Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Melihat Password WiFi yang Terhubung di Laptop dan HP

Cara melihat password wifi yang pernah terhubung pada laptop atau hp kalian dengan mudah jika kalian lupa akan password wifi rumah kalian.

Pasti kalian pernah bingung ketika kalian lupa password wifi kalian untuk menghubungkan perangkat baru yang akan kalian gunakan untuk berselancar di dunia maya.

Cara Melihat Password WiFi


Atau juga ketika kalian sudah mengganti password wifi kalian untuk keamanan koneksi internet kalian agar tidak dicuri oleh orang lain dan tiba-tiba kalian lupa password wifi kalian.

Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 10

Cara Melihat Password Wifi di Laptop Windows 10

Bagi kalian yang bingung akan lupa password WiFi kalian dan ingin mengetahui password WiFi kalian bisa untuk melihat nya pada laptop atau komputer kalian.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Lupa Password atau Pattern di Android
Cara Memperbaiki Hostpot iPhone Tidak Bekerja

Untuk cara-caranya gampang dan mudah, kalian tinggal mengikuti beberapa langkah dibawah ini untuk dapat melihat password dari wifi kalian.

1. Melalui Network and Internet

Melalui Network and Internet

Untuk kalian yang lupa password wifi kalian, kalian bisa untuk menggunakan laptop atau komputer kalian yang sistem operasi windows 10 yang sangat mudah serta banyak sekali yang menggunakan sistem operasi ini.

Baca Juga:
Cara Mengahpus Virus di Android
Cara Mencari HP yang Hilang

Untuk caranya kalian bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini agar kalian mengetahui dari password wifi kalian melalui network and internet.

  • Hal yang pertama kali, kalian klik pada ikon WiFi yang berada pada taskbar kalian.
  • Setelah itu kalian bisa untuk membuka jendela settings setelah itu kalian klik Network and Internet.
  • Nanti akan terbuka nama wifi kalian dan pada menu wifi status kalian bisa klik Wireless Properties.
  • Setelah itu kalian buka pada tab Security.
  • Nanti nya kalian akan melihat password dari WiFi yang pernah terhubung pada kalian dengan kalian centang show characters.
  • Setelah itu kalian bisa melihat password WiFi kalian di kolom Network Security Key.

2. Melalui Command Prompt

Melalui Command Prompt

Selain kalian menggunakan cara mengetahui password WiFi kalian menggunakan Network and Internet, kalian juga dapat menggunakan Command Prompt agar kalian mengetahui dari password WiFi kalian.

Baca Juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Cara Mengecek FUP Indihome

Walaupun cara ini lumayan rumit akan tetapi jika kalian mengikuti beberapa langkah dibawah ini akan terasa mudah.

  • Kalian buka terlebih dahulu RUN dengan cara kalian tekan tombol Windows + R setelah itu kalian bisa ketikkan "cmd" pada kolom yang ada di RUN.
  • Nanti kalian akan melihat tampilan Command Prompt setelah itu kalian bisa ketikkan netsh wlan show profiles dan kalian enter.
  • Nanti kalian akan tampil list wifi yang pernah kalian pakai di laptop atau komputer kalian.
  • Untuk melihat password wifi kalian tinggal ketikan netsh wlan show profiles name="nama profil wifi" key=clear untuk contohnya netsh wlan show profiles name"kiraky blog" key=clear jika pada nama wifi kalian mengandung spasi kalian harus cantumkan tanda petik dua (").
  • Nanti kalian akan mengetahui password WiFi kalian yang ada di key content.

3. Melihat Password WiFi dengan WiFi Password Revealer

Melihat Password WiFi dengan WiFi Password Revealer

Selain menggunakan cara Network and Internet dan juga Command Prompt kalian juga bisa melihat dengan password wifi kalian menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu WiFi Password Revealer.

Pada apliaksi WiFi Password Revealer kalian bisa untuk melihat beberapa password WiFi kalian dan juga kalian dapat untuk mengubah password baru pada wifi kalian agar kalian tidak lupa lagi.

Baca Juga:
Pengertian Router
Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak

Jika kalian ingin mencoba aplikasi, kalian bisa dapatkan aplikasi pada website magicaljellybean.com

Cara Melihat Password WiFi pada macOS

Cara Melihat Password WiFi pada macOS

Jika kalian menggunakan macOS dan lupa akan password wifi rumah kalian, kalian bisa mengikuti beberapa cara untuk mengetahui password wifi kalian.

1. Melalui Keychain Access

Melalui Keychain Access

Perlu kalian ketahui pada macOS menyediakan aplikasi agar kalian bisa menyimpan password serta akun yang pernah kalian masukkan.

Baca Juga:
HP Snapdragon 720G Terbaik dan Termurah
Cara Registrasi Kartu 3

Pada aplikasi ini juga bisa berfungsi untuk kalian yang ingin melihat password WiFi rumah kalian yang lupa. Untuk langkah-langkah nya sangat mudah, kalian tinggal ikuti saja beberapa langkah di bawah ini.

  • Hal yang pertama kali, kalian harus buka terlebih dahulu aplikasi Keychain Access Pada Finder dan kalian bisa ketikkan nama wifi kalian pada kolom search yang ada pada Keychain Access.
  • Nanti kalian akan berapa pada ketegori Password dan kalian tinggal cari nama WiFi kalian.
  • Untuk mengetahui dari password wifi kalian, tinggal kalian centang show password dan kalian masukkan username dan password macbook kalian.

2. Melalui Terminal macOS

Melalui Terminal macOS

Selain menggunakan aplikasi keychain access kalian juga bisa menggunakan terminal seperti command prompt yang ada pada sistem operasi windows.

Baca Juga:
Cara Top Up Gopay
Cara Tarik Saldo Gopay

Untuk langkah-langkah agar kalian bisa mengetahui password wifi kalian menggunakan terminal sebagai berikut:

  • Kalian buka terlebih dahulu aplikasi Terminal pada Finder.
  • Nanti kalian tinggal ketikkan command security find-generic-password -ga NAMA WIFI | grep -i password, untuk contoh nya security find-generic-password -ga Apa Passwordnya | grep -i password.
  • Setelah itu kalian tekan enter dan kalian nanti nya akan diminta untuk memasukkan username dan password macbook kalian.
  • Setelah kalian sudah memasukkan username dan password kalian akan bisa melihat password yang ada pada WiFi kalian dibaris ke 2.

Cara Melihat Password WiFi di Android

Cara Melihat Password WiFi di Android

Selain kalian menggunakan laptop atau komputer kalian juga bisa untuk melihat password wifi yang sudah terhubung akan tetapi kalian harus sudah memiliki akses root pada android kalian.

Akan tetapi kalian tetap bisa unutk menghubungkan wifi kalian ke perangkat lain yang belum terhubung pada wifi kalian tanoa mengetahui password wifi tersebut menggunakan QR Code.

Baca Juga:
Cara Upload Produk di Shopee
Cara Upgrade Kartu Telkomsel

Untuk langkah-langkah agar kalian bisa terhubung wifi tanpa password menggunakan QR Code sebagai berikut:

  • Kalian buka terlebih dahulu Settings setelah itu kalian bisa ke menu WiFi.
  • Nanti kalian tinggal ketuk nama WiFi yang akan kalian hubungkan ke perangkat lain dengan menampilkan QR Code.
  • Pada perangkat lain tinggal kalian scan QR Code tersebut nanti akan otomatis terhubung pada perangkat tersebut.

Cara Melihat Password WiFi di iPhone

Cara Melihat Password WiFi di iPhone

Selain menggunakan laptop, komputer dan android kalian juga bisa untuk mengetahui password WiFi Kalian yang sudah terhubung dengan kalian.

Baca Juga:
Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis
Aplikasi Cek Spesifikasi HP Android

Aakan tetapi kalian harus mencoba untuk cara mengetahui password WiFi Melalui iCloud Keychain, dengan syarat kalian harus terlebih dahulu terkoneksi pada macbook kalian.

Untuk langkah-langkah cara mengetahui password wifi di iPhone kalian sebagai berikut :

  • Kalian pergi ke menu Settings setelah itu kalian pilih iCloud.
  • Nanti pada menu iCloud kalian nyalakan Keychain.
  • Setelah itu kalian buka aplikasi Keychain Access pada macbook kalian dan kalian tinggal mengikuti beberapa langkah untuk dapat melihat password pada macbook kalian.

Terima kasih sudah membaca artikel "7 Cara Melihat Password WiFi yang terhubung di Laptop dan HP". Jika artikel ini bermanfaat kalian bisa untuk share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian juga tahu melihat password wifi yang lupa.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.