Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menghentikan Aplikasi berjalan di Latar Belakang

Daftar Isi [Buka]

Cara menghentikan aplikasi berjalan latar belakang di android yang bisa mengkomsumsi baterai smartphone kalian secara berlebihan dan bisa menjadi salah satu masalah terbesar pada smartphone kalian.

Perlu kalian ketahui pada smartphone android ada 2 macam aplikasi yaitu aplikasi pada saat kalian membuka aplikasi tersebut dan aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background app.

Pada saat sekarang ini banyak sekali smartphone android yang mendukung aplikasi latar belakang baik itu aplikasi pada sistem ataupun aplikasi yang kalian install sendiri.

Mungkin aplikasi tersebut bagi kalian memiliki peranan yang sebagaimana fungsinya, akan tetapi jika aplikasi yang berjalan di latar belakang terlalu banyak.

Maka smartphone kalian tidak akan optimanal dan juga dapat memenuhi kapasitas pada RAM smartphone kalian yang bisa mengakibatkan smartphone kalian menjadi lemot bahkan bisa menjadi not responding.

Cara Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Cara Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Untuk cara memberhentikan aplikasi latar belakang pada smartphone kalian merupakan hal yang mudah yang bisa kalian lakukan.

Baca Juga:
Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis
Cara Mengatasi Ghost Touch di Android

Berikut ini adalah cara memberhentikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang smartphone kalian untuk berbagai merek hp.

1. Mehentikan Aplikasi Melalui Force Stop pada Setting

Mehentikan Aplikasi Melalui Force Stop pada Setting

Untuk cara yang paling mudah kalian bisa untuk melakukan force stop atau memberhentikan aplikasi secara paksa melalui setting pada hp kalian.

Dikarenakan pada aplikasi yang ada pada smartphone kalian mau itu kalian install sendiri ataupun aplikasi sistem pastinya akan terdapat pada menu di setelan.

Baca Juga:
Cara Hapus Malware di Android
Cara Menghapus Virus di Android

Sebelum kalian mengetahui cara untuk memberhentikan paksa aplikasi pada smartphone kalian, kalian harus cek terlebih dahulu apa saja aplikasi sedang berjalan pada background smartphone kalian dengan cara:

  • Kalian buka terlebih dahulu menu setting atau setelan pada hp kalian.
  • Setelah itu kalian bisa ke menu Aplikasi atau Memori.
  • Nanti kalian tinggal lihat pada menu Aplikasi Berjalan.
  • Setelah itu nanti kalian akan melihat beberapa aplikasi yang ada pada smartphone kalian yang berjalan.

Jika kalian ingin langsung memberhentikan aplikasi secara langsung dan tidak ingin cek apliaksi yang sedang berjalan maka kalian bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka terlebih dahulu menu Setelan hp kalian.
  • Setelah itu kalian bisa masuk ke menu Aplikasi.
  • Nanti kalian bisa mencari aplikasi apa saja yang sedang berjalan di background.
  • Setelah itu kalian tap pada aplikasi yang menurut kalian sedang berjalan pada background di smartphone kalian.
  • Nanti kalian akan ada tombol "Paksa Berhenti" atau "Force Stop".

Setelah kalian mengikuti beberapa langkah tersebut maka aplikasi tersebut akan otomatis tidak akan berjalan lagi pada smartphone kalian. Akan tetapi ada sebagian aplikasi ketika kalian restart smartphone kalian akan berjalan kembali.

Maka ketika smartphone merestart maka kalian harus mengulangi cara tersebut agar aplikasi tersebut berhenti berjalan di latar belakang.

Tidak hanya untuk aplikasi yang kalian install saja, akan tetapi kalian bisa untuk aplikasi sistem juga, untuk cara nya sebagai berikut ini:

  • Kalian bisa ke menu pengturan dan ke menu aplikasi.
  • Setelah itu kalian bisa touch opsi Tampilkan Aplikasi Sistem.
  • Nanti kalian tinggal mengikuti langkah-langkah diatas untuk memberhentikan aplikasi yang sudah di install.

2. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Kalian bisa untuk menggunakan aplikasi pihak 3 untuk menghentikan aplikasi latar belakang yang suka berjalan di smartphone kalian.

Kalian bisa menggunakan macam-macam aplikasi yang ada pada Google Playstore, untuk cara nya sama seperti cara sebelumnya akan tetapi kalian memanfaatkan aplikasi tambahan.

Pada aplikasi tambahan kalian juga bisa melihat fitur-fitur lain yang telah di sediakan oleh pihak developer aplikasi tersebut seperti fitur untuk mengetahui jumlah memori smartphone kalian atau sisa ram kalian.

Baca Juga:
Cara Mencari Aplikasi Tersembunyi di Android
Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google Play Store

Jika kalian bingung aplikasi tambahan apa yang bisa membantu kalian untuk memberhentikan aplikasi yang berjalan di background, kalian bisa menggunakan aplikasi Advanced Task Manager.

Berikut beberapa langkah menggunakan aplikasi advanced task manager untuk memberhentikan aplikasi yang berjalan pada background smartphone kalian.

  • Hal yang pertama kali kalian harus lakukan adalah dengan cara kalian pergi ke Google Playstore setelah itu kalian car aplikasi Advanced Task Manager dan kalian Install.
  • Setelah kalian install aplikasi tersebut maka kalian dapat membuka aplikasi tersebut.
  • Nanti akan ada list aplikasi yang terdapat pada smartphone kalian, kalian bisa klik pada aplikasi yang akan kalian hentikan setelah itu kalian klik Boost.
  • Kalian tunggu sampai proses selesai dan nanti nya aplikasi yang kalian pilih tadi akan berhenti.

Akan tetapi untuk aplikasi tambahan ini tidak bisa untuk menghentikan aplikasi sistem yang berjalan pada latar belakang smartphone kalian, jika kalian ingin menghentikan aplikasi sistem yang ada pada latar belakang kalian.

Maka kalian bisa untuk mengikuti langkah-langkah pertama yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3. Menghentikan Sinkronisasi Email

Menghentikan Sinkronisasi Email

Perlu kalian ketahui pada smartphone terdapat fitur sinkronisasi email yang dapat mengaktifkan beberapa fitur tertentu.

Maka secara tidak langsung peran dari sinkronisasi email ini akan bisa mengaktifkan beberapa aplikasi tertentu yang bisa menyebabkan aplikasi tersebut berjalan pada latar belakang smartphone kalian.

Baca Juga:
Aplikasi Cek Spesifikasi HP Android
Cara Cek Spesifikasi HP Android

Untuk cara menhentikan sinkronisasi email pada smartphone kalian, kalian bisa untuk mengikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini.

  • Kalian buka terlebih dahulu setelan pada smartphone kalian.
  • Setelah itu kalian masuk pada menu Akun dan kalian pilih akun Google kalian.
  • Nanti kalian tinggal klik titik tiga yang ada pada pojok kanan atas dan kalian klik Hentikan Sinkronisasi.

Jika kalian memakai cara tersebut maka pada sebagian aplikasi yang ada pada latar belakang smartphone kalian akan otomatis terhenti.

Akan tetapi hal tersebut bisa menyebabkan beberapa fungsi menjadi tidak aktif seperti daftar kontak yang bisa tiba-tiba hilang pada smartphone kalian.

Cara Membatasi Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Cara Membatasi Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Kalian juga bisa untuk membatasi aplikasi latar belakang yang berjalan tanpa sepengetahuan kalian yang fitur tersebut sudah didukung pada beberapa jenis smarthpone.

Untuk caranya kalian bisa untuk mengaktifkan terlebih dahulu mode pengembangan pada smartphone kalian, jika kalian tidak tahu cara mengaktifkan mode pengembangan maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Kalian bisa buka terlebih dahulu setelan pada smartphone kalian dan kalian masuk ke Tentang Ponsel.
  • Nnati kalian tinggal touch pada nomor bentukan atau build number beberapa kali.
  • Setelah itu akan muncul pesan "Anda sudah menjadi pengembang".

Setelah kalian mengaktifkan mode pengembangan maka kalian bisa melanjutkan langkah-langkah berikut ini.

  • Kalian buka kembali menu setelan, setelah itu kalian bsia geser kebawah dan cari menu Pengembang.
  • Nanti kalian cari lagi Batasi Proses Latar Belakang pada menu Pengembang.
  • Setelah itu kalian bisa untuk memilih batas proses yang akan kalian butuhkan.

Hal tersebut akan membatasi dari setiap proses pada smartphone kalian yang berjalan maka akan dibatasi maksimal sesuai dengan yang kalian atur tadi.

Untuk lebih jelasnya ketika kalian mengatur untuk maksimal 1 proses saja maka nanti nya jika kalian membuka aplikasi dan kalian aktif pada apliaksi tersebut maka pada aplikasi sebelumnya akan terhenti secara otomatis.

Maka dari itu kalian harus pilih jumlah proses sesuai dengan kalian butuhkan dikarenakan ketika tidak sesuai, nanti kalian merasa kurang nyaman saat menggunakan smartphone kalian.

Manfaat Menghentikan Aplikasi Background Berjalan

Manfaat Menghentikan Aplikasi Background Berjalan

Ada beberapa manfaat dari menghentikan apliaksi di latar belakang yang bisa mengoptimalkan smartphone kalian menjadi ringan dan berjalan secara optimal.

Berikut ini beberapa dari manfaat kalian menghentikan apliaksi yang berjalan pada background smartphone kalian:

  • Kinerja pada smartphone kalian akan terjaga.
  • Untuk ram smartphone kalian akan lega.
  • Smartphone kalian tidak menjadi lemot, hang, ataupun not responding.
  • Bisa memperbaiki error tertentu pada smartphone kalian.

Hal tersebut kembali lagi kepada kalian, seberapa jauh kalian bisa untuk mengoptimasi smartphone kalian agar tidak lemot ataupun not responding.

Terima kasih kalian sudah membaca aritkel "3 Cara Menghentikan Aplikasi berjalan di Latar Belakang". Jika artikel ini bermanfaat, kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian tahu cara untuk memberhentikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang smartphone teman kalian.