandungan ini dapat membuat peran otak makin meningkat karna akan membuat sel-sel di antara otak mampu saling berkirim sinyal dengan lebih baik. Magnesium juga akan memastikan reseptor n-methyl-d-aspartate (NMDA) yang dapat membuat pertumbuhan otak pada anak-anak makin maksimal. Hal ini pula akan membuat daya belajar serta daya ingat meningkat dengan drastis.

Mampu menyediakan energi

Di dalam pisang ada kandungan gula alami serta serat yang dapat membuat tubuh jadi lebih berenergi. Hal ini berarti, bila kita mengonsumsinya sebagai camilan ataupun ketika merasa lapar, akan membuat tubuh jadi kembali bertenaga buat menjalankan beraneka macam hal.

Sebuah riset menunjukkan kalau makan dua buah pisang dapat menyediakan energi yang cukup bagi tubuh untuk berjalan dalam waktu 90 menit. Hal ini berarti, energi yang disediakan buah ini memang cukup besar.

Dapat memperlancar saluran pencernaan

Pisang tinggi kandungan serat. Kandungan ini diketahui luas baik untuk kesehatan pencernaan sebab dapat menghindari datangnya permasalahan sembelit, kembung, dan juga gangguan pencernaan lainnya. Kategori serat yang terdapat di dalam pisang yaitu serat pektin yang juga mampu membuat resiko terkena kanker usus besar dapat ditekan dengan signifikan.

Mampu mengendalikan kadar gula darah

Meskipun mempunyai rasa yang manis, pisang malah akan membantu mengendalikan kadar gula darah terus seimbang. Keadaan ini dikarenakan oleh kehadiran serat pektin yang dapat membantu tubuh menjalankan peran ini. Tak Hanya itu, dengan mengkonsumsi pisang sebagai camilan, bukannya camilan tidak sehat lainnya, akan memelihara asupan kalori serta gula tidak berlebihan.

American Diabetic Association menyebutkan konsumsi pisang dengan cara rutin dapat membantu menghindari datangnya diabetes dengan efektif.

Tinggi kandungan antioksidan

Di dalam pisang ada kandungan antioksidan yang amat tinggi. Tidak cuma akan membuat sistem ketahanan tubuh menjadi lebih kuat serta melawan paparan tidak baik radikal bebas, ahli kesehatan mengatakan antioksidan ini dapat menambah pembentukan hormon dopamine dan juga katekin yang mampu menghindari datangnya stres serta peradangan.

Bagus untuk diet

Di dalam pisang ada kandungan karbohidrat berjenis resistant starch yang mampu membuat perut kenyang dalam waktu yang lama. Keadaan ini berarti, makan pisang sebagai bagian dari menu makanan harian alias camilan dapat membantu menurunkan berat badan.

Dapat mengatasi stres

Kandungan asam amino triptofan serta vitamin B6 mampu merangsang pembentukan hormon serotonin di dalam tubuh yang menghilangkan stres, memperbaiki suasana hati, membuat pikiran dan juga tubuh menjadi santai, serta hasilnya berimbas pada sensasi lebih bahagia.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.