Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hidung Mampet di Rumah

Hidung mampet dapat diakibatkan oleh bermacam- macam keadaan kesehatan, semacam pilek ataupun sinus. Keadaan semacam ini pasti sangat mengusik. Buat mengatasinya, kalian dapat melaksanakan sebagian metode langkah gampang di rumah.

Banyak orang menyangka hidung mampet cuma diakibatkan oleh penumpukkan lendir di dalam saluran hidung. Kenyataannya, hidung mampet terjalin sebab pembengkakan ataupun inflamasi pada pembuluh darah di dalam rongga hidung serta sinus. Inflamasi tersebut bisa diakibatkan oleh peradangan sinus, alergi, flu, ataupun pilek.

Cara Mengatasi Hidung Mampet di Rumah

cara-mengatasi-hidung-mampet-di-rumah

Supaya hidung mampet lenyap serta kalian dapat nafas kembali lega, berikut ini merupakan sebagian metode jitu yang dapat kalian jalani di rumah:

Cukupi cairan

Dikala hidung mampet sebab flu, kalian disarankan buat perbanyak mengkonsumsi air putih. Kecukupan cairan bisa menolong mendesak cairan keluar dari hidung serta meredakan infeksi di sinus kalian.

Bila kalian pula hadapi sakit kerongkongan, cairan hangat semacam teh jahe pula bisa menolong meredakan rasa tidak aman di kerongkongan.

Pakai uap

Metode menanggulangi hidung mampet selanjutnya merupakan dengan memakai uap. Uap bisa menolong mengencerkan lendir di dalam hidung. Uap dapat didapatkan dari humidifier ataupun lewat sebaskom air hangat.

Baca Juga: Cara Mencari HP yang Hilang

Triknya, masak air sampai mendidih, letakkan di dalam baskom. Sehabis itu, tutup bagian balik kepala dengan handuk kecil supaya lebih gampang menghisap uap yang keluar dari baskom.

Tidak hanya dengan metode ini, kalian pula dapat memperoleh khasiat uap dengan mandi air hangat.

Meninggikan kepala

Rehat yang lumayan ialah perihal berarti buat meredakan hidung terseumbat. Tetapi sayangnya, hidung mampet kerap kali terasa kian parah dikala hendak tidur.

Buat mengatasinya, tumpuk bantal sehingga posisi kepala lebih besar. Metode ini bisa menolong menyejukkan rongga hidung sehingga bisa mengatasi hidung tersumbat sebelah ataupun keduanya.

Membasuh hidung

Bilas rongga hidung memakai neti pot serta larutan saline. Neti pot merupakan wadah berupa teko kecil yang digunakan buat menghasilkan lendir serta cairan dari saluran hidung.

Buat larutan saline, kalian bisa membelinya di apotik ataupun buatnya sendiri di rumah. Triknya merupakan dengan mengombinasikan 1 cawan air hangat dengan sejumput soda kue serta separuh sendok teh garam.

Tidak hanya memakai larutan saline buat membasuh, kalian pula bisa menyemprotkan larutan saline buat tingkatkan kelembapan di rongga hidung.

Metode di atas dapat kalian terapkan buat menanggulangi hidung mampet. Tetapi bila hidung mampet terasa sangat menganggu, kalian dapat minum obat dekongestan. Dekongestan ialah obat buat meredakan pembengkakan rongga hidung. Bila hidung mampet ialah indikasi alergi, kalian bisa minum obat antihistamin.

Apabila hidung mampet serta penyakit yang menyertainya tidak kunjung membaik, kalian dianjurkan buat periksakan ke dokter guna menemukan penindakan yang pas, cocok dengan keadaan kalian. 

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.