√ Pengertian dan Fungsi NIC ( Network Interface Card )

Pengertian dan Fungsi NIC ( Network Interface Card )

Daftar Isi [Buka]

  Bagi kalian yang sudah biasa mempelajari tentang apa itu sistem jaringan komputer pasti sudah tidak asing sekali dengan perangkat keras yang satu ini pada jaringan komputer yang sangat penting ini.

Taukah kalian pada saat sekarang ini NIC adalah perangkat keras yang menjadi standar di dunia, jadi setiap komputer baik komputer dekstop atau komputer server atau bisa jadi laptop memiliki perangkat keras NIC (Network Interface Card) ini di dalam hardware untuk mendukung konektivitas terhadap jaringan komputer.

Memang pada kenyataan nya ini Network Interface Card (NIC) pada sebuah sistem perangkat komputer memiliki banyak fungsi yang sangatlah penting serta vital terutama pada jaman sekarang ini dimana pada jaringan komputer sudah sangat berkembang pesat sekali.

Apa itu NIC (Network Interface Card)

pengertian-dan-fungsi-nic

Pengertian dan fungsi NIC (Network Interface Card ) , mungkin kalian belum sekali mengetahui apa itu NIC (Network Interface Card), dari nama nya saja kalian sudah tau Netowrk Interface Card (NIC) sendiri adalah perangkat keras yang merupakan salah satu dari perangkat keras jaringan yang sangat lah penting serta vital pada sebuah jaringan komputer.

Network Interface Card (NIC) adalah sebuah perangkat keras jaringan yang berbentuk seperti sebuah kartu ekspansi yang bisa membuat sebuah komputer terhubung satu sama lain dengan jaringan yang mengunakan kabel. Network Interface Card (NIC) sendiri juga memiliki panggilan lain seperti Network Card (Kartu Jaringan) serta Ethernet Card.


Network Interface Card sendiri dipasang pada slot yang ada didalam motherboard komputer pada saat sekarangi ni banyak sekali jenis motherboard yang ada di dunia sudah mendukung untuk slot NIC sendiri jadi tidak ada lagi untuk alsan bagi sebuah komputer tidak ada yang menanamkan Network Interface Card (NIC) ini.

Port yang digunakan oleh NIC disebut sebagai port RJ-45 yang berfungsi utnuk port yang menghubungkan kabel atau wireless pada sebuah komputer sehingga komputer bisa terhubung pada sebuah networking.

Jenis-Jenis NIC (Network Interface Card)

Ada beberapa jenis-jenis NIC (Network Interface Card) yang terbagi menjadi dua bagian, berikut adalah jenis-jenis network interface card (NIC):

1. Network Interface Fisik (Physica)

Kalian sudah pasti tau Network Interface Card fisik adalah Network Interface yang bisa didefinisikan secara fisik atau berbentuk kartu yang dapat ditancapkan pada slot motherboard, Network Interface Card (NIC) fisik ini yang biasa kalian gunakan sehari-hari yang memiliki port RJ-45 untuk bisa mengkoneksikan sebuah komputer pada jaringan yang menggunakan kabel.

2. Network Interface Logis (Logical)

Pada Network Interface Logis (NIC) sangat berbeda dengan Network Interface Fisik yaitu Network Intreface Logis adalah sebuah network interface card yang tidak dapat kalian definisikan secara fisik artinya Network Interface Logis (NIC) sendiri adalah sebuah software yang dibuat untuk bisa mendefinisikan dirinya sendiri serperti menjadi Network Interface Card

Tugas Utama NIC (Network Interface Card)

Network Interface Card (NIC) sendiri meliki beberapa fungsi tapi disamping itu ada beberapa macam fungsi yang terdapat pada Network Interface (NIC) sendiri yaitu memiliki satu tugas yang paling utama dan paling penting tersebut adalah mengubah aliran dari data yang berbentuk parallel yang ada di dalam sebuah bus sebuah komputer yang menjadi aliran data yang nanti nya akan berbentuk serial.


Jadi nantinya aliran data tersebut akan berbentuk serial yang akan saling ditransmisikan pada sebuah media jaringan komputer.

Fungsi dari NIC (Network Interface Card)

Fungsi dari network interface card (NIC) sendiri seperti tugas utama yang tadi disebutkan di atas yaitu sebagai converter atau sebuah pengubah aliran data yang dapat berbentuk seperti parallel yang menjadi aliran data yang nanti nya akan berbentuk serial. Pada Network Interface Card (NIC) sendiri juga memiliki beberapa fungsi lainnya yaitu:

1. Sebagai media pengirim data dari suatu komputer ke komputer lainnya

Pada Network Interface Card memiliki fungsi yang sangatlah penting untuk kalian bisa mengirim data dari satu komputer ke komputer lainnya , fungsi utnuk mengirim data ini biasa nya terdapat pada sebuah komputer server yang pada komputer server sendiri bertugas utnuk menyediakan sebuah data serta berbagai permintaan yang nanti nya akan di transmisikan datanya yang diminta oleh sisi client atau user.

Dengan adanya sebuah Network Interface Card (NIC) ini sendiri maka komputer server dapat mengelolah sebuah data yang akan nanti nya dibutuhkan oleh client atau user yang akan nantinya dikirimkan ke user atau client tersebut.


Dengan alur awal pada Network Interface Card (NIC) yang dimiliki oleh komputer server yang kaan nanti nya diteruskan ke sebuah kabel jaringan yang nanti nya akan diterima oleh network interface card (NIC) milik client atau user tersebut.

2. Sebagai pengontrol data flow antara komputer yang menggunakan sistem kabel jaringan

Tidak hanya bisa melakukan pengiriman data secara teoritis Network Interface Card pula ada fungsi yang lain, ialah sebagai pengontrol data flow maupun aliran data dari suatu jaringan komputer,  paling utama yang memakai sistem jaringan kabel. Tentang ini menggambarkan fungsi yang sangat berarti, dimana NIC bisa menolong melindungi supaya data yang dikeluarkan serta juga diterima tidak melampaui batas.

Tidak hanya itu juga sanggup menolong menghindari terbentuknya kepadatan arus data serta data yang mengalir di dalam suatu jaringan komputer, terutama yang memakai jaringan kabel.

3. Menerima data dari komputer lain

Apabila fungsi no 1 mengacu kepada fungsi yang dipunyai oleh suatu server di dalam jaringan komputer, sehingga pada point ini, fungsi dari suatu Network Interface Card terletak pada komputer client ataupun user. Pada saat berperan serta bekerja di dalam komputer yang merupakan komputer client ataupun server, sehingga NIC berperan guna menerima data serta data yang telah ditransmisikan oleh server di dalam jaringan. Dengan begitu, tiap data yang mengalir serta juga ditransmisikan bakal dapat diterima oleh komputer user ataupun klien.

4. Menterjemahkan data jadi bentuk bit, sehingga bisa dipahami oleh komputer penerima

Fungsi yang lain dari Network Interface Card (NIC) secara teoritis merupakan mengaplikasikan konversi. Konversi ini merupakan suatu proses pergantian, yang dilakukan oleh NIC buat mengganti aliran data di dalam suatu jaringan jadi wujud bit.


Bit ialah wujud ataupun formata yang dapat dibaca serta juga diolah oleh suatu komputer, sehingga data yang ditransmisikan tersebut jadi bermanfaat serta kesimpulannya dapat diolah serta juga terbaca baik oleh komputer penerima maupun komputer pengirim.

Tidak hanya fungsi secara teoritis, Network Interface Card pula mempunyai banyak fungsi praktis. Fungsi praktis ialah fungsi dari Network Interface Card yang menuju kepada pemakaian sehari– hari di dalam suatu jaringan kalian. Kalian juga dapat menyebut fungsi praktis dari NIC ini dengan sebutan manfaat dari NIC.

Fungsi serta Manfaat Praktis dari Network Interface Card (NIC)

Ada beberapa fungsi serta manfaat praktis dari Network Interface Card (NIC) yaitu sebagai berikut:

1. Membangun suatu jaringan komputer serta menghubungkan komputer satu dengan komputer lain

Manfaat serta fungsi praktis pertama dari suatu Network Interface Card (NIC) merupakan guna membuat dan membangun jaringan komputer, yang bertujuan buat sama- sama menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain. Pembangunan suatu jaringan ini bertujuan buat saling memudahkan komunikasi antar komputer, sehingga bisa mempercepat transmisi data serta juga arus data yang terdapat.

Umumnya, pembuatan suatu jaringan komputer yang memakai Network Interface Card (NIC) banyak digunakan pada jaringan yang bersifat lokal, ataupun jaringan LAN. Sebab itu, Network Interface Card (NIC) juga selalu diucap sebagai LAN Card.


Konektivitas Lokal ataupun LAN ini banyak digunakan pada sesuatu institusi maupun organisasi tertentu yang mempunyai suatu bank data ataupun database, dimana database tersebut dituntut buat melayani sebagian user yang berfungsi selaku workstation.

2. Membantu memudahkan keperluan pengiriman data serta data antar komputer

Dengan terdapatnya NIC di dalam komputer, sehingga tentang ini bakal membantu mempermudah sharing resources ataupun sumber energi antar komputer. Pada saat suatu komputer telah sama- sama tehubung memakai NIC, sehingga komputer– komputer tersebut bakal menjadi lebih gampang buat bertukar data serta data.


User juga bisa memindahkan dokumen ke komputer lain cuma dengan sekali klik, ataupun juga dapat mengakses data yang dipunyai oleh server di dalam organisasi dengan gampang serta cepat, tanpa wajib repot-report mencari– cari posisi data tersebut. Tentang hal ini bakal sangat menolong memudahkan serta mempercepat pengelolaan serta juga manajemen data.

3. Menghubungkan jaringan local dengan jaringan internet

Network Interface Card(NIC) juga berfungsi penting pada dalam membangun koneksi ke dalam jaringan internet. Tentang hal ini paling utama mengkombinasikan suatu konektivitas LAN ataupun local ke dalam suatu koneksi di dalam jaringan Internet. Fungsi ini banyak juga terlihat pada jaringan– jaringan di dalam warnet, dimana pada tiap komputer yang terdapat di dalam warnet tersebut saling tersambung di dalam konteks jaringan local ataupun LAN, tetapi juga tetap dapat terubung ke dalam jaringan internet.


Dengan begitu, sehingga user bisa membagi serta memecah jaringan internet tersebut ke dalam sekian banyak komputer yang terdapat, tanpa wajib repot memakai banyak modem maupun access point. User cuma butuh buat mengkoneksikan server ke dalam internet serta dengan Network Interface Card(NIC) pada tiap kompter yang tersambung ke dalam server tersebut akan tersambung juga ke dalam jaringan internet.

4. Mengintegrasikan komputer dengan beberapa peralatan elektronik

Di jaman modern ini tidak cuma komputer desktop maupun laptop saja yang mempunyai konektivitas memakai NIC. Sebagian peralatan elektronik yang lain semacam tv, media player serta fitur elektronik lain juga mempunyai Network Interface Card(NIC) di dalam perangkatnya.


Tentang hal ini sangat membolehkan suatu komputer mampu terkoneksi dengan perangkat tersebut, serta komputer dapat berfungsi buat mentransmisikan serta mengendalikan perangkat tersebut memakai konektivitas dari Network Interface Card(NIC).

Manfaat dari Netowrk Interface Card(NIC) di berbagai bidang

Secara tidak sadar terdapatnya suatu perangkat keras jaringan bernama Netowrk Interface Card(NIC) di dalam komputer serta fitur elektronik yang biasa kalian pakai sehari– hari, membawa akibat yang sangat besar untuk kehidupan kalian. Tidak hanya bisa menolong memudahkan pekerjaan kalian serta membuat proses transfer data dan data jadi lebih cepat serta praktis, pemakaian Netowrk Interface Card(NIC) sebagai media jaringan membawa banyak sekali dampak positif terhadap berbagai bidang yang terselip. Berikut ini sebagian contoh manfaat terdapatnya Netowrk Interface Card(NIC) di bermacam bidang:

1. Bisnis dan perkantoran

Pada bidang bisnis, korporasi serta perkantoran, pasti saja NIC ini mempunyai banyak manfaat. Salah satunya merupakan menolong supaya tiap komputer yang dipunyai oleh suatu industri ataupun perkantoran dapat saling tersambung satu sama lain dengan server utama dari kantor tersebut.

2. Bidang ekonomi

Pada bidang ekonomi, terdapatnya Netowrk Interface Card(NIC) ini bisa menolong mempercepat arus data menganai pertumbuhan ekonomi, serta menolong memudahkan transaksi secara elektronik dengan memakai komputer.

3. Bidang pendidikan

Di dalam bidang pembelajaran, Netowrk Interface Card(NIC) juga mempunyai banyak peran. Salah satu peran utama merupakan pembuatan suatu jaringan lokal untuk katalog perpustakaan. Di dalam perpustakaan, user tidak butuh repot berkeliling buat mencari no panggil buku. Dengan memakai jaringan komputer, sehingga bisa dengan gampang mencari no panggil dari novel yang akan kalian cari.

4. Bidang teknologi informasi

Dari segi teknologi data, terdapatnya Netowrk Interface Card(NIC) menolong membuka jalur untuk perkembangan teknologi data yang ada, sehingga bisa menghasilkan teknologi yang lebih mutahir serta juga lebih berguna lagi.

5. Bidang sosial dan kemasyarakatan

Dari segi sosial, dengan terdapatnya Netowrk Interface Card(NIC) didalam komputer kalian, bakal menolong tersambung ke dalam jaringan– jaringan internet, yang menolong kalian bersosialisasi dengan sahabat di dalam dunia maya. 
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel