Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa di Save

 Kalian pernah tidak mengalami pada saat kalian menyimpan file dokumen yang sudah kalian tulis di microsoft word terdapat pesan error sehingga file yang kalian sudah tulis di microsoft word tidak bisa disimpan? kalian tidak perlu panik untuk masalah seperti ini karna masalah ini sudah umum terjadi dan sudah ada caranya untuk mengatasi microsoft word tidak bisa di save dokumennya.

Hal ini cukup menjengkelkan apa lagi pada saat kita membuat skripsi tetapi tidak bisa di save dokumen nya kalian bisa memperbaiki masalah ini dengan sangat mudah tak perlu panik untuk mengatasi masalah tersebut.

cara-mengatasi-microsoft-word-tidak-bisa-di-save


Biasanya sih masalah ini sering banget muncul di sertain pesan error ketika kita ingin menyimpan dokumen yang sudah kita tulis di microsoft word terkadang pesan error ini muncul berbeda-beda tergantung dari penyebab masalah yang terjadi.

Karna itu ada baiknya kalian harus mengetahui penyebab error kenapa microsoft word kalian tidak bisa di save, untuk mengatasi masalah tersebut silahkan kalian simak artikel dibawah ini:

Apa Penyebab Microsoft Word Tidak Bisa Menyimpan Dokumen?

Kalian pasti bertanya-tanya apa penyebab microsoft word tidak bisa save dokumen yang sudah kalian ketik panjang lebar apa lagi posisi kalian sedang mengerjakan skripsi :( 

Sebetulnya penyebab dari munculnya pesan yang error pada microsoft word kalian yang tidak bisa di simpan itu cukup banyak sekali tapi kenapa hal ini bisa terjadi? dikarenakan user pada laptop atau komputer kalian tidak bisa mengakses file microsoft word yang kalian save.


Coba kalian copy paste dokumen microsoft word yang kalian belum save ke aplikasi kata lain terlebih dahulu agar dokumen yang kalian ketik tidak hilang, kalian bisa copy paste ke notepad atau wordpad.

Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Save Dokumen

Seperti yang kiraky sebutkan diatas untuk mengatasi penyebab masalah kalian tidak bisa save dokumen dari microsoft word sangatlah banyak maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut juga banyak. kalian dapat mencobanya satu persatu agar menemukan solusi yang dapat diselesaikan dari masalah tidak bisa save dokumen di microsoft word.

Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Save Dengan Mengubah Permission Folder

Untuk cara pertama mengatasi microsoft word tidak bisa save karna file dokumen word pada laptop atau komputer kalian yang disimpan disebabkan karna folder yang tidak memberikan hak akses kepada user yang sedang kalian gunakan di laptop atau komputer kalian.

Untuk mengatasinya kalian hanya cukup mengubah permission atau izin pada folder tersebut caranya gampang kok, berikut ini adalah cara mengubah permission folder untuk save dokumen word kalian:
  1. Pertama kalian buka windows expoler atau folder di laptop atau komputer kalian.
  2. Setelah itu kalian klik kanan pada folder yang akan kalian gunakan untuk mengsave dokumen word kalian.
  3. Selanjutnya kalian pilih opsi properies dan lanjut masuk ke tab menu security.
  4. Lalu kalian tinggal pilih user dengan cara kalian klik tombol edit.
  5. Setelah itu kalian centang semua pada kotak Full Control.
  6. Tinggal kalian klik Apply atau OK.
Oh iya untuk pada tahap pemilihan user itu kalian pilih user yang sedang kalian gunakan di komputer atau laptop kalian yah setelah mengikuti caranya kalian coba save dokumen kalian yang ada pada microsoft word kalian.

Coba Save di Folder atau Driver Lain

Pada umumnya driver C:\ itu memerlukan hak administrator dikarenakan driver C:\ digunakan untuk menyimpan data system jadi jika anda memiliki masalah microsoft word tidak bisa disave salah satu nya dengan cara save di folder atau driver lain misalnya ke D:\ atau E:\:


Dikarenakan driver C:\ atau E:\ tidak memerlukan akses untuk administrator jadi kalian dapat menyimpan file dokumen, menghapus dokumen, serta memindahkan file microsoft word anda dengan mudah.

Selain di driver C:\ atau E:\ kalian juga bisa menyimpan file microsoft word kalian di penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau hardisk eksternal.

Simpan File di Penyimanan Cloud

Kalian juga bisa untuk menyimpan di layanan penyimpanan cloud yang dapat diakses melalui internet secara online dan dapat di lakukan di microsoft word online. Cara ini sangat bagus serta bisa menjadi alternatif jika microsoft word yang ada di laptop atau komputer kalian tidak bisa di simpan, selain itu juga layanan penyimpanan cloud ini sangat aman serta resiko terkena virus sangat rendah

Berikut adalah cara mengatasi file word yang tidak bisa di save di simpan ke penyimpanan cloud:
  1. Kalian buka dulu browser kesayangan kalian seperti chrome, opera, firefox.
  2. Setelah kalian buka silahkan kalian kunjungi situs Microsoft Word Online <= kalian klik text ini untuk membuka nya.
  3. Silahkan kalian login jika sudah membuka Microsoft Word Online dengan akun microsoft kalian, atau kalian bisa membuat nya terlebih dahulu.
  4. Setelah kalian login kalian akan diarahkan ke halaman microsoft word online.
  5. Jika sudah di halaman microsoft word online kalian klik New Blank Document (Dokumen Kosong Baru) untuk membuat dokumen baru.
  6. Kembali lagi ke microsoft word kalian di laptop atau komputer silahkan kalian Copy setelah itu kalian buka lagi microsoft word onlien nya dan kalian Paste.
  7. Bila kalian ingin menyimpannya di komputer atau laptop kalian silahkan Klik File > Simpan Sebagai > Unduh Salinan.
Sekarang kalian sudah berhasil untuk mendapatkan dokumen word kalian sesuai dengan keinginan kalian, kalian juga bisa untuk melakukan perubahan pada microsoft word online ini. Tapi pastikan laptop atau komputer kalian mempunyai koneksi internet untuk melakukan pengeditan pada word online ini dikarenakan layanan ini merupakan website yang membutuh kan koneksi internet.

Memastikan Penyimpanan Tersedia

Banyak masalah karna tidak bisa save file word karna penyimpanan kalian sudah penuh jadi silahkan kalian pastikan terlebih dahulu driver yang ada pada laptop atau komputer kalian masih tersedia ruang untuk menyimpan file microsoft word kalian.


Walaupun ini sepele masalah ini sering terjadi dikarenakan penyimpanan driver yang tersedia sudah penuh serta mereka tidak pastikan terlebih dahulu, jika ada file yang tidak terpakai kalian bisa menghapus nya atau bisa juga kalian melakukan pembersihan dengan defrag agar file-file yang tidak terpakai seperti sampah atau cahe bisa dihapus secara permanent.

Install Ulang Microsoft Word

Untuk opsi yang terakhir untuk mengatasi microsoft word tidak bisa di save dengan menginstall ulang microsoft word yang ada pada laptop atau komputer kalian dikarenakan system pada microsoft word kalian terserang oleh virus sehingga bisa mengakibatkan masalah tidak bisa save file microsoft word kalian.


Jadi jika File yang ada di dalam aplikasi microsoft word terkena serangan virus bisa jadi ini masalah kalian tidak bisa save file microsoft word kalian sehingga menggangu kinerja dari aplikasi microsoft word tersebut, untuk mengatasinya kalian coba install ulang microsoft word kalian yang ada di Laptop atau Komputer kalian namun kalian pastikan dulu unutk memindahkan data-data dokumen yang ada dulu agar tidak hilang.

Terima kasih sudah berkunjung ke artikel "Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa di Save" Jika ada kata-kata yang salah mohon di maafkan , jangan lupa kembali lagi ke kiraky karna banyak artikel yang lain menunggu anda.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.