√ Cara Memperbaiki Komputer Sering Mati Sendiri

Cara Memperbaiki Komputer Sering Mati Sendiri

Daftar Isi [Buka]
Cara memperbaiki komputer yang sering mati sendiri banyak sekali faktor-faktor seperti power supply, hardisk, ram, serta faktor-faktor yang lainnya.Apalagi ketika kita sedang menyalakan komputer yang baru saja menyala tiba-tiba mati restart sendiri berulang-ulang itu menandakan ada nya masalah pada komputer kalian.

Masalah tersebut harus cepat diatasi dikarenakan bisa merusak kompenen atau hardware pada komputer kalian, bila sudah rusak kemana-kemana untuk biaya perbaikannya biasanya sangatlah mahal bahkan bisa jadi harus mengganti komputer baru bila kerusakan tersebut terjadi pada CPU.


Terkadang pada saat kita sedang asik bermain game komputer kita mati tentu saja itu bikin kita jadi tidak enak untuk main game apa lagi ketika CPU nya yang jadi masalah tapi tiba-tiba monitor yang kena karna kita kesal komputer kita mati pada saat kita main game.

Penyebab Komputer Sering Mati Sendiri


Untuk itu kiraky.com akan membahas cara memperbaiki komputer sering mati sendiri pada windows 10 jangan lupa di simak di bawah ini.
cara-memperbaiki-komputer-sering-mati

Software

Untuk masalah memperbaiki komputer sering mati sendiri biasanya terjadi pada software windows yang mengalami blue screen yang disebabkan oleh virus atau trojan serta beberapa file yang terhapus atau bisa juga masalah ini terjadi disoftware dikarenakan windows pada komputer kalian tidak di update.

Jika pada windows sudah di update coba kalian untuk mengecek drivernya apakah driver kalian sudah diupdate atau belum pada komputer kalian, jika untuk bagian software ini tidak ada masalah berarti masalahnya pada komponen hardware komputer kalian.

Hadware

Untuk mengatasi masalah komputer mati hidup sering kali disebabkan oleh HHD atau SSD kalian yang rusak sehingga pada sistem tidak berjalan selayaknya dengan normal. Bisa juga terjadi pada Motherboard, Processor yang sudah overheat, atau pada power supply di komputer kalian.


Maka dari itu kalian harus cek satu-pertsatu komponen apa saja yang rusak pada komputer kalian utnuk masalah ini pada hardware ini, perlu kalian ketahui juga pemecahan pada masalah ini tidak pasti untuk memperbaiki komputer sering mati sendiri dikarenakan ini hanyalah serangkaian pemecahan masalah yang secara rinci yang akan dibahas secara mendalam tapi ini mungkin bisa jadi pemecahan masalah untuk mengatasi komputer kalian yang sering mati sendiri.

Cara Memperbaiki Komputer Mati Sendiri

Untuk memperbaiki masalah komputer mati sendiri pada komputer kalian ada beberapa cara yang kiraky sudah susun secara rinci, jadi kalian simak dibawah ini untuk memperbaiki komputer mati sendiri pada komputer kalian.

1. Cek Driver GPU

Untuk hal yang pertama kali untuk memperbaiki komputer mati sendiri yaitu dengan mengecek GPU kalian dikarenakan driver pada umumnya yang biasan ya kalian terima pada saat install windows memang bisa digunakan tapi beda lagi pada driver GPU ini jadi kalian harus update driver GPU ini ke updatean yang terbaru.

Berikut adalah cara untuk update Driver GPU kalian:
  • Pertama kalain masuk ke menu Start setelah itu kalian ketik Device Manager Setelah kalian buka Device Managernya kalian Scroll kebawah hingga ketemu Display Adapter.
  • Kalian klik kanan pada GPU setelah itu buka properties nanti pada tab Details kalian klik uinstall driver.
  • Setelah itu kalian ke google cari driver kalian jika kalian menggunakan nvidia kalian bisa langsung ke website driver nvidia nya.
  • Setelah kalian download driver nya kalian install driver tersebut setelah itu restart komputer kalian.

2. Mematikan Sleep Mode

Menggunakan sleep mode memang sangatlah bagus untuk menghemat listrik pada rumah kalian tapi pada windows 10 tidak mati sementara tetapi malah mati total maka dari itu agar lebih aman komputer kalian silahkan matikan sleep mode pada komputer kalian, jika kaliaan tidak tahu caranya berikut adalah cara mematikan sleep mode pada windows 10:

  1. Kalian buka menu start setelah itu kalian klik settings.
  2. Setelah menu settings terbuka kalian buka menu system setelah itu atura layar menjadi sleep ke never.
Jika kalian ingin masih menggunakan sleep mode pada komputer kalian , kalian bisa untuk mengaturnya 5 jam untuk komputer kalian masuk ke sleep mode.

3. Mematikan Fast Startup

Terkadang banyak orang yang suka menggunakan fast startup dikarenakan agar membuat komputer lebih cepat tetapi ini bisa jadi masalah untuk komputer sering mati sendiri dikarenakan ada beberapa software yang tidak dapat menanggapi dengan baik ketika kalian menyalakan komputer kalian.

Untuk mematikan fast startup kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kalian klik pada menu start setelah itu kalian ketik Power Options.
  2. Setelah kalian berada pada power options disebelah kiri natni ada bacaan Choose What The Power Buttons Does.
  3. Setleah itu klik change setting yang saat ini tidak tersebut nanti kalian tinggal menghilangkan ceklis pada turn on fast startup (recommended) yang berada di antara shutdown settings.
  4. Setelah itu kalian klik ok untuk mengkonfirmasi.

4. Cek Suhu CPU Secara Berkala

Dalam beberapa masalah CPU atau GPU kalian bisa jadi terlalu panas dan itu akan menyebabkan masalah komputer sering mati sendiri  dikarenakan pada motherboard biasanya diprogram utnuk mematikan semuanya untuk mencegah kerusakan serius pada kompuiter kalian.


Terutama pada laptop yang sebagaian besarnya memiliki sistem pendingin otomatis untuk menandai gaming intensif, kalian bisa memeriksa suhu pada sistem dengan alat ketiga atau kalian bisa menyentuh bagian belakang lapttop kalian atau bisa bagian cpu kalian.

Jika suhu pada komputer kalian tinggi kalian harus segera mengambil tindakan sebagai berikut:
  1. Silahkan kalian bersihkan kipas pada komputer untuk mendinginkan CPU di dekstop.
  2. Ganti Pasta Termal yang baru.
  3. Mengatur pengaturan pada overclock ke default.
Jika komputer kalian masih ada garansikan kiraky sarankan untuk membawanya pada distributor pada saat kalian membeli komputer atau ke tukang service komputer untuk memperbaikinya.

5. Cek SSD / HDD

Untuk memperbaiki komputer sering mati sendiri kalian juga bisa mengecek SSD atau HDD pada komputer kalian bisa jadi SSD atau HDD kalian rusak atau memiliki sekotro yang rusak. Untuk tersebut kalian bisa menggunakan software seperti HDDScan atau bisa juga menggunakan bawaan utnuk menlakukan pengecekan pada SSD atau HDD kalain, berikut adalah caranya:

  1. Kalian ke menu start setelah itu kalian buka command promt run as administrator.
  2. setleah itu kalian ketikan wmic diskdriver get status.
  3. Nanti kalian akan tahu kesehatan pada hardisk atau ssd kalian jika pada layar tersebut terulis OK berarti HDD atau SSD kalian masih sehat.

6. Melakukan Install Ulang

Jika cara diatas belum juga bisa memcahkan masalah komputer yang sering mati sendiri kalian bisa untuk menginstall ulang operating sistem yang kalian gunakan  atau jika kalian menggunakan windows kalian bisa ke menu repair windows.

Penyebab Lain Komputer Sering Mati Sendiri

1. Power Supply

Bisa jadi power supply yang kalian gunakan itu abal-abal jadi kalian bisa membeli power supply yang baik serta mendukung daya pada rumah kalian.

2. Pengkabelan

Biasanya pada PSU serta CPU menyala tetapi pada monitor tidak menyala disni bisa jadi kalian salah untuk memasang kabel pada monitor ke arah CPU kalian jadi kalian cek lagi untuk pengkabelan nya.

3. Baterai CMOS

Bisa jadi baterai CMOS kalian sudah tidak layak pakai karna batas penggunakan baterai CMOS biasanya bertahan sampai hingga 5 tahun lamanya jadi kalian harus cek baterai cmos itu sapa tau ini penyebab komputer kalian sering mati sendiri.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel