Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu SEO: Tujuan dan Pengertian SEO untuk Pemula

Apa itu seo? serta tujuan dan pengertian dari seo untuk pemula, pada saat ini banyak sekali orang mengira SEO adalah cara untuk website mendapatkan rangking diteratas pada google. Padahal itu hanyalah konsep yang cuman kulitnya saja.

Jika kalian masuk lebih dalam lagi ternyata pada search engine optimization sendiri tidak hanya bicara tentang rangking saja. Faktanya SEO atau search engine optimization dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas dari traffic yang masuk ke website atau blog kalian.

Yang artinya visitor tidak hanya asal mampir saja ke website kalian, akan tetapi juga ikut dalam melancarkan kalian dalam meraih tujuan dari website kalian. Baik itu dalam meningkatkan branding sehingga dapat mendongkrak angka dari transaksi.

Pastinya kalian akan semakin tertarik belajar apa itu seo? Berikut adalah artikel yang akan membatas tentang ap aitu seo, tujuan dan pengertian SEO untuk pemula.

Apa Itu SEO?

apa-itu-seo

Search Engine Optimization atau biasa di sebut dengan SEO adalah Teknik yang merupakan sebuah upaya mengoptimasi sebuah website agar bisa mendapatkan rangking teratas dari hasil pencarian google.

Dengan adanya SEO website atau blog kalian akan mudah ditemukan oleh orang sehingga website atau blog kalian akan berpotensi menyedot lebih banyak traffic yang datang pada website atau blog kalian.

Kenapa harus mengutamakan SEO Google? Padahal kan banyak sekali mesin pencarian seperti Yahoo, Bing, Amazon, Dlll.

Perlu kalian ketahui Google adalah search engine paling favorit bagi pengguna internet pada google sendiri. Setiap hari tercatat sekitar 3,5 Miliar pencarian melewati Google. Maka dari itu tidak heran jika Google Menguasai 90% pasar mesin pencarian saat ini.

Maka dari itu SEO Google lah yang cukup menentukan keberhasilan pada website atau blog kalian. Dengan Search Engine Optimization yang baik dan benar maka website atau blog kalian akan mendatangkan lebih banyak potensi traffic ke website atau blog kalian.

Faktanya 53% dari traffic website datang dari mesin pencarian organik yaitu aktivitas untuk mencari informasi dengan memasukkan keyword tertentu pada Google sendiri.

Bukan hanya itu saja traffic serta jangkauan audiens kalian juga akan tepat sesuai dengan tujuan website atau blog kalian seperti meningkatkan branding, bertransaksi, sumber informasi, dll.

Penasaran kanapa itu seo? Sebelum membas manfaat seo ada baik nya kalian harus pahami terlebih dahulu apa perbedaan SEO dan SEM.

Perbedaan SEO dan SEM

perbedaan-seo-dan-sem

Mungkin terdengar mirip antara SEO dan SEM. Akan tetapi SEO adalah hal yang berbeda dengan SEM atau biasa di sebut Search Engine Marketing. Perbedaan dari keduanya terletak pada fokusnya.

SEO Google sendiri fokus untuk meningkatkan performa website atau blog. Sedangkan SEM sendiri fokus untuk mendatangkan traffic hingga konversi yang secara instan.

Untuk lebih jelasnya Perbedaan SEO dan SEM berikut adalah beberapa perbedaan dari keduanya:

  • Pengertian SEO: Untuk mengoptimasi sebuah website atau blog agar bisa menempati posisi teratas pada halaman mesin pencarian.
  • Pengertian SEM: Strategi marketing yang untuk menempatkan website atau blog di hasil teratas pada halaman mesin pencarian.
  • Biaya yang Dikeluarkan Untuk SEO: Untuk biaya SEO gratis hingga berbayar sesuai dengan tools yang kalian gunakan.
  • Biaya yang Dikeluarkan Untuk SEM: Untuk biaya SEM itu berbayar mulai dari Rp. 100rban.
  • Tampilan di Mesin Pencarian Untuk SEO: Pada mesin pencarian Contoh nya Google tidak ada embel-embel iklannya.
  • Tampilan di Mesin Pencarian Untuk SEM: Pada mesin pencarian contohnya google ada embel-embel iklan atau ad.
  • Tools yang Digunakan untuk SEO: Kalian tidak wajib, akan tetapi kalian juga bisa memakai tools riset keyword, analisis backlink, one-page seo dan sebagainya.
  • Tools yang Digunakan untuk SEM: Untuk tools SEM sendiri kalian membtuhkan Google Ads, Google Keyword Planner, Dll.
  • Hasil dari SEO: Untuk hasil seo website atau blog membutuhkan beberapa waktu utnuk mendapatkan rangking teratas.
  • Hasil dari SEM: Untuk SEM sendiri website atau blog kalian akan lebih instan menduduki ranking teratas Google.
  • Jenis Traffic SEO: Untuk jenis traffic SEO sendiri yaitu Organic Traffic yang dimana traffic itu sendiri didapatkan dari website yang muncul pada hasil pencarian secara alami.
  • Jenis Traffic SEM: Jenis Traffic untuk SEM sendiri Organic traffic dan paid search adalah kunjungan audiens yang disebabkan oleh iklan berbayar.
  • Performa SEO: Untuk performa SEO sendiri jangka Panjang serta ranking website atau blog tidak turun dengan mudah. Tergantung pada optimasi SEO disebuah website atau blog kalian.
  • Performa SEM: Untuk performa SEM sendiri jangka pendek yang nanti nya pada saat durasi iklan kalian sudah habis maka ranking website atau blog kalian akan kembali seperti semula.

Walaupun SEM sendiri bisa mendatangkan hasil secara instan akan tetapi bukan berarti Search Engine Optimization atau SEO website atau blog tidak efektif.

Buktinya 70% sampai 80% orang banyak sekali mengabaikan hasil dari pencarian berbayar dan lebih memilih content yang naik secara organic. Dikarenakan banyak sekali orang yang malas mengklik artikel yang ada embel-embel iklannya.

Manfaat SEO Bagi Website atau Blog dan Bisnis

Manfaat-SEO-Bagi-Website-atau-Blog-dan-Bisnis

Mungkin kalian akan bertanya-tanya kenapa sih kita harus menerapkan SEO website atau blog kita? Padahal kan kita bisa untuk promosi website atau blog kita melewati channel marketing lainnya. Contohnya dengan memasang link website atau blog kita di bio Instagram yang memakai fitur swipe up pada Instagram.

Hmmm… Perlu kalian ketahui sebagian besar dari traffic yang utamanya website bisnis itu datangnya dari mesin pencarian. Mau itu dibidang teknologi, fashion, kesehatan dan sebagainya.

Baca Juga:
Jenis Iklan Online
Cara Memasang SEOQuake

Maka dari itu jumlah traffic juga berpengaruh terhadap keberhasilan website atau blog utnuk bisa mencapai tujuannya. Berikut adalah manfaat SEO untuk website atau blog kalian.

1. Memudahkan Audiens Menemukan Website

Memudahkan Audiens Menemukan Website

Perlu kita ketahui SEO adalah strategi untuk memudahkan kalian mendapatkan target audiens yang dapat menemukan website kalian.

Alasannya sederhana dikarenakan Search Engine Optimization dapat memungkinkan website atau blog kalian berada pada halaman pertama Google. Pada posisi ini jelas sekali berpengaruh untuk mendapatkan traffic. Dikarenakan banyak sekali orang malas scrolling ke halaman kedua serta selanjutnya.

Seperti kalian sedang ke minimarket kalian ingin beli minuman pasti kalian lebih memilih untuk membeli minuman yang berada di depan kan? Dari pada kalian harus report-report untuk mencari minuman tersebut ke ujung rak.

2. Menjaring Target Audiens yang Tepat

Menjaring Target Audiens yang Tepat

SEO sendiri tidak hanya untuk membantu audiens untuk bisa menemukan website atau blog kalian. SEO Google juga dapat untuk bisa menjaring target audiens yang tepat. Dikarenakan kalian bisa untuk membidik suatu keyword atau kata kunci sesuai dengan search intent atau tujuan audiens dalam mencari keyword tertentu.

Misalnya search intent website atau blog kalian adalah mengeudikasi audiens yang terkait dengan informasi tertentu. Seperti pebisnis buah-buahan yang sudah meriset, kalian pasti tahu target audiens kalian lagi penasaran dengan buah naga.

Hasilnya kalian akan membuat artikel website atua blog yang berkaitan dengan buah naga, sekaligus untuk menginformasikan bahwa brand kalian menjual buah naga tersebut. Maka dengan kalian menerapkan Teknik SEO tersebut, content kalian tentunya akan berpotensi untuk bisa ditemukan oleh target audiens kalian melewati Google.

Baca Juga:
Hambatan Untuk Kesuksesan SEO

Perlu kita ketahui, algoritma Google sneidri mengutamakan pengalaman pencarian yang unik yang artinya Algoritma Google sendiri akan menentukan rekomendasi content apa saja yang muncul pada halaman pencarian serta mempertimbangkan karakteristik audiens.

Yang bermulai dari lokasinya, histori penelusuran, serta sebagainya. Maka jika kalian menerapkan Search Engine Optimization, kontent-kontent yang ada pada website atau blog kalian akan lebih berpotensi tampil ke audiens yang kalian targetkan. Hasilnya terdapat peluang traffic serta konversi pun dapat meningkat.

3. Membangun Brand Awareness

Untuk cara yang paling simple biasa orang banyak sekali lakukan untuk bisa menemukan produk yang meraka inginkan yaitu dengan mencari info di mesin pencarian seperti Google. Yang artinya Google memanglah tempat startegis untuk bisa memperkenalkan suatu produk atau membangun brand awareness.

Hmm… tapi kok artikel aku di website atau blog udah ada yang muncul pada halaman pertama Google tapi kenapa pada brand aku tetap kurang popular ya?

Perlu kalian ketahui manfaat SEO memang lah tidak datang secara instan seperti SEM. Pada dasarnya calon pelanggan kalian baru akan percaya dan tertarik pada brand kalian kira-kira ketika mereka sudah 3-5 kali menemukan content yang kalian buat.

Jadi jika website atau blog kalian sering banget tampil pada halaman pertama Google untuk keyword yang relevan maka semakin besar juga brand awareness kalian dapatkan.

4. SEO Sebagai Investasi Jangka Panjang

SEO atau Search Engine Optimization adalah investasi jangka Panjang dikarenakan SEO Google dapat memperbesar binis kalian apa lagi hasil dari mesin pencarian yang relevan bisa memperngaruhi setidaknya 39% dari keputusan calon pembali.

Dengan kalian membangun traffic secara alami pada posisi situs di Google. Kalia nakan lebih kuat dan bisa bertahan untuk waktu yang lama tidak seperti dengan PPC yang jika kalian berhenti membayar maka traffic kalian akan terjun bebas ke 0.

Dikarenakan website atau blog kalian tidak lagi berada pada rangking atas maka dari itu walapun SEO dan SEM sama-sama berpotensi dapat mengeluarkan uang akan tetapi kalian lebih baik untuk mengoptimasi SEO website atau blog kalian.

5. Meningkatkan Penjualan dan Konversi

Perlu kalian ketahui manfaat SEO berikut nya dapat meningkatkan penjualan dan konversi yang nyata, 75% pengusaha berpendapat bahwa SEO sendiri dapat menghasilkan lebih banyak pelanggan dari pada trik marketing lainnya. Bahkan tingkat konversi dari SEO sendiri mencapai 14,6%.

Dikarenakan SEO dapat menjangkau target audiens lebih luas serta lebih efektif yang berbeda dengan trik marketing lainnya. Misalnya saja media sosial yang hanya mampu menyasar pengguna aplikasi terkait seperti facebook, Instagram, youtube, dll.

Apa lagi kalian tahu pengguna Google lebih baik dari pada platform lainnya yaitu skitar 4,39 miliar pengguna internet yang mengakses Google pada tahun 2020. Yang artinya semakin mudahnya kontent website atau blog kalian dapat ditemukan pada Google.

Maka semakin besar juga peluangnya untuk bisa menarik banyak traffic. Apa lagi jika kontent kalian muncul berulang kali pada audiens yang memasukan berbagai keyword.

Serta bukan sembarangan audiens, traffic yang bisa kalian olah menjadi banyak hal contohnya seperti calon pelanggan potensial hingga menjadi pelanggan sungguhan.

6. Membangun Top of Mind Brand

Perlu kita ketahui top of mind brand adalah brand yang akan membuat pelanggan tersebut ingat pada saat pertama kali untuk memikirkan ketegori produk. Contohnya seperti kalau lagi ngomongin soal air mineral pasti nya sebagaian orang akan menyebut produk aqua.

Ternyata pada top of mind brand ini bisa kalian bangun melalui SEO, seperti yang sudah kalian tahu bahwa SEO adalah investasi jangka Panjang pada saat website atau blog kalian sudah berhasil untuk menguasai halaman pertama di Google.

Maka dari itu website atau blog yang memiliki akar yang sangat kuat sehingga tidak akan mudah untuk menggeser website atau blog tersebut pada halaman pertama google.

Dikarenakan kredibilitas pada sebuah website atau blog yang sudah mulai terbukti pada konten-kontent website atau blog kalian akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari Google sendiri.

Apa lagi ketika anda sudah mempunyai traffic maka Google sendiri akan merekomendasikan kembali website atau blog kalian yang pernah audiens kunjungi sebelumnya. Maka dari itu, audiens pun menjadi tidak akan mudah lupa dengan kalian. Diakrenakan konten kalian sering mncul pada hasil pencarian mereka meskipun dengan kata kunci yang berbeda-beda.

Jika kalian berhasil untuk menguasai halaman pertama di Google maka calon pelanggan pastinya sudah malas akan melirik toko yang lainnya. Rata-rata dipikiran audiens adalah yang bagus ya yang berhasil pada rangking teratas di Google.

Tidak hanya itu, website bisnis yang berada pada peringkat teratas biasanya juga memiliki informasi yang sangat lengkap, maka tidak heran jika audiens menggap bisnis kalian itu selalu menyediakan informasi serta produk yang audiens butuhkan. Hasilnya kalian akan menghasilkan top of mind awareness pada audiens.

Mungkin sekarang pasti kalian akan tertarik untuk belajar seo, sebelum kalian terlalu jauh ada baiknya kalian harus pahami terlebih dahulu apa saja jenis-jenis SEO dan kalian harus pilih mana yang akan kalian fokuskan terlebih dahulu.

Jenis-Jenis SEO

jenis-jenis-seo

Perlu kita ketahui SEO juga memiliki tujuan yaitu tujuan SEO adalah untuk mengoptimasi sebuah konten website atau blog sehingga mudah ditemukan pada target pasar.

1. SEO On Page

Pada SEO on page adalah upaya untuk bisa mengoptimasi SEO pada bagian depan website serta aspek-aspek yang akan di maksimalkannya itu sebagai berikut:

  1. Permalink.
  2. Judul konten.
  3. Gambar konten.
  4. Kualitas konten.
  5. Elemen SEO seperti meta description,tag,dll.
  6. Struktur konten.
  7. Sebaran keyword.
  8. Internal link.

Dengan ada nya SEO on page pada konten kalian akan lebih mudah nya untuk mendapatkan page peratama pada google. Semakin banyak relevan pada isi konten kalian dengan keyword yang kalian bidik maka kebutuhan audiens kalian akan semakin terjawab, tidak hanya itu Google juga akan meroketkan rangking website atua blog kalian.

Perlu kalian ketahui SEO on page sendiri yang paling mudah untuk kalian bisa terapkan serta wajib kalian kuasai. Jadi jika kalian baru sekali mulai belajar search engine optimatizion maka kalian terlebih dahulu pahami tenang SEO on page.

2. SEO Off Page

Tidak hanya SEO on Page kita bisa juga menerapkan SEO Off Page pada blog atau website kalian yang tujuannya adalah untuk membantu Google memahami seberapa besar serta manfaat dari website atau blog kalian serta relevansi konten untuk orang lain.

SEO Off Page adalah Teknik SEO yang bertujuan untuk mengoptimasi SEO yang ada di luar website atua blog kalian. Berikut adalah aspek-aspek dari SEO off page yang bisa kalian tingkatkan untuk website atau blog kalian:

  1. Link Building atau biasa di sebut sebagai backlink yaitu utnuk mendapatkan link website atau blog kalian pada website lainnya.
  2. Peningkatan DA atau biasa di sebut Domain Authority adalah sebuah skor yang bisa memprediksi peluang pada rangking website atau blog di Google.
  3. Peningkatan PA atau biasa di sebut sebagai Page Authority adalah sebuah skor yang akana menunjukkan peluang pada sebuah halaman website atau blog yang teratas pada Google.
  4. Promosi kontent melewati sosial media atau channel marketing lainnya.
  5. Guest Blog adalah sebuah kegiatan untuk memasang sebuah artikel yang berkualitas kalian pada website lain yang nanti nya pada artikel tersebut akan terdapat backlink ke situs kalian.

Dengan kalian menerapkan Teknik SEO off page yang sangat kuat maka Google akan tambah yakin pada website atau blog kalian bermanfaat utnuk orang lain. Hasilnya nanti website atau blog kalian akan mendapatkan kredibilitas website atau blog yang natninya potensinya akan naik serta ranking nya pun akan meningkat.

3. Technical SEO

Pada Technical SEO yang bertujuan untuk bisa mengoptimasi struktur pada website atua blog kalian sehingga nanti nya performa pada website atau blog kalian akan maksimal serta diterima oleh Google.

Perlu kalian ketahui Technical SEO adalah usaha utnuk bisa mengoptimasi SEO pada bagian dalam website atau blog kalian yang secara garis besarnya sebagai berikut ini:

  1. Kecepatan website atau blog.
  2. Struktur pada website atau blog.
  3. XML Sitemap.
  4. Keamanan situs atau SSL.
  5. Tema yang responsive.
  6. Layout website atau blog.
  7. Navigasi pada website atau blog.

Jika kalian menerapkan technical SEO maka website kalian akan memiliki struktur yang bagus serta mudah untuk dibaca oleh search engine seperti Google. Yang nanti nya akan mendapatkan peluang robot Google mau mengindeks situs kalian akan lebih besar.

Cara Kerja SEO dan SERP

cara-kerja-seo

Pastinya kalian harus tau cara kerja SEO sendiri yaitu tidak asal untuk memilih website serta utnuk bisa menduduki halaman teratas pada SERP atau biasa di sebut search engine result page. Yang ada beberapa Teknik yang akan di gunakan Google yang disebut sebagai algoritma google utnuk bisa menyeleksi website atau blog kalian.

Dengan kalian mengetahui Teknik-teknik SEO maka kalian akan mengerti mengapa SEO sendiri ada banyak jenisnya dan mengapa penting untuk kalian bisa mengoptimasi pada bagian dalam serta depan hingga keluar website atua blog kalian.

1. Cara Kerja SEO

Perlu kalian ketahui Google sendiri memiliki tool yang bernama website crawler. Web crawler adalah tools yang akan membantu Google untuk mengumpulkan berbagai kontent yang ada pada internet dan akan menyimpannya pada sebuah database atau lemari penyimpanan pada mesin pencarian yang nantinya akan dikelola oleh Google.

Berikut adalah ringkasan dari cara kerja SEO sendiri yang setelah kalian membuat artikel baru pada sebuah website atau blog.

1. Crawling adalah sebuah proses untuk mengumpulkan atau menyimpan sebuah halaman website atau blog yang baru dibuat atau baru di update.

2. Indexing adalah sebuah proses yang pada saat Google memperlajari sebuah struktur website untuk mengetahui kualitas dan relevansi sebuah kontent untuk kebutuhan audiens yang kredibilitas pada setiap halaman website atua blog yang akan tersimpan pada database Google.

3. Pulling result atau biasa disebut sebagai ranking adalah sebuah proses yang akan nantinya Google menyusun sebuah daftar halaman website yang terbaik untuk bisa mengisi rangking tertinggi pada hasil mesin pencarian atau biasa disebut sebagai SERP.

Itu tadi adalah beberapa cara kerja SEO untuk bisa menyortir halaman website atau blog untuk ditampilkan pada audiens yang mengunjunggi meisn pencarian atau search engine. Berikut adalah cara untuk suatu kontent agar bisa ditemukan oleh audiens pada mesin pencarian seperti Google.

2. Cara Kerja SERP (Search Engine Result Page)

Jika kalian sudah mengerti cara kerja SEO maka kalian akan melihat bagiamana cara mesin pencarian seperti Google membawa halaman website atau blog kalian kedepan audiens.

Berikut adalah cara kerja SERP untuk bisa menyajikan rekomendasi pada kontent untuk dibawa ke audiens:

  1. Yang pertama para aduiens akan memasukkan keyword tertentu pada sebuah kotak pencarian pada Google.
  2. Setelah itu nanti Google akan menganalisa keyword tersebut yang dimulai dari ejaan serta sinonim kata suapaya hasi dari Analisa keyword tersebut baik.
  3. Dari seluruh halaman yang ada pada website atua blog yang berada pada database Google nanti Gogole akan mencari kotentn yang akan memuat keyword yang audiens masukkan.
  4. Disinilah peran dari algoritma Google. Nanti nya Google akan melakukan sebuah Analisa untuk konten atau website untuk bisa memastikan informasinya sangat relevan serta terpercaya untuk audiens.
  5. Yang nantinya Google sendiri akan mempertimbangkan sebuah karakteristik dari audiens sendiri yang dimulai dari lokasi, history penelusuran serta juga setelah penelusuran atau biasa sebut Safe Search Filter yang dimana filter tersebut akan memberikan kontent yang aman bagi para audiens.
  6. Setelah itu Google SERP akan menampilkan daftar dari kontent terbaik untuk audiens.

Perlu kalian kethaui pada SERP ini cukup berpegang pada algoritma Gogle yang dimana algoritma Google adalah sebuah pedoman Google untuk menilai sebuah website atau blog untuk bisa menampilkan halaman website atau blog sesuai dengan kata kunci yang audiens masukkan. Tidak hanya cara kerja seo kalian juga harus tau indicator SEO utama apa saja.

Indikator Utama SEO

Indikator-Utama-SEO

Indikator SEO adalah hal-hala yang akan dinilai Google untuk bisa memutuskan sebuah halaman website atau blog layak atau bisa untuk mendapatkan ranking teratas dari SERP. Yang artinya indicator SEO yaitu sebuah aspek yang perlu kalian upayakan pada saat kalian mengoptimasi website atau blog kalian.

Berikut adalah ebberapa indicator utama SEO yang perlu kalian ketahui:

1. Domain Factor

Domain adalah sebuah alamat pada website atau blog contohnya seperti www.kiraky.com. Sedangkan utnuk domain factors adalah sebuah hal-hal yang berkaitan dengan domain yang bisa berdampak pada performa SEO kalian.

  1. Ejaan yang jelas serta mudah diketik. Dengan ejaan yang sederhana maka nama domain akan lebih mudah dikteikkan oleh aduiens dan mengurangi kemungkinan adanya typo pada saat pengetikan domain.
  2. Ukuran domain juga termasuk dalam domain factor karna domain yang Panjang akan rumit serta susah untuk dipahami oleh google ataupun audiens contohnya seperti:
    akupengenbelajarseotapimulaidarimana.com
  3. Usia domain pada domain sebetulnya tidak terlalu berpengaruh terdapat seo akan tetapi jika andai ngin mengoptimasi website atau blog kalian seo nya akan menjadi bagus.
  4. Sejarah domain juga berpengaruh terhadap performa SEO kalian, dikarenakan jika kalian membeli domain yang sudah punya sejarah terharap spam maka SEO pada website atau blog kalian menjadi tidak baik.

Jadi yang dapat kita ambil untuk domain factor adalah pada indikator SEO kalian harus perhatikan utnuk bisa mendapatkan domain yang terjamin jika kalian ingin membangun domain untuk brand kalian.

2. Desain dan Strukter Website

Jika kalian tadi sudah membaca tentang technical SEO maka kalian pasti sudah tahu tentnag strukter pada website atau blog, yaitu untuk bisa memaksimalkan performa pada situs atau blog dan agar Google dapat dengan cepat memahami konteks pada situs atau blog kalian.

Perlu kalian ketahui Struktur website adalah sebuah susunan pada halaman-halaman yang penting pada sebuah website atau blog seperti elemennya contoh elemen-elemen pada struktur website adalah layout kontent, navigasi, link, isi dan sebagainya.

Jadi pada struktur website kalian tidak boleh sembarangan utnuk menata struktur pada website kalian, kalian juga harus menata struktur website harus SEO-Friendly apa lagi jika kalian ingin mendaftar atau menambahkan website atau blog kalian ke Google Adsense, jadi website atau blog kalian harus seperti:

  1. Mudah diakses.
  2. Struktur website rapi.
  3. Menu navigasi jelas.
  4. Cepat diakses.
  5. Kontent berkualitas.
  6. Judul kontent serta URL unik.
  7. Tampilan konsisten di browser ataupun di smartphone.
  8. Kombinasi warna yang pas.
  9. Form sederhana.
  10. Responsive serta mobile friendly.
  11. Call to Action yang jelas.

Jika website atau blog kalian sudah seperti diatas maka website kalian akan SEO Friendly maka Google akan menanggapi website atau blog kalian memiliki user experience yang sangat baik serta layak untuk disajikan ke audiens atau mendaftar Google Adsense.

3. Keamanan Website (SSL/TLS)

Pada tahun 2014, Google sendiri mengutamakan pada website atau blog yang aman untuk audiens. Cara Google sendiri mengenali keamanan pada website atau blog yaitu Google melihat apakah situs tersebut memasang SSL/TLS atau tidak sama sekali memasang SSL/TLS.

Perlu kalian ketahui bahwa SSL/TLS adalah protocol keamanan yang dapat melindungi seluruh aliran data yang ada pada website atau blog kalian, sehingga jika kalian memasang SSL/TLS website kalian pasti memiliki tanda gembok pada url yang ada pada address bar.

Terus gimana cara untuk memasang SSL/TLS pada website atau blog kita? Caranya gampang kok, jika kalian menggunakan blogger kalian cukup mengaktifkan https pada blog kalian jika kalian menggunakan hosting biasanya pihak hosting akan kasih SSL/TLS secara gratis. Atau kalian ingin membayar SSL murah kalian bisa menggunakan Comodo Positive SSL yang harga nya murah.

4. Kecepatan Website

Tidak hanya pada tahun 2014 yang menyuruh kita untuk menggunakan SSL/TLS pada website atau blog kita. Pada tahun 2018 Google juga menetapkan untuk kecepatan loading pada website atau blog yang ada pada desktop, mobile serta tablet untuk sebagai salah satu indikator utama SEO.

Ada beberapa tingkat untuk kecepatan website menurut google yaitu sekitar dua detik pada saat website dibuka untuk lebih jelasnya berikut adalah urutan kecepatan website:

  1. Sangat cepat: untuk nilai sangat cepat yaitu 1 detik loading website atau blog pada saat kita membuka website atau blog kita.
  2. Cepat: untuk yang kedua yaitu cepat, 2detik loading website atau blog pada saat kita membuka website atau blog tersebut.
  3. Biasa: untuk biasa ini medium sekitar 2 hingga 3 detik pada saat kita membuat website atau blog.
  4. Lambat: jika website atau blog kalian lambat sekitar 3 hingga atau 3 detik maka website atau blog kalian dalam kategori lambat.
  5. Sangat lambat: website kalian akan di nilai sangat lambat ketika membuka website diatas 4 detik.

Terus emank kenapa kalau website atau blog kita lamabt? Perlu kita ketahui pada saat kita membuka website atau blog yang sangat lambat maka kalian akan mencari website atau blog kalian kan? Dari pada menunggu website atau blog tersebut?

Begitu juga para audiens, jika website atau blog tersebut lama sekali membuka halaman atau loading terus maka meraka akan mencari website atau blog lain. Maka semakain cepat load website atau blog tersebut maka bounce rate mengecil serta untuk page views akan meningkat.

Jika kalian tidak tahu Bounce rate adalah sebuah persentase pengunjung yang akan langsung meninggakan website atau blog kalian tanpa membuka halaman lain pada website atau blog kalian, sedangkan page views adalah jumlah pada halaman yang dibuka oleh visitor pada satu website atau blog yang sama.

Terus bagaimana cara untuk meningkatkan kecepatan website atau blog kita?

1. Penempatan Hosting

Jika kalian menggunakan hosting maka kalian harus mencari server terbaik contohnya jika target kalian itu lokal seperti Indonesia maka kalian harus mencari server yang berada di Indonesia sehingga ketika pengunjung website kalian yang berada di Indonesia maka ketika pengunjung tersebut membuka website atau blog kalian maka akan cepat.

Sebaliknya jika target kalian audiens luar negeri maka kalian harus mencari server terbaik contohnya seperti hosting yang server nya ada di Singapore, maka pengunjung kalian yang berada di luar maka ketika pengunjung tersebut mengakses website atau blog kalian akan cepat.

2. LiteSpeed Web Server

Kalian juga harus perhatikan apakah web hosting tersebut menggunakaan LiteSpeed atau tidak dikarenakan pada litespeed sendiri memberikan performa 50% lebih cepat disbanding server lainnya.

5. Penggunaan Keyword

Untuk kalian yang biasa nulis artikel pasti kalian tidak asing dengan keyword, jika kalian belum menerti apa itu keyword, keyword adalah indicator SEO yang sangat mendasar, dikarenakan ketika audiens mengkases google maka mereka akan memasukkan kata kunci ke Google.

Pada umumnya pemula atau pakar SEO sendiri memilih keyword yang mempunyai volume yang besar. Dikarenakan volume besar biasanya banyak yang mencari tahu tentang informasi dengan kata kunci tersebut.

Tapi kalian harus tahu untuk keyword yang bervolume besar itu cukup sulit dikarenakan banyak sekali website atau blog yang mengtargetkan keywords tersebut apalagi jika kalian baru saja membuat website atau blog maka kalian akan kalah dari situs yang sudah mempunyai traffic ataupun SEO yang sangat bagus.

Maka dari itu kalian dapat menggunakan strageti pada keyword yang membidik beberapa keyword sekaligus yaitu menggunakan strageti LSI atau biasa di sebut Lantent Semantic Indexing yang dikenal sebagai Long Tail Keyword.

Perlu kalian ketahui LSI Keyword bukanlah sinonim melainkan LSI Keyword adalah istilah atau sebuah kat-akata yang dianggap secara relevan oleh mesin pencarian dengan kalian menambahkan Long Tail Keyword maka konten kalian akan semakin kaya informasinya.

Perlu kalian ketahui pada Long Tail Keyword yaitu sebagai kata kunci atau keyword yang memiliki spesifik pada persaingannya yang cenderung rendah akan tetapi volumenya sangat rendah apa lagi jika tidak ada yang mencarinya.

Maka dari itu jika kalian menggunakan Long Tail Keyword maka kalian akan memenangkan persaingan pada Google sekaligus kalian akan bisa menjawab pertanyaan spesifik audiens.

Jadi kalian haruslah menembak keyword yang tepat untuk kalian bisa menyusun strategi pada kotnent kalian yang benar-benar dibutuhkan oleh audiens maka Google akan merangking website atau blog kalian sesuai dengan target keyword tersebut.

6. Topik Konten

Pada indikator berikutnya adalah topik konten. Walaupun hal seperti topik konten terlihat sepele tapi bila hal tersebut bisa berakibat fatal. Tapi kan ini website atau blog saya kenapa say aga bebas untuk memilih topik sendiri?

Jadi gini, kalian boleh memilih topik apa saja akan tetapi lebih baik topik konten yang ada pada website atau blog kalian itu saling berkaitan contoh nya seperti blog teknologi.

Kalian membuat blog yang isi kontent nya blog teknologi maka kalian bisa sediakan beberapa topik contohnya seperti web development, design, ataupun digital marketing. Dikarenakan semua topik itu saling berkaitan dengan topik utama blog kalian yaitu teknologi.

Terus kenapa harus berkaitan konten diblog saya? Kan saya yang punya blog, jadi gini semakin kalian banyak membuat kontent yang berkaitan maka semakin mudah mesin pencarian dapat memahami konteks yang ada pada blog atau website kalian.

Tidak hanya itu, kontent kalian yang saling berkaitan juga akan memudahkan kalian untuk membangun internal link. Dikarenakan informasi pada satu kontent dengan konten kalian saling mendukung sehingga mudah utnuk menyisipkan beberapa link yang berkaitan yang biasa disebut internal link.

7. Search Intent

Bagi kalian yang tidak tahu apa itu search intent adalah tujuan dari pengguna ketika mereka mencari keyword pada search engine. Contohnya ketika audiens memasukkan kata kunci ‘apa itu seo’ di Google, maka kita bisa tahu audiens sedang mencari informasi tentang apa itu seo?

Maka dari itu SERP pasti kan menampilkan beberapa website atau blog yang menyediakan infomasi apa itu seo yang informasi nya sangatlah lengkap.

Contoh lainnya jika audiens mengetikkan keywords ‘tips seo untuk pemula’ berarti audiens sedang tertarik untuk mencari informasi tips seo dan bagaimana cara memulainya. Maka dari itu nanti SERP akan memunculkan website atau blog yang berisi konten ‘tips seo untuk pemula’.

Yang artinya Google akan memhami maksud dari audiens melalui keyword yang dimasukkan. Maka keyword dengan konten yang kalian akan buat harus serelevan mungkin dengan search intent audiens.

8. Struktur Konten

Indikator SEO ke 8 adalah struktur konten yang menjadi salah satu cara Google untuk bisa membaca kontent kalian yaitu dengan cara melihat konten dari penggunaan headingnya. Heading adalah bagian judul dari sebuah artikel yang berisi informasi tertentu.

Pada penggunaan heading pun tidak sembarangan, walaupun ada H1 atau judul konten hingga H6 sub judul maka kalian harus memahami hierarkinya. Semakin mendekati H6 maka informasi yang kalian berikan akan semakin detail.

Tidak hanya memudahkan untuk Google membaca struktur konten kalian, pada format heading akan memudahkan para audiens dalam menangkap dari inti kontent secara cepat.

Selain itu pada heading juga mampu membantu kalian untuk mendapatkan featured snippet atau kolom cuplikan pada bagian teratas Google.

Maka dari heading juga Google serta audiens bisa menilai apakah konten kalian akan menjawab search intent mereka atau tidak.

9. Optomasi Gambar

Banyak sekali orrang yang sepelekan padahal ini sangatlah cukup berdampak pada SEO website atau blog kalian yaitu gambar. Baik itu dari sampul, video, ilustrasi pendukung, ataupun format visual lainnya.

Perlu kalian ketahui image SEO dapat mendongkrak performa website atau blog kalian. Baik itu dari segi kecepatan sampai memudahkan ditemukan di hasil pencarian. Maka dari itu algoritma Google mampu untuk membaca gambar yang kalian posting.

Maka pada optimasi gambar menjadi indikator SEO yang kalian harus perhatikan, terus cara untuk mengoptimasi image seo gimana? Caranya gampang kok kalian harus bisa memastikan penamaan pada file yang tepat serta memilih gambar dengan ukuran yang sesuai jangan lupa juga kalau bisa size nya di perkecil untuk mempercepat website atau blog kalian.

10. Struktur URL

URL atau biasa di sebut permalink adalah link yang akan mengantarkan para audiens pada konten atau sebuah halaman website blog kalian.

Perlu kalian ketahui dengan struktur url website atau blog kalian yang sederhana serta jelas kata kuncinya maka pada mesin pencarian akan semakin mudah dalam memahami topik serta halaman website atau blog tersebut.

Berikut adalah contoh untuk membuat struktur URL yang mengandung nama domain serta judu lartikel atau kata kunci utama: www.google.com/apa-itu-seo

11. Meta Tag

Meta tag sendiri terdiri dari title tag dan meta description. Pada title tag adalah sebuah judul artikel yang akan muncul pada mesin pencarian. Sedangkan untuk meta description adalah sebuah ringkasan konten yang kalian buat yang berada pada bawah meta tags.

Maka dapat disimpulkan meta tag adalah yang pertama akan dilihat oleh audiens sebelum audiens masuk pada konten kalian, kehadiran meta tag sangatlah penting. Dengan meta tags sendiri audiens dapat menilai konten kalian sesuai dengan maksud pencarian mereka atau tidak.

Pelu kalian ketahui pada ruang di Google itu terbatas pada ukuran meta tags yang harus kalian sesuaikan. Contohnya saja pada Title tags yang terlalu Panjang maka Google akan memotong beberapa kata, sedangkan untuk meta description terbatas hanya 120 hingga 130 karakter saja yang akan ditampilkan oleh Google.

12. Backlink

Untuk bagian SEO Off page pasti kalian sudah tau apa itu backlink. Backlink adalah sebuah link dari website lain yang akan mengarah ke website atau blog kalian.

Perlu kalian ketahui indikator SEO ini cukup penting, dikarenakan akan menjadi pertimbangan untuk Google dalam menilai kredibilitas website atau blog kalian. Dikarenakan ketika konten kalian dijadikan referensi website atau blog lain artinya isi dari konten tersebut sangatlah bermanfaat.

Akan tetapi kalian tidak boleh asal memilih backlink dari sembarangan website atau blog, yang pastinya website atau blog yang akan memberikan backlink tersebut juga harus berkualitas. Contoh kualitas website atau blog adalah dari skor DA dan PA nya. Semakin tinggi sebuah skor DA dan PA sebuah website atau blog maka peluang halaman website atau blog muncul di ranking teratas akan semakin meningkat.

13. Web SPAM

Web spam adalah sebuah komunikasi melalui website atau blog secara massal serta berlebihan. Contoh nya kalian membuat konten dengan ratusan keyword yang sama. Tujuannya untuk bisa memenangkan persaingan SEO.

Pada umumnya yang sering melakukan web spam adalah mereka yang belum tahu cara kerja SEO atau orang yang ingin sekali menaklukkan halaman pencarian secara instan.

Padahal Google sendiri tidak menyukai website atau blog yang banyak nge spam dikarenakan web spam akan merusak user experience audiens serta dapat menurunkan kredibilitas website atau blog.

Berikut adalah beberapa jenis web spam yang seringkali dilakukan:

  1. Content based spam yaitu sebuah aktivitas spam yang biasanya dilakukan pada kontent, contoh content based spam seperti keyword stuffing yaitu memasukkan kata kunci secara berlebihan.
  2. Comment spam adalah sebuah spam yang ada pada kolom komentar website atau blog lain dengan cara memasukkan link website atau blog milik sendiri (biasanya buat backlink).
  3. Link spam adalah sebuah kegiatan spam yang membombardir platform tertentu dengan sebuah backlink yang berlebihan, baik itu diforum online ataupun guest blog.

Jadi walaupun kalian mengoptimasi SEO website atau blog itu penting maka kalian harus memperhatikan Batasan kejawaran serta kalian tidak boleh melakukan cara curang.

Apalagi sekarang ini Google sendiri makin pandai dalam menilai level spam pada sebuah website atau blog, sehingga tanpa segan-segan akan menyingkirkan website atau blog yang melakukannya.

Apa Saja Faktor SEO Rangking?

Jika kalian tadi menyimak pembahasan yang sebelumnya maka kalian akan tahu bahwa indikator SEO adalah metrik yang akan dinilai Google untuk menilai apakah website itu layak atau tidak serta kotennya. Pada indikator tersebut sebenarnya bisa kalian kelompokkan menjadi faktor SEO ranking.

Faktor SEO rangking sendiri merupakan salah satu kriteria Google yang ditetapkan utnuk bisa mengevaluasi indikator SEO sebagai berikut:

  • Revelancy adalah sebuah hubungan yang berkaitan antara kebutuhan audiens dengan suatu informasi yang disediakan.
  • Authority adalah sebuah tingkat kredibilitas dari website atau konten untuk menyajikan sebuah informasi yang akutar dan relevan.
  • Value adalah kualitas website sampai konten untuk dapat memberikan sebuah manfaat bagi para audiens.
  • User experience adalah sebuah pengalaman audiens pada saat mereka berinteraksi dengan website dan seluruh elemen didalamnya.

Terus apa saja indikator yang termasuk pada factor Google Rangking? Berikut adalah indikator nya:

  • Relevancy: Penggunaan keyword, topik konten, struktur url, meta tag.
  • Authority: Domain factor, keamanan website, backlink, web spam.
  • Value: Search Intent.
  • User experience: Desain serta struktur website, kecepatan website, optimasi gambar.

Tidak hanya faktor SEO yang diatas, ranking pada sebuah website atau blog pasti juga dipengaruhi oleh algoritma Google. Untuk Google sendiri dalam menilai website atau blog memiliki sebuah system yang terus menerus akan diupdate demi untuk memberikan search experience yang terbaik.

Yang artinya, algoritma Google sendiri ada untuk bisa memenuhi kebutuhan audiens. Jaid jika kalian cuman fokus untuk mengejar algoritma Google yang terus saja berubah maka lebih baik kalian fokus untuk bisa menyajikan website atau blog kalian dengan konten yang bermanfaat untuk audiens.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.