Apa itu FTP: Pengertian dan Fungsi FTP

Daftar Isi [Buka]

Apa itu FTP atua biasa di kenal sebagai File Transfer Protocol merupakan suatu protokol internet yang membolehkan pengguna buat melakukan transfer file antar server lewat sesuatu jaringan dengan koneksi TCP.

Bila kalian selalu berhubungan dengan server serta dunia informasi teknologi, pastinya sebutan FTP telah tidak asing lagi. Alasannya dikala ini File Transfer Protocol (FTP) merupakan salah satu protokol transfer yang sangat kerap digunakan buat melakukan pertukaran informasi.

Alasannya karna melakukan transfer file lewat FTP memanglah lebih gampang dibanding lewat fitur yang lain. Lebih kerennya lagi, kalian dapat melakukannya dari jarak jauh. Bila kalian ingin ketahui lebih dalam lagi tentang FTP, postingan kali ini bakal mangulas seluruh yang perlu kalian tahu tentang File Transfer Protocol atau biasa di singkat FTP. Mulai dari pengertian, fungsi, serta cara menggunakanya.

Pengertian Serta Fungsi FTP

apa-itu-ftp

Apa itu FTP? dari nama nya saja kita sudah tau, File Transfer Protocol ataupun disingkat FTP merupakan protokol standar yang digunakan buat mentransfer data antar pc lewat koneksi internet. Pastinya kalian tahu kan selaku pemilik web kalau seluruh data yang ditampilkan di web kalian tersimpan pada server website hosting kalian?

kalian dapat menggunakan File Transfer Protocol (FTP) buat mengkoneksikan pc kalian dengan fitur website server hosting kalian serta mengakses seluruh informasi website kalian secara remote. Tetapi, apakah nanti yang mengunjungi website kita bakaln bisa mengakses informasi website kita melalui FTP Server?

Baca Juga: Fungsi Modem Adsl

Pasti tidak. Jadi setiap ada yang mengakses File Transfer Protocol (FTP) Server Kalian harus mempunyai izin terlebih dulu buat dapat terkoneksi dengan FTP server kalian. Yaitu dengan memasukan username serta password yang diperlukan. Biasanya, kalian dapat mendapatkan kredensial login ini pada fitur FTP details yang terdapat pada kontrol panel hosting kalian.

Kelebihan FTP

Jadi gimana kalian sudah tahu tentang apa itu FTP serta fungsi dari FTP tersebut? sekarang kalian harus tahu beberapa kelebihan FTP atau biasa di kenal sebagai File Transfer Protocol berikut adalah kelebihan File Transfer Protocol (FTP):

  1. Transfer data dengan skala besar: dengan dukungan File Transfer Protocol (FTP), kalian dapat mentransfer data berukuran besar hingga ratusan gigabytes dengan gampang serta cepat.
  2. Lebih efisiens: kalian juga sanggup mengirimkan banyak single file serta juga beberapa folder pada dalam waktu saat itu juga.
  3. Fitur Pemulihan: pada File Transfer Protocol (FTP) terdapat banyak sekali  fitur backup otomatis yang dapat menghindari hal- hal yang tidak diinginkan semacam kehilangan data-data penting kalian dikarenakan kebakaran, banjir, ataupun hal-hal yang lainnya.
  4. Multitasking: File Transfer Protocol (FTP) juga dapat digunakan buat menerima serta mengunduh data kalian dari perangkat lain.
    Baca Juga: Pengertian Router, Fungsi dan Sejenisnya
  5. File Transfer Protocol (FTP) juga dapat mentrasnfer data kalian tanpa hambatan sama sekali.
  6. Fitur Resume: kalian tidak usah gelisah bila koneksi internet kalian hilang ataupun perangkat kalian tiba-tibe ke restart sendiri pada saat proses transfer dikarenakan ada fitur resume pada File Transfer Protocol (FTP) ini.
  7. Fitur scheduling: banyak sekali software FTP Client yang muncul dengan fitur scheduling. Jadi kalian bakal dapat mengendalikan agenda transfer sehingga tidak akan mengacaukan alur kerja ataupun hari libur kalian.

Kekurangan FTP

Walaupun memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kekurangan FTP atau File Transfer Protocol, Berikut ini merupakan sebagian kekurangan dari FTP

  1. Kurang aman : seluruh informasi yang ditransfer melalui FTP ini dikirimkan dalam bentuk plain text serta tidak terenkripsi dengan baik. Maksudnya itu para hacker bakal gampang sekali mengakses segala informasi tersebut.
  2. Software File Transfer Protocol (FTP) : bisa jadi tidak aman: bila kalian tidak sangat hati-hati memilih layanan FTP, informasi kalian rawan terserang bermacam ancaman semacam bounce attacks, spoof attacks, serta packet sniffing.
    Baca Juga: Pengertian LAN Card dan Fungsi Lan Card
  3. Tidak baik untuk pemula :  File Transfer Protocol (FTP) cenderung susah dioperasikan, yang utama untuk pengguna yang tidak memiliki latar belakang IT yang lumayan.
  4. Tidak dapat melacak proses transfer : pada saat kalian mengirim data, kalian tidak dapat memonitor proses transfer sehingga kalian bakal lebih susah mengenali files apa saja yang telah sukses diunggah ke remote system.

Cara Memakai FTP Client

Selain kalian tahu apa itu ftp kalian juga harus mengerti cara memakai FTP Client, Berikut adalah sebagian cara utnuk menghubungkan pc kalian utnuk bisa tersambung kepada FTP Server yaitu sebagai berikut: 

  1. Menggunakan website browser, ialah dengan menulis ftp:// ftp. namadomain. com. Jangan lupa mengganti namadomain. com dengan URL web kalian.
  2. Memanfaatkan command prompt( Windows) serta terminal( Mac/ Linux).
    Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer
  3. Melalui FTP clients aplikasi pihak ketiga semacam FileZilla
FileZilla merupakan FTP client bersifat open source yang dapat digunakan untuk perangkat Windows, Linux, serta Mac. Tidak hanya sebagai salah satu aplikasi FTP sangat terkenal dikala ini, FileZilla pula dapat digunakan secara gratis, Berikut merupakan tutorial pendek cara memakainya:

  • Hal pertama kali, kalian download terlebih dahulu software FileZilla pada Official Website nya. 
  • Setelah kalian download software File Zilla tersebut kalian install terlebih dahulu.
  • Setelah itu kalian buka kontrol panel pada akun hosting kalian.
  • Disini kiraky memakai cPanel sebagai contoh. Setelah kalian sudah login ke cPanel website kalian sialhkan kalian buka menu FTP accounts yang terletak dibawah bagian Files.
  • Pada menu tersebut, kalian dapat bisa membuat FTP akun baru ataupun melihat informasi login FTP yang telah terdapat pada website server kalian.
    Baca Juga: Pengertian dan Fungsi NIC
  • Silahkan kalian catat hostnames, username, serta password yang terdapat pada informasi tersebut.
  • Berikutnya, kalian buka software FileZilla tersebut/
  • Jika kalian ingin memperbanyak suatu web ke FileZilla, silahkan kalian akses menu Site Manager yang terdapat pada bagian kiri atas jendela FileZilla.

Berikutnya, tekan menu New Site pada Site manager serta isi detail- detail yang dibutuhkan. Berikut merupakan uraian pendek akan semua menu yang terdapat pada halaman tersebut:

  • Host : hostname yang terdapat pada informasi login File Transfer Protocol (FTP) accounts kalian.
  • Port : port default koneksi File Transfer Protocol (FTP) merupakan 21, kalian juga dapat tidak mengisi kolom ini.
  • Protocol : seleksi File Transfer Protocol (FTP) sebagai protokol standar buat melaksanakan transfer file.
  • Encryption : opsi bagaimana data yang dikirim bakal di enkripsi, buat memakai FTP, kalian dapat memilih Only use plain FTP( insecure).
  • Login type : tipe login File Transfer Protocol (FTP).
  • Anonymous : kalian tidak wajib memasukan username ataupun password.
  • Normal : kalian wajib memasukan username serta password dari data login File Transfer Protocol (FTP).
  • User : FTP user yang digunakan dikala melakukan koneksi File Transfer Protocol (FTP) dengan website server kalian.
  • Password : password yang terdapat pada informasi login File Transfer Protocol (FTP).
  • Interactive : FileZilla bakal senantiasa meminta password setiap berlangsung koneksi baru.

Langkah berikutnya, kalian cuma butuh memastikan tipe login ke normal serta masukan username, password, serta host yang terdapat pada informasi login FTP> Connect.

Baca Juga: Perbedaan IPv4 dan IPv6

Bila koneksi sukses berlangsung, kalian bakal langsung dapat melihat daftar 2 direktori dari server FTP kalian: Local Site dam Remote Site.

FTP Clients Software Terbaik

Jadi gimana? kalia sudah tau kan apa itu ftp serta software ftp client nya? nah sekarang kita bahas beberapa software FTP Client terbaik jadi tidak hanya FileZilla saja, kalian juga dapat menggunakan sebagian File Transfer Protocol (FTP) clients software dibawah ini buat mengakses informasi website kalian dengan gampang:

Software FTP Client Cyberduck

Cyberduck dapat digunakan di perangkat Windows serta Mac. Software ini menawarkan tampilan yang ramah pengguna serta dapat terkoneksi dengan bermacam layanan servers, cloud storage, ataupun file sharing.

Software FTP Client WinSCP

Tidak hanya protokol FTP, WinSCP juga mendukung FTPS, SCP, SFTP, serta S3. Aplikasi ini cuma dapat digunakan di Windows.

Software FTP Client Free FTP

Free FTP muncul dengan tampilan simpel, bersih, serta ramah pengguna. Yang spesial, software ini menawarkan fitur bookmark buat menolong kalian mengorganisasi files serta folders dengan lebih gampang.

Software FTP Client Transmit 5

Transmit 5 ialah opsi terpopuler untuk pengguna Mac OS. Software ini mendukung koneksi FTP, SSH, SFTP, serta FTPs.

Software FTP Client CuteFTP

CuteFTP dibekali dengan fitur mumpuni semacam OpenPGP encryption, scheduling, syncing, serta backups. Software premium ini dapat digunakan di perangkat Windows serta Mac.

Gimana? sudah mengerti belum apa itu ftp? Jadi singkatnya, File Transfer Protocol (FTP) merupakan salah satu tipe protokol internet yang digunakan buat mengunduh serta mengunduh data dari satu fitur pc ke perangkat lain dengan gampang. Untuk webmaster, FTP menawarkan sebagian fungsi yang menjanjikan; seperti kemudahan buat mengaktifkan ataupun menonaktifkan tema, plugin, serta terlebih lagi menginstal WordPress secara manual.

Terima kasih sudah membaca artikel tenang "Apa itu FTP: Pengertian dan Fungsi FTP" jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar teman-teman kalian tau apa itu ftp.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel