Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot di Laptop Dengan Mudah dan Cepat

cara-screenshot-di-laptop-dengan-mudah-dan-cepat

Screenshot adalah fitur yang sangat esensial maka dari itu banyak sekali perusahaan laptop yang memberikan cara screenshot di laptop yang mereka produksi dengna mudah.

Tidak hanya itu salah satu fitur yang bisa digunakan pada smartphone yang dikenal sebagai capture layer atay biasa dikenal sebagai screenshot. Fitur ini sangatlah esensial serta banyak sekali digunakan oleh pengguna smartphone.

Hampi semua pengguna smartphone pasti sudah tahu cara untuk menggunakan caputer layer atau screenshot ini.Tidak hanya pada smartphone, screenshot pun bisa juga dilakukan di laptop.

Akan tetapi banyak sekali pengguna laptop yang belum mengetahui cara untuk screenshot layer laptop. Untuk melakukan screenshot di laptop berbeda-beda tergantung jenis laptopnya. Akan tetapi hal tersebut tidak lah sulit untuk dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa cara screenshot dilaptop yang dapat kalian lakukan pada beberapa jenis laptop yang ada di pasaran.

Cara Screenshot di Laptop Asus

cara-screenshot-di-laptop-asus


Perlu kita ketahui sekarang ini kemajuan tekonlogi sangatlah cepat bergerak menuntun para perusahaan yang membuat laptop untuk sering mengupgrade brand nya atau produk yang akan mereka jual.

Contohnya saja perusahaan laptop dari Taiwan yaitu asus, laptop asus sekarang ini semakin naik dikarenakan asus selalku melakukan inovasi seperti salah satu fitur yang ditanam oleh asus yaitu screenshot layer.

Screenshot sendiri sekarang ini sudah menjadi kebutuhan para pengguna laptop, dikarenakan sekarang ini banyak sekali seminar secara online atau webminar sekarang ini. Banyak pengguna laptop yang sangat membutuhkan fitur screenshot ini untuk bisa mengambil gambar, dokumen, atau menjadikannya sebagai alat dokumentasi pada saat meeting virtual.

Untuk laptop asus sendiri, ada beberapa cara untuk menggunakan fitur screenshot. Berikut adalah cara screenshot di laptop asus:

1. Menggunakan Kombinasi Windows + PrtSc

Untuk cara pertama agar bisa screenshot di laptop asus kalia nbisa menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtSc. Sebetulnya hanya dengan menekan tombol PrtSc saja sudah bisa untuk mengambil screenshot. Akan tetapi dengan menggunakan tombol kombinasi Windows + PrtSc, screenshot kalian sudah terjamin tersimpan dengan baik pada laptop kalian.

Baca Juga:
Cara Menghilangkan Iklan di Hp Samsung
Pengertian VPN

Kalian harus menekan tombol tersebut secara berasmaan, jika kalian sudah menekan nanti tanda screenshot berhasil dengan menunjukkan layer laptop kalian akan berkedip yang artinya screenshot sukses serta tersimpan dengan baik pada laptop kalian.

2. Menggunakan Kombinasi Fn + PrtSc

Selain menggunakan kombinasi Windows + PrtSc kalian juga bisa menggunakan Fn + PrtSc untuk screenshot di laptop asus. Dengan kalian menekan tombol Fn + PrtSc kalian tinggal buka aplikasi edit gambar yang ada pada laptop asus kalian contohnya seperti paint, photoshop, atau ms word.

Ketika kalian membuka aplikasi tersebut kalian bisa utnuk paste dengan menekan tombol ctrl + v nanti akan muncul hasil sceenshot kalian pada aplikasi tersebut. Setelah itu kalian bsia menyimpan gambar tersebut dengan cara menekan ikon save atau bisa dengan kombinasi tombol ctrl + s.

Cara Screenshot di Laptop Acer

cara-screenshot-di-laptop-acer


Tidak hanya pada laptop asus saja, kalian juga bisa menggunakan fitur screenshot pada laptop acer. Perlu kita ketahui acer sendiri perusahaan asal cina yang memberikan pelayanan yang sangat baik kepada pengguna laptop acer dengan kelengkapan pada keyboard yang memiliki fungsi screenshot.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Set Top Box Gagal Tangkap Sinyal
Cara Mengatasi Set Top Box Mati Total

Kalian bisa screenshot di laptop acer dengan kalian menyimpannya dengan berbagai format seperti jpg, png, gif berikut ini adalah beberapa cara screenshot pada laptop acer:

1. Menggunakan Tombol Kombinasi Pada Keyboard

Selain asus kalian juga bisa menggunakan tombol kombinasi pada keyboard untuk melakukan screenshot di laptop acer dengan kombinasi tombol Windows + PrtSc secara bersamaan pada keyboard laptop acer kalian.

Dengan cara ini gambar hasil dari screenshot kalian akan tersimpan otomatis, kalian bisa cek hasil screenshot di laptop acer kalian dengan membuka folder C:\ setelah itu kalian buka folder user selanjutnya kalian buka folder username laptop kalian, nanti akan terlihat folder picture kalian buka dan akan muncul folder screenshots yang di dalamnya ada hasil screenshot kalian tadi.

2. Menggunakan Snipping Tool

Tidak hanya menggunakan tombol kombinasi saja kalian juga bisa screenshot di laptop acer dengan menggunakan snipping tool yang merupakan aplikasi screenshot dari Microsoft sendiri. Dengan aplikasi snipping tools kalian bsia screenshot lebih nyaman serta fleksibel.

Snipping tool sendiri adalah fitur untuk menyimpan hasil screenshot tanpa perlu membuka aplikasi pendukung, untuk cara screenshot menggunakan snipping tool kalian bisa membuka aplikasi snipping tool tersebut setelah itu nanti kalain pilih bentuk untuk screenshot yang sesuai dengan pilihan kalian.

Baca Juga:
Cara Pasang Set Top Box
Cara Mengecek FUP Indihome

Nanti aplikasi lain pada laptop kalian akan meredup yang nantinya kalian bisa untuk memilih atau menyeret pada halamaan yang ingin kalian screenshot yang natni nya pada halaman tersebut akaan otomatis ter capture.

Bila kalian ingin mengedit hasil screenshot tersebut menggunakan fitur editing yang ada pada snipping tool kalian bisa menggunakan fitur tersebut untuk edit hasil screenshot kalian. Jika kalian sudah selesai kalian bisa meyimpan hasil screenshot kalian menggunakan kombinasi tombol Ctrl + S.

Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Snapgit

Selain cara menggunakan kombinasi tombol serta snipping tools kalian juga bisa menggunakan snapgit yaitu program yang bisa kalian gunakan untuk capture picture pada video, untuk melakukan screenshot menggunakan snapgit kalian terlebih dahulu download aplikasi snapgit.

Baca Juga:
Cara Menggunakan VPN
Jenis Iklan Online

Jika kalian sudah mendownload aplikasi snapgit kalian bisa buka aplikasi tersebut dan kalian tinggal klik ikon tangkap layer yang ada pada aplikasi snapgit tersebut. Setelah itu kalian pilihlah layer atau halaman yang akan kalian screenshot.

Setelah itu kalian tinggal pilih tombol kamera yang tombol tersebut berfungsi utnuk bisa menyimpan hasil screenshot kalian tadi.

Cara Screenshot di Laptop HP

Laptop hp sendiri tidak kalian dengan laptop lainnya. Pada laptop hp kalian juga bisa menggunakan beberapa cara screenshot pada laptop hp tersebu dengan mudah serta cepat. Yaitu dengan beberapa cara dibawah ini:

1. Menggunakan Tombol PrtSc

Cara screenshot di laptop hp dengan menggunakan satu tombol saja yaitu dengan tombol PrtSc yang terletak pada kanan atas keyboard laptop kalian, untuk langkah pertama cara screenshot pada laptop hp menggunakan tombol prtsc cukup mudah.

Kalian harus menyiapkan terlebih dahulu layar yang akan kalian screenshot selanjutnya kalian tinggal tekan tombol PrtSc untuk menangkap layar tersebut. Setelah itu kalian buka aplikasi untuk editing gambar contoh nya seperti Paint yang sudah ada pada laptop HP kalian.

Nanti pada aplikasi paint sendiri kalian paste atau tekan tombol ctrl + v untuk mempelkan hasil dari screenshot kalian yang tadi kalian ambil. Setelah itu kalian bisa langsung untuk menyimpan hasil dari screenshot kalian.

Apabaila kalian ingin format hasil screenshot kalian jpg,png,atau gift kalian klik save as nanti kalian bisa memilih format gambar yang akan kalian gunakan setelah itu kalian pilih folder penyimpanan hasil screenshot di laptop hp kalian.

2. Menggunakan Tombol Kombinasi Windows + G

Berbeda dengan laptop lainnya untuk cara screenshot pada laptop hp yaitu dengan cara menekan kombinasi Windows + G secara bersamaan, nanti akan muncul menu dari game bar yang akan muncul secara otomatis serta kalian bisa memilih fitur capture. Nanti kalian tinggal pilih ikon kamera untuk screenshot.

Yang nanti nya hasil dari screenshot di laptop hp kalian akan tersimpan pada folder gallery. Kalian juga bisa untuk melihat hasil dari screenshota kalian dengan memilih opsi open file location yang ada pada pojok kanan bawah.

Menggunakan kombinasi tombol windows + g juga bisa kalian gunakan untuk merekam video yang ada pada layar laptop hp kalian. Dengan menggunakan kombinasi tersebut kalian bisa untuk membagikan gambar hasil dari screenshot laptop hp kalian pada social media seperti twitter serta menyimpan nya dalam clipboard.

3. Menggunakan Tombol Kombinasi Windows + Volume Down

Selain menggunakan prtsc atau kombinasi tombol windws + g. kalian juga bisa screenshot di laptop hp dengan menggunakan kombinasi windows + volume down. Jika memakai cara screenshot di laptop hp dengan kombinasi windows + volume down nanti hasil dari screenshot kalian akan berada pada folder screenshot yang akan secara otomatis terbuat oleh system. Sayangnya fitur kombinasi windows + volume down ini hanya bisa digunakan oleh windows surface.

Cara Screenshot di Laptop Lenovo

cara-screenshot-di-laptop-lenovo


Tidak hanya acer, asus dan hp saja perusahaan laptop Lenovo tidak mau kalah, mereka juga memberikan fitur untuk screenshot dengan mudah. Caranya tidak beda jauh dari laptop lainnya berikut adalah cara screenshot di laptop Lenovo:

1. Screenshot Dengan Tombol PrtSc

Langka pertama untuk cara screenshot pada laptop Lenovo yaitu dengan kalian menyiapkan terlebih dahulu layar yang akan kalian screenshot. Setelah itu kalian bisa untuk tekan tombol PrtSc yang ada pada pojok kanan atas keyboard laptop Lenovo kalian.

Setelah tiu kalian bisa gunakan aplikasi editing seperti Paint, nanti kalian tinggal paste atau tekan tombol kombinasi ctrl + v utnuk menaruh hasil screenshot kalian yang tadi sudah kalian ambil kedalam paint tersebut.

Setelah itu kalian save hasil screenshot kalian yang ada di paint dengan menekan tombol kombinasi ctrl + s atau kalian bisa memilih format gambar dengan cara klik save as nanti kalian bisa menyimpannya dengan format jpg,png,gif.

2. Screenshot Dengan Aplikasi Snipping Tool

Pada laptop Lenovo kalian juga bisa mengugnakan snipping tool untuk cara screenshot pada laptop Lenovo kalian. Untuk caranya sangatlah gampang kalian tinggal buka aplikasi snipping tool nanti kalian klik tombol new pada daftar menu nanti kalian bisa untuk screenshot dan tinggal kalian simpan pada folder yang kalian inginkan.

Cara Screenshot di Laptop Windows 7

Jika kalian menggunakan Operating Sistem Windows 7 ada beberapa cara screenshot di laptop windows 7. Berikut adalah cara untuk screenshot di laptop windows 7:

1. Screenshot Seluruh Layar

Jika kalian ingin screenshot seluruh laptop laptop kalian, kalian bisa untuk menggunakan tombol PrntScrn atau PrtSc atau Print Screen. Biasanya tombol ini berada pada ujung keyboard laptop kalian.

Sebelum kalian menekan tombol tersebut kalian harus pilih terlebih dahulu layar yang akan kalian ambil gambarnya. Untuk langkah berikut nya kalian bisa buka aplikasi editing gambar seperti paint.

Setelah aplikasi paint terbuka kalian bisa paste atau tekan tombol ctrl + v untuk menempelkan hasil screenshot di laptop kalian. Pada aplikasi paint kalian juga bisa melakukan editing jika tidak kalian bisa langsung save hasil screenshot di laptop kalian dengan cara tekan tombol ctrl + s.

2. Screenshot Layar Jenedela Tertentu

Kalian bisa untuk screenshot pada jendela tertentu atau bisa juga langsung menekan tombol kombinasi alt + PrntScrn setelah itu aklian buka aplikasi paint dan kalian paste gambar hasil screenshot di laptop kalian pada aplikasi paint tersebut.

Nanti akan muncul gambar hasil screenshot pada laptop kalian di aplikasi paint tersebut setelah itu kalian save dengan menekan tombol kombinasi ctrl + s.

3. Screenshot dengan Snipping Tool

Untuk cara screenshot di laptop dengan menggunakan snipping tools adalah dengan cara kalian pergi kemenu start yang ada di pojok kiri bawah setelah itu kalian ketikkan Snipping Tool nanti akan ada aplikasi Snipping Tool.

Kalian tinggal klik aplikasi tersebut setelah itu kalian ke layar yang akan kalian screenshot jika sudah kalian bisa klik iko save snip untuk menyimpan hasil dari screenshot kalian.

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Tidak hanya pada operating system windows 7 saja, di operating system windows 10 kalian juga bisa untuk screenshot di laptop windows 10. Untuk cara melakukan screenshot di windows 10 berikut adalah caranya:

1. Kalian buka terlebih dahulu layar yang akan kalian screenshot.

2. Setelah itu kalian tinggal tekan tombol kombinasi alt + prtscn yang nanti nya akan menyalin hasi ldari screenshot di laptop windows 10 kalian.

3. Jika sudah kalian tinggal buka aplikasi editing seperti paint, photoshop, atau Microsoft word.

4. Jika sudah kalian tinggal tekan kombinasi tombol ctrl + v untuk menempelkan hasil dari screenshot di laptop kalian.

5. Setelah itu kalian tekan tombol ctrl + s utnuk menyimpan hasil screenshot di laptop kalian.

Cara Melihat Hasil Screenshot di Laptop

Setelah kalian tahu cara screenshot di laptop kalian bisa lihat hasilnya dengan menggunakan aplikasi editing gambar seperti paint. Setelah kalian buka aplikasi paint kalian bisa menekan tombol kombinasi seperti Windows + PrnSc, Fn + PrnSc, Alt + PrnSc, atau tombol kombinasi lainnya.

Kalian juga bisa juga untuk langsung membuka aplikasi paint setelah itu kalian tekan tombol kombinasi ctrl + v untuk menempelkan hasil dari screenshot di laptop kalian serta melihat hasil dari screenshot tersebut.

Selain kalian menggunakan aplikasi paint kalian juga bisa melihat hasil screenshot kalian dengan menggunakan aplikasi lain contoh nya seperti Photoshop atau Microsoft word.

Untuk cara melihat nya sama seperti kalian menggunakan aplikasi paint. Akan tetapi biasa nya pengguna laptop untuk melihat hasil screenshot di laptopnya menggunakan aplikasi paint dikarenakan aplikasi paint tersebut sudah tersedia pada laptop nya masing-masing.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.