-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu FUP: Pengertian dan Jenis Fair Usage Policy (FUP)

Daftar Isi [Buka]

Apa itu FUP? Pengertian dan Jenis Fair Usage Policy - Jika kalian suka membeli suatu paket internet pada penyedia jasa internet atau Internet Service Provider (ISP). kalian pasti pernah mendengar atau bahkan bisa bertanya-tanya apa itu FUP atau Fair Usage Policy bukan?

Fairy Usage Policy atau biasa di sebut FUP adalah sebagai batasan pemakaian yang wajar yang ada pada layanan online contohnya seperti paket data, hosting, serta hosting, walaupun pada saat ini banyak sekali pihak Internet Service Porvider (ISP) yang menawarkan banyak paket unlimited tanpa batas.

Akan tetapi pihak ISP sendiri menerapkan Fair Usage Policy (FUP) yang biasa nya di sebut pemakaian batasan wajar yang diterapkan oleh pihak ISP tersebut. Dikarenakan Fair Usage Policy (FUP) ini gunakan untuk membatasi user berlebihan agar tidak menggangu lalu lintas data pada pengguna lainnya yang masih dalam satu jaringan tersebut.

Jika kalian bertanya tentang apa itu FUP, kalian bisa membaca artikel ini dikarenakan artikel ini akan membatas tentang apa itu fup serta pengertian fup dan jenis fup yang ada.

Apa itu FUP
apa-itu-fup-pengertian-dan-jenis-fair-usage-policy

Pengertian Fair Usage Policy atau biasa di sebut FUP adalah sebagaian kebijakan batasan user yang wajar yang telah disetujui serta diterapkan oleh beberapa penyedia Internet Service Provider (ISP) di seluruh dunia. Fair Usage Policy (FUP) sendiri juga digunakan untuk dapat memastikan pada setiap penggunaan internet menggunakan data yang secukupnya serta menghindari gangguan pada lalu lintas data pada jaringan tersebut.

Fair Usage Policy atau FUP sendiri juga untuk mencegah ada nya suatu pengguna yang dapat menyalah gunakan serta juga memakan bandwith dari pengguna lainnya biasanya pihak Internet Service Provider (ISP) sendiri akan membatasi pengguna tersebut dengan cara membatasi kecepatan data pada pengguna tersebut.

Baca Juga:

Contoh Fair Usage Policy atau FUP sendiri seperti kalian menggunakan layanan unlimited pada pihak ISP kalian yang sebesar 20GB per-bulan, Jika kalian sudah mendapatkan akses pada kecepatan penuh sampai-sampai kalian melampaui batasan tersebut.

Nanti pihak Internet Service Provider atau ISP sendiri akan memberikan limit pembatasan kecepatan kalian seperti menurunkan speed dari internet kalian. Walaupun FUP sendiri berbeda dari penggunaan data, pada FUP sendiri hanya akan diterapkan jika kalian memiliki paket unlimited saja.

Sedangkan untuk batasan penggunaan adalah dari sejumlah data yang hanya kalian dapat gunakan pada dalam durasi yang sudah ditentukan oleh pihak Internet Service Provider (ISP) tersebut. Jika kalian melampuai batasan tersebut kalian akan mendapatkan biaya tambahan.

Maka dari itu kalian perlu untuk mengetahui apa itu FUP atau Fair Usage Policy (FUP) serta batasan penggunaan data pada saat kalian mendaftar serta membeli sebuah paket internet data broadband.

Baca Juga: 

Pada umumnya layanan penyedia internet service provider sendiri akan menawarkan paket unlimited dengan FUP atau paket data dengen batasan pengunaaan yang sudah di tentutkan oleh pihak Internet Service Provider tersebut.

Biasa nya penyedia jasa internet menyediakan FUP yang sangat adil untuk bisa bisa memastikan bahwa pada setiap pengguna dapat memiliki pengalaman yang terbaik pada saat menggunakan layanan internet tersebut.

Jika pada saat kalian melampuai batas penggunaan yang wajar pihak internet service provider biasanya membatasi kecepatan jaringan internet kalian hingga akhir muncul pengihan pada bulan berikutnya. Jika kalian sudah mengerti apa itu fup sekarang kita akan membahas tentang jenis-jenis fair usage policy atau fup.

Jenis-Jenis Fair Usage Policy atau FUP

jenis-jenis-fair-usage-policy-atau-fup

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis fair usage policy atau fup yang berbeda, kalian bisa mengetahui beberapa jenis FUP yang ada pada penyedia jasa layanan internet.

FUP Indihome

fup-indihome

Siapa yang gatau indihome? ya semua pasti tau penyedia jasa internet (ISP) indihome adalah provider yang banyak sekali digunakan oleh beberapa orang di indonesia saat ini. Pada layanan indihome menerapkan kebijakan FUP tergantung tipe dari kecepatan internet normal serta harga dari paket tersebut.

Pada umunya saat kalian sudah melewati batasan fup pertama pada paket indihome. Kecepatan dari Internet kalian akan berkuang 75% sampai dengan 50% dari kecepatan internet normal indihome kalian.

Baca Juga:

Jika kalian melewati batasan FUP yang kedua kecepatan internet indihome kalian akan berkurang sebesar 40% dari kecepatan maksimal awal kalian.

FUP Indosat Unlimited

fup-indosat-unlimited

Selain penyedia jasa internet indihome ada juga yang menerapkan fup yaitu  indosat yang dimana pihak penyedia layanan internet indosat menerapkan fup pada paket unlimited.

Perlu kalian ketahui penyedia telekominikasi indosat ini sangat terkenal menawarkan banyak paket internet yang terjangkau untuk kantung kita, tidak sama seperti indihome pada indosat ini memiliki banyak sekali fair usage policy atau fup untuk paket unlimited yang tergantung pada kalian membeli paket nya dari harga serta kecepatan maksimal.

Beda nya FUP Indosat adalah pada pemilihan paket FUP bulanan ataupun harian yang sesuai pada kebutuhan kalian. Jika kalian sudah melewati batas dari FUP nanti kecepatan internet indosat kalian akan turun menjadi 512Kbps.

Kelebihan Fair Usage Policy atau FUP

kelebihan-fair-usage-policy-atau-fup

Walaupun tidak banyak sekali manfaat sebagai pelanggan dari kebijakan FUP ini tapi utnuk perusahaan telekomunikasi fup sendiri sangatah menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat serta kelebihan dari fiar usage policy atau FUP:
  1. Semua penyedia jasa internet atau Internet Service Provider (ISP) dapat mengontrol penggunaan internet utnuk semua pelanggannya.
  2. Untuk jaringan internet sendiri pastinya akan stabil dikarenakan pelanggan telah memiliki batasan kecepatan yang sudah ditentukan.
  3. Pelanggan tetap bisa utnuk mengakses internet meskipun kuota data internet telah habis serta kecepatan intenret akan berkurang.
  4. Pihak Internet Service Provider (ISP) beban nya akan lebih sedikit berkurang.

Penutup Apa itu FUP

Perlu kalian ketahui Fair Usage Policy atau biasa dikenal sebagai FUP adalah sebagai kebijakan serta aturan dari pengunaaan data internet yang telah diterapkan oleh penyedia jasa internet atau biasa kita sebut internet service provider (ISP) kepada pelanggannya.

Pada aturannya penyedia jasa internet menerapkan kebijakan dari Fair Usage Policy (FUP) sendiri kepada pelanggan untuk bisa menyeimbangkan jumlah dari data internet sesuai dengan paket yang telah dibeli oleh pelanggan tersebut.

Terima kasih sudah membaca artikel Apa itu FUP: Pengertian dan Jenis Fair Usage Policy (FUP) jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat agar semua teman kalian tahu apa itu fup.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.