Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian VPN: Manfaat dan Cara Kerja VPN

Mungkin bagi kalian sudah tahu pengertian VPN sendiri. Jika kalian belum tahu Virtual Private Network atau biasa di sebut VPN adalah sebuah teknologi komunikasi yang dapat memungkinkan kalian untuk bisa terkoneksi pada jaringan public serta menggunakannya untuk bisa dapat bergabung di dalam jaringan local.

Dengan adanya cara tersebut maka kalian akan mendapatkan hak serta pengaturan yang sama seperti halnya pada Local Area Network atau LAN itu sendiri walaupun pada jaringan tersebut sebetulnya milik public.

Pengertian VPN

pengertian-vpn-manfaat-dan-cara-kerja-vpn


Setelah kita tau cara pandang pada jaringan yang menjadi salah satu masalah yang ada pada jaringan internet atau IP Public adalah tidak ada nya dukungan yang baik terhadap keamanan yang ada. Sedangkan untuk cara pandang dari peruhsaaan sendiri. IP adalah kebutuhan dasa yang dapat melakukan pertukarang data antara kantor cabang serta rekanan perusahaan.

Maka dari itu muncul lah VPN untuk bsia mengatasi permasalah tersesbut, pada sebuah jaringan perusahaan yang bsia menggunakan infrastruktur IP untuk bisa berhubungan dengan kantor cabang yang bisa saling terhubung secara private dengan melakukan pengamanan terhadap pada transmisi paket data.

1. Fungis Utama VPN

Fungis-Utama-VPN


Virtual Private Network atau VPN ada beberapa fungsi utama dari cara penggunaannya yaitu:

1. Confidentially (Kerahasiaan)

Jika kalian menggunakan jaringan public tentu saja kalian pasti tidak aman dari pencruian data. Maka dari tiu kalian bisa menggunakan virtual private network atau vpn untuk bisa mengenkripsi semua data kalian. Dengan adanya enkripsi pada jaringan tersebut maka kerahasiaan data kalian akan dapat lebih aman.

Walaupun ada pihak yang bisa utnuk menyadap data kalian walaupun kalian sudah memakai VPN sendiri. Namun belum tentu bisa membaca data tersebut, dikarenakan data tersebut telah teracak.

Baca Juga:
Cara Menggunakan VPN
Cara Mengatasi Set Top Box Gagal Tangkap Sinyal

Dengan kalian menerpkan sistem enkripsi ini, tidka ada orang yang dapat mengakses serta membaca isi jaringan data kalian dengan mudah.

2. Data Intergrity (Keutuhan Data)

Perlu kalian ketahui ketika kalian melewati jaringan internet, data kkalian telah berjalan sangat jauh untuk melinstasi berbagai negera. Pada perjalanan itu ada berbagai gangguan yang bisa terjadi terhadap isinya seperti, hilang, rusak ataupun bisa untuk bisa dimanipulasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Set Top Box Mati Total
Cara Pasang Set Top Box

Maka dari tiu penggunaan Virtual Private Network atau VPN menjadi jalan untuk bisa menjaga keutuhan data kalian mulai dari data yang kalian kirimkan hingga data sampai pada tempat tujuan.

3. Origin Authentication (Autentikasi Sumber)

Pada Virtual Private Network atau VPN memiliki kemampuan yang bisa untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan di terima oleh vpn tersebut. Nanti nya VPN akan melakukan pemeriksaan pada semua data yang kalian terima serta mengambil informasi dari sumber datanya.

Baca Juga:
Apa Itu Mikrotik
Cara Install Mikrotik CHR di VPS

Nanti alamat dari sumber data tersebut akan disetujui oleh VPN apabila proses autentikasinya berhasil, maka dari itu VPN dapat menjamin semua data yang akan kalian kirim serta juga menerima berasala dari sumber seharusnya jadi tidak akan ada data yang terpalsukan atau dikirimkan oleh pihak yang lain.

2. Manfaat dari VPN

Manfaat dari VPN

VPN atau virtual private network juga memiliki beberapa manfaat untuk kalian, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari VPN:

1. Remote Access

Dengan kalian menggunakan VPN kalian bisa untuk mengakses computer serta jaringan kantor dari mana saja selama kalian terhubung pada jaringan internet atau publik.

2. Keamanan

Kalian bisa untuk menggunakan koneksi VPN kita kalian sedang browsing. Searching, bahkan main game dengan sangat aman saat mengkases jaringan internet public misalnya seperti pada saat kalian berada di café atau dimanpun saat kalian menggunakan jaringan ip publik.

3. Hemat

Kalian bisa menggunakan VPN untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih hemat, dikarenakan pada transmisi data yang digunakan oleh VPN tersebut memakai media jaringan internet atau jaringan publik tanpa harus kalian membangun jaringan sendiri.

3. Cara Kerja dan Penggunaan VPN

Cara-Kerja-dan-Penggunaan-VPN


  1. Virtual Private Network atau VPN memiliki banyak sekali protocol jaringan seperti PPTP, L2TP, IPsec serta Sock. Pada Protokol ini VPN dapat membantu kalian untuk memproses otentikasi.
  2. Virtual Private Network atau VPN klien juga dapat membaut sambungan yang bisa mengindentifikasi orang-orang yang kalian berikan wewenangan pada jaringan kalian.
  3. Jairngan VPN juga sudah dienkripsi yang akan meningkatkan keamanan kalian ketika kalian menggunakan jaringan VPN yang berarti bahwa virtual private network atau vpn sendiri tidak terlihat pada jaringan yang lebih besar.
  4. Tekonologi VPN semakin berkembang dikarenakan mobilitas yang telah tersedia dan pada saat ini virtual private network atau vpn senidri dapat membuka jalan untuk koneksi Wi-Fi serta jaringan nirkabel pribadi.

4. Kelebihan dan Kekurangan VPN

Virtual perivate network atau VPN juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan vpn:

Kelebihan VPN

  • Virtual private network atau VPN solusi yang efektif untuk biaya suatu organisasi bisnis besar yang memiliki jaringan fisilitas khusus.
  • Dapat Meningkatkan Mobilitas pada organisasi dengan langsung menghubungkan jaringan yang ada pada rumah atua para pekerja yang mobile di organisasi.
  • Keamanan yang dapat kalian sesuaikan sesuka hati.

Kekurangan VPN

Jika tersedia pada akses ke karyawan untuk global factor pada keamanan adalah resiko tersendiri. Maka dari itu ini juga dapat menempatkan informasi sensitif perusahaan yang dapat diakses secara global. Pada Private Network juga harus memperhatikan untuk penetapan pada sistem keamanan yang jelas.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.