Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Flowchart di Word

Daftar Isi [Buka]

Diagram Alir yaitu perlengkapan berpikir visual yang kokoh yang begitu diabaikan buat tugas- tugas non- teknis. Bisa jadi sebab diagram alur diawali sekedar selaku kemampuan metode serta tidak melampaui rancangan dewan perencana industri. Dengan pemrograman pc, dia selaku lebih universal.

Sekali lagi, tidak butuh senantiasa begitu teknis. Dengan sedikit imajinasi, Kalian sanggup menyederhanakan pekerjaan maupun kehidupan Kalian dengan diagram alur. Salah satu perlengkapan termudah guna membikin diagram alur segera yakni Microsoft Word.

Apa itu Flowchart

cara-membuat-flowchart-di-word


Frank Gilbreth, seseorang insinyur diyakini sudah menghasilkan" Bagan Alir Proses" awal pada tahun 1921. Diagram alir ialah diagram yang gampang dimengerti dari tiap proses yang memanfaatkan grafik simpel guna mewakili awal, akhir, serta bermacam tahapan yang mencontohi urutan logis.

Setiap didalam proses digunakan oleh simbol unik dengan kategori sedikit dari proses. Simbol pada diagram alir ini disambung bersama dengan anak panah yang dapat menampilkan arah dari aliran proses tersebut. Serupa yang Kalian amati dari diagram di dasar ini, tiap simbol distandarisasi guna proses tertentu.

Serupa simbol standar menggambarkan langkah- langkahnya, gampang guna mengenali gimana seluruhnya sesuai bersama. Flowchart sanggup dikustomisasi guna tugas berorientasi proses apa juga. Seperti itu sebabnya bermacam ragam diagram alur terlihat dasar- dasarnya senantiasa sama.


Cara Penggunaan Dari Flowchart

Keelokan dari diagram alur ini terdapat di ke mudahannya. Kalian sanggup memanfaatkan simbol bawah guna memetakan pekerjaan apa juga serta Kalian sanggup memanfaatkan diagram alur guna situasi yang berbeda.

Di luar situ di Situs, terdapat yang bisa digunakan bagus buat memakai foto berhak cipta. Seluruhnya berkat kemudahan menciptakan diagram alur baik dengan tangan maupun alat diagram yang gampang digunakan. 

Sesudah diagram alur diilustrasikan, gampang guna mengambil pemikiran mata burung serta menguasai segala proses. Cuma proses menggambar diagram alur sanggup menunjang menjernihkan logika Kalian sendiri serta berikan Kalian pemahaman guna menciptakannya lebih baik.

Dapat di simpulkan:

  • Kalian bisa cek pada setiap proses.
  • Menggunakan langkah-langkah dari orang lain serta ikut didalam suatu proses.
  • Atur prosesnya dengan menghapus langkah- langkah yang lewat batas.
  • Identifikasi serta atasi permasalahan potensial.
  • Perbaiki sesuatu proses.

Diagram Alir Dasar

contoh-diagram-alir-dasar


Flowchart ada dalam bermacam bentuk serta ukuran. Berikut yaitu contoh diagram alur dasar yang sanggup Kalian pakai guna membikin keputusan simpel.

Bagaimana Cara Untuk Membuat Flowchart di Microsoft Word?

Untuk cara membuat Flowchart di Word silahkan siapkan terlebih dulu perlengkapan yang dibutuhkan guna membikin diagram alur di Microsoft Word 2013, 2016, maupun 2016 terletak di dalam Alat Gambar. Tapi pertama- tama jalani 3 langkah awal ini:

Optimalkan zona halaman Kalian. Kecilkan Pita dengan cara klik arah panah kecil ke atas atau anda bisa menggunakan CTRL+F1 di sebelah kanan jadi hanya tab yang ditampilkan.

Tampilkan Kotak. Klik tab Amati serta klik kotak centang Gridlines. Kisi membantu Kalian menyelaraskan serta mengukur simbol bagan alir dengan pas karna Kalian bisa mengaitkannya dengan garis kisi.

Kalian dapat menyesuaikan garis-garis dari kisi: Tata Letak Halaman=>Atur=>Ratakan=>Pengaturan Grid.

Kalian bisa gunakan Kanvas di Gambar. Untuk memasukan bentuk maupun "gambar" dalam dokumen Word secara otomatis menciptakan kanvas gambar. Kalian mesti mengganti dimensi kanvas guna membingkai seluruh diagram alur Kalian.

Serupa yang dikatakan halaman support Microsoft ini, ini sangat berfungsi pada saat mengenakan bentuk yang berbeda( serupa dalam diagram alur). Tidak cuma itu, Kalian sanggup biasakan kanvas gambar itu sendiri guna membikin latar belakang yang menarik guna bagan alur Kalian.

Kini, ayo kita mulai pekerjaan yang teliti guna menyisipkan bentuk kita serta menghubungkan semua. Itu sering membantu apabila Kalian memetakannya di atas kertas terlebih dulu, serta sesudah itu memakai Microsoft Word guna membagikan tampilan selesai.

Sketsa agresif menunjang Kalian menguasai tata letak halaman di Word. Prosesnya simpel tapi menempatkan sekian banyak perencanaan memakai" alat perencanaan" ini merupakan menghemat waktu.

Semua simbol yang dibutuhkan bisa dijumpai pada tab Sisipkan=>Bentuk. Klik tarik turun guna Bentuk:

  • Simbol disusun dengan rapi di dasar kelompok Flowchart.
  • Seleksi bentuk. Misalnya, bentuk apa juga yang kelihatan semacam oval bisa mewakili" Mulai".
  • Klik di zona kanvas, terus tombol kiri ditekan sembari menyeret mouse guna menambahkan bentuk. Kalian pula bisa mengklik 2 kali pada bentuk apa saja buat secara otomatis memperbanyaknya ke kanvas. Pindahkan serta ganti ukurannya.
  • Tambahkan teks dengan mengklik bentuk serta ketikkan label dengan kotak bacaan.
  • Hubungkan 2 bentuk simbol dengan bantuan panah maupun konektor. Tidak semacam panah simpel, konektor senantiasa tersambung ke wujud. 2 kategori bawah konektor yang ada di dasar drop down Shapes ialah siku serta melengkung.

Catatan: Konektor berperan serupa yang dimaksudkan cuma antara bentuk yang ditempatkan pada kanvas gambar.

Misalnya, Kalian bisa secara manual memindahkan konektor ke titik koneksi apa juga( diwakili oleh titik- titik biru kecil pada bentuk). Titik koneksi jangkar konektor pada tempatnya serta kalian sanggup memindahkan bentuk tanpa copot konektor.

Ini berikan Kalian banyak fleksibilitas disaat memodifikasi diagram alur Kalian dengan memindahkan bermacam hal:

  • Tambahkan Ya maupun Tidak ke konektor yang bercabang dari bentuk Keputusan dengan memasukkan Kotak Bacaan di samping panah konektor. Kalian pula bisa memanfaatkan pegangan rotasi guna memutar kotak bacaan.

Cara Untuk Menyelaraskan Bentuk

Terselip sekian banyak teknik guna melaksanakannya:

  • Metode yang dianjurkan yaitu melangsungkannya dengan benar awal kali. Pakai garis kisi serta gambarlah dengan lebar yang seragam disaat Kalian meletakkannya di atas kanvas.
  • Klik pada tiap- tiap bentuk serta seret ke posisi baru. Apabila Kalian mempunyai banyak bentuk, ini mampu sangat memakan waktu. Garis kisi membantu Kalian mematahkannya.
  • Seleksi seluruh bentuk yang mau Kalian selaraskan. Pada tab Format, klik menu Align dropdown. Seleksi Align Objects Terpilih serta pakai alat penyelarasan guna menyelaraskan bentuk secara otomatis

Cara Untuk Menyelaraskan Bagan Alir

Sesudah diagram alur disusun, Kalian sanggup dengan rapi menyelaraskan diagram cocok dengan halaman.

  • Kelompokkan seluruh bentuk serta konektor. Seleksi seluruh bentuk serta konektor. Pada tab Format, klik dropdown Grup serta seleksi Grup.
  • Dari centang drop Align apabila item Align to Margin diseleksi. Sesudah itu, klik Align Center serta/ maupun Align Middle.
  • Secara opsional, mengganti ukuran kanvas dengan menyeret sudut maupun tepi

Cara Membuat Bagan Alur Stunning di Word

Bagan alur berwarna- warni yang Kalian amati di atas tidak lain yaitu bagan alur yang lebih terformat. Memformat diagram alur di Word mesti jadi sesi akhir sesudah Kalian memasukkan, menghubungkan, serta berikan label seluruh kotak.

Lebih baik melaksanakannya dalam jumlah besar daripada menyimpan hiasan pada kotak- kotak individual dikala Kalian melangsungkannya. Jadi, seleksi sekian banyak bentuk serta format bersama- sama.

Saya hendak menyerahkannya kepada mata kreatif kalian, serta arahkan Kalian ke alat dasar yang sanggup Kalian akses dari tab Format pada Ribbon maupun opsi yang lebih terperinci yang tersedia di panel samping.

  1. Buka panel samping dengan mengklik kanan bentuk serta seleksi Format Bentuk.
  2. Kalian mempunyai banyak opsi guna merancang bentuk serta konektor:
  3. Bentuk Style: Metode cepat guna meningkatkan warna maupun gradien mengisi bentuk.
  4. Bentuk Isi: Pakai opsi warna solid maupun gradien Kalian. Jangan pakai begitu banyak skema warna.
  5. Bentuk Garis Besar: Mengendalikan properti visual dari garis pembatas. Serta, pakai guna membikin panah konektor lebih tebal maupun lebih tipis.
  6. Dampak: Berikan kedalaman bentuk dengan 3 ukuran, bayangan, dll.

Serupa yang Kalian amati, terdapat banyak opsi buat meningkatkan bermacam sentuhan akhir pada diagram alur tulang kosong. Ini begitu meletihkan, namun jangan repot- repot apabila kepingin kelihatan handal.