Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Diagram Alur: Proses, Kriteria dan Kegunaan

Daftar Isi [Buka]

 Jika anda berada di suatu organisasi pasti anda akan bekerja di salah satu perusahaan atau bias juga di lembaga pemerintahan pasti butuh diaglam alur. Salah satu ini adalah hal yang wajib di pahami oleh kita dikarenakan di organisasi atau lembaga pasti sudah menggunakan diagram alur. Untuk itu kita harus bias membuat diagram alur yang benar jadi harus memiliki pemahaman yang baik serta benar.

Yang biasa bekerja di perusahaan atau di lembaga pemerintah pasti sudah biasa untuk melihat diagram alur ini tapi tidak banyak orang juga yang belum memahami apa itu diagram alur dari kegunaan diagram alur, fungsi diagram alur dan sebagainya. Jika anda tidak memahami nya disini kiraky.com akan menjelaskan mengenai diagram alur jadi anda bias menambah pemahaman anda

Apa itu diagram alur?

pengertian-diagram-alur
contoh diagram alur


Diagram alur adalah diagram yang ada di dalam nya berisikan beberapa blok seperti kotak persegi Panjang  yang bias terhubung oleh panah, biasanya diagram alur ini akan menjelaskan suatu proses serta langkah demi langkah untuk satu prosedur tertentu.

Jadi diagram ini bias menyajikan dokumen yang anda butuhkan serta menghasilkan setiap proses didalam suatu prosedur itu.

Proses Membuat Diagram Alur

Untuk proses pembuatan diagram alur tentunya harus mengerti terlebih dahulu seperti apa proses pembuatan diagram alur tersebut. Dengan ada nya proses pembuatan diagram alur orang pasti akan tau cara membuat diagram alur serta kualitasnya sangat baik dan juga memberikan informasi secara jelas. Bagaimana cara proses pembuatan diagram alur? 

  • Proses yang pertama terlebih dahulu anda harus membuat prosedur yang sudah jelas terlebih dahulu dari pertama sampai selesai sesuai dengan kesepakatan berasma
  • Untuk proses kedua anda bias juga mengumpulkan proses seperti langkah-langkah yang ada di prosedur yang akan anda buat diagram alur. Jadi sebisa mungkin proses atau langkah-langkah yang ada di diagram alur harus singkat padat dan mudah untuk di pahami.
  • Proses yang ketiga anda bisa mengurutkan dari setiap proses tersebut dari pertama mulai sampai berakhir ini harus anda lakukan secara teliti.
  • Proses keempat anda bisa memikirkan dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk setiap proses yang akan dihasilkan oleh setiap proses tersebut. Masukkan dari document tersebut dalam proses yang membutuhkannya ini serta hasil di dalam poroses diagram alur tersebut.
  • Bisa juga anda buat alur dari document tersebut kemana saja serta selesai dimana.
  • Jangan lupa untuk periksa kembagi diagram alur yang anda buat tadi, sudah lengkap atau tidak ada simpul yang terbuka.
  • Jangan lupa juga diskusikan dengan teman satu team atau atasan anda sehingga diagram alur yang akan anda buat itu sempurna.

Apa Kriteria Diagram Alur Yang Baik?

Untuk kriteria diagram yang baik itu pasti anda juga harus tahu terlebih dahulu apa saja kriteria dari diagram alur yang terbaik, mungkin saja sampai sekarang masih banyak orang yang membuat diagram alur asal jadi saja padahal sih sebenar nya lebih dari itu. Berikut ini kriteria diagram alur yang memiliki kualitas terbaik

  • Kriteria diagram alur yang baik pertama itu harus singkat padat dan jelas di setiap prosesnya jadi lebih mudah di pahami oleh satu team anda atau atasan anda.
  • Anda bisa menggambar diagram alur ini secara jelas kepada team satu team atau atasan anda mengenai prosedur yang di buat di diagram alur tersebut.
  • Untuk bagan yang terlihat sederhana tetapi bisa menjelaskan semua proses serta satu prosedur juga bagian kriteria yang baik.
  • Tampilkan diagram alur itu secara rapih jadi orang yang akan melihat serta membaca akan merasa nyaman.

Apa Kegunaan Diagram Alur?

Untuk kegunaan diagram alur ini memang cukup banyak sekali, tapi tidak banyak orang juga memahami dengan benar kegunaan dari diagram alur ini, Jadi diagram alur itu bisa saja dimanfaatkan untuk bebagi hal seperti dalam kegian organisasi, berikut ini contoh dari kegunaan diagram alur.

  1. Untuk memperjelas suatu prosedur
  2. Untuk menemukan solusi dari sebuah masalah
  3. Membangun sebuah system organisasi yang baik
  4. Menjadi sebuah sistem berpikir