Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Optimasi SEO On Page Untuk Pemula

Daftar Isi [Buka]

Optimasi mesin pencari atau biasa disebut dengan SEO adalah sebuah proses untuk mengoptimalkan sebuah halaman website untuk bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik pada mesin pencari contohnya google, bing, yahoo dan sebagainnya, maka dari itu kalian harus tau cara optimasi seo on page.

Pada seo sendiri juga dapat mengcakup berbagai macam teknik seperti menulis konten yang beresonansi dengan audiens sehingga bisa memastikan website kalian dapat diakses oleh audiens mana pun pada perangkat apapun yang mereka miliki.

Cara Optimasi SEO On Page

Cara Optimasi SEO On Page

pada aritkel ini kita akan membahas tentang apa saja yang terlibat pada seo on page yang dapat mempengaruhi peringkat konten kalian pada mesin pencari (SERP).

1. Mengoptimalkan Konten

Mengoptimalkan Konten

Kalian bisa untuk mengoptimalkan konten kalian dengan menggunakan long tail keyword dikarenakan biasanya keyword yang panjang akan lebih spesifik dari pada keyword yang lebih pendek pada mesin pencarian (SERP).

Sebagai contohnya misalnya audiens mengetikkan keyword "apa itu seo?" maka akan banyak sekali website yang akan menargetkan kata kunci tersebut, akan tetapi jika kalian menargetkan dengan long tail keyword dengan contoh "Apa itu seo: Panduan SEO Untuk Pemula Lengkap".

Maka ada kemungkinan besar akan ada lebih sedikit situs yang bersaing menargetkan kata kunci tersebut maka dari itu kalian bisa gunakan long tail keyword untuk optimasi seo on page pada konten kalian dikarenakan akan lebih sedikit persaingan pada kata kunci tersebut.

2. Menggunakan Konten Berkualitas

Menggunakan Konten Berkualitas

Salah satu faktor SEO On Page yang sangat penting yaitu dengan tidak hanya mengisi website kalian dengan konten yang tidak berkualitas tetapi kalian bisa untuk mengisi konten yang benar-benar ingin dibaca serta dibagikan oleh para audiens.

Sehingga nantinya ketika para audiens tersebut membagikan konten kalian maka nanti calon audiens lain akan melihat konten kalian yang dibagikan oleh audiens sebelumnya.

Salah satu cara untuk bisa mengoptimasi konten kalian dengan kalian menggunakan judul yang membuat orang lain akan tetarik sehingga mereka akan mengklik konten yang sudah di bagikan oleh audiens sebelumnya.

3. Mengoptimalkan Meta Tag

Mengoptimalkan Meta Tag

Ketika kalian ingin menggunakan seo on page maka kalian harus memastikan juga bahwa meta tag yang ada pada website kalian mudah untuk dipahami oleh bot mesin pencari.

Dengan cara kalian menggunakan meta tag yang tepat serta template yang bersih dan cepat agar mesin pencari dapat mengetahui tentang konten kalian sebagai berikut ini:

  • Menggunakan judul deskriptif.
  • Menggunakan alt image untuk gambar.
  • Menggunakan deskripsi meta deksriptif.

4. Struktur Template

Struktur Template

Untuk penggunaan struktur template adalah sebuah elemen yang penting untuk seo dikarenakan template yang kalian gunakan bisa untuk meningkatkan peringkat serta bisa untuk konversi yang lebih baik.

Yang nantinya aduiens akan menemukan website kalian dengan mudah, loading cepat, enak dilihat dan dapat digunakan di perangkat selular.

5. Navigasi Web dan Struktur Tautan Internal

Navigasi Web dan Struktur Tautan Internal

Landasan optimasi mesin pencari atau seo adalah ketika kalian membuat tautan diantara halaman konten pada konten yang lain, jadi tautan internal ini akan membantu mesin pencari untuk bisa menemukan serta mengindeks konten kalian.

Jadi jika kalian mengugnakan navigasi web yang baik dan tautan internal maka dapat mempermudah bot mesin pencari untuk dapat menemukan konten serta bisa mengindeks konten kalian dengan cepat.

Jika sekarang ini sedang belajar seo maka kalian bisa untuk memulai dengan navigasi situs yang baik sebelum kalian menulis konten pada website kalian sehingga nantinya bot pada mesin pencari bisa menemukan konten kalian dan tidak sulit untuk di indeks.

6. Markup Schema

Markup Schema

kode markup schema adalah cara untuk bisa menambahkan data yang terstruktur pada website kalian sehingga data yang terstruktur tersebut bisa membantu bot mesin pencari untuk bisa memahami isi konten pada website kalian sehingga bisa membantu SEO, RKT, dan sebagainya. Kalian bisa untuk mengecek markup schema dengan schema markup testing tools dari google.

7. Meta Deskripsi yang Komprehensif

Meta Deskripsi yang Komprehensif

Meta deskripsi adalah sebuah cuplikan teks yang nantinya akan muncul pada mesin pencari serta tempat yang baik untuk kalian bisa memasukan beberapa keyword untuk konten kalian.

Untuk panjang meta deskripsi sendiri antara 100 sampai 160 karakter dan setiap halaman harus memiliki meta deskripsi yang unik agar mesin pencari tidak beranggapan konten kalian duplikat dari halaman lain.

8. Penggunaan Tag Heading yang Tepat

Penggunaan Tag Heading yang Tepat

tag heading adalah sebuah tag seperti h1, h2, h3, h4 dan seterusnya dengan kata-kata yang terpenting pada konten halam website kalian.

kalian harus menggunakan tag heading tersebut secara tepat sebagai contohnya jika kalian akan menggunakan tag h1 maka kalian harus membuat 1 tag heading per halaman jangan menggunakan 2 tag h1.

Misalnya kalian akan menggunakan satu tag h1 pada halaman konten "Cara Menaikkan Peringkat Website" maka kalian akan memberitahu mesin pencari serta audiens tentang judul dari konten tersebut.

9. Optimasi Gambar

Optimasi Gambar

Kalian bisa mengoptimasi gambar dengan menggunakan alt tag untuk mengoptimasi gambar kalian serta bisa memberikan nama gambar secara akurat sehingga akan memiliki efek dramatis pada saat diindeks oleh mesin pencari.

Dengan kalian memberikan nama gambar kalian berdasarkan isi dari gambar tersebut dan jangan memberikan nama image1, image2, image3, dll, jadi kalian bisa memberikan nama pada gambar tersebut seperti cara_optimasi_seo.jpg.

Kalian juga bisa untuk menambahkan keywords yang relevan pada gambar tersebut kalian bisa memasukkan nya pada alt image untuk memasukan keywords tersebut.

Menjaga gambar tetap teratur agar nantinya gambar tersebut disimpan pada satu folder di server kalian dan catat folder tersebut untuk skema pengindeksan yang akan kalian gunakan sebagi contoh: gambar/belajar/seo_untuk_pemula.jpg.

Untuk cara mengoptimasi seo on page kalian bisa untuk mengoptimalkan konten serta struktur pada website kalian dikarenakan hal tersebut penting dalam teknik seo, sehingga nantinya mesin pencari seperti google dapat mengindeks halaman website kalian dan memberikan peringkat terbaik.

Dengan kalian mengoptimasi seo on page dengan tepat maka kalian juga bisa untuk menaikkan peringkat website kalian di mesin pencari sehingga bot mesin pencari bisa mengenali halaman website serta mengindeks halaman tersebut.

Terima kasih sudah membaca artikel cara optimasi seo on page, jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian juga tau teknik seo on page