Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikkan Peringkat Website di Google

 Kalian mungkin pertama kali yang dipikirkan ketika mendengar istilah SEO, mungkin keyword adalah hal yang pertama kali sebagian orang psati berfikir ketika membicarakan tentang SEO.

Pada kebanyakan pemilik bisnis pasti selalu fokus pada keyword saja untuk strategi SEO mereka, akan tetapi jika kalian melakukan hal yang sama dan belum juga mendapatkan hasil yang memuaskan.

mungkin kalian harus mencari faktor signifikan lainnya yang dapat berpengaruh terhdap ranking website atau blog kalian pada hasil pencarian.

Perlu kalian ketahui pada alogaritma di masin pencarian tidak hanya dipengaruhi oleh keyword saja, ada banyak sekali faktor yang berpengaruh terhadap peringkat website atau blog kalian pada masin pencarian.

Contohnya seperti berapa lama waktu yang akan dihabiskan pengunjung pada website atau blog kalian, broken links, jumlah views, bounce rate, serta kualitas inbound dan outbound link pada website atau blog kalian. Untuk faktor-faktornya kalian bisa baca pada artikel apa itu seo?

Pada artikel sekarang ini kita akan membahas berbagai aspek pada website usability yang akan mempengaruhi ranking website serta apa hubungan diantara SEO dan website usability.

Website Usability

Sebelum kita mulai, kita kenalan dulu apa itu website usability? website usability adalah suatu penggabungan dari berbagai elemen website yang dapat berhubungan dengan conversion. Berikut adalah beberapa elemen website usability:

  • Efektivitas: Pada efektivitas ini pengunjung apakah bisa langsung mendapatkan informasi yang akan mereka butuhkan ketika mereka mengunjungi website atau blog kalian? contohnya seperti, apakah mereka bisa untuk menghubungi customer care atau bisa membeli produk yang akan mereka inginkan dalam waktu kurang dari 7 detik?
  • Efisiensi: Pada efisiensi adalah tambahan dari efektivitas yang berapa lama nanti nya konsumen butuhkan utnuk bisa menyelesaikan aktivitas mereka contohnya seperti membeli produk di website kalian? Jika pada website kalian tidak dapat memungkinkan konsumen untuk bisa membeli produk kalian dalam waktu singkat, maka mungkin konsumen tersebut akan cepat meninggalkan website kalian.
  • Memorabilitas: Pada memoribilitas apakah nanti pengunjung akan bisa menemukan kembali website kalian utnuk keyword yang sama? atau biasa di sebut return traffic yang merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam penilaian pada alogaritma Google serta berpengaruh terhadap SEO website kalian.

Salah satu cara yang kalian bisa lakukan untuk membuat pengunjung dapat mengingat website kalian adalah dengan kalian menggunakan domain ekstensi baru contohnya seperti: .fun,.space,.store pada domain-domain tersebut nantinya akan membantu kalian utnuk membuat nama domain yang singkat serta unik sehingga nanti akan mudah diingat oleh pengunjung pada website kalian.

Contohnya kalian akan membuat domain jualbajumurahbanget.com nanti kalian bisa membuat domain contohnya jual.store. yang nanti nya kalian akan bisa menambahkan bajumurah setelah nama domain tersebut contohnya: jual.store/bajumurah. pada nama domain seperti ini akan lebih sangat diingat serta akan meningkatkan kemungkinan adanya return traffic.

Baca Juga:
Jenis Iklan Online
Cara Memasang SEOQuake

Jika kalian masih bingung kalian bisa untuk membaca penelitian tentang ekstensi domain baru (https://newdomains.online/seo/) yang berguna tentang hubungan antara ekstensi domain baru dan SEO serta pengaruhnya pada SEO website kalian.

Error Prevention: Jika website kalian banyak sekali error maka akan berpengaruh terhadap pengalaman pengunjung dan ranking SEO website kalian. Contohnya ada nya 404 Page Not Found, Link Kadaluwarsa, atau link eksternal yang mengarahkan ke halaman yang tidak sesuai.

Banyak sekali bisnis selalu mencari cara agar cepat untuk bisa meningkatkan peringkat website mereka pada hasil pencarian. Nah dengan kalian membangun SEO untuk bisnis maka kalian secara tidak langsung kalian menginvestasi jangka panjang. Perlu kalian ketahui pada bisnis jangka panjang tidak ada jalan pintas!!

Pada SEO adalah sebuah proses panjang jika suatu saat ada orang yang menjanjikan kalian akan mendapatkan hasil cepat dari SEO maka itu harus dipertanyakan kebenarannya.

Baca Juga:
9 Hambatan Untuk Kesuksesan SEO
Cara Download Video Youtube

Terus berapa lama waktu untuk bisa mendapatkan ranking dihalaman pertama mesin pencarian seperti Google? untuk jawaban pertanyaan ini adalah tidak pasti, kalian harus membutuhkan proses yang panjang serta waktu yang lama akan tetapi bisa juga dalam waktu yang singkat.

Mungkin kalian pada saat ini berfikir "Jawabannya tidak masuk akal". Akan tetapi pada kenyataannya terdapat banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi ranking website dan setiap kasus pastinya akan berbeda penangannya. Berikut adalah cara menaikkan website di Google.

Cara Menaikkan Peringkat Website di Google

Cara-Menaikkan-Peringkat-Website-di-Google

1. Optimasi Website Versi Mobile

Hal yang pertama kali untuk bisa menaikkan peringkat website di google adalah dengan kalian menerapkan indeks mobile pada pertama kali. kalian bisa untuk menguji Mobile Friendly Test pada website kalian.

Kalian harus pertahikan website mobile friendly dikarenakan untuk bisa menghindari turunnya ranking website kalian pada hasil pencarian di smartphone.

Baca Juga:
Cara Screenshot di Laptop
Cara Menghilangkan Iklan di Hp Samsung

Yang nantinya akan memudahkan pengujung untuk bisa mengunjungi website kalian di smartphone tanpa menggangu kegiatan pengunjung tersebut.

2. Lakukan SEO Audit

SEO-Audit

Perlu kalian ketahui pada struktur informasi dan website kalian bisa saja menggagalkan strategi SEO kalian. Dikarenakan pada Alogaritma Google tidak menyukai website-website yang memiliki navigasi yang rumit. Untuk mencegah ini kalian bisa membuat navigasi semudah mungkin untuk pengunjung website kalian.

3. Perbaiki Waktu Loading

menaikkan-speed-website

Untuk cara menaikkan peringkat website di google kalian bisa untuk monitor kecepatan website kalian baik itu menggunakan dekstop ataupun mobile. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk bisa meningkatkan kecepatan loading:

  1. Ukuran File gambar: Sebelum kalian mengupload gambar untuk artikel kalian, kalian bisa untuk menggunakan tools seperti tinypng atau kraken.io untuk bisa mengecilkan ukuran gambar pada artikel kalian tanpa mengurangi kualitasnya.
  2. Script: Sebelum kalian menempatkan file javascript dan css ke website kalian, kalian harus periksa terlebih dahulu file tersebut apakah kalian membutuhkannya atau tidak. Dikarenakan file tersebut bisa aja memperlambat loading website kalian. Kalian juga bisa merge beberapa script untuk bisa menjadi satu file untk bisa mempercepat website kalian.
  3. Cache Browser: Sebelum browser menampilkan sebuah halaman website pastinya browser akan memuat beberapa file. File-file cache tersebut nantinya akan disimpan secara lokal pada komputer pengunjung. Jadi setelah nanti pengunjung berpindah ke halaman lainnya, file-file cache tidak perlu dimuat lagi. Perlu kalian ketahui sebagaian besar website mengaktifkan browser caching dengan cara menambahkan kode htaccess pada hosting atau server mereka.

4. Perbaiki Link Rusak

Perbaiki-Link-Rusak

Perlu kalian ketahui untuk bisa menaikkan peringkat website di google kalian juga harus meriksa link eksternal ataupun link internal dikarenakan berpengaruh terhadapat peringkat website kalian pada mesin pencarian.

Baca Juga:
Cara Mengecek FUP Indihome
Cara Menggunakan VPN

Biasanya setiap pemilik website sering sekali mengabaikan link-link rusak tersebut. Padahal link-link rusak itu bisa mempengaruhi pengalaman penunjung ketika mereka mengunjungi website. Kalian bisa menggunakan Tools W3C Link checker atau brokenlink untuk bisa melihat link yang rusak yang ada pada website kalian.

5. Membuat Anchor Text yang Sesuai

Membuat-Anchor-Text-yang-Sesuai

Ya walaupun ini hal yang sepele tetapi anchoir text dapat juga berpengaruh signifikan terhadap SEO. Untuk bisa memiliki anchor text yang sesuai adalah hal krusial dalam membangun link.

Perlu kalian ketahui anchor text kalian jika sesuai dengan link yang dituju nantinya akan mendapatkan sinyal positif tentang website kalian.

Contohnya seperti: apa itu seo? yang nantinya akan menuju alamat: kiraky.com/apa-itu-seo. Anchor text serta alamat website sendiri dapat memiliki tingkat kesuaian yang tinggi jadi bagus untuk SEO.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.