Jenis Iklan Online Untuk Mendatangkan Profit

Daftar Isi [Buka]

Jenis iklan online untuk mendatang profit - ada beberapa jenis iklan online yang bisa kalian gunakan untuk mendatangkan profit kepada kalian.

jenis-iklan-online-untuk-mendatangkan-profit


Pengertian Iklan Online

Mungkin kalian belum tau apa pengertian iklan online serta apa saja jenis iklan online untuk mendatangkan profit ke kita, mungkin kalian sudah sering kali melihat iklan yang biasa di lihat seperti di televisi, radio, koran, majalan, pamphlet atau di billboard.

Iklan Online pada saat tanggal 27 Oktober 1994 masih sangatlah baru pada tanggal itu muncul banner ads yang ada pada majalan online HotWire.

Iklan online bisa di bilang sebagai iklan yang menggunakan internet untuk media penyampaian produk atau pesan promosi, yang bisa ditampilkan melalui computer atau dari perangkat mobile, iklan online juga ada berbagai macam jenis yang akan nanti kita bahas di bawah ini.

Keuntungan Iklan Online Untuk Bisnis

keuntungan-iklan-online-untuk-bisnis

Sebelum kita mengetahui ada beberapa jenis iklan online untuk bisnis ada baiknya kalian harus mengetahui dari keuntungan iklan online untuk bisa kalian. Berikut ini adalah beberapa keuntungan iklan online untuk bisnis kalian.

1. Iklan Lebih Terukur

Jika kalian menggunakan iklan online akan sangat memudahkan kalian untuk bisa melakukan Analisa pada iklan anda. Kalian bisa memantaui keefektifan iklan kalian dari jangkuannya serta biaya dan tidak lupa juga target iklan kalian.

Baca Juga: Cara Memasang SEOQuake

Pada sekarang ini banyak sekali platform iklan yang menyediakan berbagai macam laporan data yang bisa kalian Analisa untuk bisa menentukan target dari iklan kalian, platform iklan ini seperti google ads, big ads, facebook ads, serta twitter ads.

2. Iklan Online Banyak Formatnya

Tidak hanya lebih terukur iklan online kalian akan memiliki keuntungan seperti menentukan jenis serta format iklan apa saja yang bisa kalian gunakan contoh nya seperti gambar, video, teks serta kombinasi dari ketiga format iklan online tersebut sesuai kebutuhan kalian.

Beberapa Jenis Iklan Online

beberapa-jenis-iklan-online

Setelah kalian tahu apa saja jenis-jenis iklan online serta juga contoh iklan online berikut ini ada beberapa jenis iklan online yang bisa kalian gunakan untuk memperluas jaringan bisnis kalian. Kalian juga bisa mengetahui jenis iklan apa saja yang tepat untuk bisnis kalian.

1. Paid Search

paid-search

Pada awal ditemukan mesin pencari online seperti google dan bing. Siapa saja bisa menemukan apa saja yang ada di dunia online ini seperti jurnal ilmiah hingga perabotan rumah tangga.

Perlu kita ketahui search engine atau mesin pencarian online ini seperti google tentu saja bisa merubah perilaku konsumen yang dimana konsumen bisa mencari produk yang ada di Google atau Bing untuk membeli produk tersebut. Untuk Google Sendiri menyebut keadaan seperti itu sebagai Zero Moment of Truth (ZMOT).

Menurut Google ada sekitar 84% setiap hari konsumen mencari produk di Google sebelum konsumen tersebut memutuskan untuk membeli produk tersebut. Pada kesempatan ini kalian bisa untuk memanfaatkan iklan online kalian melalui hasil pencarian di mesin pencarian seperti Google ini.

Baca Juga: Apa itu SEO

Perlu kita ketahui paid search ini dapat ditemukan di semua mesin pencarian atau search engine seperti Google, Bing, Yahoo. Tapi untuk mengulas ulasan ini kita fokus pada Google saja jika kita membas semua bisa terlalu Panjang aritkel ini.

Google sendiri menyediakan layanan paid search ini melalui platform mereka yaitu Google Ads yang bisa kalian kenal sebagai Google AdWords. Google sendiri telah melalukan rebranding untuk Platform mereka yaitu Google AdWords menjadi Google Ads dengan mempertahankan fitur-fitur yang sudah ada.

Tetapi tidak hanya fitur-fitur yang sudah ada Google Ads juga terus mengupdate fitur baru seperti Smart Campaign yang dirilis pada bulan Juli 2018. Pada Google Ads ini kalian akan beriklan pada hasil pencarian google, iklan display, iklan YouTube serta iklan di aplikasi selular.

Baca Juga: 9 Hambatan Untuk Kesuksesan SEO

Kalian bisa beriklan online pada Platform Google Ads dengan sangat mudah, tapi kalian harus perhatikan pada paid search adalah kata kunci. Jadi kalian harus memilih kata kunci yang tepat agar nanti nya konsumen bisa mencari produk kalian.

Kalian pasti sering mencari sebuah kata kunci di google yang berkaitan dengan produk tertantu jika kalian seorang pembisnis, jadi calon konsumen kalian juga seperti kalian sebelum memutuskan untuk membeli produk. Biasanya paid search itu ada pada bagian atas atau bawah yang dilabeli oleh tag iklan di samping kiri domain tersebut.

2. Paid Social

paid-social

Selain paid search kita juga harus tau iklan jenis paid social yang bisa kalian gunakan untuk iklan online bisnis kalian untuk membut iklan online pada media social contohnya Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads.

Kita ktetahui media social saat ini adalah tempat yang strategis untuk bisa meletakkan iklan online kalian. Berdasarkan hasil dari APJII, 87,13% pengguna internet yang ada di Indonesia ini selalu mengakses layanan media social seperti facebook, Instagram, dan twitter.

Baca Juga: Cara Mengatasi Insomnia

Kalian bisa beriklan online dimedia social untuk menargetkan banyak sekali calon-calon konsumen kalian berdasarkan kategori tertentu contoh nya seperti: Pendidikan, hobi, penghasilan, minat, gender.

Jika kalian ingin beriklan dimedia social kalian bisa menggunakanFacebook Ads, Instagram Ads, serta Twitter Ads.untuk bisa beriklan pada media sosial.

Ada beberapa perbadaan yang perlu kalian ketahui ketika kalian memilih sosial media untuk menempatkan iklan kalian yaitu objektif yang bisa dicapai dari masing-masing platform media sosial tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Contoh nya seperti Facebook dan Instagram yang menawarkan kalian 3 objektif yang sama dikarenakan Facebook serta Instagram dibawah 1 perusahaan yang sama yaitu Awareness, Consideration, dan Conversion.

Objektif Facebook Ads dan Instagram Ads

objektif-facebook-ads-dan-instagram-ads

Ada bebreapa Objektif Facebook Ads dan Instagram Ads berikut adalah Penjelasan Objetif yang di tawarkan kedua platform tersebut.

Awareness Objectives

Tujuan untuk membangun brand awareness atau bisa meningkatkan jangkauan merek kalian.

Consideration objectives

Pada consideration Objectives kalian bisa mengerahkan tarfik ke website kalian utnuk bisa meningkakan engagement, meningkatkan instalasi aplikasi, lead generation atua bisa mendorong audiens kalian untuk bisa menghubungi perusahaan kalian melalui messenger.

Conversions objectives

Pada ocnversions objetives kalian bisa konversi online untuk mendorong audiens kalina itu datang ke toko kalian jika binis kalian ada toko.

Pada Facebook dan Instagram ada berbagai macam format iklan yang sama-sama tersedia di platform Facebook dan Instagram yaitu photo ads, video ads, carousel ads. Tidak hanya itu ada berbagai ukuran iklan yang bisa kalian pilih untuk mendatangkan profit pada bisnis kalian.

Baca Juga: Cara Menghilangkan FUP Smartren Unlimited

Format iklan yang ada di Facebook seperti colletion ads, lead ads, messenger ads, slideshow ads. Sedangkan untuk format iklan yang ada pada Instagram hanyalah Stories Ads.

Objektif Twitter Ads

objektif-twitter-ads

Tidak hanya facebook serta Instagram saja twitter juga banyak sekali pengguna aktif yang bisa kita gunakan beriklan online untuk mendatangkan profit.

Converion

Kalian bisa mempromosikan tweet kalian kepada orang-orang yang berpotensi utnu kbisa melakuka konversi pada website kalian.

Tweet Engagement

Kalian bisa memulai percakapan untuk bisa mengenai merek bisnis kalian di twitter.

Gain Followers

Untuk gain followers ini kalian bisa mempromosikan akun twitter kalian dengan biaya yang dibayarkan adalah per followers yang didapatkan pada akun twitter kalian.

Incerease Brand Awareness

Untuk bisa mempromosikan tweet kalian kepada audiens dengan jangkauan yang sangat lauas serta biasa yang dibayarkan untuk menggunakan ini adalah per impression.

Video views

Jika kalian mempunyai video kalian bisa menggunakan video views untuk bisa mempromosikan video kalian kepada audiens yang sudah kalian targetkan, untuk biayanya ini dibayarkan per view video.

App Install

Jika kalian punya aplikasi kalian coock menggunakan app install ini dikarenakan app install ini mempromosikan tweet kalian yang akan dibayar ketika audiens membuka link atau menginstall aplikasi tersebut.

Baca Juga: Cara Mengecilkan File Word

Untuk format iklan sendiri Twitter menyediakan Twitter promote atau Twitter Ad Campaign. Jadi kalian akan menggunakan platform apa? Facebook, Instagram atau twitter untuk iklan Paid Social kalian kalian?

3. Email Marketing

email-marketing

Tidak hanya Paid Search serta Paid Social saja, kalian juga bisa beriklan melalui email. Kalian sudah tahu belum email ini tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi secara personal saja. Akan tetapi kalian juga bisa menggunakan email ini sebagai alat untuk mempromosikan bisnis kalian.

Email marketing adalah mengirim pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email, tidak hanya murah menggunakan email marketing untuk beriklan online tetapi kalian juga bias menginkatkan efektivitas yang sangat tinggi disbanding menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter.

Oleh karna ini banyak sekali yang memanfaatkan email marketing ini sebagai salah satu iklan online untuk mendatangkan profit.

4. Remarketing

Remarketing

Perlu kalian keteahui selain paid search pada Google, ternyata Google juga menyedikan layanang remarketing yaitu menunjukkan iklan online kepada orang-orang yang telah mengunjungi website atau aplikasi kalian.

Jadi ketika orang-orang telah meninggalkan website atau aplikasi kalian, orang-orang tersebut akan mulai melihat iklan-iklan dari kalian pada saat browsing situs lain atau sedang menonton video di YouTube.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak

Contohnya seperti kalian sedang mengunjungi blog kiraky, nanti pada hasil pencarian di google atau di website yang bekerja sama oleh google adsense akan melihat iklan-iklan dari kalian.

Tujuan utamanya remarketing ini adalah untuk bisa mempertahankan buying intent atau keinginan membeli dari calon konsumen tersebut.

5. Video Marketing

video-marketing

Pada video marketing adalah salah satu dari jeenis iklan online yang efektif untuk semua jenis usaha seperti perusahaan kecil ataupun perusahaan besar. Ini telah di buktikan oleh perusahaan besar seperti Vidyar yang berfokus pada video online.

Pada tahun 2017 Vidyar sendiri melaporkan 92% menyatakan bahwa video sangatlah penting untuk content marketing pada tahun 2017, 41% Vidyard sendiri memproduksi video marketing sekitar 11 sampai 50 video.

Tidak hanya itu 70% perusahaan juga menyatakan bahwa video marketing ini lebih efektif dibandingkan yang lainnya untuk mendorong konsumen bisa melalukan conversion.

Contoh video marketing untuk bisnis kalian agar bisa mendatangkan profit seperti: video produk kalian, demo produk, webinar, video media sosial, video tutorial, video konsumen, live stream serta vlog.

Kesimpulan

Jadi ada beberapa cara untuk beriklan online untuk mendatangkan profit, kalian bisa memanfaatkan beberapa jenis iklan online tersebut untuk mendatangkan konsumen kalian untuk membeli produk kalian.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel