Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Melihat Screen Time Samsung

Pada sekarang ini smartphone sudah menjadi bagian dari kegiatan orang-orang baik itu merupakan kegiatan primer ataupun sekunder akan tetapi hal tersebut bisa membahayakan kesehatan mata, maka dari itu bagi kalian pengguna samasung harus tau cara melihat screen time samsung untuk mengantisipasi masalah tersebut.

Sekarang ini banyak smartphone yang sering sekali digunakan penggunanya tanpa henti maka tidak heren jika masalah kesehatan pada mata kerap mengintai mereka dalam jangka waktu tertentu.

Maka dari itu jika kalian tidak ingin mendapatkan masalah kesehatan tersebut kalian bisa coba cara melihat screen time samsung dan android untuk bisa mengurangi layar hp kalian selalu aktif, jadi nantinya layar pada smartphone kalian tidak selalu on dan bisa menghemat baterai samsung agar awet.

Apa itu Screen Time?

Screen Time adalah sebuah fitur yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui durasi dari pemakaian pada smartphone kalian, pada semua smartphone khususnya samsung fitur tersebut sudah terpasang untuk mengecek dari screen time.

Bagi kalian yang suka main game biasanya fitur ini sering sekali digunakan untuk mengetahui berapa lama waktu kalian bermain game online dan fitur ini bisa menunjukkan penggunaan pada hp samsung dalam periode tertentu.

Cara melihat screen time samsung sebetulnya sangat mudah serta praktis dengan kalian mengaktifkan fitur bawaan yang bisa kalian aktifkan, bagi kalian yang belum paham kalian bisa untuk download aplikasi pihak ketiga untuk bisa menggunakannya.

Pada hp samsung yang memiliki One UI versi terbaru atau lawas kalian sudah bisa untuk mengakses fitur tersebut jadi jika kalian mempunyai hp samsung yang lama tetap bisa untuk menggunakan fitur tersebut.

Risiko Screen Time Pada Anak

Kalian harus tau pada fitur screen time ternyatab isa memberikan dampak yang buruk terhadap anak-anak sehingga kalian bisa untuk membatasi fitur tersebut ketika sedang bermain smartphone, berikut ini adalah beberapa bahaya screen time terhadap anak:

  • Sulit berempati.
  • Frustasi dan Stress.
  • Bisa menghambat kemampuan berbahasa serta bertumbuh kembang.
  • Dapat menurunkan kemampuan kognitif.
  • Bisa membuat anak lebih sulit untuk berpikir serta berkonsentrasi.

Cara Aman Screen Time pada Anak

Jika kalian saat ini sudah mempunyai anak sebaiknya kalian gunakan fitur screen time utnuk bisa menunjang mereka ketika bermain hp, kalian bisa mencoba cara aman screen time pada anak sebagai berikut ini:

Melakukan Aktivitas Menarik

Sebetulnya fitur screen time ini tidak dilarang akan tetapi kalian bisa untuk melakukan hal yang menarik dengan anak kalian dibandingkan bermain smartphone dengan cara melakukan aktivitas fisik untuk bisa menunjang dari sistem motoriknya sehingga dapat mendorong utnuk bisa lebih dekat dengan alam ataupun lingkungan sekitarnya.

Menemani Anak ketika Screen Time

Sebaiknya kalian bisa untuk menemani anak ketika sedang melakukan screen time dengan cara mengajaknya menonton video edukatif yang ada pada YouTube Kids dan memberikan beberapa pertanyaan sederhana dengan anak untuk tau sesuatu yang ingin mereka tonton.

Mengetahui Tontonan Anak

Kalian harus tau apa yang ditonton oleh anak ketika menggunakan hp samsung dan jangan sampai mereka menonton konten yang tidak sesuai dengan umurnya serta kalian bisa untuk membatasi waktu mereka ketika bermain game online untuk mencegah dari dampak yang buruk serta pola pikir dan perilaku mereka.

Cara Melihat Screen Time Samsung

Cara Melihat Screen Time Samsung

Sekarang ini banyak sekali orang ingin tau cara melihat screen time samsung untuk membatasi diri untuk tidak menggunakan smartphone secara terus menerus serta menghindari masalah kesehatan serta menghemat baterai samsung agar awet.

1. Cara Melihat Screen Time Samsung Lewat Device Care

Bagi kalian yang ingin melihat screen time pada hp samsung kalian bisa menggunakan device care dengan cara berikut ini :

  • Kalian bisa buka terlebih dahulu pengaturan yang ada pada hp samsung kalian dan pilih menu pemeliharaan perangkat.
  • Setelah itu nanti hp samsung kalian akan melakukan proses pemindaian secara otomatis.
  • Nanti setelah proses pemindaian sudah selesai kana terlihat screen time dan aplikasi apa saja yang paling banyak digunakan.

2. Cara Melihat Screen Time Samsung Lewat Fitur Penggunaan Baterai

  • Buka terlebih dahulu pengaturan dan pilih menu baterai.
  • Nanti kalian tinggal ke penggunaan baterai dan fitur screen time akan otomatis ditampilkan pada layar hp kalian.

3. Cara Melihat Screen Time Samsung Lewat Widget

  • Kalian bisa untuk tap serta tahan layar home screen kalian beberapa saat dan pilih menu widget.
  • Nanti kalian tinggal tap paada menu kesehatan digital dan tinggal kalian cari desain atau icon untuk menambahkan widget tersebut ke home screen hp samsung kalian.

4. Cara Melihat Screen Time Samsung Lewat Aplikasi StayFree

  • Kalian bisa untuk download terlebih dahulu pada google play store aplikasi StayFree dan Install aplikasi tersebut.
  • Nanti tinggal kalian buka aplikasi stay free tersebut dan ikuti langkah-langkah yang ada.
  • Nanti kalian bisa untuk melihat detail-detail pada penggunaan hp kalian secara keseluruhan pada apliaksi stayfree.

Rekomendasi Aplikasi Pembatas Screen Time Terbaik

Kalian bisa untuk mengelola fitur screen time dengan menggunakan fitur bawaan pada hp samsung akan tetapi kalian juga bisa mengaturnya menggunakan beberapa aplikasi sebagai berikut ini:

1. ZenScreen

Aplikasi zenscreen berguna ketika kalian menggunakan hp samsung kalian dari pagi sampai malam hari dan bisa membatasi kalian untuk tidak menghabiskan waktu kalian menggunakan hp kalian.

2. Moment 

Kalian bisa menggunakan aplikasi moment untuk tau berapa lama waktu yang bisa kalian gunakan untuk memakai smartphone kalian serta apliaksi apa saja yagn sering kalian akses.

Tidak hanya itu aplikasi moment juga bisa memberikan pelatihan untuk kalian melakukan berbagai macam rutintitas yang lebih baik dari pada menggunakan smartphone setiap saat.

3. Space

Kalian bsia menggunakan apliaksi ini untuk bisa mengelola smartphone kalian dengan baik serta aplikasi ini juga bisa melihat pencapaian kalian dan bisa memperoleh penghargaan dari aplikasi tersebut.

Terima kasih sudah membaca artikel cara melihat screen time samsung, jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian tau cara melihat detail penggunaan data per apliaksi.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.