Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek FUP Indihome dan Batasan FUP

Cara Mengecek FUP Indihome – Kalian harus tau bagaimana cara mengecek FUP Indihome pada layanan internet yang sedang anda gunakan. Dikarenakan hal ini harus kalian ketahui pada saat kalian menggunakan paket internet dari indihome sendiri.

Pada layanan internet pasti kalian ingin kecepatan yang tinggi apa lagi untuk pebisnis online yang suka sekali menggunakan internet, salah satu dari layanan internet yang kecepatannya tinggi serta banyak sekali digunakan yaitu indihome.

Pada indihome ini kalian bisa berlangganan mulai dari 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps, tentunya kalian pasti akan tergiur dengan kecepatan internetnya akan tetapi indihome sendiri mempunyai penggunakan bahtas wajar atau biasa di sebut dengan fair usage policy atau disingkat menjadi FUP.

Jadi jika kuota yang telah kalian beli sudah mencapai batasan kecepatan atau fup yang telah ditentukan oleh indihome maka akses internet kalian akan diturunkan. Jadi kalian jangan bingung ketika kalian sedang askses internet tiba-tiba kecepatan internet kalian menjadi lemot tidak seperti biasanya.

Cara Mengecek FUP Indihome

cara-mengecek-fup-indihome
Cara Mengecek FUP Indihome

Perlu kita ketahui pada indihome memiliki 2 tipe FUP yang mereka berlakukan untuk pada setiap paket internet indihome yaitu sebagai berikut:

FUP 1 Indihome: Dimana jika kalian sudah mencapai ambang batas pertama maka kecepatan internet indihome kalian akan diturunkan sebesar 775% dari kecepatan nomor ketika kalian berlangganan.

Baca Juga:
Cara Mengecek Bandwidth Indihome
Apa itu FUP

FUP 2 Indihome : Jika kalian masih tetap melewati batas ambang maka kecepatan kelaian akan diturunkan sebesar 40% dari paket kecepatan kalian yang berlangganan.

Maka dari itu kalian harus tau cara mengecek FUP Indihome dikarenakan nanti jika internet indihome dirumah kalian tiba-tiba lemot kalian tidak kaget atau bingung.

Batasan FUP Indihome

batasan-fup-indihome
Batasan FUP Indihome

Jika kalian berlangganan indihome kalian harus tahu setiap paket yang sudah kalian beli sudah sesuai dengan kecepatan pada wifi indihome tersebut, akan tetapi indihome memiliki batasan yaitu FUP indihome yang berbeda-beda serta berlaku untuk 2 kali FUP. Berikut ini adalah pejelasan batasan FUP Indihome berdasarkan kecepatannya.

1. Batasan FUP Indihome 10 Mbps

Bagi kalian yang berlangganan indihome yang paling rendah yaitu paket internet dengan kecepatan 10 Mbps yang dengan kuota 300GB, ada batasan untuk FUP Indihome 10 Mbps yaitu sebagai berikut:

  1. FUP 1 Indihome 10 Mbps: Jika kalian sudah mencapai kuota yang ditetapkan yaitu 300 GB maka kecepatan internet indihome kalian akan turun menjadi 7,5 Mbps atau sebesar 75% dari kecepatan normal indihome kalian
  2. FUP 2 Indihome 10 Mbps: Jika kalian sudah melebihi 300 Mbps atau bahkan sampai 400 GB maka kecepatan internet kalian akan turun menjadi 4 Mbps atau sebesar 40% dari kecepatan normal internet indihome kalian.

2. Batasan FUP Indihome 20 Mbps

Selain kecepatan 10 Mbps ada juga paket langganan yang kecepatan internet indihome nya sebesar 20 Mbps dengan kuota 500GB. Untuk FUP Indihome 20 Mbps sebagai berikut:

  1. FUP 1 Indihome 20 Mbps: Jika kalian sudah mencapai batasan kuota yaitu sebesar 500GB maka kecepatan indihome kalian akan menjadi 15 Mbps atau sebesar 75% dari kecepatan normal kalian.
  2. FUP 2 Indihome 20 Mbps: Jika penggunaan kuota kalian sudah mencapai batas 800 GB maka kecepatan internet indihome kalian akan diturunkan menjadi 8 Mbps atau sebesar 40% dari kecepatan normal indihome kalian.

3. Batasan FUP Indihome 30 Mbps

Jika kalian sedang berlangganan paket indihome 30 Mbps kalian harus tahu batasan kecepatan dari 30 Mbps yang berkuota sebesar 700 GB. Berikut adalah FUP Indihome yang berlaku pada paket 30 Mbps:

  1. FUP 1 Indihome 30 Mbps: Jika kalian sudah menggunakan melebihi batas kuota sebesar 700 GB maka kecepatan internet indihome kalian akan di turunkan sebesar 22,5 Mbps atau 75% dari kecepatan normal indihome kalian.
  2. FUP 2 Indihome 30 Mbps: Jika kalian sudah menggunakan melebihi batasan kuota sebesar 1.200 GB maka kecepatan internet kalian akan di turunkan menjadi 12 Mbps atau 40% dari kecepatan normal internet kalian.

4. Batasan FUP Indihome 40 Mbps

Jika kalian berlangganan paket indihome 40 Mbps kalian harus tahu batasan pada kecepatan 40 Mbps yang mendapatkan kuota sebesar 900 GB dari ambang batasan wajar penggunaan yaitu sebagai berikut:

  1. FUP 1 Indihome 40 Mbps: Jika kalian sudah melewati kuota sebesar 900 GB maka kecepatan kalian akan diturunkan menjadi 30 MBps atau sebesar 75% dari kecepatan normal internet kalian.
  2. FUP 2 Indihome 40 Mbps: Jika kalian melewati batasan kuota sebesar 1.600 Mbps maka kecepatan internet indihome kalian akan diturunkan menjadi 16 Mbps atau 40% dari kecepatan normal internet kalian.

5. Batasan FUP Indihome 50 Mbps

Jika kalian berlangganan paket indihome 50 Mbps maka kalian mendapatkan kuota sebesar 1.200 GB maka kalian harus tahu berapa FUP Indihome paket 50 Mbps:

  1. FUP 1 Indihome 50 Mbps: Jika kalian sudah mencapai batasan penggunaan wajar yaitu 1.200 GB maka kecepatan internet kalian akan diturunkan menjadi 37,5 Mbps atau sebesar 75% dair kecepatan normal internet indihome kalian.
  2. FUP 2 Indihome 50 Mbps: Jika kalian sudah mencapai batasan wajar penggunaan yaitu sebesar 200 GB maka kecepatan dari internet kalian akan di turunkan sebesar 20 Mbps atau 40% dari kecepatan normal internet kalian.

6. Batasan FUP Indihome 100 Mbps

Jika kalian berlangganan pake indihome 100 Mbps maka kalian akan mendapatkan kuota sebesar 2000 GB maka jika kalian sudah melewati batasan 2000 GB nanti kecepatan internet kalian akan diturunkan sebesar 50 Mbps atau 50% dari kecepatan normal internet kalian.

Baca Juga:
Pengertian LAN Card
Perbedaan GPU dan VGA

Gimana? Kalian sudah tahu kan batasan-batasan fup indihome untuk setiap paketnya? Maka selanjutnya kalian juga harus thau bagaimana cara mengecek fup indihome jika kalian berlangganan paket indihome. Berikut ini adalah cara untuk mengecek fup indihome.

Beberapa Cara Mengecek FUP Indihome

beberapa-cara-mengecek-fup-indihome
Beberapa Cara Mengecek FUP Indihome

Untuk kalian mengecek fup indihome atau untuk melihat berapa sisa fup indihome kalian, kalian bisa melakukan beberapa cara untuk mengecek fup indihome kalian. Kalian bisa mengecek FUP indihome menggunakan aplikasi atau tanpa menggunakan aplikasi, berikut ini cara untuk mengecek fup indihome:

1. Cara Mengecek FUP Indihome di Aplikasi MyIndihome

Untuk cara yang pertama kalian bisa menggunakan aplikasi myindihome untuk mengecek fup indihome kalian yang dimana kalian bisa mendapatkan aplikasi tersebut di playstore atau appstore, berikut adalah cara mengecek indihome di aplikasi myinidhome:

  • Kalian download terlebih dahulu aplikasi MyIndihome pada appstore atau playstore.
  • Jika kalian sudah mendownload nya kalian buka aplikasi MyIndihome tersebut.
  • Setelah itu jika kalian sudah mempunyai email kalian bisa login atau jika belum kalian bisa mendaftar terlebih dahulu.
  • Jika kalian sudah login nanti aplikasi inidhome akan memverifikasi dengan kode otp yang akan di kirimkan di nomor hp kalian.
  • Setelah kalian masukkan kode otp nanti kalian akan dibawa masuk ke dashboard indihome kalian.
  • Jika kalian sudah berada pada dashboard myindihome kalian tap menu lihat penggunaan internet.
  • Nanti akan muncul sisa kuota internet indihome kalian yang telah kalian pakai pada halaman tersebut.
  • Kalian juga bisa untuk mengontrol penggunaaan kuota internet wifi indihome kalian di halaman tersebut.

2. Cara Mengecek FUP Indihome dengan menggunakan website

Tidak hanya menggunakan aplikasi myindihome kalian juga bisa mengunjungi website indihome untuk mengecek tinggal berapa kuota internet indihome kalian. Berikut ada cara untuk mengecek fup indihome menggunakan website indihome:

  • Kalian buka browser kalian seperti chrome, firefox, atau opera.
  • Setelah itu kalian kunjungi my.indihome.co.id
  • Nanti kalian akan diminta untuk memasukkan email atau nomro hp dan password yang telah terdaftar pada myindihome.
  • Jika kalian sudah memasukkan email atau nomor hp serta password myindihome kalian.
  • Akan ada kode OTP yang dikirimkan pada nomor telepon yang sudah kalian daftarkan.
  • Silahkan kalian masukkan kode otp tersebut. Nanti kalian akan diarahkan ke dashboard indihome.
  • Setelah itu kalian klik menu profile yang ada pada pojok kanan atas kalian.
  • Nanti akan muncul beberapa menu kalian tinggal pilih status langganan.
  • Setelah itu kalian akan bisa melihat tinggal berapa kuota paket internet indihome sekarang ini.
  • Serta kalian juga bisa melihat batas wajar fup indihome kalian sesuai dengan kalian berlangganan serta juga jumlah pemakaian kuota indihome kalian saat itu juga.
  • Kalian juga bisa mengontrol kuota fup indihome kalian jika kalian ingin menggunakan kecepatan internet full speed indihome kalian.

3. Cara Mengecek FUP Indihome dengan SMS

Tidak hanya menggunakan apliaksi dan website dari myindihome kalian juga bisa mengecek fup indihome kalian menggunakan sms yaitu dengan cara:

  • Kalian masuk ke aplikasi sms kalian.
  • Setelah itu kalain ketikan sms dengan format: ISP<spasi>IH<spasi>Kode Area+Nomor Telepon Inidhome kalian.
  • Setelah itu kalian kirimkan pesan tersebut ke nomor 98108.
  • Nanti kalian tinggal tunggu basalan sms dari operator indihome yang nanti nya akan memberikan informasi mengenai pemakian kuota internet indihome kalian.
  • Setelah itu kalian tinggal lihat berapa selisih antara batasan fup indihome sesuai dengan paket yang telah kalian pakai serta pemakaian kuota anda pada saat itu.
  • Nanti kalian akan ketemu tinggal berapa sisa kuota internet indihome kalian utnuk mencapai batas ambang penggunaan wajar atau fup indihome.

4. Cara mengecek FUP Indihome tanpa login

Tidak hanya menggunakan aplikasi, website, serta sms kalian juga bisa mengecek fup indihome kalian tanpa login yang terbilang sangat gampang dilakukan, kalian bisa mengecek fup indihome kalian bisa menggunakan laptop atau smartphone kalian yaitu dengan software khusus untuk mengecek pemakian internet paket indihome kalian.

Dengan kalian mengunjungi website subsystem indihome nanti kalian akan diminta untuk memasukkan nomor indihome kalian jika sudah kalian masukkan kalian bisa klik submit untuk mengecek fup indihome tanpa login.

Baca Juga:
Pengertian dan Fungsi NIC
Pengertian Jaringan Komputer

Kalian akan melihat tinggal berapa batas fup indihome paket yang telah anda gunakan serta sisa berapa kuota indihome yang sudah kalian pakai. Maka kalian nanti nya akan tahu berapa sisa paket internet indihome kalian sebelum terkena FUP.

Cara Reset FUP Indihome

cara-reset-fup-indihome
Cara Reset FUP Indihome

Untuk kalian pengguna indihome pasti kalian kadang suka kesel ketika internet kalian lemot dikarenakan kalian sudah mendekati ambang batas penggunaan atau biasa disebut fair usage policy atau FUP.

Jika kalian ingin kecepatan internet indihome kalian tidak menurun kalian bisa untuk mereset fup indihome kalian yaitu dengan cara:

  1. Kalian buka terlebih dhaulu myindihome pada smartphone kalian atua bisa kunjungi my.indihome.co.id
  2. Setelah itu kalian login dan kalian verifikasi kode otp.
  3. Setelah kalian masuk ke dashboard myindihome.
  4. Kalian klik pada bagian internet setelah itu kalian klik pada info langganan.
  5. Nanti kalian akan melihat internet indihome kalian, setelah itu kalian klik pada bagian bawah yang berwarna hijau yaitu Renew.
  6. Setelah kalian klik tombol renew tersebut kalian bisa untuk memilih sesuai dengan yang kalian inginkan yaitu bisa menambah batasan pengunaan selama 1 hari, 3 hari atau 7 hari.
  7. Setelah kalian klik dan membayar sesuai dengan harga yang tertera. Maka kalian sudah mereset fup indihome kalian.
Terima kasih sudah membaca artikel "Cara Mengecek FUP Indihome" yang di blog Kiraky Blog, jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian tahu bagaimana cara mengecek fup indihome.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.