-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Modem ADSL: Sejarah, Kelebihan, dan Kekurangan

Daftar Isi [Buka]

Modem ADSL sama semacam sebagian tipe modem pada biasanya, ialah mempunyai tugas utama buat menyambungkan pc ke router ataupun juga sambungan telepon yang setelah itu bisa menyambungkan pc dengan internet serta bermacam tipe tipe jaringan pc yang lain.

Pengertian Model ADSL

fungsi-modem-adsl

ADSL sendiri ialah kependekan dari Asychronus Digital Subscriber Line, yang apabila dimaksud secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia ialah penerima networking digital secara asimetris. ADSL ialah bentuk dari pertumbuhan DSL ataupun Digital Subscriber Line. Perebedaannya merupakan, pentransferan data yang dicoba oleh modem ADSL ini bersifat asimetrik, yang berarti mempunyai kecepatan transfer data yang berbeda– beda dari satu sisi ke sisi yang yang lain.

Baca Juga: Pengertian Router Fungsi dan Jenisnya

Dengan terdapatnya modem ADSL ini, sehingga bisa dimungkinkan buat melaksanakan splitter, dimana pembicaraan telepon dapat senantiasa berjalan pada saat modem lagi tersambung juga ke dalam jaringan internet. Jarak pancar dari ADLS ini cenderung kecil, dimana cuma terletak pada rentang kira– kira 4 km saja, serta umumnya digunakan di dalam area perkantoran.

Pada awal mulanya, modem ADSL masih memakai kabel telepon biasa, yang setelah itu pada saat ini telah dapat diaplikasikan dengan memakai kabel yang dibuat dari serat optik, yang lebih efektif serta juga cepat dalam menghantarkan sinyal serta juga paket data.

Sejarah Singkat ADSL

Saat sebelum ADSL tercipta, pada awal mulanya telah terdapat sistem yang kita tahu dengan nama dial- up, dimana telepon berperan langsung selaku penghubung antara pc dengan jaringan internet. Tetapi demikian, nyatanya sistem dial up dengan memakai kabel telepon ini mempunyai banyak kekurangan, semacam kecepatan yang rendah serta juga tidak berfungsinya sistem telekomunikasi memakai telpon.

Modem ADSL juga kemudian dibesarkan buat menunjang serta juga menutupi kekurangan yang muncul pada koneksi dial up konvensional. Terletak di dasar naungan modem DSL, modem ADLS sesudah itu diperkenalkan ke publik, serta jadi opsi yang banyak digunakan pada dikala itu, dimana ISP belum banyak terbentuk.

Baca Juga: Pengertian LAN Card dan Fungsi Lan Card

Di Indonesia sendiri, modem ADSL diperkenalkan oleh PT telkom buat menunjang ISP bentukan telkom, ialah Speedy yang memakai jaringan telepon rumah buat dapat melaksanakan koneksi dengan dunia internet. Dalam penggunaanya, bisa jadi dikala ini modem ADSL sudah tidak sering digunakan, mengingat telah banyak ISP yang memakai pemancaran sinyal secara wireless serta juga tidak butuh memakai telepon rumah dalam mengaplikasikannya buat melakukan koneksi terhadap internet.

Fungsi Modem ADSL

Modem ADSL sendiri mempunyai sebagian fungsi utama, bersumber pada pengaplikasiannya di masyarakat luas. Berikut ini adalah tugas dari modem ADSL

1. Membagi penghantaran frekuensi

Fungsi Modem ADLS yang awal merupakan bisa membagi penghantar frekuensi. Kala melaksanakan koneksi dial up, hingga frekuensi yang diterima tidak bisa dibagi, sehingga menimbulkan obrolan lewat telepon tidak bisa dicoba pada saat tengah melaksanakan koneksi internet.

Tetapi demikian, berkat terdapatnya modem ADSL ini, frekuensi dapat dibagi jadi 2, ialah frekuensi besar yang digunakan buat menghantarkan data serta melaksanakan koneksi internet, dan frekuensi rendah buat obrolan lewat telepon serta juga Fax.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi NIC

Dengan memakai modem ADSL ini, sehingga kalian saat ini telah dapat melaksanakan obrolan sembari melakukan koneksi internet dengan memakai telepon kalian secara bertepatan.

2. Membagikan koneksi internet memanfaatkan telepon rumah

Selaku perangkat keras jaringan pc, Fungsi kedua merupakan memberi kepraktisan untuk user. Hampir seluruh rumah mempunyai jaringan kabel telepon rumah, yang nantinya dapat dikoneksikan ke dalam internet.

Jaringan ini dengan memakai modem ADSL membuat pemilik rumah bisa dengan gampang melaksanakan koneksi internet, tanpa butuh repot melakukan setting.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer

Sebab umumnya, kala seorang bakal berlangganan, modem ADSL telah tercantum di dalam paket sehingga tidak butuh melakukan instalasi sendiri.

Kelebihan serta juga kekurangan modem ADSL

Sama halnya dengan fungsi router, modem ADSL juga mempunyai sebagian kelebihan serta juga kekurangan. Yang kesatu, merupakan kelebihannya. Berikut ini merupakan sebagian kelebihan dari modem ADSL:

Kelebihan Modem ADSL

  • Bisa melakukan panggilan telepon sembari melakukan koneksi internet
  • Memiliki pembagian frekuensi data serta juga suara
  • Tidak memerlukan instalasi kabel yang baru

Sebagian kelebihan dari modem ADSL tersebut membuat para penggunanya jadi lebih aman dalam melaksanakan koneksi ke dalam jaringan internet, sehingga tidak butuh takut mengenai kendala pada telepon rumah mereka kala lagi melakukan koneksi internet.

Baca Juga: Perbedaan IPv4 dan IPv6

Tetapi demikian, terdapat sebagian kekurangan yang nyatanya menimbulkan koneksi dengan memakai modem ADSL dikala ini telah tidak terkenal serta universal digunakan.

Kekurangan Modem ADSL

Berikut ini merupakan sebagian kekurangan dari modem ADSL:

  • Belum mendukung pemakaian serat fiber
  • Dipengaruhi oleh jarak antara telepon dengan Komputer, maupun jarak antara Telepon dengan gardu, terus menjadi jauh, hingga kecepatan bakal terus menjadi melambat, begitu pula sebaliknya
  • Penggunaan modem ADSL cuma didukung oleh sedikit sistem operasi, Sistem operasi semacam Mac OS tidak mendukung fungsi dari modem ADSL
  • Adanya load coil, yang kerap mengacaukan kinerja modem, sebab bisa menimbulkan ketidak cocokan jalur dari modem ADSL
  • Kecepatan yang tidak normal, bergantung dari keadaan tinggi tiang yang dipunyai oleh ISP selaku penyedia layanan modem ADSL.
  • Kualitas dari koneksi Internet bergantung dari keadaan cuaca

Kekurangan tersebut dikala ini membuat pemakaian dari modem ADSL jadi kurang terkenal. Hingga dari itu, dikala ini lebih banyak digunakan konektivitas memakai wirelles maupun fiber optic yang membagikan kecepatan internet lebih cepat dibanding memakai modem ADSL 

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.