Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Telinga Gatal Secara Cepat dan Ampuh

Cara mengatasi telinga gatal secara cepat dan ampuh – Pasti kalian pernah kan merasakan gatal pada telinga kalian? Telinga gatal pasti akan menggangu aktivitas sehari-hari kalian. Kalian pasti tidak akan tahan ketika telinga kalian gatal, rasanya pasti ingin sekali menggaruk telinga kita yang gatal, walaupun itu memiliki dampak ke depannya yang sangat tidak baik.

Untuk itu kalian perlu tahu cara untuk mengatasi telinga kalian yang gatal secara tepat dan aman sekaligus mengetahui apa penyebab telinga gatal.

Penyebab telinga gatal sangat bermacam-macam yaitu salah satunya dikarenakan infeksi pada telinga luar. Misalnya seperti jamur, ada juga penyebab lainnya yaitu telinga kalian itu kering, alergi atau bisa jadi iritasi misalnya dikarenakan anting atau bisa jadi penyakit tertentu.

Cara Mengatasi Telinga Gatal

cara-mengatasi-telinga-gatal

Perlu kalian ketahui bahwa tidak baik untuk membersihkan telinga menggunakan cotton buds. Menurut para ahli kesehatan tidak baik utnuk membersihkan telinga kalian dengan cotton buds. Dikarenakan cotton buds sendiri dapat membuat telinga kalian itu menjadi kering serta gatal.

Terus bagaimana cara mengatasi telinga gatal yang tepat serta aman? Berikut adalah cara utnuk mengatasi telinga yang gatal.

1. Minyak Zaitun

minyak-zaitun

Untuk cara mengatasi telinga gatal yang pertama kali yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Perlu kita ketahui Minyak zaitun itu adalah bahan yang alami yang banyak sekali digunkan untuk mengatasi berbagai macam masalah pada telinga, contoh nya seperti telinga gatal.

Untuk cara menggunakan Minyak zaitun untuk mengatasi telinga gatal sangatlah gampang, kalian cukup mengoleskan minyak zaitun pada bagian luar telinga kalian yang terasa gatal, kalian bisa mengoleskan minyak zaitun hingga rasa gatal pada telinga kalian benar-benar hilang.

2. Baby Oil

baby-oil

Kita bisa menggunakan baby oil untuk cara mengatasi telinga gatal. Perlu kalian ketahui sendiri Baby Oil adalah bahan yang sangat efektif serta aman untuk bisa membantu kalian melembapkan area kulit kalian yang kering.

Jika kalian tahu salah satu penyebab telinga terasa gatal adalah kulit yang kering maka dari itu menggunakan baby oil ini bisa jadi efektif untuk mengatasi telinga yang gatal.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Insomnia
Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara untuk menggunakan baby oil mengatasi telinga gatal sangat lah gampang, kalian cukup teteskan baby oil pada bagian telinga yang merasa gatal hingga gatal nya menghilang.

3. Air Hangat dan Alkohol

air-hangat-dan-alkohol

Jika cara kedua tidak bisa mengatasi telinga gatal kalian, kalian bisa menggunakan air hangat atau alkohol. Untuk menggunakannya kalian cukup mencampurkan air hangat dan alkohol tersebut.

Jika sudah kalian cukup mengoleskan atau menteskan campuran dari air hangat dan alkohol ini pada bagian telinga kalian yang merasa gatal, kalian ulangi setiap harinya sampai rasa gatal pada telinga kalian menghilang.

4. Cuka Putih

cuka-putih

Cuka Putih juga bisa mengatasi telinga gatal kalian, perlu kalian ketahui cuka putih ini sangat cepat serta juga efektif utnuk mengatasi telinga gatal kalian.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Hidung Mampet di Rumah
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

Tidak hanya itu cuka putih juga dapat menghambat kemunculan dari rasa gatal tersebut pada kemudian hari, untuk menggunakan cuka putih ke telinga kalian yang merasa gatal yaitu hampir sama seperti menggunakan air hangat serta alkohol yaitu dengan mengoleskan atau bisa juga diteteskan pada telinga kalian.

5. Gel Lidah Buaya

gel-lidah-buaya

Untuk cara mengatasi telinga gatal kalian selanjutnya bisa juga menggunakan gel lidah buaya. Perlu kalian ketahui Gel Lidah Buaya ini memiliki manfaat lain selain melembatkan rambut kalian. Yaitu meredakan rasa gatal pada telinga kalian.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
Bolehkah Balita Makan Durian

Kalian bisa menggunakan gel lidah buaya ini dengan cara teteskan atau bisa juga dengan mongoleskan gel lidah buaya tersebut pada bagian telinga kalian yang merasa gatal. Silahkan kalian ulangi sampai rasa gatal pada telinga kalian menghilang.

6. Hidrogen Peroksida

Untuk cara mengatasi telinga gatal kalian juga bisa menggunakan hydrogen peroksida, hidgrogen peroksida ini juga bisa menjadi salah satu bahan yang ampuh untuk mengatasi rasa gatal pada telinga kalian.

Dikarenakan pada hydrogen peroksida ini dapat melelehkan kotoran yang ada di telinga kalian, setelah itu jika di campurkan dengan air dan ditetes kan ke telinga. Hidgroden Peroksida juga bisa untuk menyingkirkan kotoran yang membandel pada telinga kalian.

7. Obat Topikal

Untuk mengatasi telinga yang gatal kita bisa menggunakan obatan topical jika kondisi pada kulit kalian seperti psoriasis. Perlu kita ketahui psoriasis sendiri dapat menyebabkan telinga kalian menjadi gatal.

Baca Juga: Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

Maka dari itu kalian dapat menggunakan obat topikal untuk mengatasi hal tersebut, apabila pemakaian pada obat topikal tersebut masih belum juga membuahkan hasil tapi malah menyebabkan telinga kalian infeksi. Silakan kalian utnuk periksa ke dokter agar bisa dilakukan diagnosa lebih lanjut.

8. Antihistamin

Kalian bisa juga menggunakan antihistamin untuk cara mengatasi telinga gatal. Asal kalian tahu rasa gatal yang ada pada telinga kalian bisa juga terjadi oleh rhinitis alergi sehingga kalian perlu memberikan antihistamin untuk bisa mengatasinya.

Jika kalian mempunyai alergi pada makanan yang bisa menjadi penyebab telinga kalian gatal, kalian bisa untuk melakukan pelacakan pada pola makan kalian untuk menghindari gejala alergi yang di alami pada kalian sehingga membaut telinga kalian gatal.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.