Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled

Windows Script Host atau WSH adalah salah satu fitur bawaan dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan script pada komputer seperti Java atau VB. Jika WSH ini terus aktif secara default, WSH memungkinkan administrator sistem untuk mengotomatisasi berbagai proses pada sistem Windows melalui script, seperti jaringan drive dan koneksi printer.

Apabila WSH ini dinonaktifkan atau mati, kemungkinan komputer akan menampilkan pesan dengan tulisan "script host run.vbs" atau "error script host access is disabled on this machine" pada sistem operasi Windows versi 7-10. Meskipun demikian, masalah ini dapat dengan mudah diatasi dengan memahami tutorial yang akan disediakan.

Cara mengatasi pesan error "Script Host Access is Disabled on This Machine" pada Windows, Windows Script Host atau singkatnya WSH adalah teknologi Microsoft yang memiliki kemampuan untuk menjalankan script seperti file batch. Tetapi dengan lebih banyak fitur, jika kalian mengalami masalah dengan pesan error "Script Host Access is Disabled on This Machine" pada sistem operasi Windows.

Script dapat dijalankan langsung dari desktop dengan mengklik dua kali file script atau melalui command prompt atau biasa disebut CMD. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pesan error "windows script host access is disabled on this machine" sering muncul.

Ternyata beberapa aplikasi telah mencoba menjalankan script yang disebabkan oleh Windows Script Host (WSH). Dalam situasi seperti ini, kalian dapat menggunakan fitur yang tersedia pada software antivirus Smadav. Smadav secara default sudah disetel untuk menonaktifkan WSH, jadi kalian perlu mengaktifkannya kembali untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Smadav secara default menonaktifkan fungsi WSH karena seringkali pengguna tidak ingin aplikasi yang menjalankan script sendiri yang dapat mengganggu produktivitas. Jadi, ketika kalian ingin menjalankan sebuah script, namun aplikasi Smadav telah menonaktifkan fitur WSH.

Maka akan muncul pesan bahwa sistem tidak dapat menjalankan script tersebut karena Smadav telah menonaktifkannya. Berikut adalah tutorial singkat yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah terkait WSH:

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled


Menggunakan Smadav

Bagi kalian yang menggunakan antivirus smadav kalian bisa mengiktui beberapa langkah yang ada dibawah ini:

1. Allow Windows Script & Macro (Forever)

Kalian bisa klik icon tanda panah ke atas yang berada pada pojok kanan bawah taskbar kalian, nanti akan muncul icon-icon yang sedang berjalan di latar belakang termasuk smadav.

Untuk mengaktifkan Windows Script Host (WSH) yang telah dinonaktifkan oleh Smadav, Anda dapat mengklik kanan pada icon Smadav, kemudian memilih opsi "Allow Windows Script & Macro (Forever)"

2. Klik OK

Setelah akan muncul notifikasi Enabled Permanently for: Windows Script Host dan Macro (VBA) for MS-Word.

Tinggal kalian klik OK dan buka script yang akan kalian jalankan sebelumnya. Jika belum bisa kalian bisa mengikutui cara kedua dibawah ini.

Menggunakan System Configuration

Untuk cara mengatasi windows script host access is disabled selain menggunakan smadav kalian bisa mengatasinya dengan mengatur beberapa settingan untuk mengatasi masalah tersebut sebagai berikut:

  • Kalian bisa buka pencarian windows dan ketikkan "system configuration".
  • Setelah itu pada tap general kalian pilih selective startup dan centang "Load System Services dan Load Startup Items".
  • Setelah itu kalian ke tab service dan klik tombol "Disable All".
  • Hilangkan centang pada Hide All Microsoft Services dan klik tombol OK.
  • Maka error tersebut sudah akan hilang.

Jika menggunakan system configuration atau smadav masih belum bisa kalian bisa ke tahap selanjutnya yaitu menggunakan regedit.

Menggunakan Regedit

Apabila masalah Script Host Access is Disabled on This Machine masih belum selesai walau sudah menggunakan smadav dan system configuration maka kalian bisa menggunakan regedit dengan cara sebagai berikut ini:

  • Kalian bisa buka kotak dialog RUN dengan menekan tombol windows + r secara bersamaan.
  • Setelah itu tinggal kalian ketik regedit.
  • Nanti tinggal kalian ke "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings".
  • Setelah kalian berada di setting kalian klik kanan pada setting dan pilih New.
  • Nanti kalian pilih DWORD (32) bit Value dan kalian beri nama Enabled.
  • Setelah kalian membuat file Enabled kalian klik kanan pada enabled dan pilih modify.
  • Masukkan value data atau ganti angka 0 menjadi 1.
  • Setelah itu kalian tinggal restart komputer atau laptop kalian.

Biasanya Error Script Access is Disabled on This Machine ini akan muncul di windows akan tetapi banyak sekali yang bingung untuk cara mengatasinya.

Kalian bisa mengikuti beberapa langkah yang ada di artikel ini untuk bisa mengatasi masalah script host access is disabled on this machine tersebut. Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.