Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Memori Internal HP Penuh

Penyebab memori internal hp penuh dapat menggangu serta menjadi masalah utama pada saat kapasitas memori internal kalian rendah adalah adanya peringatan ruang penyimpanan yang sudah penuh.

Biasanya hal tersebut terjadi pada pengguna smartphone android yang sering terjadi pada saat smartphone tersebut memiliki usia lebih dari dua tahun atau lebih, walaupuan kalian sudah membersihkan memori internal dengan cara kalian menghapus file-file yang tidak penting akan tetapi smartphone kalian masih belum optimal.

Jika terus dibiarkan nantinya kalian akan tergangu dengan peringatan tersebut ketika kalian mengambil foto ataupun video, bahkan pada saat kalian install aplikasi baru akan ada pemberitahuan tersebut.

Penyebab Memori Internal HP Penuh

Penyebab Memori Internal HP Penuh

Untuk masalah memori internal yang gampang penuh ternyata ada beberapa penyebab yang bisa membuat memori internal smartphone penuh yang bisa kalian ketahui dibawah ini.

1. Aplikasi yang Jarang Digunakan dan Tidak Bisa Dihapus

Aplikasi yang Jarang Digunakan dan Tidak Bisa Dihapus

Penyebab memori internal smartphone mudah penuh adalah pada smartphone kalian ada aplikasi yang jarang sekali kalian gunakan atau tidak pernah kalian gunakan sama sekali.

Padahal kalian sudah ingin mencoba menghapus aplikasi tersebut akan tetapi tidak terhapus dikarenakan aplikasi yang akan kalian hapus adalah aplikasi bawaan dari smartphone kalian sehingga kalian tidak bisa menghapus aplikasi tersebut.

Jika hal tersebut terjadi maka kalian bisa untuk menonaktifkan aplikasi tersebut dikarenakan jika kalian menonaktifkan aplikasi tersebut maka seluruh aktivitas aplikasi berjalan di latar belakang tersebut akan berhenti serta bisa mengurangi jumlah memori smartphone kalian.

2. Banyak Cache yang Tidak Dihapus

Banyak Cache yang Tidak Dihapus

penyebab dari memori internal yang mudah penuh adalah banyak sekali cache aplikasi yang tidak kalian hapus sehingga bisa membuat smartphone kalian tidak optimal. Cache Aplikasi adalah fungsi untuk menyimpan data  yang bisa kalian gunakan pada saat kalian membuka aplikasi sehingga proses dari aplikasi tersebut akan lebih cepat.

Akan tetapi cache dapat menyimpan data yang tidak aklian perlukan sehingga bisa membuat ruang penyimpanan habis, maka dari itu kalian bisa untuk menghapus cache yang ada pada browser hp kalian untuk agar smartphone kalian menjadi optimal lagi.

3. Email dan Draft yang Menumpuk

Email dan Draft yang Menumpuk

Jika kalian sering sekali menggunakan aplikasi email maka bisa jadi penyebab memori internal smartphone mudah penuh dikarenakan adanya banyak sekali email yang menumpuk dan tidak aklian hapus dalam waktu yang sangat lama.

Walaupun ukuran email cukup kecil akan tetapi jika kalian membiarkan akan menjadi besar ukuran tersebut sehingga bisa menghabiskan kapasitas penyimpanan smartphone kalian.

Jadi kalian bisa untuk memeriksa aplikasi email kalian serta menghapus semua email lama yang dirasa kalian tidak penting dan jangan lupa untuk memeriksa folder draft dan hapus  email yang ada pada folder draft tersebut untuk menghemat memori internal smartphone kalian.

4. Banyak File Media Aplikasi Sosmed

Banyak File Media Aplikasi Sosmed

Aplikasi sosial media seperti whatsapp, facebook, line, dan sebagainnya banyak menyimpan file-file media seperti gambar, video, chat dan sebagainnya. Walaupun ukuran file tersebut kecil akan tetapi bisa membuat memori internal cepat penuh.

Kalian bisa mengatasi file media dari aplikasi sosmed dengan cara tidak mengaktifkan unduhan file secara otomatis dikarenakan jika kalian mengaktifkan fitur tersebut maka bisa membuat ruang penyimpanan penuh kalian juga bisa untuk memindahkan aplikasi ke kartu sd.

5. File-File Lainnya

File-File Lainnya

Bagi kalian yang ingin mengetahui file-file lainnya yang bisa memakan memori internal smartphone kalian kalian bisa membuat penyimpanan melalui pengaturan yang dimana tanpa kalian sadari banyak file-file yang tidak sengaja kalian download serta kalian biarkan sehinga bisa membuat ruang penyimpanan penuh.

Maka dari itu kalian bisa untuk hapus file-file tersebut agar ruang penyimpanan  smartphone bisa jadi luas untuk bisa kalian gunakan lagi seperti menyimpan foto, video, ataupun install aplikasi yang penting.

Terima kasih sudah membaca artikel 5 Penyebab Memori Internal HP Penuh yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi ruang penyimpanan smartphone penuh, jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian juga tau kenapa memori hp selalu penuh.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.