Pengertian Jaringan Komputer: Sejarah, Jenis dan Topologi

Daftar Isi [Buka]

Pengertian jaringan komputer serta jenis, topologi, dan manfaat serta dampak dari jaringan komputer. Dikala ini banyak sekali pemakaian internet telah mencakup nyaris segala penjuru dunia. Apalagi di Indonesia sendiri, pengguna aktif internet juga hadapi kenaikan yang signifikan. Salah satu satu tugas dari internet sendiri merupakan buat menghubungkan antara satu jaringan komputer dengan jaringan yang lain.

Pada postingan kali ini bakal mangulas seputar apa itu jaringan komputer sampai tipe-tipe, serta manfaat yang dimilikinya. Sebenarnya sebutan ini telah sangat sering kalian dengar serta pastinya banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Jaringan Komputer

pengertian-jaringan-komputer

Sebelum masuk pada ulasan mengenai pengertian jaringan komputer dan apa saja tipe serta berbagai macam perangkat jaringan komputer, kita wajib memahami terlebih dulu pengertiannya. Jaringan komputer merupakan 2 ataupun lebih perangkat komputer yang saling tersambung ataupun terkoneksi antara satu dengan yang lain serta digunakan buat bermacam sumber informasi.

Tiap titik akhir dalam sesuatu jaringan mempunyai ciri pengenal yang biasa disebut dengan alamat IP (Internet Protocol) ataupun alamat media access control Pada Endpoint bisa mencakup server, komputer, telepon, serta perangkat keras( hardware) jaringan yang lain. Jaringan komputer(JARKOM) bisa dibikin dengan memakai gabungan dari teknologi kabel serta wireless.

Baca Juga: Apa itu FTP

Jaringan bisa bersifat private ataupun publik. Dalam pemakaian jaringan private pada umumnya membutuhkan akses user buat memasukkan kredensial berbentuk password yang bisa dimasukkan secara manual oleh administrator sendiri ataupun diperoleh langsung oleh pengguna. Buat pemakaian jaringan publik semacam internet, tidak membatasi sesuatu akses.

Sejarah Jaringan Komputer

sejarah-jaringan-komputer

Agar kalian paham pengertian jaringan komputer disni ada beberapa sejarah jaringan komputer di dunia diawali pada tahun 1940- an di Amerika. Proyek ini digagas awal kali oleh proyek pengembangan MODEL I di Laboratorium Bell serta tim penelitian dari Universitas Harvard.

Proyek jaringan komputer ini dipandu oleh Profesor. H. Aiken. Bila saat ini jaringan komputer telah dapat menghubungkan banyak user serta digunakan buat bermacam keperluan, tetapi sesungguhnya tujuan proyek jaringan komputer jauh lebih simpel daripada itu. Tujuan awal proyek jaringan komputer sesungguhnya merupakan supaya sesuatu perangkat sistem komputer dapat digunakan bersama- sama. Dikala itu harga komputer sangatlah mahal, sehingga belum dapat dipakai oleh banyak orang.

Sejarah Jaringan Komputer Awal

Proyek jaringan komputer sesudah itu mulai dialami manfaatnya. Dikala jaringan komputer sukses dibikin setiap orang bisa bekerja lebih optimal serta bisa mengerjakan banyak proses tanpa butuh membuang banyak waktu. Tugas yang sebelumnya cuma dapat dikerjakan sendiri- sendiri saat ini dapat dikerjakan bersama supaya lebih efektif. Hasil dari proyek jaringan komputer setelah itu menciptakan program bernama Batch Processing( proses beruntun). Program ini membolehkan banyak pengguna bisa menggunakan sebagian komputer buat mengerjakan banyak program serta pekerjaan dalam waktu bertepatan.

Sejarah Jaringan Komputer dan Perkembangannya

Berikut ini adalah beberapa sejarah jaringan komputer dan perkemabangannya dari tahun ketahun:

Tahun 1950- an: Sistem TSS

Pada tahun 1950- an, sejarah jaringan komputer mulai memasuki masa pengembangan. 10 tahun sehabis proyek jaringan komputer diawali, sistem jaringan komputer jadi semakin lebih baik. Pertumbuhan jaringan komputer diisyarati dengan berkembangnya super komputer. Di jaman ini suatu super komputer dituntut buat melayani serta melaksanakan program dari sebagian terminal. Tentang inilah yang melatar belakangi serta diciptakannya suatu sistem yang dikenal sebagai TSS alias Time Sharing System.

Baca Juga: Cara Mengecek Bandwith Indihome

TSS merupakan suatu konsep distribusi proses bersumber pada waktu. Sistem TSS inilah yang hendak melatarbelakangi hadirnya network ataupun jaringan yang kita tahu dikala ini. Sistem ini membolehkan salah satu komputer berperan selaku server ataupun host yang dapat diakses lewat halte, workstation, ataupun client yang ada dalam waktu bertepatan. Sehabis proses TSS ini mulai tumbuh, tepatnya pada 1970- an sistem jaringan komputer yang baru mulai dibesarkan.

Tahun 1970- an: Lahirnya Internet

Pengembangan sistem jaringan komputer yang baru mulai dicoba dengan melahirkan proses distribusi ataupun disebut Distribution Processing. Latar belakang dari proses ini yaitu karna beban pekerjaan yang ditanggung suatu komputer semakin banyak, sedangkan itu di sisi lain komponen serta harga komputer sangat mahal. Oleh sebab itu, sesuatu informasi yang terdapat di dalam host ataupun server dibagi- bagi secara paralel dengan Host yang lain. Dengan proses ini, suatu Host ataupun Server bisa mencerna informasi serta banyak sekali terminal dengan lebih maksimal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan FUP Smartfren Unlimited

Pada 1972, Roy Tomlison sukses meningkatkan sistem pesan elektonik ataupun email. Sehabis email mulai banyak diminati serta tumbuh pesat, dia setelah itu membangun jaringan bernama ARPANET. Email merupakan cara sangat pintar buat bertukar informasi dengan cepat lewat jaringan komputer yang terletak di dasar ARPANET. Seluruh komputer yang tersambung wajib mendaftarkan diri ke ARPANET biar bisa berkirim pesan elektronik.

Sehabis email mulai merebak luas, 2 pakar komputer ialah Vinton Cerf serta Bob Kahn membuat gagasan buat menghasilkan jaringan komputer yang sangat luas serta bisa digunakan di segala dunia. Gagasan tersebutlah yang setelah itu melahirkan terciptanya Internet yang ialah singkatan dari International Network. Hingga saat ini, internet sudah tumbuh serta menghubungkan tiap orang di bermacam belahan dunia.

Tahun 1980- an: Standarisasi Jaringan Internet

Jaringan komputer yang semakin tumbuh serta terus menjadi banyak peminatnya ialah cikal bakal lahirnya sesuatu protokol resmi internet yang bernama TCP( Transmission Control Protocol) ataupun juga diketahui dengan sebutan IP( Internet Protocol). Protokol tersebut membolehkan sebagian komputer dapat sama- sama tersambung ke dalam sesuatu jaringan internasional yang menghubungkan banyak user di segala dunia.

Baca Juga: Cara Mengecilkan File Word

Pada tahun 1984 setelah itu diperkenalkan sistem domain. Sistem ini bisa menyeragamkan alamat- alamat yang terletak di jaringan yang sama. Domain setelah itu disebut selaku DNS ataupun Domain Name System. Di dalam satu DNS ada sebagian alamat yang berbeda sehingga dapat didatangi oleh banyak orang bila orang tersebut tersambung ke jaringan internet. Sehabis itu pada tahun 1988, Jakko Oikaren meningkatkan sistem chat berbasis jaringan komputer yang bisa digunakan secara luas memakai internet. Sistem bernama IRC( Internet Relay Chat) tersebut membolehkan tiap user bisa melaksanakan chat dengan user lain lewat jaringan internet.

Tahun 1990- an: Lahirnya WWW( Word Wide Web)

Pada tahun 1990- an, Tim Barnes Lee meningkatkan serta merancang program penyunting yang bisa melihat isi dari internet yang saat ini diketahui dengan nama www( world wide web). Pengembangan www membuat antar komputer bisa melakukan penjelajahan serta membagikan akses untuk sesama komputer buat membentuk sesuatu jaringan. Di tahun 1992 pengguna jaringan komputer bisa tersambung dengan lebih dari 1 juta komputer. Dikala www tumbuh, user telah dapat berbelanja online lewat web e- commerce. Tidak hanya itu, Yahoo mulai berdiri selaku web pencarian ternama dunia. Tidak hanya web pencarian juga mulai muncul pemakaian netscape navigator yang diketahui sebagai browser. Browser merupakan perlengkapan yang digunakan buat mengakses sebagian web ataupun alamat www yang sudah terdaftar di jaringan internet.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

jenis-jenis-jaringan-komputer

Sehabis membaca sebagian pembahasan pendek mengenai pengertian serta sejarah jaringan komputer, berikutnya kita bakal mangulas sebagian perihal terikat tipe dari jaringan komputer itu sendiri.

1. PAN (Personal Area Network)

Tipe jaringan ini mencakup daerah yang lebih kecil misalnya saja pada kantor serta rumah. Pada Umumnya banyak sekali digunakan cuma buat keperluan internet serta juga printer dan tentu saja tidak membutuhkan resources yang besar buat memakai jaringan Personal Area Network.

2. LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN berperan buat menghubungkan perangkat jaringan dalam keadaan jangkauan yang relatif kecil seperti contoh penerapan jaringan LAN ialah sistem jaringan pada sekolah, kantor, ataupun rumah.

Baca Juga: Cara Mencari HP yang Hilang

Banyak orang yang cenderung memakai konektivitas tertentu, terutama pada token ring serta ethernet. Tidak hanya itu, LAN juga sediakan teknologi jaringan wireless dengan memakai WIfi serta lebih diketahui dengan WLAN( Wireless Local Area Network).

3. CAN (Campus Area Network)

Jaringan CAN bisa dibilang mempunyai kesamaan dengan MAN, tetapi lebih terbatas pada ruang lingkup kampus ataupun akademisi buat jaringan Campus Area Network (CAN) lebih banyak digunakan buat keperluan seperti praktek lab, email, pembaruan kelas, serta lain sebagainya.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN atau biasa di kenal dengan Metropolitan Area Network merupakan jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat yang lain dalam ruang lingkup kota pada jaringan yang sama. Tipe jaringan ini lebih besar dari dari jaringan Local Area Network (LAN).

5. WAN (Wide Area Network)

WAN atau biasa di kenal sebagai Wide Area Network ialah kumpulan dari jaringan Local Area Network (LAN) yang tersebar secara geografis pada jaringan Wide Area Network (WAN) cenderung buat memakai teknologi semacam seperti ATM, X. 25, dan Frame Relay buat konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

6. Internet

Internet merupakan jaringan komputer terbanyak yang sempat diciptakan oleh manusia. Ruang lingkup dari internet mencakup nyaris segala penjuru dunia. Siapapun bisa mengakses bermacam sumber informasi dalam bermacam perangkat komputer, semacam Komputer, smartphone, laptop, tablet, Televisi, serta lain sebagainya.

7. VPN (Virtual Private Network)

VPN ialah salah satu pemecahan buat menyediakan koneksi internet yang lebih aman. VPN bisa membuat jalur aman buat kebutuhan transmisi data. Dikala ini, banyak sekali platform yang menjual VPN secara free, ataupun sediakan akses premium.

Jaringan Komputer Bersumber pada Tipe Transmisi

Pada Jaringan Komputer sendiri bersumber pada bentuk fundamentalnya, jaringan komputer dibagi jadi 2 tipe, ialah jarak serta transmisinya. Berikut ini ada 2 tipe klasifikasi tipe computer network bersumber pada transmisinya.

1. Broadcast

Jaringan broadcast ialah saluran komunikasi tunggal yang digunakan secara bersama– sama oleh sebagian perangkat( device) yang sama- sama terkoneksi ke jaringan yang sama, paket ialah pesan berdimensi kecil yang biasa dikirim oleh sesuatu mesin yang dapat mengarah pada mesin yang yang lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Mampet di Rumah

Field dari alamat berisi penjelasan mengenai kepada siapa tujuan paket tersebut bakal dikirimkan. Apabila paket tersebut tertuju kepada dirinya hingga bakal segera diproses. Bila paket terkirim ke mesin yang lain, hingga mesin otomatis bakal mengabaikannya.

2. Point to Point

Tipe yang kedua merupakan jaringan point to point tersusun atas sebagian koneksi pasangan individu, dari satu perangkat menuju perangkat yang lainnya. Buat bisa mengirim suatu paket ke tujuan alamat, hingga butuh buat melewati sebagian mesin perantara.

Baca Juga: Perbedaan IPv4 dan IPv6

Sehingga, kerapkali bakal melewati banyak route yang mungkin berbeda jarak. Oleh sebab itu, algoritma route sangat memegang peranan penting pada jaringan ini.

Topologi jaringan komputer

topologi-jaringan-komputer
Pada ulasan kali ini, kami bakal menginformasikan tentang sebagian topologi jaringan komputer yang ada serta digunakan dalam bermacam kegiatan manusia.

1. Topologi Jaringan Komputer Bus

Topologi bus ialah topologi yang memiliki kabel tunggal yang masing– masing workstation serta server saling tersambung. Kelebihan dari topologi bus sendiri ialah pada saat melaksanakan pengembangan jaringan serta workstation baru, akan tetapi tidak mengacaukan workstation yang lain. Kekurangan yang dipunyai merupakan pada saat kabel hadapi kerusakan ataupun putus, hingga bakal hadapi kendala pada keseluruhan jaringan.

2. Topologi Jaringan Komputer Ring( cincin)

Topologi ring ataupun cincin ialah topologi yang tercipta kala seluruh perangkat sudah tersambung, sehingga menyamai cincin ataupun berpola bundaran. Jadi, tiap workstation bakal menerima data dari satu perangkat ke perangkat lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Kelebihan dari topologi ring merupakan tidak bakal berlangsung collision ataupun tabrakan antar data. Sebaliknya, kekurangan dari topologi ini merupakan bila salah satu node alami permasalahan, hingga keseluruhan jaringan bakal hadapi kendala.

3. Topologi Jaringan Komputer Star( bintang)

Topologi star ataupun bintang ialah topologi yang masing– masing workstation mempunyai jalur yang tersambung langsung lewat server ataupun hub. Kelebihan dari topologi ini, merupakan bila salah satu workstation hadapi kendala, hingga tidak seluruh jaringan bakal hadapi perihal yang sama.

Disebabkan, tiap workstation mempunyai jalur ataupun kabel sendiri. Kelemahan dari topologi star merupakan memerlukan bayaran yang besar, sebab memerlukan sumber energi kabel yang banyak.

4. Topologi Jaringan Komputer Tree( pohon)

Topologi tree ialah gabungan dari topologi star serta bus. Topologi jaringan ini menyamai bentuk pangkal pohon, yang bisa dibilang cuma perangkat hub saja yang tersambung langsung menuju bus pohon. Serta tiap hub berperan selaku pangkal dari pohon.

Kelebihan serta kekurangan dari topologi tree sama dengan topologi bus serta star. Tetapi, dengan memakai jaringan pohon ini( hybrid), menunjang terdapatnya perluasan jaringan yang lebih baik.

5. Topologi Jaringan Komputer Mesh

Topologi mesh kerap dipakai kala ada sesuatu keadaan dimana tidak terdapatnya ikatan komunikasi yang terputus secara mutlak antar node dalam suatu jaringan komputer. Antar perangkat bakal tersambung secara langsung sepanjang masih dalam jaringan yang sama.

Kelebihan dari topologi mesh merupakan komunikasi antar komputer yang lebih cepat, dan keamanan yang lebih terjamin. Kekurangan dari topologi mesh merupakan membutuhkan bayaran yang lebih besar dalam penyediaan kabel.

Macam-Macam Perangkat Jaringan Komputer

macam-macam-perangkat-jaringan-komputer

Saat ini, sudah banyak dikembangkannya bermacam macam perangkat jaringan komputer buat menolong serta memaksimalkan kinerja sistem jaringan. Berikut ini ialah sebagian berbagai perangkat yang kerap kalian jumpai serta kalian pakai.

1. Server

Server berperan selaku tempat ataupun media buat menaruh data, dan mengelola jaringan komputer biasa nya server mempunyai spesifikasi yang lebih besar dari client dikarenakan server sendiri dibuat untuk melayani beberapa komputer client.

2. NIC (Network Interface Card)

NIC atau biasa di kenal sebagai Network Interface Card dan dapat disebut juga dengan LAN Card Expansion Board yang digunakan biar komputer bisa tersambung dengan jaringan. Ethernet bisa dibagi menjadi beberapa 4 tipe, ialah ethernet( 10 Mbit/ detik), fast ethernet( 100 Mbit/ detik), gigabit ethernet( 1000 Mbit/ detik), serta tengig( 10000 Mbit/ detik).

3. Kabel jaringan

Kabel ialah media buat menghubungkan satu perangkat dengan perangkat yang lainnya ada sebagian tipe kabel untuk membuat saluran jaringan dianatar nya seperti kabel coaxial, fiber optic, serta twisted pair.

4. Hub dan Switch

Switch ialah perangkat jaringan komputer yang berperan buat menghubungkan sebagian komputer Secara fisik yang bentuk dari switch sama dengan hub tetapi bila dilihat dari sisi logika switch sama dengan bridge. Switch mempunyai 2 jenis ialah unmanaged switch yang ialah jenis paling murah serta managed switch yang ialah jenis termahal.

5. Router

Fungsi Router adlah sebagai perangkat jaringan komputer yang berperan buat menghubungkan sesuatu jaringan Local Area Network (LAN) ke dalam sesuatu jaringan Wide Area Network (WAN) dan mengelola sebagaian lintas dari informasi di dalamnya pada Router ini kalian bisa memastikan jalur terbaik sebab mempunyai tabel routing buat melaksanakan pencatatan terhadap seluruh alamat didalam jaringan networking kalian.

6. Bridge

Bridge merupakan suatu perangkat jaringan komputer yang digunakan buat meneruskan kemudian lintas antara segmen jaringan bersumber pada informasi pada suatu data link pada Bridge ini juga mempunyai tugas buat membagi jaringan komputer kalian yang besar jadi sebagian jaringan kecil.

7. Modem

Modem dapat diartikan sebagai perangkat yang digunakan buat menghubungkan antara perangkat komputer dengan penyedia layanan internet ataupun biasa disebut juga dengan Internet Servie Provider (ISP) contoh nya seperti indihome, biznet, fastmedia, serta penyedia ISP yang lainnya.

8. Repeater

Repeater merupakan sesuatu perangkat yang berperan buat menguatkan serta meregenerasi jaringan serta sinyal yang masuk pada Repeater ini berupaya buat mempertahankan integritas dari sinyal jaringan kalian ada juga kelemahan dari repeater itu sendiri merupakan tidak bisa melaksanakan filter traffic dalam jaringan kalian.

9. Wireless card

Wireless card ialah perangkat yang harus digunakan apabila kalian mau tersambung dalam jaringan nirkabel biasa nya sih komputer tipe sekarang ini banyak sekali telah memakai perang yang mendukung wireless card ini tetapi bila kalian tidak ada wireless card kalian juga bisa meningkatkan komputer kalian untuk bisa menggunakan wireless card.

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut ini ialah sebagian manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari- hari kita:

1. Untuk Berbagi Dokumen

Manfaat yang awal digunakan selaku media buat memberikan dokumen yang kalian miliki kepada perangkat komputer lain dengan memakai jaringan internet. kalian bisa memberikan dokumen memakai kabel data ataupun nirkabel.

2. Untuk Melindungi Serta Memanajemen Keamanan Data

Data bakal terus menjadi baik bila ditaruh secara lebih terpusat. Tidak hanya itu, jaringan juga berguna buat mempermudah administrator dalam melaksanakan manajemen data perusahaan yang penting. Dengan menggunakan shared server, hingga tiap karyawan sanggup buat mencari data secara cepat serta efektif.

3. Mempermudah Dalam Berkomunikasi

Jaringan komputer juga sangat mempermudah buat melaksanakan komunikasi antar tim ataupun dengan orang lain yang berbeda geografis secara cepat serta akurat. Dengan berkomunikasi secara tepat, hingga bisa menolong dalam menanggulangi tiap permasalahan yang bisa jadi terjadi dalam perusahaan.

4. Menyampaikan Data Secara Cepat

Dengan dorongan jarkom, proses penyampaian data jadi lebih cepat tanpa batas waktu serta tempat. kalian bisa membaca tiap data dari bermacam penjuru dunia.

5. Menolong Kegiatan Manusia

Serta manfaat jaringan komputer terakhir merupakan menolong tiap aktivitas manusia supaya lebih efisien serta efektif. Dengan terdapatnya jaringan yang baik hingga tiap kegiatan baik di dalam kantor ataupun di luar kantor bisa tersambung dengan baik.

Dampak Negatif Jaringan Komputer

Tidak hanya manfaat yang dihasilkan dari terdapatnya jaringan komputer itu sendiri, juga ada akibat negatif dari sebagian tentang yang bakal kami jelaskan berikut ini.

1. Pengeluaran Jaringan

Buat bisa memakai jaringan dengan baik, hingga kalian juga butuh buat mempersiapkan tiap kebutuhannya, mulai dari aplikasi, hardware, dan investasi perencanaan network design- nya.

2. Pengeluaran Manajemen serta Maintenance

Buat pengelolaan manajemen serta perawatan jaringan juga butuh dicermati secara berkala oleh tim IT profesional. Sehingga, menurunkan mungkin terbentuknya tentang hal yang tidak diinginkan semacam kerusakan pada perangkat lunak ataupun keras.

3. Kegiatan Sharing yang Tidak Diinginkan

Akibat negatif yang ketiga, dengan terdapatnya lalu lintas jaringan yang tidak terkendali dengan baik, hingga memperbesar resiko dokumen( file) yang di–sharing terinfeksi virus ataupun spam pada komputer.

4. Ancaman Keamanan Jaringan (Network Security)

Dengan kemudahan proses komunikasi yang bisa dicoba dimanapun serta kapanpun secara real– time, pasti saja juga tingkatkan resiko timbulnya permasalahan yang lain. Misalnya, penyebaran konten ilegal, pencurian informasi, sampai permasalahan keamanan data yang lainnya.

Kesimpulan Jaringan Komputer

  1. Jaringan komputer merupakan 2 fitur komputer ataupun lebih sama- sama tersambung buat memberikan informasi serta data.
  2. Jenis dari jaringan komputer terdiri dari PAN, LAN, MAN, WAN, CAN, Internet serta VPN. Topologi yang digunakan antara lain, bus, ring, star, tree serta mesh.
  3. Manfaat utama yang dipunyai merupakan mempermudah pekerjaan manusia, dan menolong dalam proses penyampaian data serta komunikasi dengan mudah serta maksimal.
  4. Selain kalian bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari pemanfaatan jaringan komputer, ada sebagian akibat negatif dari penggunaannya. Salah satu contoh nyata merupakan aplikasi pencurian informasi, sampai bayaran perawatan yang terbilang tidak murah. 
Referensi:
  1. The Compatible Time-Sharing System A Programmer's Guide
  2. Computer Pioneers - Christopher Strachey: https://history.computer.org/pioneers/strachey.html
  3. How the Web was Born: The Story of the World Wide Web: https://archive.org/details/howwebwasbornsto00gill
  4. NIHF Inductee Paul Baran, Who Invented Packet Switching: https://www.invent.org/inductees/paul-baran
  5. Network Topologies : https://web.archive.org/web/20150720093918/http://blog.teachbook.com.au/index.php/computer-science/networking-2/network-topologies/
  6. Cisco Networking Academy's Introduction to Routing Dynamically : https://www.ciscopress.com/articles/article.asp?p=2180210&seqNum=4
  7. Windows Server Administration Fundamentals : https://archive.org/details/windowsserveradm00cour
  8. Vol III: Client-Server Programming and Applications : https://archive.org/details/internetworkingw00come_0

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel