Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat ataupun mampet merupakan indikasi yang kerap timbul dikala seorang hadapi flu ataupun alergi. Walaupun nampak sepele, keadaan ini bisa mengusik kegiatan apalagi mengurangi mutu hidup.

Hidung tersumbat berlangsung akibat infeksi di saluran pernapasan, sehingga struktur di dalam hidung alami pembengkakan. Keadaan ini rata- rata berlangsung akibat flu, alergi, ataupun sinusitis.

Akan tetapi, jangan cemas. Kalian bisa berupaya menerapkan sebagian penyembuhan rumahan buat kurangi gejala. Berikut merupakan sebagian cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa kalian jalani:

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

cara-mengatasi-hidung-tersumbat

1. Pakai Humidifier

Humidifier merupakan suatu perlengkapan yang bisa mengganti air jadi uap, yang setelah itu diembuskan ke hawa buat tingkatkan kelembaban ruangan. Perlengkapan ini bisa kalian pakai di rumah ataupun di kantor buat menanggulangi hidung tersumbat.

Keadaan hawa yang lembab bisa menenangkan jaringan yang teriritasi serta pembuluh darah yang membesar di hidung serta sinus kalian, dan mengencerkan lendir di sinus.

2. Mandi Air Hangat

kalian dapat mandi memakai air hangat buat menanggulangi hidung yang mampet. Perihal ini hendak menolong mengencerkan lendir dan kurangi infeksi di sinus.

Walaupun tidak menjamin melenyapkan hidung mampet seutuhnya, mandi air hangat membuat kalian merasa lebih nyaman.

3. Minum Air yang Cukup

Buat menanggulangi hidung tersumbat, metode yang lain yang dapat dicoba merupakan dengan minum air secara cukup. Sebab itu, kalian komsumsi lah air putih secara berkala setiap harinya.

Cairan hendak menolong menanggulangi infeksi dan mengencerkan dahak, sehingga respirasi tanpak terasa lebih lega. kalian bisa memakai air dengan temperatur biasa ataupun air hangat.

Baca Juga: Bolehkah Balita Makan Durian?

Bila kalian dapat hadapi perih pada kerongkongan, minuman hangat semacam teh bisa meredakan rasa tidak aman di kerongkongan

4. Kompres Air Hangat pada Hidung

Kompres air hangat bisa menolong mengurangi rasa perih akibat sinusitis serta menyejukkan hidung. kalian bisa melakukannya dengan memakai handuk yang dibasahi air hangat.

Cara membuat nya pertama- tama rendam handuk dalam air hangat. Berikutnya, peras air dari handuk, kemudian lipat serta letakkan di atas hidung serta dahi kalian.

5. Pijat Hidung serta Pipi

Salah satu metode meredakan hidung tersumbat dapat dengan pijatan hidung serta pipi. Metode ini bisa dicoba bertepatan ataupun sehabis kalian mengompres air hangat di  hidung atau pipi.

Jalani pijatan dengan jari telunjuk. Pijat bagian tepi hidung sepanjang 30 detik serta diulang hingga sebagian kali sampai kalian merasa lebih baik.

6. Semprot Hidung dengan Air Garam

Memakai semprotan garam pada hidung bisa tingkatkan kelembapan di lubang hidung kalian, sehingga dapat jadi metode mengatasi hidung tersumbat.

Baca Juga: Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

kalian bisa memakai produk saline nasal spray yang memanglah memiliki air garam. Cairan garam pula bisa menolong mengencerkan lendir kalian.

7. Mencuci Hidung

Cobalah buat teratur melaksanakan mencuci hidung dengan cairan garam. kalian bisa memakai perlengkapan spesial mencuci hidung serta mengisinya dengan cairan garam spesial. Sehabis itu, alirkan cairan tersebut dari tiap- tiap lubang hidung.

Mencuci hidung bisa jadi metode menyejukkan hidung tersumbat sekalian mensterilkan saluran respirasi. kalian bisa jadi butuh konsultasi dengan dokter menimpa prosedur yang pas dalam melaksanakan pengobatan ini, supaya khasiatnya lebih maksimal.

8. Hisap Uap Rebusan Air

Metode menanggulangi hidung tersumbat selanjutnya merupakan dengan menghisap uap panas dari air rebusan.

kalian bisa memakai air biasa ataupun air yang telah dicampurkan herbal, misalnya daun mint, ataupun diteteskan dekongestan natural, semacam minyak kayu putih.

Minyak kayu putih memiliki watak antibakteri, antiinflamasi serta antinyeri, sehingga menghisap uap yang diberi minyak kayu putih bisa menolong kurangi indikasi hidung mampet.

9. Mengkonsumsi Santapan Hangat

kalian bisa jadi telah ketahui, mengkonsumsi sup hangat bisa menolong kurangi keluhan hidung tersumbat. Uap yang keluar dari sup dapat menyejukkan saluran respirasi kalian, semacam halnya mandi air panas.

Sebab itu, sup ayam bisa jadi opsi santapan hangat dikala kalian lagi flu. Apalagi, terdapat riset yang berkata kalau sup ayam menolong meringankan infeksi yang terpaut dengan hidung tersumbat serta flu biasa.

10. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam ialah salah satu metode gampang menanggulangi hidung tersumbat, spesialnya apabila diiringi keluhan lendir kental di balik kerongkongan.

Baca Juga: Cara Mencari HP yang Hilang

Tidak hanya itu, berkumur dengan air garam bisa meringankan indikasi perih kerongkongan yang dapat timbul bertepatan dengan hidung tersumbat.

11. Mengkonsumsi Santapan Pedas

Untuk kalian yang suka komsumsi santapan pedas, metode ini dapat kalian pakai buat menyejukkan hidung tersumbat, lho.

Nyatanya, isi kapsaisin di dalamnya bisa menolong mensterilkan sinus serta mengencerkan lendir, sehingga menciptakan perputaran hawa yang lebih baik.

Tetapi ingat, jangan sangat banyak makan pedas supaya tidak menimbulkan permasalahan baru, ialah kendala pencernaan.

12. Memakai Obat Dekongestan

Tidak hanya cara- cara natural di atas, pemakaian obat dekongestan pula dapat jadi opsi kalian dalam menanggulangi hidung tersumbat.

Obat dekongestan bisa menolong kurangi pembengkakan serta kurangi rasa sakit yang terpaut dengan saluran hidung yang teriritasi.

Terdapat banyak opsi obat dekongestan yang dapat dibeli secara leluasa. Apalagi sebagian saline spray pula terdapat yang memiliki dekongestan.

Walaupun dijual leluasa, penggunaannya tidak boleh sangat lama( lebih dari seminggu), sebab bisa memperburuk keluhan hidung tersumbat. 

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.