Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian LAN Card dan Fungsi LAN Card

Pada kesempatan kali ini kami bakal membahas mengenai LAN Card yang dimana dalam tentang ini meliputi pengertian, fungsi, jenis, cara kerja serta troubleshooting, nah buat lebih bisa menguasai serta dipahami memperhatikan pembahasan sepenuhnya dibawah ini.

Pengertian LAN Card

pengertian-lan-card-dan-fungsi-lan-card


LAN Card yang selalu disebut juga dengan NIC "Network Interface Card", Ethernet Card, Kartu Jaringan ialah sesuatu perangkat yang digunakan guna menghubungkan antar pc dalam suatu jaringan pc khususnya pada jaringan Lan.

LAN ( Local Area Network) suatu jaringan pc yang cuma mencakup daerah yang tidak luas misalnya jaringan pc di dalam sesuatu gedung, satu ruangan/ rumah, jaringan pc tipe LAN kerap sekali di pakai di kantor, bandara, hotel, warnet serta sebagainya.

2 Tipe NIC( Network Interface Card)

Di pasaran biasanya ada 2 tipe NIC( Network Interface Card) antara lain NIC yang bersifat Fisik yakni Token Ring, NIC Ethernet dan sebagainya. Pada biasanya kartu jaringan berbentuk kartu yang bisa ditancapkan ataupun dipasangkan ke dalam suatu slot pada Motherboard ataupun mainboard pc, yang bisa berbentuk kartu dengan Bus PCI, MCA maupun PCIE.

Baca Juga: Cara Mengecek Bandwidth Indihome

Tidak hanya berbentuk kartu- kartu yang ditancapkan pada motherboard, NIC fisik juga bisa berbentuk sesuatu kartu eksternal yang dimana kartu dengan Bus USB, Pararel, PCMCIA, Serial, Express Card sehingga bisa tingkatkan mobilitas "untuk pengguna mobile", kartu Network Interface card fisik dibagi jadi 2 tipe meliputi:

  • Kartu NIC( Network Interface card) dengan media jaringan yang khusus( Media- Spesifik NIC) ialah yang membedakan karti NIC jadi sebagian tipe bersumber pada media jaringan yang dipakai.Misalnya NIC Ethernet yang bisa berbentuk Twisted- Pair "UTP ataupun STP", Thinnet ataupun Thicknet ataupun terlebih lagi tanpa kabel yang disebut Wireless Ethernet.
    Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer
  • NIC( Network Interface Card) dengan arsitektur jaringan yang khusus( Architecture- Specific NIC) ialah yang membedakan Kartu Jaringan jadi sebagian tipe cocok dengan arsitektur jaringan yang dipakai. Misalnya Token Ring, Ethernet dan FDDI "Fiber Distributed Data Interface "yang seluruhnya memakai NIC yang berbeda- beda. NIC Ethernet bisa berbentuk seperti Ethernet 10 Megabit/ Detik, 100 Megabit/ Detik, 1 Gigabit/ Detik maupun 10 Gigabit.

NIC yang bersifat logis yakni LoopBack adapter serta Dialup adapter, kerap disebut sebagai Network Adapter. Pada tiap tipe NIC diberikan no alamat yang disebut dengan MAC Address yang bisa bersifat statis maupun bisa diganti oleh oleh penggunanya.

Fungsi LAN Card

Fungsi LAN Card ataupun fungsi ethernet card merupakan untuk menghubungkan antara pc satu dengan yang yang lain pada suatu jaringan LAN, lewat LAN ini tiap pc bisa sama- sama bertukar informasi ataupun mengakses perangkat keras semacam printer, pasti saja untuk bisa sama- sama bertukar data antara pc di perlukan setting- tertentu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan FUP Smartfren Unlimited

Disaat ini banyak tipe serta merk dari LAN card yang ada di pasaran, untuk memakainya pasti saja wajib kompatible dengan motherboard serta menginstal aplikasi drivernya.

Adapun fungsi lain dari Ethernet Card ini ialah.

  • Sebagai pengontrol aliran data antar host/ pc dalam sesuatu jaringan.
  • Mempersiapkan data dari pc supaya bisa ditransfer/ dikirimkan ke pc lain supaya berjalan lewat media penghubung.
  • Menerima informasi dari pc lewat kabel serta diterjemahkan dalam bentuk bit yang dipahami oleh pc.

Jenis- Jenis LAN Card

Berikut ini ada sebagian jenis- jenis lan card, terdiri atas:

1. PCI Adapter

PCI( Peripheral Component Interconnect) merupakan bus yang pada awal mulanya didesign buat mengambil alih Bus ISA/ EISA yang dipakai dalam system pc IBM. Dirilis pada awal tahun 1992 serta masih banyak dipakai hingga saat ini ini untuk pc desktop yang memiliki slot PCI pastinya.

Baca Juga:
Cara Memblokir Kartu SIM XL yang Hilang
Pengertian dan Fungsi FTP

Dari tipe adapter jaringan terdapat 2 ragam pemakaian ialah yang untuk adapter jaringan kabel serta buat adapter jaringan wireless ataupun jaringan nirkabel.

2. USB Adapter

USB( Universal Serial Bus) merupakan standard Bus serial yang memiliki design asimmetris serta di design sebagai slot yang sangat praktis buat menghilangkan perlunya tambahan slot PCI pada sebuah pc. Kartu jaringan wireless USB, yang banyak dipakai sebab sifatnya yang praktis serta banyak dipakai buat kartu jaringan wireless.

Baca Juga: Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa di Save

Tidak terdapat kartu jaringan LAN yang menggunakan slot USB kecuali yang dari tipe wireless. Kartu jaringan wireless ini terdapat sebagian macam bergantung standard teknologi yang digunakan, meliputi:

  1. Kartu jaringan USB wireless- B yang beroperasi bersumber pada standard Wireless 802. 11B serta bekerja dengan kecepatan maksimum 11 Mbps memakai frequency band 2, 4 GHz, berbagi jaringan dengan kapasitas keluaran secara real hingga 7 Mbps. Memiliki jangkauan yang bagus tetapi gampang dipengaruhi oleh interferensi radio.
  2. Kartu jaringan USB wireless- G yang beroperasi bersumber pada standard Wireless 802. 11G serta bekerja dengan kecepatan maksimum 54 Mbps, yang ialah pengembangan dari tipe 802. 11b. Terdapat sebagian model yang memakai technology wireless- G ini yang dipercepat dengan ditambah teknologi MIMO yang bisa dapat menciptakan kecepatan hingga 180 Mbps ideal.

    Baca Juga: Update dari Windows 10 ke Windows 11

  3. Kartu jaringan USB wireless- N yang memakai standard technology wireless sangat cepat dikala ini ialah draft 802. 11N. meski masih belum final akan tetapi nyaris seluruh pabrik pembentuk piranti wireless mengadopsi technology ini. Kalian tidak perlu takut permasalahan compatibility dari standard wireless- N ini sebab tiap produk wireless- N yang lulus uji certifikasi "Wi- Fi Certified "berarti ia telah terbukti kompatibilitynya dengan jaringan standard lebih dahulu 802. 11B/ G. umumnya ditandai dengan ciri sertifikasi "Wi- Fi Certified". Tipe USB adapter wireless ini biasa digunakan baik buat pc desktop ataupun laptop.

Terdapat juga sebagian model piranti USB ini mencampurkan technology 802. 11N serta 802. 11A mengahsilkan adapter wireless–N dengan dual- band 2, 4 GHz serta 5 GHz yang umumnya bekerja secara simultan, membolehkan kalian mengenakan frequency band 5 GHz buat kebutuhan applikasi ataupun kegiatan yang membutuhkan bandwidth intensif yang besar semacam streaming High Definition media.

Baca Juga: Cara Membaut Flowchart di Word

Jaringan dengan frequency band 5 GHz ini relative lebih kebal terhadap interferensi dari frequency band 2, 4 GHz dimana frequency 2, 4 GHz ini banyak dipakai oleh peralatan rumah tangga semacam cordless phone, open microwave, pembuka garasi otomatis, dll.

3. CardBus/ PCMCIA

Kartu jaringan Cardbus ataupun PCMCIA yang dipakai pada slot Cardbus ataupun PCMCIA dari notebook. Kartu jaringan dari tipe Cardbus ini lebih banyak dipakai buat kartu jaringan wireless juga, meski pada awal mulanya banyak dibuat adapter LAN dengan speed 10 Mbps di masa laptop jaman dahulu yang tidak dilengkapi dengan kartu jaringan onboard.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak

Saat ini telah tidak terdapat lagi dipasaran buat Cardbus kartu LAN 10 Mbps. Saat ini kartu jaringan Cardbus banyak dipakai buat kartu jaringan wireless baik dari standard 802. 11b/ G/ n.

4. ExpressCard

Kartu jaringan dari tipe ExpressCard merupakan tipe baru yang mulai banyak diadopsi oleh notebook belum lama ini mulai akhir tahun sekitar 2006. Keuntungan utama dari technology ExpressCard dibandingkan CardBus merupakan kenaikan bandwidth yang sangat dramatis dibandingkan technology Cardbus.

Mengapa begitu? Kartu jaringan ExpressCard memiliki koneksi langsung kepada system bus lewat sesuatu jalan X1 Express PCI serta USB 2.0, sebaliknya Cardbus memakai controller interface yang cuma mengenakan interface PCI.

ExpressCard memiliki kapasitas keluaran bandwidth maksimum hingga 2.5 Gigabit per second lewat PCI Express serta keluaran dari USB 2. 0 hingga 480 Mbps khusus buat masing-masing mempunyai 2 slot ExpressCard.

Baca  Juga: Cara Menghapus Virus KMSAuto di Windows

Sedangkan buat Cardbus memakai share bus dengan keluaran maksimum hingga 1.06 Gigabits per second saja secara sharing bersama- sama. Sedangkan itu, power yang dipakai nyaris setengah( 1.5 V serta 3.3 V) dari power yang dipakai Cardbus( 3.3 V serta 5.0 V).

Disamping buat wireless- N ExpressCard adapter, tipe kartu jaringan ExpressCard ini juga terdapat yang digunakan buat ExpressCard Gigabit LAN adapter dengan konektor RJ- 45. Dengan kartu jaringan ExpressCard LAN ini membolehkan kalian mengaplikasikan koneksi ke jaringan Gigabit Switch dengan stabilitas yang ultra- solid pada kecepatan besar.

Sangat bagus buat activitas yang memerlukan bandwidth melampaui batas semacam media high definition( HD media), publishing media berkualitas tinggi, jaringan berkapasitas tinggi, data sharing ataupun database.

Baca Juga: Perbedaan IPv4 dan IPv6

Hampir seluruh pc desktop ataupun laptop telah dilengkapi dengan adapter kartu jaringan, khusus buat laptop ataupun notebook disamping dilengkapi adapter onboard NIC, mereka juga telah dilengkapi dengan Wi- Fi baik yang berbasis 802. 11B/ G ataupun yang seri terkini telah dilengkapi dengan Wi- Fi berbasis 802. 11N yang juga compatible dengan 802. 11B/ G.

Cara Kerja LAN Card

LAN Card bekerja apabila ada kesinambungan dengan peralatan lain di pc, ialah berbentuk memori kartu DMA. Pada dikala terdapat aliran data pararel masuk ke LAN Card, disaat seperti itu LAN Card bakal mengirimkan ke tempat penyimpanan data sementara alias memori.

Sehabis dibeda- bedakan sesuai dengan paket- paket yang ada di dalam kartu memori, barulah data pada pararel itu bakal diganti sebagai data serial sehingga dapat dikirimkan memakai media yang ada.

Pada saat pembuatan frame seperti itu hingga data pararel yang sudah diganti sebagai serial tersebut dilengkapi dengan alamat, sinyal ataupun sistem pengecekan kesalahan. Data baru yang sudah diganti itu bakal diganti kembali menjdai pulsa elektronik yang di dalamnya memiliki data yang setelah itu ditransmisikan pada jaringan media yang ada.

Seluruh tahapan pekerjaan itu bakal berlangsung secara sangat cepat sehingga tidak terdapat sela waktu antara data yang dikirim dari pc satu hingga pada saat data tersebut diterima di pc selanjutnya.

Troubleshooting LAN CARD

LAN card merupakan penghubung antara sistem komputer dengan kinerja komputer lain ataupun bisa dikatakan LAN card ialah sinyal buat saling berbagi antara komputer satu dengan komputer yang lain. Prinsip kerja LAN card merupakan menerima sinyal dari komputer lain setelah itu mentranmisikan kedalam masukan kemudain diolah sebagai data begitu kebalikannya saling berbagi.

LAN CARD bisa digunakan buat menghubungkan sistem komputer satu dengan komputer lain lewat perantara HUB sehingga dalam area tersebut membentuk sesuatu jaringan komputer.

LAN CARD juga bisa hadapi permasalahan ataupun trouble disebabkan terdapat sebagian permasalahan, identitas dari LAN CARD yang mengalami trouble antara lain sebagai berikut:

  • Lampu indicator pada LAN CARD tidak menyala pada saat konektor terpasang, Permasalahan ini selalu berlangsung dikarenakan oleh Lan Card telah error sehingga butuh ditukar dengan yang lain.
  • Tidak bisa install driver. Permasalahan ini bisa diatasi apabila kita sudah ketahui driver apa yang cocok dengan driver bawaanya dari Lan Card tersebut. Penginstalan driver Lan Card wajib cocok dengan driver bawaanya
  • Sebab apabila tidak cocok hingga Lan Card tidak bakal ditemukan oleh sistem komputer serta Lan Card tidak bisa digunakan
  • LAN CARD tidak ditemukan dari menu control panel. Permasalahan ini bisa diatasi sehabis kita menginstal driver dari Lan Card tersebut. Tanpa install driver sehingga Lan Card tidak bakal pernah ditemukan oleh system kerja komputer.

Buat menanggulangi supaya tidak terbentuknya error ataupun kendala pada system kerja kartu jaringan hingga sebaikanya dicoba sesuatu perawatan perangkat tersebut. Tentang hal ini dimaksudkan supaya perangkat kembali berjalan dengan wajar semacam sedia kalanya. Buat membersihkan perangakat kita bisa memakai kuas serta Vacum cleaner. 

References:

  1. Port speed and duplex mode configuration : http://docs.ruckuswireless.com/fastiron/08.0.70/fastiron-08070-managementguide/GUID-EDD7D44C-A627-4B76-A9FE-D7657FFF62D3.html
  2. Section 11.2: Ethernet Standards - Arista : https://www.arista.com/en/um-eos/eos-section-11-2-ethernet-standards
  3. Physical Network Interface : https://technet.microsoft.com/en-us/library/dd392944(v=ws.10).aspx
  4. Networking Basics: Part 1 - Networking Hardware : http://www.windowsnetworking.com/articles_tutorials/networking-basics-part1.html
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.