Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan VPN di Komputer Dan HP

Pada sekarang ini Virtual Private Network atau VPN semakin banyak sekali dikenal oleh masyarakat dikarenakan untuk menikmati layanan streaming video yang telah diblokir oleh provider tertentu, Maka dari itu dengan menggunakan Virtual Private Network atau VPN ini kita bisa membuka blokiran tersebut untuk menikmati layanan streaming video.

Tapi apakah kalian tahu cara menggunakan VPN yang aman? Jika kalian tidak tahu, kali ini kiraky akan kasih tahu cara menggunakan vpn yang aman.

Cara Menggunakan VPN

cara-menggunakan-vpn

Pada umumnya, Virtual Private Network atau VPN sendiri merupakan reaksi dari ketakutan pada keamanan online. Akan tetapi pada VPN sendiri ada fungsinya yaitu dapat mempermudah mengakses layanan streaming online yang telah diblokir seperti Netflix.

Untuk kalian yang mau menggunakan VPN ini akan tetapi masih ragu akan bahaya dari VPN tersebut, coba kalian baca artikel dibawah ini agar kalian tahu VPN bahaya atau tidak.

Cara Menggunakan VPN di Komputer

cara-menggunakan-vpn-di-komputer

Untuk kalian yang biasanya menggunakan komputer tentu saja kalian bisa utnuk menggunakan VPN tersebut dikomputer kesayangan kalian. Untuk bisa menggunakan VPN di komputer kalian harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Berikut ini adalah konfigurasi VPN Windows 10 secara manual:

  1. Pada layar komputer kalian, kalian bisa untuk klik ikon ‘Network’ yang ada pada bagian kanan taskbar komputer kalian.
  2. Setelah itu kalian pilih ‘Network Settings’.
  3. Nanti kalian tinggal cari opsi VPN setelah itu kalian klik ‘Add a VPN Connection’.
  4. Akaan muncul tampilan untuk mengkoneksikan VPN tersebut berikut adalah detail koneksi VPN tersebut.
    - Pada Bagian VPN Provider kalian pilih ‘Windows (built-in)’.
    - Pada bagian VPN Type kalian pilih ‘Automatic’.
    - Setelah itu pada bagian ‘Type of sign-in info’ kalian pilih ‘username and password’.
  5. Nanti kalian akan mengisi ‘Connection Name’ serta ‘Server Name or Address’. Pada bagian ini opsi nya berbeda-beda tergantung dari penyedia VPN laptop kalian.
  6. Silahkan kalian scroll ke bawah, setelah itu kalian nanti akan menemukan opsi pada pengisian nama pengguna serta kata sandi untuk masuk ke VPN. Kalian masukkan informasi tersebut yang telah disediakan oleh VPN tempat kalian beli.
  7. Sehabis kalian masukkan informasi tersebut kalian klik ‘Save’ lalu kalian tutup jendela settings.
  8. Kalian klik pada bagian ikon Wi-Fi yang berada pada kanan bawah taskbar setelah itu kalian pilih koneksi VPN yang telah kalian buat tadi.
  9. Setelah itu kalian tinggal klik ‘Connect’ Untuk bisa memulai menggunakan VPN kalian.

Cara Menggunakan VPN di Android Tanpa Root

cara-menggunakan-vpn-di-android

Bagi kalian yang ingin menggunakan VPN di android tanpa root kalian bisa menggunakan aplikasi VPN Private untuk bisa menggunakan vpn di android yang tidak harus mengharuskan android tersebut root.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Set Top Box Gagal Tangkap Sinyal
Cara Mengatasi Set Top Box Mati Total

Untuk cara menggunakan VPN Private caranya gampang kok berikut adalah cara menggunakan VPN di Android Tanpa root:

  1. Pertama kalian pergi ke Playstore untuk Download atau Install aplikasi VPN Private.
  2. Jika kalian sudah Download atau Install aplikasi VPN Private. Kalian tinggal buka aplikasi VPN Private tersebut.
  3. Nanti akan muncul tampilan pada VPN Private tersebut.
  4. Setelah itu kalian pilih jaringan negara mana yang akan kalian gunakan. Contohnya kalian ingin menggunakan jaringan United Kingdom kalian tap pada bagian United Kingdom setelah itu kalian tap ‘Connect’.
  5. Silahkan kalian tunggu beberapa sampai jaringan kalian terhubung dengan jaringan vpn tersebut.

Cara Menggunakan VPN di iPhone

cara-menggunakan-vpn-di-iPhone

Tidak hanya computer atau android saja, pada iphone juga bisa utnuk menggunakan VPN dengan sangat mudah. Kalian bisa menggunakan aplikasi turbo vpn untuk bisa menggunakan vpn pada perangkat iPhone kalina.

Baca Juga:
Cara Pasang Set Top Box
Apa itu FUP

Cara untuk menggunakannya sangatlah gampang, berikut adalah cara menggunakan VPN di iPhone dengan sangat mudah:

  1. Kalian install atau Download terlebih dahulu aplikasi Turbo VPN pada App Store di iPhone kesayangan kalian.
  2. Setelah kalian sudah menginstall atau download aplikasi Trubo VPN kalian bisa membuka aplikasi Turbo VPN tersebut.
  3. Nanti kalian akan dimintai akses Touch ID untuk bisa terhubung dengan VPN tersebut.
  4. Setelah itu kalian Tap ‘Allow’ selanjutnya kalian masukkan Touch ID kalian.
  5. Nanti Alikasi Turbo VPN akan tersambung secara otoamtis dengan negara yang kalian pilih.
  6. Silahkan kalian tunggu beberapa saat setelah itu jaringan kalian akan terhubung pada aplikasi Turbo VPN tersebut yang ditunjukkan pada notification bar iPhone kalian.

Aplikasi VPN Terbaik

Perlu kalian ketahui banyak sekali aplikasi VPN yang ada di google play store ataupun di App Store. Untuk itu kalian harus tahu apa saja aplikasi VPN terbaik untuk bisa menggunakan vpn di komputer dan hp kalian.

Baca Juga:
Jenis Iklan Online
Cara Mengecek Bandwidth Indihome

Berikut ini adalah beberapa aplikasi VPN gratis terbaik menurut kiraky:

  • Turbo VPN
  • Super VPN Free VPN Client
  • Tunnelbear VPN
  • Expres VPN
  • Thunder VPN
  • VPN Master

Itulah beberapa aplikasi VPN terbaik versi kiraky, ada beberapa aplikasi secara gratis akan tetapi service nya terbatas. Bila kalian ingin service nya tidak terbatas kalian bisa membayar dengan harga yang relative terjangkau oleh kalian.

Manfaat Menggunakan VPN

manfaat-menggunakan-vpn

Selain kita bisa menggunakan VPN untuk bisa membuka blockiran kita juga bisa mendapatkan beberapa manfaat menggunakan VPN untuk berbagai hal serperti:

1. Bisa Memberikan Privasi Informasi Pribadi

Tahukah kalian bahwa hampir semua layanan internet atau internet service provider biasa di sebut ISP ini bisa sekali menyimpan catatan pada riwayat penelurusan situs atau biasa di sebut sebagai cache.

Baca Juga:
Cara Menghilangkan FUP Smartfren Unlimited
Cara Mengecilkan File Word

Maka dari itu bila kalian ini mementingkan privasi kalian bisa untuk menggunakan VPN tersebut untuk menjaga privasi kalian. Pada VPN sendiri bisa utnuk melindungi jejak dari akun serta data sensitif kalian sehingga kalian tidak bisa dilack oleh pihak Internet Service Provide atau ISP tersebut.

2. Tingkat Keamanan Data

Bila kalian menggunakan koneksi Wi-Fi di rumah kalian atau di luar rumah, kalian bisa saja memberikan peluang hacker utnuk bisa meretas kalian. Tidak hanya itu data pribadi kalian juga bisa diambil oleh hacker tersebut.

Baca Juga:
Cara Mencari Hp yang Hilang
Cara Mencari Group di Telegram

Tapi kalian tidak perlu khawatir jika kalian saat ini menggunakan VPN dikarenakan sistem pada VPN akan mengenkripsi data serta mencegah hacker tersebut untuk bisa mengambil data pribadi kalian.

3. Bisa Akses Layanan yang Diblokir

Jika kalian suka sekali menonton di Netflix kalian pasti tidak bisa membuka Netflix dikarenakan Netflix sendiri telah diblokir oleh beberapa internet service provider atau ISP tertentu.

Maka dari itu jika kalian menggunakan VPN kalian bisa mengakses layanan yang telah diblokir tersebut contoh nya seperti Netflix. VPN akan memberikan kalian jalan yang aman untuk bisa mengkases Netflix tersebut dimanapun serta kapan pun.

Terima kasih sudah membaca artikel ‘Cara Menggunakan VPN di Komputer dan HP’ Jika artikel tersebut bermanfaat kalian bisa untuk mengshare ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian tahu cara menggunakan VPN di komputer dan HP

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.