√ Cara Mengatasi Blue Screen

Cara Mengatasi Blue Screen

Daftar Isi [Buka]

Cara mengatasi blue screen atau BSOD yang terjadi pada komputer atau laptop kita cepat atau lambat ini adalah masalah yang membuat kita frustasi dikarenakan sering banget sulit unutk dipecahkan untuk masalah blue screen pada laptop atau komputer. Pada kali ini kiraky ada beberapa tips dasar tentang bagaimana cara mengtatasi blue screen pada windows 10 atau windows 11.

Apa Itu Blue Screen?

Pertama kita kenalan dulu nih sama blue screen, apa itu blue screen? blue screen biasa di kenal sebagai stop error atau fatal system error yang terjadi pada sistem operasi windows pada saat sistem operasi tersebut berhenti bekerja yang berarti ada beberapa masalah sehingga terjadinya muncul fatal error atau baisa di sebut blue screen yang menampilkan layar biru serta informasi masalah yang terjadi dan kemudian melakukan restart pada laptop atau komputer kalian.

Blue screen dapat terjadi berbagai macam alasan, penyebab umum blue screen pada sistem operasi windows biasanya terjadi pada driver yang buruk, terjadi maslah pada perangkat keras atau ada nya kesalahan sistem operasi pada laptop atau komputer kalian.


Baca Juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak


Untuk versi sistem operasi windows seperti Windows 10 atau Windows 11 lebih stabil dari pada versi sebelumnya seperti windows 7 atau 8 sehingga kalian tidak terlalu sering untuk mengalami blue screen pada laptop atau komputer kalian. 

Terkadang windows mengeluarkan blue screen satu kali tidak menjadi masalah jadi kalian tidak usah panik dengan maslah pada BSOD ini nanti akan berfungsi dengan baik setelah kalian reboot.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop atau Komputer

cara-mengatasi-blue-screen

1. Mencatat Kode Pada Layar Blue Screen

Hal yang pertama kalian harus tahu untuk mengatasi blue screen pada laptop atau komputer kalian yaitu dengan mencatat kode error pada layar monitor kalian pada saat terjadi blue screen untuk mengetahui error apa yang terjadi pada laptop atau komputer kalian sehingga menjadi blue screen serta untuk menjadi referensi memecahkan masalah untuk mengatasi blue screen tersebut.

Pada operating system  windows 10 atau 11 blue screen biasanya muncul dengan emot sedih :( serta menampilkan juga informasi kesalahan yang terjadi tidak lupa juga muncul QR Code Windows Stop Code yang langsung ke halaman microsoft.


Setelah muncul pesan error blue screen kalian harus mencatat stop kode (kode berhenti) yang tampil pada layar monitor kalian untuk memecahkan masalah blue screen pada laptop atau komputer kalian.

2. Update Windows

Banyak sekali termasuk saya sendiri sering melihat kesalahan blue screen untuk melakukan perubahan pada sistem operasi windows yang ada di komputer atau laptop kita. Pada perubahan tersebut kita dapat memacahkan masalah yang terjadi blue screen di laptop atau komputer kalian.

Contoh nya seperti kalian baru saja menginstall driver printer yang baru saja tercolok pada laptop atau komputer kalian coba kalian cabut terlebih dahulu usb untuk menghubungkan printer kalian dengan laptop atau komputer kalian.

Siapa tau masalah muncul nya blue screen terjadi pada saat kalian mencolokkan usb printer pada laptop atau komputer kalian atau bisa juga kalian melakukan update windows belum selesai tetapi laptop atau komputer kalian tiba-tiba mati sendiri untuk mengatasi komputer sering mati sendiri kalian bisa ke arikel ini :


Jika kalian ternyata baru saja menginstall update tapi tiba-tiba mati sendiri kalian buka Settings > Update & Security > Windows Update > View Update History.

Nanti akan muncul berbagai daftar silahkan kalian uinstall updaten tersebut untuk mengatasi masalah blue screen pada laptop atau komptuer kalian. Jika kalian baru saja menginstall program kalian coba uinstall juga program tersebut siapa tau program tersebut terdapat virus jadi komputer atau laptop kalian mengalami blue screen.

3. Update Driver Pada Windows

Terkadang update driver bisa mengatasi masaalah pada blue screen di laptop atau komputer kalian dikarenakan Windows meminta driver terbaru pada komputer atau laptop kalian jika driver tersebut sudah lama biasanya akan muncul error blue screen pada laptop atau komputer kalian jadi kalian harus update driver kalian yang terbaru dengan cara kalian masuk ke Settings > Update & Security > Windows Update selanjutnya klik apply untuk mengupdate driver yang tertunda.


Jangan lupa juga utnuk memeriksa driver pada laptop atau komputer kalian dikarenakan sering terjadi masalah pada driver di windows 10 atau 11 sehingga mengakibatkan blue screen. Untuk melakukan Update pada Driver kalian ke Menu Start (icon windows di pojok kiri bawah) >  Terus ketik device manager > Seteleah kalian berada pada menu Device Manger kalian klik kanan pada driver yang kalian mau update nanti ada bacaan update driver.

4. Menjalankan System Restore

Untuk mengatasi blue screen kita bisa menggunakan system restore yang ada pada sistem operasi windows di laptop atau komptuer kesayangan  kalain untuk menjalankan system restore ini sangatlah mudah dengan cara:
  1. Klik Icon Windows yang ada di pojok bawah kiri layar kalian.
  2. Setelah itu kalian ketik Recovry atau bisa juga melalui control panel.
  3. Setelah terbuka kalian nanti akan melihat daftar pemulihan yang dapat kalian kembalikan.
  4. Silahkan kalian pilih salah satu setelah itu klik Scan for affected program jika kalian ingin melihat perangkat lunak apa saja yang akan berubah.

5. Scan Virus Pada Laptop atau Komputer

Virus atau malware dapat merusak sistem pada sistem operasi windows kalian yang dapat menyebabkan terjadinya blue screen pada komputer atau laptop kalian jadi kalian harus scan virus pada komputer atau laptop kalian saya sarankan menggunakan malwarebytes untuk melakukan scan virus pada laptop atau komputer kalian.

6. Menguji Perangkat Keras Laptop Atau Komputer

Jika kalian terdapat blue screen pada laptop atau komputer kalian, kalian dapat memeriksa komponen hardware pada komputer atau laptop kalian terkadang komponen yang rusak bisa memunculkan blue screen pada laptop atau komputer kalian biasanya blue screen terjadi dikarenakan RAM yang rusak atau komponen hardware yang buruk.

7. Memeriksa File Sistem

Untuk mengatasi blue screen pada laptop atau komputer kalian juga bisa memeriksa file sistem pada komputer atau laptop kalian dengan SFC (System File Checker). Kalian bisa menjalankan SFC ini pada command promt run as admin berikut adalah caranya:

  1. Kalian klik icon windows yang ada di pojok kiri bawah.
  2. Setelah itu kalian ketik Command Prompt atau ketik CMD setelah muncul bacaan command prompt kalian klik kanan Run As Administrator.
  3. Setelah terbuka command prompt (admin) kalian ketik sfc /scannow setelah itu enter.

Kalau cara-cara diatas tidak bisa mengatasi blue screen pada laptop atau komputer kalian, saya sarankan untuk menginstall ulang windows kalian.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel