Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Cek Spesifikasi HP Android Lengkap

Cara cek spesifikasi hp android bagi kalian yang ingin atau baru membeli smartphone yang baru pastinya pertama kali kalian akan melihat spesifikasi hp yang akan kalian gunakan.

Bagi kalian yang baru menggunakan smartphone android pastinya kali akan bingung bagaimana cara cek tipe hp kalian.

Dengan kalian mengetahui dari spesifikasi hp android kalian maka kalian akan mengetahui apakah hp tersebut sesuai dengan kebutuhan kalian atau tidak.

Bagi kalian yang ingin menggunakan smartphone untuk aplikasi yang berat tentu nya kalian membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.

Perlu kalian ketahui seiring berjalannya waktu performa pada smartphone kalian akan menurun dan lemot, hal tersebut tentunya akan mengganggu aktivitas pada saat kalian menggunakan smartphone tersebut.

Tentunya dengan kalian mengetahui spesifikasi hp kalian akan bisa mengukur performa serta bisa melihat nama hardware dan juga fitur-fitur apa saja yang ada pada smartphone kalian.

Jadi kalian bisa untuk mengoptimalkan penggunaan smartphone kalian jadi lebih baik lagi untuk aktivitas keseharian kalian.

Cara Cek Spesifikasi HP Android Lengkap

Cara Cek Spesifikasi HP Android Lengkap

Untuk kalian yang ingin mengecek spesifikasi hp android kalian maka kalian bisa melakukannya menggunakan aplikasi ataupun sistem dari hp kalian secara langsung.

Baca Juga:
Aplikasi Cek Spesifikasi HP Android
Cara Menghentikan Aplikasi berjalan di Latar Belakang

Yang tentunya ini akan bermanfaat untuk kalian agar kalian bisa menjalankan aplikasi sesuai kebutuhkan kalian dan bisa mengetahui apakah aplikasi tersebut bisa dijalankan atau tidak pada hp kalian.

Untuk komponen apa saja yang bisa kalian cek sebagai berikut ini:

  • Slot SIM.
  • Baterai.
  • CPU.
  • RAM dan Penyimpanan.
  • Ukuran dan Jenis Layar.
  • Kamera.

1. Cara Melihat Spesifikasi HP Android dari Dus HP

Cara Melihat Spesifikasi HP Android dari Dus HP

Bagi kalian yang baru saja membeli hp android maka kalian pastinya akan mendapatkan dus dari hp tersebut yang baru saja kalian beli.

Pada dus tersebut pastinya sudah ada informasi dari spesifikasi smartphone kalian yang biasanya tertera pada dus tersebut.

Baca Juga:
Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis
Cara Mengatasi Ghost Touch di Android

Dus pada smartphone tersebut biasanya menampilkan informasi seperti kapasitas ROM (storage), RAM, CPU, Baterai, Layar dan versi Android.

2. Cek Spesifikasi Pada Menu Tentang Ponsel Android

Cek Spesifikasi Pada Menu Tentang Ponsel Android

Bagi kalian yang ingin melihat spesifikasi pada hp android kalian bisa melalui menu Abou atau Tentang ponsel yang berada pada menu setelan atau pengaturan hp kalian.

Pada menu tersebut kalian akan bisa melihat dari spesifikasi hp kalian yang akan menampilkan informasi seperti versi OS, kapasitas RAM, kernel, CPU, memori internal.

Baca Juga:
Daftar HP Snapdragon 720G Terbaik
Cara Mencari Aplikasi Tersembunyi di Android

Cara tersebut bisa kalian gunakan pada semua tipe hp android dari yang lama sampai keluaran terbaru, akan tetapi untuk menu cek spesifikasi hp akan berbeda penempatan menu saja.

3. Mengetahui Spesifikasi HP Android Melalui CPU-Z

Mengetahui Spesifikasi HP Android Melalui CPU-Z

Untuk kalian yang ingin mengetahui dari spesifikasi hp android kalian, kalian bisa untuk menggunakan apliaksi CPU-Z yang dapat menampilkan informasi spesifikasi hp yang kalian gunakan.

Untuk informasi dari spesifikasi pada CPU-Z cukup lengkap seperti kalian bisa mengetahui jenis SOC, Ukuran Layar, Internal Memori dan juga Sensor smartphone kalian.

Baca Juga:
Cara Hapus Malware Android
Cara Menghapus Virus di Android

Perlu kalian ketahui pada aplikasi CPU-Z ini sudah banyak sekali yang menggunakannya untuk identifikasi spesifikasi komputer atau laptop. Jika kalian ingin mencobanya kalian bisa download aplikasi CPU-Z  di Google Play Store.

4. Aplikasi Cek Spesifikasi HP Android Aida64

Aplikasi Cek Spesifikasi HP Android Aida64

Selain aplikasi CPU-Z ada juga aplikasi lain untuk cek spesifikasi hp kalian yaitu AIDA64 yang dimana aplikasi ini untuk mengetahui dari spesifikasi hp yang kalian gunakan.

Baca Juga:
Cara Melihat Password WiFi
Cara Registrasi Kartu 3

Pada aplikasi AIDA64 akan memberikan informasi seperti jenis CPU, Kapasitas RAM, Versi Android dan sebagainya. Tidak hanya menampilkan informasi mengenai spesifikasi dasar akan tetapi aplikasi aida64 ini juga dapat menampilkan file-file sistem, aplikasi yang di install, dan juga ukuran layar hp kalian.

5. Menggunakan aplikasi DevCheck

Menggunakan aplikasi DevCheck

Selain menggunakan aplikasi CPU-Z dan Aida64 kalian b
isa gunakan aplikasi DevCheck dengan cara kalian download terlebih dahulu aplikasi tersebut pada Google Play Store.

Setelah itu kalian buka aplikasi devcheck yang sudah kalian download dan nanti nya kalian akan melihat dari sepesifikasi serta tipe hp kalian secara lengkap seperti CPU, GPU, RAM, Hardware, Baterai, Jaringan, sensor dan sebagainya.

6. Mengetahui Spesifikasi HP melalui Internet

Mengetahui Spesifikasi HP melalui Internet

Bagi kalian yang tidak memiliki dus hp, kalian juga bisa mengetahui dari spesifikasi hp kalian memlaui internet.

Di internet kalian bisa untuk mencari banyak informasi-informasi termasuk dari informasi spesifikasi hp android yang kalian gunakan.

Untuk cara cek melalui internet sangat mudah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Kalian buka terlebih dahulu browser kesayangan kalian.
  • Setelah itu kalian bisa ke website google atau bing.
  • Nanti kalian tinggal masukkan merek dan juga tipe hp kalian.
  • Akan tampil beberapa website yang menginfokan dari spesifikasi smartphone kalian.

7. Melalui Kode IMEI HP

Melalui Kode IMEI HP

Selain menggunakan aplikasi dan juga internet kalian juga bisa menggunakan kode IMEI HP kalian untuk cek sepesifikasi smartphone kalian.

Dengan cara kalian buke terlebih dahulu aplikasi telepon  dan kalian ketikkan *#06# dan kalian panggil atau call.

Nanti kalian akan mengetahui kode IMEI pada hp kalian dan kalian bisa copy kode tersebut.

Setelah itu kalian bisa masuk ke website imei.info dan kalian masukkan kode imei tersebut pada kolom yang ada.

Nnati kalian akan mengetahui dari spesifikasi hp kalian secara detail pada website tersebut dengan kode imei hp kalian.

8. Melalui Belakang HP

Melalui Belakang HP

Bagi kalian yang menggunakan smartphone jadul maka kalian bisa untuk melihat tipe hp kalian pada belakang hp kalian.

Untuk cara ini berlaku bagi kalian yang masih menggunakan hp yang baterai nya bisa kalian copot yang nantinya kalian akan melihat informasi spesifikasi hp kalian setelah kalian copot baterai tersebut.

9. Cara Cek Spesifikasi HP dengan Kode

Cara Cek Spesifikasi HP dengan Kode

Bagi kalian yang menggunakan smartphone samsung kalian bisa untuk melihat tipe hp kalian dengan menggunakan kode rahasia yang menampilkan informasi dari tipe hp samsung kalian.

Untuk caranya kalian tingal ke menu panggilan atau phone dan kalian bisa masukkan nomor *1234# dan kalian tekan call, setelah itu kalian akan melihat infromasi dari tipe hp kalian.

Terima kasih sudah membaca artikel "9 Cara Cek Spesifikasi HP Android Lengkap". Jika artikel ini dirasa bermanfaat maka kalian bisa untuk share ke teman kalian agar nantinya teman kalian tau untuk informasi yang ada pada hp android teman kalian.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.