-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Set Top Box (STB) TV Digital Untuk TV Analog

Daftar Isi [Buka]

Bagaimana cara pasang Set Top Box (STB) TV Digital untuk TV Analog? Pada artikel ini kiraky akan kasih tahu cara memasang Set Top Box (STB) TV Digital untuk TV Analog kalian yang bisa di gunakan pada TV LCD ataupun LED.

Perlu kita ketahui Set Top Box (STB) ini diperlukan untuk TV Analog yang masih menggunakan teknologi tabung ataupun TV LCD bahkan bisa di TV LED. Sebelumnya perlu kalian ketahui, kementrian komunikasi pada tanggal 30 april 2022 sudah mulai menghentikan TV analog.

Pada 116 Kabupaten atau Kota masuk pada dalam wilayah yang telah diberhentikan siaran televisinya pada tahap pertama ini. Bagi kalian yang memiliki tv lama atau tv analog kalian tetap bisa utnuk menikmati siaran tv digital tanpa perlu kalian membeli televisi baru.

Baca Juga:
Apa itu FUP
Perbedaan IPV4 dan IPV6

Kok bisa? Cara nya gimana? Caranya gampang kok kalian cukup dengan menambahkan perangkat Set Top Box (STB) TV digital agar kalian bisa utnuk migrasi ke TV Digital, untuk antenna uhf sendiri juga kalian tidak perlu untuk menggantinya dikarenakan masih bisa kalian gunakan ketika kalian migrasi ke siaran TV Digital.

Jika kalian belum tahu apa fungsi stb adalah untuk bisa mengonversi sinyal yang ada pada digital utnuk bisa menjadi gambaran serta suara yang dapat bisa ditampilkan pada tv analog biasa kalian.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Set Top Box gagal Tangkap Sinyal
Cara Mengatasi Set Top Box Mati Total

Ada cara untuk memasang set top box atau stb yang perlu kalian ketahui untuk memastikan perangkat yang kalian gunakan.

Jika kalian membeli set top box kalian harus tahu beberapa unit kelengkapan yang ada pada Set Top Box (STB) sendiri yaitu:

  • Unit Set Top Box (STB).
  • Kabel Antena.
  • Charger atau Adaptor.
  • Kabel RCA atau Kabel Audio Video.
  • Kabel LAN atau WLAN.
  • Kabel HDMI (Kabel HDMI ada yang dijual terpisah).
  • Remote serta baterai dan buku petunjuk menggunakan set top box (stb).

Tidak hanya itu Set Top Box (STB) sendiri miliki beberapa port atau slot yaitu:

  • Port ANT IN dan ANT OUT.
  • Port Adaptor.
  • Port RCA.
  • Port HDMI.
  • Port USB.
  • Port LAN.
  • Serta Slot MicroSD (Tidak semua Set Top Box (STB) memiliki slot MicroSD. Tergantung merek).

Cara Pasang Set Top Box (STB)

cara-pasang-set-top-box-stb


Ada beberapa cara memasang Set Top Box (STB) yang biasa nya di pasang pada tv tabung atau tv lcd agar dapat bisa menerima siaran tv digital adalah:

1. Cara Pasang Set Top Box (STB) TV Digital Untuk TV Analog atau TV Tabung

Berikut adalah langkah pertama yang perlu kalian siapkan utnuk memasang Set Top Box (STB) Digital untuk tv analog atau tv tabung.

  1. Kalian sambung terlebih dahulu satu ujung antena serta ujung lainnya pada port ANT IN yang ada di Set Top Box (STB), sementara untuk port ANT OUT/Loop tidak digunakan juga tidak ada masalah.
  2. Namun jika kalian masih menggunakan Televisi anlog pada port antena pada tv lebih baik disambungkan pada port ANT Out.
  3. Setelah itu kalian siapkan kabel RCA yang ada pada unit Set Top Box (STB), kabel RCA biasanya memiliki 3 soket yang berwarna merah, putih, serta kuning.
  4. Silahkan kalian pasangkan soket tersebut pada lubang RCA pada bagian belakang Set Top Box (STB) disesuaikan dengan warna yang ada pada kabel RCA.
  5. Jangan lupa untuk Cek lubang AC yang ada pada TV analog kalian. Silahkan kalian pasang kabel RCA kalian dengan warnanya.
  6. Pada beberapa merek televisi biasanya memiliki luabng jack yang banyak, yang berarti memiliki mode AV lebih dari 1.
  7. Silahkan kalian pasangkan jack pada kabel adaptor yang ada pada Set Top Box (STB). Biasanya ada pada keterangan yang ada dilubangnya setelah itu kalian pasangkan adaptor Set Top Box (STB) ke stop kontak.
  8. Setelah adaptor terpasang kalian bisa utnuk menekan tombol power yang ada pada Set Top Box (STB). Biasanya tombol power yanga pada Set Top Box (STB) memiliki dua tombol power yaitu pada bagian belakang serta depan.
  9. Jika kalian sudah menekan tombol power tersebut, kalian bisa untuk menyalakan TV setelah itu kalian pindah ke mode AV seperti kalian menggunakan DVD Player.
  10. Jika tidak bisa berarti ada kesalahan pada pemasangan kabel RCA.

2. Cara Pasang STB pada TV LED dan LCD

Untuk cara pasang Set Top Box (STB) pada tv lcd ataupun LED sebenar nya hampir sama seperti cara memasang Set Top Box (STB) tv analog. Akan tetapi lebih mudah dikarenakan bisa menggunakan kabel HDMI.

Baca Juga:
Perbedaan GPU dan VGA
Pengertian Jaringan Komputer

Perlu kalian ketahui jika kita menggunakan kabel HDMI kalian tidak perlu lagi utnuk menggunakan kabel RCA. Tidak hanya itu, Kabel HDMI juga bisa menghasilkan kualitas gambar yang sangat jerni serta nyaman utnuk mata kita.

Untuk tv led sendiri setelah Set Top Box (STB) semuanya terpasang serta dinyalakan kalian bisa untuk memindahkan mode ke mode HDMI. Apabila pada HDMI 1 tidak muncul silahkan kalian coba untuk HDMI 2 dan seterusnya.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.