Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Tugas di Google Classroom

Perlu kalian ketahui pada aplikasi Google Classroom banyak sekali menyediakan pembelajaran online. Pada saat ini banyak pembelajaran di sekolah atau universitas yang memakai aplikasi Google Classroom ini.

Google sendiri menyediakan berbagai jenis platform yang bisa kalian gunakan untuk komunikasi seperti Google Meet, Google Classroom dan juga ruang penyimpanan seperti Google Drive.

Google Classroom sendiri menjadi media pendidikan yang dapat memudahkan guru dan juga siswa untuk berinteraksi. Pada fitur Google Classroom, guru sendiri dapat untuk membuat kelas, membuat tugas, dan ada juga pengumuman secara online.

Sementara di sisi siswa dapat mengirimkan tugas secara online melalui aplikasi Google Classroom. Tidak hanya itu Google Classroom sendiri memilik fitur yang dapat membagikan dokumen, melampirkan tugas, upload foto, memberikan komentar serta banyak sekali fitur yang ada di Google Classroom.

Cara Mengirim Tugas di Google Classroom

cara-mengirim-tugas-di-google-classroom

Untuk cara mengumpulkan tugas online pada aplikasi Google Classroom sendiri bisa kalian lakukan melalui smartphone atau juga komputer/laptop. Fitur ini dapat mengirimkan tugas online kalian dengan sangat gampang.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa melihat lampiran tugas kalian serta dapat melihat tugas orang lain dan menandai tugas.

Pada fitur mengirim tugas di Google Classroom sendiri juga banyak sekali. Kalian juga bisa mengubah atau mengirimkan tugas kembali.


Akan tetapi pada penggunaan Google Classroom kalian haru mengetahui tenggat waktu untuk bisa mengirim tugas, biasanya guru sendiri memberikan jangka waktu untuk bisa mengirim tugas kalian.

Jika kalian mengirim tugas melebihi dari batas waktu tersebut maka nanti nya siswa akan dicatat terlambat dan tidak bisa untuk mengumpulkan tugas.

Cara Mengirim Tugas di Google Classroom di Laptop

cara-mengirim-tugas-di-google-classroom-di-laptop

Untuk kalian yang menggunakan laptop untuk mengirim tugas di Google Classroom ini kalian bisa melampirkan beberapa dokumen serta mengunggah foto atau mengedit dokumen kalian.

Berikut adalah cara untuk upload tugas di Google Classroom melalui Laptop:

  • Pertama kalian buka terlebih dahulu classroom.google.com melalui browser kesayangan kalian di laptop.
  • Setelah itu kalian login terlebih dahulu ke email kalian yang mengikuti google classroom.
  • Setelah itu kalian bisa pilih kelas lalu cari "Tugas Kelas".
  • Kalian pilih tugas kelas tersebut nanti akan muncul bacaan "Lihat Tugas".
  • Kalian klik tombol "Tugas kalian" atau biasanya ada bacaan Your Work setelah itu kalian klik tombol tambahkan atau add or create.
  • Nanti kalian bisa melampirkan dokumen kalian melalui Google Drive , Link Tugas atau juga file dokumen yang ada di laptop kalian.
  • Jika kalian ada lampiran atau url pada link kalian juga bisa menggunakan fitur link untuk memasukkan beberapa lampiran atau url pada link tersebut.
  • Tidak hanya itu, ada juga fitur untuk melampirkan dokumen baru dengan cara kalian klik "Tambahkan atau Buat".
  • Yang nantinya pada file dokumen bisa kalian buka menggunakan Google Doc, Spreadsheet, Excel atau file gambar.

Cara Mengirim Tugas di Google Classroom di HP

cara-mengirim-tugas-di-google-classroom-di-hp

Tidak hanya melalui laptop saja kalian juga bisa menggunakan hp kalian untuk mengirim tugas di Google Classroom sendiri, berikut adalah cara untuk mengirim tugas kalian melalui HP:
  • Kalian buka terlebih dahulu aplikasi Google Classroom pada smartphone android kalian.
  • Setelah itu kalian buka kelas nanti kalian pilih "Tugas Kelas".
  • Setelah membuka kelas nanti akan muncul "Tugas Kalian" kemudian kalian klik.
  • Nanti kalian akan bisa menambahkan file untuk dokumen dengan cara kalian klik "Tambahkan".
  • Kalian bisa menambahkan dokumen melalui Google Drive, File pada Smartphone kalian, Kamera, atau juga bisa merekam Video.
  • Tidak hanya itu kalian juga bisa untuk memilih dokumen baru untuk mengupload file dokumen seperti PDF,DOC, Atau PPT.

Cara Mengumpulkan Tugas Kuis di Google Classroom

cara-mengumpulkan-kuis-di-google-classroom

Pada Google Classroom terdapat fitur kuis yang biasanya digunakan oleh guru dan siswa untuk bisa memberikan pertanyaan dan juga jawaban. Berikut adalah cara untuk mengumpulkan tugas kuis di Google Classroom:
  1. Pertama kalian buka terlebih dahulu Google Classroom bisa menggunakan laptop atau smartphone kalian.
  2. Setelah itu kalian temukan kelas yang akan kalian upload tugas kuis nya.
  3. Nanti kalian bisa menjawab semua pertanyaan yang ada di kuis tersebut.
  4. Setelah kalian menjawab soal kuisnya jangan lupa untuk perhatikan lagi jawabannya untuk kuis tersebut sudah terisi benar atau tidak.
  5. Jika kalian sudah yakin dengan jawabannya kalian bisa untuk klik tombol kirim untuk menyimpan jawaban kalian.
  6. Jangan lupa untuk mengerjakan tugas kuis secara tepat waktu.

Cara Menandai Tugas di Google Classroom

Google classroom tidak hanya untuk mengupload tugas dan mengisi kuis saja tetapi ada juga fitur untuk menandai tugas dengan sangat mudah untuk dapat menyelesaikan tugas sebelum batas waktu yang diberikan oleh guru.

Berikut adalah cara untuk menandai tugas di Google Classroom:
  • Kalian buka terlebih dahulu Google Classroom bisa melalui Laptop atau Smartphone kalian.
  • Setelah itu kalian pilih tugas yang akan kalian tandai.
  • Nanti kalian bisa untuk melihat serta mengubah kembali tugas tersebut.
  • Setelah kalian yakin untuk menandai tugas tersebut kalian bisa klik "Tandai sebagai selesai" nanti kalian tinggal konfirmasi.
  • Setelah kalian klik tandai sebagai selesai, nanti nya tugas yang kalian tandai tadi akan berubah menjadi diserahkan atau mark as done.
Terima kasih sudah membaca artikel "Cara Mengirim Tugas di Google Classroom" Jika artikel ini bermanfaat silahkan kalian share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian juga tahu cara untuk mengirim tugas di aplikasi google classroom.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.