Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengatasi Ghost Touch di Android Mudah dan Ampuh

Cara mengatasi ghost touch di android dengan mudah dan ampuh yang bisa kalian lakukan di rumah atau ketika layar pada hp kalian sering mencet sendiri kemana-mana pasti membuat kalian kesal kan?

Ghost Touch adalah sebuah istilah yang diberikan ketika pada smartphone kalian mengalami kerusakan pada layar smartphone kalian yang dimana pada touchscreen akan bergerak sendiri.

Walaupun smartphone kalian menggunakan layar OLED, AMOLED, IPS atau TFT pasti akan terkena ghost touch karna ghost touch tidak memandang jenis layar apa yang kalian pakai.

Apakah ghost touch bisa diatasi dengan ganti layar? pada banyak kasus yang mengalami ghost touch sering terjadi dikarenakan hardware.

Baik itu dari sambungan kabel fleksibelnya yang bisa saja renggang, terkena cipratan air atau tertutup kotoran, IC yang bisa saja rusak dan juga panel layar yang memang sudah rusak.

Kalaupun dari segi software yang bermasalah dikarenakan pada pembaruan sistem software smartphone kalian yang tidak kompatibel, akan tetapi untuk kasus ini sendiri jarang sekali terjadi.

Untuk cara mengatasi ghost touch di android kalian bisa mengikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki ghost touch di android berbagai merek seperti samsung, xiaomi, oppo, vivo, asus, pocophone, dll.

Cara Mengatasi Ghost Touch di Android Mudah dan Ampuh

Cara Mengatasi Ghost Touch di Android Mudah dan Ampuh

Berikut ini beberapa cara untuk memperbaiki ghost touch di android dengan mudah dan ampuh, bagi kalian yang mengalami masalah ghost touch pada smartphone kalian.

1. Menghentikan Pemakain Saat HP Terasa Panas

Menghentikan Pemakain Saat HP Terasa Panas

Pada saat kalian sering bermain game ketika hp kalian panas akan membuat smartphone kalian mudah rusak, mulai dari baterai yang bisa menggembung, mesin IC yang mudah aus dan juga bisa berakibat kerusakan pada layar smartphone kalian.

Jadi ketika kalian dirasa smartphone kalian sudah mencapai batas atau panas kalian harus menghentikan aktivitas bermain game kalian dikarenakan bisa saja menjadi penyebab kerusakan pada layar kalian.

Baca Juga:
Cara Hapus Malware di Android
Cara Mencari Aplikasi Tersembunyi di Android

Kalian bisa membatasi waktu ketika kalian bermain game dan juga penggunaan harian kalian agar ghost touch tidak menyebar dikarenakan jika kalian memaksakan nanti nya layar smartphone kalian akan blank dan tidak bisa kalian gunakan lagi.

2. Memastikan Charger yang Digunakan Tepat

Memastikan Charger yang Digunakan Tepat

Kalian tidak harus mempunyai charger ori bawaan pabrik smarphone kalian akan tetapi kalian harus melihat dari daya input dan output pada charger tersebut sesusai dengan kebutuhan smartphone kalian.

Dikarenakan jika daya ouput dan input pada charger kalian kelebihan arus listrik maka akan mengakibatkan layar smartphone kalian akan menerima beban aliran listrik diluar batas.

Baca Juga:
Cara Hapus Virus di Android
Cara Mengatasi Lupa Password di Android

Sehingga bisa mengakibatkan pada pixel layar kalian akan mati ataupun error, maka kalian harus perhatikan daya ouput dan input pada charger kalian sebelum kalian charger pada smartphone klaian.

3. Cek Kesehatan Touchscreen

Cek Kesehatan Touchscreen

Perlu kalian ketahui untuk masalah deadpixel atau deaspot bisa menjadi penyebab dari layar smartphone kalian terkena ghost touch, untuk cara mengatasi ghost touch di android kalian bisa menggunakan aplikasi "Dead Pixels Test and Fix" dari developer ZookSoft.

Dengan kalian bisa mengetahui apa saja pixel yang rusak dari aplikasi dead pixels test and fix dan juga kalian bisa membetulkan pixels pada smartphone kalian dengan aplikasi tersebut.

Baca Juga:
Cara Mencari HP yang Hilang
Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung

Akan tetapi kalian membutuhkan waktu yang lama untuk membetulkan pixels tersebut jadi kalian bisa mengecek beberapa pixels secara manual atau otomatis sampai kalian bisa menemukan dimana lokasi yang terkena deadspot.

4. Cek Kesehatan Baterai

Cek Kesehatan Baterai

Mungkin kalian bertanya-tanya apakah baterai berpengaruh terhadap layar? jawabannya ya, dikarenakan baterai yang sudah tidak layak pakai tidak akan mengalirkan daya sesuai dengan kebutuhan layar.

Akhirnya pada layar smartphone kalian akan mengalami masalah dan bisa menyebabkan ghost touch, selain itu pada baterai juga akan menggelembung sehingga akan menekan komponen lain pada smartphone kalian seperti layar.

Baca Juga:
Cara Melihat Password WiFi
Cara Registrasi Kartu 3

Maka dari itu kalian harus mengecek kesehatan dari baterai kalian jika dirasa baterai kalian sudah tidak layak pakai lebih baik kalian mengganti baterai tersebut dari pada menambah parah kerusakan pada smartphone kalian.

5. Kalibrasi Layar Sentuh

Kalibrasi Layar Sentuh

Jika cara memperbaiki ghost touch di android sebelumnya tidak juga berhasil maka kalian bisa untuk melakukan klibrasi layar pada smartphone kalian.

Untuk caranya sangat mudah, kalian tinggal download aplikasi "Kalibrasi Layar Sentuh" yang developernya RedPi Apps.

Baca Juga:
Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis
Cara Menghentikan Aplikasi berjalan di Latar Belakang

Setelah kalian download kalian bisa untuk menjalankan aplikasi tersebut dan ada beberapa tahapan test kalibrasi yang akan dilakukan.

Jika test tersebut sudah selesai nanti smartphone kalian akan restart sendiri agar layar pada smartphone kalian kembali normal, jika nanti masih error mungkin hal tersebut bisa terjadi dikarenakan hardware pada smartphone kalian error.

6. Lakukan Reset Pabrikan

Lakukan Reset Pabrikan

Kalian bisa untuk melakukan reset pabrik atau factory reset untuk melakukan perbaikan pada ghost touch di hp android kalian.

Mungkin masalah serius terjadi pada software di smartphone kalian, ketika nanti kalian reset pabrik atau factory reset maka smartphone kalian akan kembali seperti awal.

Baca Juga:
Aplikasi Cek Spesifikasi HP Android

Langkah tersebut bisa kalian ambil untuk cara mengatasi ghost touch di android jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil dilakukan.

Akan tetapi kalian harus membackup data kalian terlebih dahulu dikarenakan kalian akan melakukan reset pabrik jadi data-data kalian akan hilang.

7. Melakukan Pengecekan Hardware

Melakukan Pengecekan Hardware

Langkah selanjutnya cara mengatasi ghost touch dengan kalian mengecek hardware pada smartphone kalian, tentu nya kalian harus mengerti tentang hardware smartphone jika tidak sebaiknya jangan lakukan.

Kalian bisa meminta bantuan kepada ahli seperti tukang service hp yang nanti akan membantu kalian untuk mengecek hardware apa saja yang error pada smartphone kalian.

Dikarenakan smartphone kalian bisa terkena ghost touch bisa saja terjadi dikarenakan ada beberapa komponena hardware yang rusak.

Seperti pengrauh dari IC, Kabel Fleksibel yang longgar ataupun putus dan bisa juga error pada layar smartphone kalian sendiri.

8. Menggunakan Tempered Glass yang Berkualitas

Menggunakan Tempered Glass yang Berkualitas

Jika kalian sudah melakuakn service dan smartphone kalian sudah tidak terkena ghost touch maka kalian bisa untuk mengantisipasi terjadi nya ghost touch kembali dengan kalian menggunakan tempered glass yang berkualitas tentunya.

Tempered glass ini bisa mencegah penekanan berlebihan pada suatu spot touchscreen layar smartphone kalian secara langsung dan juga bisa mengalirkan panas secara lebih merata pada semua sisi.

Jika kalian menggunakan tempered glass yang berkualitas, panas tersebut bisa diredam oleh tempered glass tersebut, jadi layar kalian tidak akan kepanasan dan bisa menghindari ghost touch.

9. Jangan Gunakan Smartphone Saat Charging

Jangan Gunakan Smartphone Saat Charging

Perlu kalian ketahui pada beberapa merek dan tipe smartphone pada saat mengcharger smartphone tersebut bisa mengalami ghost touch dikarenakan adanya aliran listrik di layar smartphone tersebut.

Sehingga pada saat charging akan membuatnya susah digunakan, jadi jangan gunakan ketika smartphone kalian sedang charging apa lagi sambil bermain game.

Hal ini untuk mengantisipasi terjadi nya ghost touch pada smartphone kalian dan dapat menyebabkan kerusakan pada baterai smartphone kalian.

10. Mengganti Touchscreen

Mengganti Touchscreen

Jika langkah-langkah diatas masih belum bisa mengatasi ghost touch di android kalian dan juga tidak bekejar maka solusi terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan kalian mengganti touchscreen pada smartphone kalian.

Jika kalian tidak bisa untuk mengganti touchscreen sendiri maka kalian bisa membawa smartphone kalian ke tukang service untuk melakukan pergantian touchscreen agar tidak rusak.

Terima kasih sudah membaca artikel "10 Cara Mengatasi Ghost Touch di Android Mudah dan Ampuh" jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian tau cara memperbaiki ghost touch pada smartphone teman-teman kalian.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.