Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Cara mengatasi hp cepat panas dan baterai cepat habis pada smartphone android kalian ketika kalian sedang asik-asik nya bermain game pasti kalian sering merasakan hp sering panas dan juga boros baterai.

Terdapat faktor yang bisa mempengaruhi panas nya hp kalian baik itu dari hardware, suhu ruangan dan juga kalian yang terlalu lama bermain game ataupun streaming video.

Pada saat smartphone kalian panas pasti nya akan menggangu kalian ketika kalian bermain game dan bisa berdampak langsung terhadap tangan kalian dikarenakan smartphone kalian panas.

Tidak hanya tangan kalian yang kepanasan pada performa pada smartphone kalian akan menurun dikarenakan pada hardware sudah mencapai batasnya.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Jika kalian mengabaikannya maka efeknya akan terasa baik cepat ataupun lambat pada smartphone kalian seperti beterai menjadi lebih boros dan juga bisa mengalami overheat serta tidak dapat digunakan lagi smartphone kalian.

Maka dari itu kalian bisa menghindari bahaya yang bisa ditimbulkan dari hp kalian yang panas yang bisa membuat umur dari hp kalian lebih panjang.

Pada artikel ini akan membahas cara mengatasi hp cepat panas dan baterai cepat habis jadi bisa menjadi solusi kalian untuk mengatasi hp kalian yang kepanasan.

Penggunaan HP yang Berlebihan

Penggunaan HP yang Berlebihan

Untuk kalian yang sering sekali menggunakan smartphone kalian untuk multi tasking seperti chatting, browsing, streaming, nonton film dan juga bermain game online ataupun offline dalam waktu yang sangat lama maka akan beraktibatkan hp kalian panas.

Hal tersebut terjadi dikarenakan pada komponen hadware nya tersebut berkerja keras seperti prosesor yang ada pada smartphone kalian untuk menjalankan semua aktivitas seperti chatting, browsing, streaming, nonton film dan juga bermain game.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Ghost Touch di Android
Cara Melihat Password WiFi

Perlu kalian ketahui pada prosesor membutuhkan daya dari baterai yang nanti nya pada baterai tersebut akan mengalami kenaikan suhu yang bisa menyebabkan hp kalian kepanasan.

Maka dari itu sumber panas terbesar bisa berasal dari prosesor pada smartphone kalian sendiri.

Solusi Penggunaan HP yang Berlebihan

Untuk cara mengatasi hp cepat panas dan baterai cepat habis kalian bisa menggunakan smartphone kalian sewajarnya dan jangan menggunakan smartphone kalian jika pada bagian casing smartphone kalian mulai terasa hangat.

Hal tersebut bisa untuk memberitahukan kalian jika prosesor pada smartphone kalian sedang bekerja keras maka kalian harus menghindari hal tersebut agar umur smartphone kalian panjang.

Kondisi Ruangan Sekitar

Kondisi Ruangan Sekitar

Jika kalian sering diruangan yang panas ketika sedang menggunakan smartphone kalian maka otomatis suhu pada smartphone kalian akan memiliki suhu panas yang sama dengan ruangan kalian.

Baca Juga:
Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google Play Store
Cara Mengatasi Lupa Password atau Pattern di Android

Dikarenakan smartphone yang panas maka prosesor pada smartphone tersebut juga akan panas, bahkan bisa mengakibatkan overheat.

Solusi Untuk Kondisi Ruangan

Maka kalian bsia untuk menggunakan smartphone kalian pada suhu ruangan yang bersuhu normal, jangan sekali-kali kalian gunakan smartphone kalian pada suhu dingin.

Dikarenakan pada suhu yang dingin akan membuat smartphone kalian menyebabkan kelembapan pada hardware hp kalian.

Jika terjadi kelembaban pada smartphone kalian akan mengakibatkan mengkartnya hp kalian dan bisa menyebabkan kerusakan pada hp kalian.

Aplikasi di Latar Belakang

Aplikasi di Latar Belakang

Mungkin kalian memiliki banyak sekali aplikasi yang berjalan pada latar belakang dan bisa membuat penggunaan dari RAM dan Prosesor kalian mengalami pembengkakan.

Maka dari jika kalian memiliki banyak sekali aplikasi yang berjalan di latar belakang pastinya kinerja dari prosesor sendiri akan kencang dan juga bisa menguras baterai dari hp kalian dan menyebabkan baterai kalian panas.

Baca Juga:
Cara Mencari Aplikasi Tersembunyi di Android
Cara Menghentikan Aplikasi berjalan di Latar Belakang

Apa lagi ketika aplikasi tersebut memerlukan internet bisa-bisa kuota pada smartphone kalian akan cepat habis.

Solusi Aplikasi di Latar Belakang

Untuk solusinya kalian bisa menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan kalian menekan tombol home selama dua detik atau kalian menekan tombol ikon bergaris tiga pada smartphone kalian.

Setelah itu kalian hapus aplikasi yang berjalan dengan kalian menerapkan cara mengatasi hp cepat panas dan baterai cepat habis ini.

Maka kalian bisa membuat hp kalian semkain adem dan juga bisa memberikan kebebasan dari ram laptop kalian dan menghindari baterai hp kalian cepat habis.

Spefikasi Smartphone

Spefikasi Smartphone

Mungkin pada saat ini kalian memiliki smartphone yang prosesor nya berclock speed besar dan juga jumlah core atau inti nya banyak sehingga kalian bisa bermulti tasking yang tinggi.

Baca Juga:
HP Snapdragon 720G Terbaik dan Termurah
Cara Meningkatkan Kualitas Video Resolusi Rendah

Akan tetapi baterai kalian pasti kena imbasnya dikarenakan prosesor yang bekerja extra akan mengkomsumsi baterai yang sangat banyak dan akan membuat smartphone kalian panas.

Solusi Spesifikasi Smartphone

Kalian bisa mengatasi nya dengan cara ketika hp kalian panas maka kalian bisa untuk istirahatkan hp kalian atau kalian bisa juga menggunakan apliaksi pihak ketiga untuk mendinginkan smartphone kalian serta mengoptimalkan suhu dari smartphone kalian.

Berikut ini beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa membuat smartphone kalian dingin dan juga mengoptimatalkan smartphone kalian:

  • Clean Master.
  • Go Speed.
  • Cool Master.

Adanya Virus di Smartphone

Adanya Virus di Smartphone

Mungkin penyebab hp kalian panas dikarenakan adanya virus yang bisa menyebabkan panas yang berlebihan, virus tersebut bisa berupa malware ketika kalian menginstall aplikasi yang tidak berasal dari playstore atau appstore.

Baca Juga:
Cara Hapus Malware di Android
Cara Menghapus Virus di Android

Selain virus bisa membuat hp kalian panas bisa juga mencuri data-data pada smartphone kalian serta bisa membuat performa dari smartphone kalian lambat yang bisa membuat kinerja dari hp kalian lambat dan tidak optimal.

Solusi Virus di Smartphone

Kalian bisa untuk scan virus pada smartphone kalian agar smartphone kalian bisa terhindar dari virus-virus yang berbahaya.

Walaupun pada smartphone kalian sudah dilenkapi dengan pengamanan agar virus tidak bisa untuk menerobos sistem keamanan smartphone kalian.

Baca Juga:
Cara Uninstall Snap Camera
Aplikasi Cek Spesifikasi HP Android

Akan tetapi bisa saja ada virus yang bisa menerobos sistem keamanan hp kalian, maka dari itu kalian harus scan hp kalian secara berkala untuk bisa melakukan salah satu cara mengatasi hp cepat panas dan baterai cepat habis.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi scan virus di smartphone yang bisa kalian gunakan:

  • IOBIT Applock Privacy Protect.
  • 360 Security
  • Virus Cleaner
  • AVG Antivirus Security
  • Security Master
  • Kaspersky Mobile Antivirus
  • Avira Antivirus
  • Avast Antivirus
  • Anti virus free

Susah Sinyal

Susah Sinyal

Susah sinyal bisa jadi penyebab hp cepat panas dan baterai cepat habis dikarenakan hp kalian akan mencari jaringan telepon, jika sinyal tersebut susah maka akan berkakibat panas terhadap hp kalian.

Jadi jika kalian memaksakan untuk bisa mendapatkan sinyal terutama pada data selular maka pada hp kalian akan menjadi cepat panas dikarenakan pada hardware sendiri akan mencari jaringan telepon terus menerus.

Solusi Susah Sinyal

Untuk mengatasi hp cepat panas dan baterai cepat habis dikarenakan susah sinyal kalian bisa untuk menggunakan fitur "Mode Penerbangan" atau "Airplane Mode".

Pada saat smartphone kalian dalam kondisi susah sinyal atau jika kalian ingin hemat baterai maka matikan smartphone kalian.

Menggunakan HP Pada Saat Pengisian Daya

Menggunakan HP Pada Saat Pengisian Daya

Mungkin kalian sering kali menggunakan hp kalian pada saat pengisian daya, perlu kalian ketahui pengisian daya bisa menjadi tidak efisien dikarenakan pada saat daya listrik yang masuk ke baterai akan langsung digunakan pada saat itu juga.

Baca Juga:
Cara Cek Spesifikasi HP Android

Maka dari itu hal ini bisa menjadi penyebab buruknya kesehatan baterai dan juga hp kalian yang bisa menyebabkan hp kalian menjadi panas dari biasanya.

Dikarenakan kalian mengugnakan baterai pada saat sedang di charger dan juga beraktivitas maka hp kalian akan panas dan suhu smartphone kalian akan naik.

Solusi Menggunakan HP Pada Saat Charger

Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa menggunakan airplane mode atau mati pada saat mengisi daya smartphone kalian.

Jangan kalian gunakan hp kalian pada saat kalian mengisi daya agar pada saat kalian charger hp kalian bisa lebih optimal.

Penyumbatan Pada Lubang Smartphone

Penyumbatan Pada Lubang Smartphone

Walaupun hal tersebut sepele akan tetapi bisa mengakibat kan smartphone kalian panas dan juga baterai dari smartphone kalian cepat habis. 

Dikarenakan jika smartphone kalian terdapat kotoran maka akan terjadinya penyumbatan.

Penyumbatan ini bisa mengakibatkan panas dari hardware yang tidak bisa keluar serta bisa mengakibatkan overheat pada smartphone kalian.

Solusi Penyumbatan Pada Lubang Smartphone

Untuk solusi nya kalian bisa untuk mengecek pada bagian lubang-lubang yang ada di smartphone kalian, jika terdapat kotoran kalian bisa untuk membersihkan kotoran tersebut dengan menggunakan cotton bud sehingga tidak ada kotoran yang menyumbat di hp kalian.

Penggunaan Casing yang Salah

Penggunaan Casing yang Salah

Siapa bilang casing tidak berpengaruh terhadap panas nya hp kalian? perlu kalian ketahui jika bahan dari casing tersebut jelek serta sirkulasi udara dan juga perambatan panas tidak baik maka akan berakibat buruk bagi kesehatan hp kalian.

Hal tersebut dikarenakan panas yang akan dikeluarkan dari smartphone kalian seharusnya terbuang ke udara akan tetapi jika kalian memasang casing yang salah bisa mengakibatkan pembuangan panas dari hp kalian.

Maka bisa berakibat fatal terhdapat smartphone kalian, untuk casing sendiri yang berjenis hardcase bisa menjadi contoh casing yang baik agar bisa menahan panas serta benturan.

Akan tetapi casing tersebut biasanya memiliki ukuran yang besar sehingga jika kalian menyimpan pada saku akan kurang pas, selain hardcase ada juga softcase akan tetapi softcase akan berakibat buruk untuk pengaliran panas pada smartphone kalian.

Solusi Penggunaan Casing

Kalian bisa untuk menggunakan casing yang bisa menyerap panas di hp kalian agar tidak mengalami overheat, jika smartphone kalian sudah merasa panas. 

Maka kalian bisa untuk membuka casing tersebut dan angin-anginkan pada smartphone kalian agar panas yang ada dismartphone kalian bisa keluar.

Jumlah File yang Berlebihan

Jumlah File yang Berlebihan

Mungkin kalian sering sekali melihat iklan aplikasi yang ada pada smartphone kalian dan kalian tertarik unutk mendownload aplikasi tersebut dan ujung-ujung nya kalian menggunakan aplikasi tersebut dan beberapa hari kalian tidak menggunakan aplikasi tersebut lagi.

Perlu kalian ketahui pada aplikasi yang tak berguna akan menumpuk serta bisa membuat kinerja smartphone kalian lebih keras lagi, hal tersebut dikarenakan file-file serta cahce yang ada apliaksi tersebut yang bisa memberatkan smartphone kalian.

Kinerja dari prosesor di smartphone kalian juga kaan bekerja extra dan juga bisa menyebabkan panas pada smartphone, maka dari itu kalian harus bisa manajemen file yang baik agar smartphone kalian tidak panas.

Solusi Jumlah File yang Berlebihan

Untuk mengatasinya kalian bisa untuk mengecek beberapa aplikasi yang tidak kalian gunakan seperti kalian membuka folder galerai dan juga dokumen yang tidak penting.

Kalian bisa untuk menghapus file tersebut atau kalian bisa untuk membackup ke file cloud storage seperti google drive, dropbox, dll.

Untuk aplikasi agar kalian bisa management file di smartphone kalian sebagai berikut:

  • CCleaner.
  • Avast Cleanup & Boost.
  • File Manager.
  • Clean Master atau Clean Master Lite.
  • AMC Security.

Brightness yang Tinggi dalam Waktu yang Lama

Brightness yang Tinggi dalam Waktu yang Lama

Mungkin kalian berfikir kecerahan pada layar hp yang tinggi adalah hal yang kecil, padahal pada saat kalian menggunakan layar akan bisa menguras daya baterai kalian.

Apalagi ketika kalian menggunakan screen timeout yang lama bisa menambah beban dari baterai kalian.

Mungkin bisa saja kalian lupa untuk mematikan smartphone kalian ketika kalian taruh kedalam tas dan layar pada hp kalian tetap hidup dalam waktu yang lama.

Maka ini akan bisa beraktibat hp kalian menjadi mudah panas dan juga baterai pada hp kalian akan boros.

Solusi Brightness yang Tinggi

Kalian bisa untuk mengatur brightness pada smartphone kalian agar enak pandang akan tetapi masih bisa untuk menghemat baterai kalian.

Kalian juga bisa untuk mengatur fitur screen timeout maksimal 1 menit mati agar kalian bisa berjaga-jaga bila kalian lupa untuk mematikan layar smartphone kalian.

Untuk cara tersebut sangat efektif agar kalian bisa menghemat baterai dan juga membuat hp kalian terasa tidak panas.

Spesifikasi Smartphone yang Rendah

Spesifikasi Smartphone yang Rendah

Untuk spesifikasi smartphone yang rendah akan tetapi kalian memaksakan untuk menjalankan beberapa aplikasi yang banyak bisa membuat kinerja dari prosesor hp kalian menjadi kewalahan dan juga bisa meningkatnya daya baterai yang dipakai.

Maka kaan berakibat panas nya suhu dari smartphone kalian untuk contohnya kalian membuat banyak sekali aplikasi seperti instagram, whatsapp, messenger, dan juga game-game.

Akan tetapi spesifikasi smartphone kalian RAM 512 Mb dan juga Prosesor 2 Core maka akan membuat smartphone kalian lambat dan juga bisa membuat hp kalian panas.

Tidak hanya itu jika terjadi overheat akan membuat smartphone kalian reboot sendiri maka kalian harus menghindari hal tersebut.

Solusi Spesifikasi Smartphone yang Rendah

Kalian bisa untuk menggunakan beberapa aplikasi yang coock untuk spesifikasi smartphone kalian, jangan kalian memaksakan smartphone kalian untuk menjalankan aplikasi yang berat serta tidak sesuai dengan smartphone kalian.

Kerusakan Pada Hardware

Kerusakan Pada Hardware

Jika kalian mengalami karat atau rusak pada hardware seperti pada bagian CPU, IC dan juga Kapasitor maka nantinya akan berkibat kinerja smartphone kalian akan menjadi lambat atau tidak optimal dan tentu nya akan menjadi panas.

Apa lagi jika smartphone kalian terendam ke dalam air dan membuat air tersebut masuk kedalam smartphone kalian maka akan mengakibatkan kerusakan pada hardware tersebut.

Solusi Kerusakan Pada Hardware

Kalian bisa untuk jaga smartphone kalian agar smartphone kalian tidak kemasukkan air, jika hp kalian terendam air mak kalian bisa melakukan pengeringan.

Sebagai contoh nya kalian bisa untuk menggunakan beras atau kalian bisa untuk membawa ke jasa service hp agar ari yang ada pada hp kalian dikeluarkan dan dikeringkan.

Kesalahan Pendamping Smartphone

Kesalahan Pendamping Smartphone

Mungkin kalian memiliki charger bawaan yang sudah rusak setelah itu  kalian berfikir akan membeli charger lain akan tetapi charger tersebut bukan charger bawaan smartphone tersebut.

Hal tersebut bisa menimbulkan bahaya terhadap kesehatan baterai smartphone kalian yang bisa berakibat pada sensivitas layar kalian menjadi kacau serta port usb kalian akan mudah rusak.

Yang nanti nya akan berakibat pada borosnya baterai dan menyebabkan panas yang berlebihan pada smartphone kalian.

Untuk charger yang tidak memiliki ke stabilan arus listrik dan bisa menimbulkan arus pendek maka akan berakibat smartphone kalian menjadi rusak dikarenakan kesetrum.

Solusi Kesalahan Pendamping Smartphone

Kalian harus menjaga charger bawaan smartphone kalian, bila charger tersebut rusak maka kalian bisa untuk membeli charger yang sudah terjamin keasliannya atau cocok untuk smartphone kalian.

Kalian juga harus memperhatikan arus dari output serta input charger yang sesuai dengan smartphone kalian agar pengisian daya pada smartphone kalian menjadi lebih optimal.

Terima kasih sudah membaca aritkel " 14 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis ". Jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian tahu untuk mengatasi hp cepat panas dan beterai cepat habis.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.