Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hapus Malware Android Tanpa Aplikasi

Daftar Isi [Buka]

Cara hapus malware android atau biasa di kenal dengan malicious software (malware) sering banget kita temukan pada smartphone kita, karna malware di android ini sangat berbahaya jika terkena virus yang jahat maka kalian harus tau cara menghapus malware di android kesayangan kalian.

Pasti kalian tidak menyadari jika smartphone android kalian susah terkena oleh malware yang lewat pada aplikasi yang kita install, aplikasi yang sudah ada malware ini banyak sekali terdapat bahaya yang bisa merugikan smartphone android kalian.

Terkadang banyak sekali masalah yang terjadi pada malware ini seperti aplikasi yang berjalan di layar belakang background sehingga smartphone android kalian menjadi boros baterai nya terkadang juga ada malware yang dapat mencuri data-data pribadi smartphone android kalian.

Baca Juga:
Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak
Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Kali ini kiraky.com akan kasih tips beberapa cara untuk mendeteksi malware di android kalian serta agar malware tersebut tidak masuk ke smartphone kesayangan kaliann, untuk caranya mendeteksi malware pada android kalian simak artikel dibawah ini:

Ciri-Ciri HP Android Terkena Malware

Sebelum kita lanjut cara untuk cara hapus malware android kita kenalan dulu dengan ciri-ciri smartphone android terkena malware, berikut adalah ciri-ciri jjika handphone android terkena malware:

cara-hapus-malware-android



Baterai Android Cepat Boros

Untuk ciri-ciri pertama jika hp android terkena virus adalah menjadi cepat boros, jika kalian merasa pemakaian baterai kalain terlalu cepat boros maka bisa jadi smartphone android kalian terkena oleh malware maka silahkan kalian mengcheck terlebih dahulu apakah smartphone android anda terkena malware atau tidak di banding sebelumnya.

Banyak Muncul Iklan Pop-up di Smartphone Android

Untuk ciri-ciri kedua jika smartphone terkena malware atau virus adalah sering sekali muncul iklan yang tiba-tiba ada seperti pop-up di smartphone android kalian maka ini sudah di pastikan anda terkena malware pada smartphone android kalian.

Pulsa atau Kuota Cepat Habis

Untuk cirai-ciri ketiga bisa jadi pulsa atau kuota kalian yang ada di smartphone kalian menjadi cepat habis, dikarenakan ada malware atau virus yang sedang menjalankan aplikasi menggunakan kuota atau pulsa kalian sehingga menjadi boros pada smartphone android kalian.

HP Jadi Lemot

Tidak hanya pulsa atau kuota kalian cepat habis tapi bisa jadi juga hp kalian bisa jadi lemot dikarenakan banyak membuka aplikasi coba kalian test menggunakan aplikasi yang ringan jika smartphone anda lemot padahal kalian tidak menggunakan banyak penggunaan RAM.

HP Jadi Cepat Panas

Jika kalian membuka HP kalian tetapi kalian merasa cepat panas bisa jadi hp kalian sudah terifeksi oleh virus yang datang dikarenakan ada aplikasi yang berjalan dilayar belakang tanpa akses dari anda.

Waktu Booting Lebih Lama

Coba kalian restart atau matikan smartphone kalian dan perhatikan pada saat booting di smartphone android kalian apakah lebih lama dari biasa nya? bisa jadi smartphone kalian sudah terkena malware karna waktu booting kalian lebih lama dari sebelumnya.


Sering Menerima SMS Aneh Serta Sinyal Sering Putus

Terkadang kalian menerima sms yang aneh apa lagi dari nomor yang tidak diketahui serta pada kalian melakukan panggilan ke teman atau saudara kalian sering putus-putus.

Cara Hapus Malware di Android

Gimana? kalian sudah tau ciri-ciri apa saja jika smartphone android kalian terkena malware kan? jadi sekarang kalian harus bisa hapus malware android tersebut pada hp android kalian, jika kalian membiarkan nya begitu saja bisa jadi berbahaya bagi smartphone kalian.


Ada beberapa cara untuk menghapus malware adroid yang tidak bisa kalian hapus atau yang bisa kalain lakukan untuk smartphone kalian bersih dari malware atau virus berikut adalah cara untuk hapus malware di android oleh kiraky.com :

1. Hapus aplikasi yang mencurigakan

Hal yang pertama kali adalah mencari aplikasi yang sudah terinfeksi oleh malware, untuk mencarinya silahkan kalian melakukan pembersihan tersebut dengan cara membersihkan malware pada hp android kalian dengan cara masuk ke Setting > Aplication silahkan kalian cari aplikasi yang mencurigakan setelah itu kalian hapus aplikasi tersebut.

2. Hapus Administrator Right

Mungkin aplikasi yang kalian curigakan tidak dapat di hapus untuk menghapus aplikasi tersebut kalain harus mengecek terlebih dahulu Administrator perangkat karna mungkin saja aplikasi tersebut adalah milik user administrator right jika ia anda bisa menghapus izin dari aplikasi tersebut untuk melakukan penghapusan pemasangan aplikasi secara normal.

Berikut adalah cara untuk menghapus administrator right:
  • Pertama kalian masuk ke Setting > Security setelah itu kalian lihat bagian Device Administrator. nanti kalian akan bisa melihatnya pada menu Android Device Manager pada daftar tersebut silahkan kalian hapus perizinan aplikasi yang susah untuk di hapus.
  • Jika kalian sudah melakukan nya silahkan kalian restart terlebih dahulu smartphone kesayangan anda untuk nanti akan di cek apakah sudah hilang dari smartphone kesayangan anda atau tidak nanti kalian akan melihat smartphone kalian sudah kembali normal atau tidak.

3. Install Aplikasi Antivirus

Belum berhasil juga? coba kalian lakukan jalan lain dengan menginstall aplikasi anti virus pada google play store untuk antivirus yang paling populer pada android seperti: Kaspersky Antivirus, ESET, AVG, Avast dan sebagainya.

Cara Menghapus Malware Tanpa Aplikasi Android

Mungkin kalian tidak mau untuk melakukan install apliaksi pada google play store nah kiraky.com punya cara selain menggunakan aplikasi pada smartphone anda berikut adalah cara untuk menghapus virus di android tanpa aplikasi:

1. Hapus Melewati Draw Over Other Apps

Untuk menghapus malware dari smartphone android kesayangan nya tanpa aplikasi yaitu anda bisa masuk ke menu Draw Over Other Apps berikut adalah cara untuk masuk ke menu tersebut dengan cara kalian masuk ke Settings > Draw Over Other Apps pada tab aplikasi.


Nanti kalian akan melihat banyak sekali aplikasi yang ada di smartphone android kesayangan kalian yang mencoba mengambil data pada alikasi lain, setelah itu kalian bisa untuk menghapus aplikasi tersebut untuk melindungi smartphone android anda dari malware.

2. Masuk ke Safe Mode

Untuk cara kedua menghapus virus tanpa aplikasi yaitu dengan cara masuk ke safe mode pada smartphone android kalian dengan cara sebagai berikut:
  • Pertama kalian tekan tombol Power silahkan kalian tahan agak lama lalu klik > Safe Mode.
  • Jika untuk pilihan Safe Mode Tidak ada bisa jadi malware nya sudah memblokir untuk masuk ke Safe Mode tersebut jadi kalian harus melakukan Hard Reset.
  • Untuk cara melakukan Hard Reset. Kalian bisa menekan Tombol Power setelah itu tahan selama 10 detik atau bisa juga menekan Tombol Volume Up & Down pada saat booting smartphone android kalian.
  • Setelah masuk ke Safe Mode kalian bisa masuk pada menu Pengaraturan>Apps>Download.
  • Nanti kalian akan bisa mencari file aplikasi yang mencurigakan jika sudah ketemu aplikasi yang mencurigakan kalian tekan pada ikon aplikasi tersebut setelah itu kalian Uinstall.

Cara Mencegah Serangan Malware Pada HP Android

Untuk cara mencegah serangan virus di android kalian bisa tidak untuk mendownload aplikasi di luar Google Play Store, di karenakan bisa saja aplikasi tersebut sudah ada malware selain dari tidak mendownload aplikasi di luar dari Google Play Store kalian juga bisa tidak menginstall aplikasi yang tidak dikenal atau bisa uinstall jika kalian sudah menginstall nya.

Terima kasih sudah membaca artikel "Cara Hapus Malware Android" Jika artikel ini sangat membantu silahkan anda share ke teman-teman kalian. Jangan lupa juga untuk berkunjung kembali ke kiraky.com terima kasih.