-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan GPU dan VGA: Pengertian dan Type

Daftar Isi [Buka]

Perbedaan GPU dan VGA. Hal yang pertama kita kenalan dulu apa itu Graphics Processing Unit (GPU) ialah salah satu komponen perangkat keras yang sangat berarti serta berperan selaku interface antara monitor serta pc. GPU bisa menyediakan fasilitas untuk pc yang untuk berhubungan melewati monitor sehingga GPU bisa menunjukkan apa yang dilakukan pc. Namun kerapkali kalian pasti suka bingung apa sih perbandingan antara GPU serta VGA itu? yaps, berikut adalah perbedaan gpu dan vga:

perbedaan-gpu-dan-vga


Pengertian Graphics Processing Unit (GPU)

Pada zaman dahulu segala proses komputerisasi bisa dituntaskan hanyan dengan CPU saja atau biasa lebih di kenal seabgai otak utama dari seuatu pc tetapi bersamaan berkembangnya teknologi serta tuntutan buat memberikan tampilan grafis lebih menarik pemakaian CPU dirasa sangat kurang optimal.

Buat penuhi tuntutan tersebut, muncullah GPU ataupun Graphic Processing Unit. Apabila dilihat dari definisinya kalian pasti sudah bisa menemukan perbedaan dari GPU dan VGA, GPU merupakan chip yang dapat diprogram serta dispesialisasikan buat bermacam kebutuhan tampilan ataupun display.

Baca Juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Cara Cek Temperatur CPU PC

Tugas utama dari GPU ini merupakan menolong kinerja CPU. Metode kerjanya ialah dengan melakukan render pada gambar, video ataupun animasi yang ditampilkan pada layar pc kalian. Letak hardware ini dekat dengan CPU, ialah terletak di motherboard.

Pengertian Video Graphics Array (VGA)

VGA Card yang juga diketahui selaku kartu video/ tampilan ataupun adaptor grafis, digunakan buat memproses serta menciptakan umpan gambar keluaran ke monitor ataupun tampilan pc. Menghubungkan dengan motherboard pc, VGA card berisi mekanisme pendinginan, unit pemrosesan, koneksi ke perangkat tampilan, serta memorinya sendiri.

Umumnya, sistem pc dengan spesifikasi rendah mempunyai grafis terintegrasi motherboard ataupun Central Processing Unit (CPU) buat menciptakan gambar keluaran. Tetapi, pada sistem yang mempunyai VGA card khusus secara signifikan meningkatkan kualitas grafik yang dibuat serta dibutuhkan buat membuat grafik 3D secara akurat. Ini sangat berarti untuk yang bergelut dengan foto, video, serta permainan.

Baca Juga: Apa itu FTP

Video Graphics Adapter (VGA) merupakan perangkat keras pc yang berperan menerjemahkan tampilan ke layar monitor. VGA pula sering disebut selaku kartu grafis. VGA digunakan buat merujuk ke resolusi layar 640 x 480, terlepas dari produsen perangkat keras kartu grafis.

Buat proses desain grafis ataupun bermain video permainan biasanya dibutuhkan kartu grafis berdaya tinggi. Tidak hanya itu, VGA pula bisa merujuk pada konektor VGA 15- pin yang masih banyak digunakan buat mengirimkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi ditukar dengan standar XGA, tetapi tampaknya VGA digantikan oleh Super VGA.

Pada suatu Komputer ada 3 komponen yang sangat berarti dalam perihal performa grafis, komponen tersebut merupakan prosesor, memori, serta VGA. VGA( Video Graphics Adapter) merupakan standar tampilan pc analog.

Video Graphics Adapter (VGA) juga bisa dimaksud selaku komponen yang tugasnya menciptakan visual dari pc serta perangkat keras yang membagikan perintah kepada pc buat menunjukkan output visual yang bisa kita amati.

Baca Juga: Fungsi Modem Adsl

VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh International Business Machines Corporation yang disingkat jadi IBM. IBM merupakan industri AS yang memproduksi ataupun memproduksi perangkat keras serta perangkat lunak. IBM didirikan pada bertepatan pada 15 Juli 1911, serta beroperasi pada tahun 1888 dengan kantor pusat di Armonk, New York, serta Amerika Serikat. Untuk kalian agar bisa tau perbedaan GPU dan VGA berikut ini adalah beberapa tipe Video Graphics Adapter (VGA) diantara nya:

VGA Onboard

vga-onboard

VGA onboard ialah unit pemrosesan yang telah terintegrasi dengan motherboard sehingga menjadi tidak dibutuhkan lagi kartu VGA. Keberadaan chipset VGA onboard tidak diperbaiki, sebab VGA onboard bisa di set jadi tidak aktif bila pengguna mau memasang kartu VGA yang diinginkannya. Semenjak IBM Komputer lahir pada tahun 1981, nyaris seluruh Komputer mempunyai memori terpisah buat frame buffer, ialah blok memori tempat gambar yang keluar di layar monitor dipetakan. Ini bukan permasalahan buat sistem yang mempunyai video monokrom berbasis karakter.

Baca Juga: Pengertian Router

Sebab frame buffer yang diperlukan cuma 2 KB. Namun GUI( Graphical User Interface) berbasis modern yang memerlukan layar bitmap resolusi tinggi serta warna asli sangat haus memori. Resolusi layar 640 x 480 piksel dengan warna 8 bit memerlukan frame buffer sebesar 300 KB, sebaliknya layar dengan resolusi 1024 x 768 piksel dengan warna 24- bit memerlukan memori sebesar 2, 25 MB. Buffer bingkai khusus berdimensi tetap.

Apa pun mode layar yang digunakan, buffer bingkai wajib bisa mengakomodasi resolusi paling tinggi serta kedalaman warna terbaik yang bisa didukungnya. Aplikasi tidak bisa memakai sisa memori dari frame buffer walaupun memakai resolusi rendah serta 16 warna. Perihal ini diakibatkan oleh cara Video dikemas serta dikonfigurasi dalam subsistem grafis tertentu. Dengan demikian, Mega- mega byte memori terbuang percuma. UMA( Unified Memory Architecture) menyatukan frame buffer dengan memori utama.

VGA Card

vga-card

Semenjak sistem IBM Komputer awal, di pc tentu terdapat unit kartu grafis, apakah itu CGA, EGA, MCGA, VGA, ataupun yang yang lain. Dengan memakai VGA card selaku pengganti onboard hingga bakal memperoleh performa yang lebih baik dibanding dengan sistem yang memakai UMA( Unified Memory Architecture).

Baca Juga: Pengertian LAN Card

Bila di masa lalu kartu grafis 8- bit dengan memori 512 KB yang bisa menunjukkan 256 warna pada resolusi 640 X 480 sudah sangat cukup akan tetapi saat ini tidak dikarenakan untuk persyaratan minimum buat pc multimedia yaitu kartu grafis 64- bit dengan memori 1 MB. Beberapa Jenis VGA Berdasarkan Slotnya

VGA type AGP

VGA-type-AGP

VGA AGP dini terbuat, disebabkan kenaikan transfer informasi yang signifikan dari memori, CPU ke peralatan display, hingga dibuatlah slot AGP buat memasang VGA type AGP. VGA AGP diluncurkan menurut nilai tegangan yang digunakan ialah AGP 1x serta 2x dengan tegangan 3, 3 v, sebaliknya 4x serta 8x 1, 5 volt.

VGA type PCI

VGA-type-PCI

Tipe VGA PCI ini, VGA card bisa digunakan dengan metode memasangnya pada slot PCI, VGA tipe ini tidak sering digunakan, sebab keterbatasan fitur, cirinya slot di bagian depan ada bercak, serta tipe pin lurus vertikal.

VGA Type PCI Express

VGA-Type-PCI-Express

Tipe VGA ini, pengembangan berikutnya dari slot PCI mempunyai keahlian yang luar biasa, dengan nama PCI Express, dirancang buat menginstal peralatan terbaru, 2 tipe slot PCI Express yang populer merupakan PCI Express 1 x serta 16 x, PCI Express 16x digunakan khusus buat memasang VGA jenis PCI Express serta 1x buat keperluan pemasangan peralatan bonus. Identitas fisik dari tipe VGA PCI express merupakan melihat dari bentuknya yang mempunyai kebalikan dari bentuk PCI biasa. berikut merupakan slot PCI Express serta VGA.

Disaat aplikasi yang lagi berjalan mau membuat gambar, aplikasi bakal meminta dukungan dari driver kartu grafis. Driver grafis mendengarkan instruksi, baik dari OS ataupun dari aplikasi, setelah itu mengambil informasi digital yang dibutuhkan serta mengubahnya jadi format yang dipahami oleh kartu grafis.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi NIC

Sehabis itu, driver mengirimkan data digital yang baru diformat ke kartu grafis buat dirender. Data masuk ke kartu VGA lewat slot pada motherboard( AGP/ PCI- E) Sehabis disalurkan ke kartu grafis, data bakal dikirim ke memori kartu grafis selaku penyimpanan sementara.

Sesudah itu GPU bakal mengambil data digital tersebut serta mengubahnya jadi piksel. Pada titik ini, piksel belum siap buat ditampilkan di layar. Piksel tersebut bakal dikirim kembali ke Video RAM buat penyimpanan. VRAM tersambung langsung ke Digital to Analog Converter (DAC).

Konverter ini pula biasa disebut RAMDAC yang bertugas menerjemahkan gambar menjadi sinyal analog sehingga bisa digunakan oleh monitor kalian. Berikutnya, RAMDAC mengirimkan gambar akhir ke monitor lewat kabel

Perbedaan GPU Dan VGA

GPU merupakan Graphics Processing Unit pada motherboard ataupun graphics card seringkali banyak orang menyebut graphics card mereka sebagai GPU. Sebaliknya VGA merupakan standar buat tampilan input output serta ditemui pada graphics card keduanya tidak dipertukarkan. Standar buat display I/ O umumnya mempunyai kecepatan, resolusi, perlindungan, serta teknologi yang berbeda. Semacam yang disebutkan di atas GPU berperan buat memproses informasi yang sudah di proses CPU buat di salurkan ke monitor.

Baca Juga: Cara Mengecek Bandwidth Indihome

Biar kalian lebih paham apa perbedaan GPU dan VGA berikut adalah ringkatan dari perbedaan gpu dan vga, GPU merupakan otak VGA. Sama dengan CPU cuma saja digunakan buat memproses tentang yang berhubungan dengan graphics ataupun gambar. VGA kepanjangan dari Video Graphics Array sebagi pusat pemprosesan Grafis ialah tempat seluruh grafis di proses oleh GPU yang terpasang di VGA. VGA hampir sama dengan Motherboard cuma saja pada motherboard pusat pemprosesannya berlangsung di CPU sebaliknya VGA pusat pemprosesannya berlangsung di GPU 

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.