√ Perbedaan ZIP dan RAR

Perbedaan ZIP dan RAR

Daftar Isi [Buka]

Apa kalian sudah tau apa itu file kompres? buat kalian yang sering banget download file atau biasa kirim file pasti sangat lah tidak asing dengan istilah seperti zip ataupun rar, ya keduanya itu merupakan adalah jenis file kompresi yang dimana mempunyai fungsi untuk menyatukan beberapa file kalian untuk menjadi satu dengan ukuran yang sudah di rubah menjadi kecil.

Banyak sekali manfaat dari melakukan kompresfi file tersebut menggunakan zip ataupun rar adalah untuk kalian menyatukan beberapa dari file untuk menjadi satu paket sehingga file yang disatukan itu menjadi kecil ukurannya dari keseluruhan file yang kalian satukan.

Baca juga: Cara Mencari Grup di Telegram

Hal ini sangatlah berguna dikarenakan untuk melakukan perpindahan file baik itu secara online ataupun offline contoh nya mengirimkan lampiran email ataupun kalian mengupload nya di internet, pasti kalian yang sering sekali melalukan download tidak asing dengan tipe zip ataupun rar tersebut.

Perbedaan Ekstensi ZIP dan RAR

File ZIP dan RAR memiliki fungsi yang sama tetapi ada perbedaannya, apa saja perbedaan dari ZIP dan RAR? simak artikel dibawah ini:
perbedaan-zip-dan-rar

1. Melakukan Ekstrak

Bagi kalian yang suka mengekstrak file yang sudah di komprs entah itu menggunakan zip atau pun rar diperlukan sebuah software ekstrasi tertentu yang dimana software tersebut akan mengeluarkan file serta folder yang sudah disiapkan.

Disini lah letak perbedaan zip dan rar, jadi misalnya kalian sudah mengkompres dengan menggunakan zip akan lebih mudah dibongkar nya dikarenakan tidak butuh program lain untuk mengekstrak file zip tersebut dikarenakan sudah banyak sekali sistem operasi seperti windows, smartphone ini dilengkapi dengan kemampuan ekstrasi file zip tersebut.


Berbeda sekali dengan file rar karna kalian butuh software utnuk membongkar file rar yang sudah di kompres karna memang software dikarenakan file rar hanya didukung dibeberapa platform saja jadi kalian harus menginstall software untuk membongkar file rar tersebut, untuk software nya kalian bisa menggunakan WinRAR ataupun 7zip.

2. Kecepatan Kompersi Data

Untuk kecepatan kompresi data pada file zip dan rar ada perbedaan yaitu kecepatan dalam kompersi data file zip ataupun rar pada segi ini kompersi menggunakan file zip jauh lebih cepat ketimbang menggunakan kompersi rar dikarenakan zip ini sendiri didesain agar kalian dapat melakukan kompresi data dengan sangat cepat.


Meski zip melakukan kompresi dengan sangat cepat tetapi bukan berarti hasil akhir dari kompersi pada file zip dapat menyebabkan kerusakan pada data justru pada zip sendiri tetap menjaga kualitas dari data tersebut dengan sangat baik serta utuh. Jadi kalian bisa andalkan zip untuk kompresi file kalian dengan cepat serta mudah (kiraky juga sering loh kompres data pake zip ya karna cepat sih).

3. Batasan Kompresi

Pada file ZIP ataupun RAR memeiliki batasan pada setiap kompresi pada masing-masing pada hal ini lah RAR yang lebih unggul ketimbang ZIP dikarenakan batasan dari kompersi file RAR itu lebih besar bisa mencapai 8.589.934.891 GB.

Dengan limit yang sangat besar untuk kompresi itu sudah jelas sekali RAR yang dapt diandalkan utnuk melakukan kompresi file-file besar kalian sedangkan untuk ZIP hanya mempunyai batas kompresi mencapai 2GB saja, tapi hasil dari kompresi RAR hanya mampu mengkompres sekitar 70% dari ukuran aslinya saja.

Maka tidak heran jika pada saat melakukan kompresi data pada file RAR kalian butuh waktu yang sangat lama sedangkan untuk file ZIP hanya mampu ngekompres mencapai sekitar 60% saja.

4. Keamanan Data ZIP dan RAR

Untuk keamanan pada datta kalian menjadi salah satu hal yang sudah pasti kalian perhatikan terlebih lagi jika terkait data penting yang akan kalian simpan. Pada proses untuk kompresi data ZIP ataupun RAR memiliki faktor keamanan yang juga harus diperhatikan.


Pada ZIP atau RAR mereka dibekali fitur sandi yang hanya saja cara untuk proteksinya berbeda-beda. Pada file RAR mampu untuk memproteksi file dengan password secara langsung ini dikarenakan terdapat opsi proteksi langsung yang ada pada file rar tersebut, berbeda sekali dengan ZIP meski bisa melakukan utnuk proteksi data tapi perlu aplikasi untuk melakukannya.

Itulah beberapada dari perbedaan ZIP dan RAR didalam penggunaan secara umum jika kalian suka dengan artikel ini jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian tau perbedaan dari file zip atau rar, terima kasih sudah membaca artikel ini. kiraky
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel