Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

 Hidung tersumbat dapat terjalin pada kedua hidung ataupun pada salah satu hidung. cara mengatasi hidung tersumbat sebelah dapat dicoba dengan bermacam metode, mulai dari metode simpel dengan menghisap uap air hangat, sampai komsumsi obat- obatan.

Hidung tersumbat sebelah sebelah dapat diakibatkan oleh banyak perihal, semacam tidur miring, deviasi septum, polip hidung, ataupun terdapat barang asing yang masuk ke dalam hidung. Buat cara mengatasi keadaan yang ringan, kalian dapat melaksanakan penindakan mandiri di rumah saat sebelum periksakan diri ke dokter.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah tanpa Obat

cara-mengatasi-hidung-tersumbat-sebelah

Cara Mengatasi hidung tersumbat sebelah tidak senantiasa wajib dengan obat- obatan. Terdapat sebagian penindakan ala rumahan yang bisa jadi sesuai buat cara mengatasi hidung tersumbat sebelah, ialah:

1. Mengompres Hidung Tersumbat

Rendam handuk kecil dalam air hangat kemudian peras, setelah itu tempelkan di atas hidung yang tersumbat ataupun di dahi. Ulangi cara mengatasi hidung tersumbat sebelah ini sebagian kali cocok kebutuhan.

Baca Juga: Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

Kompres hangat bisa menolong meringankan hidung tersumbat sebelah dengan metode membuka ataupun melebarkan saluran hidung dari luar. Metode ini pula bisa kurangi indikasi infeksi pada lubang hidung, yang jadi pemicu hidung tersumbat.

2. Membasuh hidung

Membasuh hidung dengan larutan air garam pula dapat jadi cara mengatasi hidung tersumbat sebelah. kalian dapat membeli larutan air garam di toko obat ataupun membuat sendiri di rumah.

Bila membuat sendiri, gabungkan saja 1 gelas air hangat dengan½ sendok teh garam serta sejumput baking soda. Kemudian tuang larutan dalam neti pot serta bilas hidung yang tersumbat dengan posisi kepala mendongak.

Jalani sebagian kali satu hari buat menolong mensterilkan hidung serta melindungi saluran hidung senantiasa lembap. Sehabis digunakan, jangan kurang ingat buat cuci serta mengeringkan neti pot supaya tidak gampang terkontaminasi kuman.

3. Minum banyak air

Jangan kurang ingat buat minum banyak air bila hidung kalian tersumbat. Minum air bisa menolong mengencerkan serta menghasilkan lendir di saluran hidung. Tidak cuma minum air putih, kalian pula dapat komsumsi teh hangat ataupun juice buah selaku cara mengatasi hidung tersumbat sebelah.

4. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat pula dipercaya bisa cara mengatasi hidung tersumbat sebelah. Uap panas yang dikeluarkan oleh air hangat dipercaya bisa mengencerkan lendir di hidung, kurangi infeksi, serta menolong melancarkan respirasi kalian walaupun buat sedangkan waktu.

Baca Juga: Bolehkah Balita Makan Durian?

Tidak hanya mandi, kalian pula bisa menghisap uap air hangat dari baskom ataupun memakai pelembap hawa( humidifier) bila memanglah hawa di area kalian cenderung kering.

5. Memakai bantal tambahan

Tidur telentang dapat membuat lendir menggenang serta menutup jalur nafas, paling utama di hidung. Oleh sebab itu, kalian disarankan buat memakai bantal lebih dari satu supaya posisi kepala sedikit lebih besar dari badan. 

cara mengatasi hidung tersumbat sebelah ini dipercaya bisa menolong melancarkan saluran pernapasan kalian.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah dengan Obat

Tidak hanya cara- cara di atas, hidung tersumbat sebelah pula dapat diatasi memakai obat kedokteran yang dijual leluasa di apotek ataupun toko obat, semacam antihistamin serta dekongestan.

Walaupun demikian, hendaknya kalian bertanya dengan dokter terlebih dulu saat sebelum memutuskan buat mengkonsumsi obat tersebut selaku cara mengatasi hidung tersumbat sebelah. Alasannya, hidung tersumbat bisa membaik dengan dengan sendirinya.


Tetapi, apabila hidung tersumbat sebelah terjalin sepanjang lebih dari 2 pekan ataupun diiringi dengan demam besar, kulit ataupun bibir jadi kebiruan, serta kesusahan bernapas, kalian disarankan buat periksakan diri ke dokter.

Hidung tersumbat sebelah yang berlangsung lama serta diiringi indikasi lain bisa jadi ialah ciri peradangan ataupun keadaan sungguh- sungguh yang memerlukan penindakan kedokteran langsung oleh dokter untuk memeriksa kesehatan hidung kalian.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.