Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Menghemat Baterai Samsung Agar Awet

Cara menghemat baterai samsung agar awet dan tahan lama bagi kalian pasti suka sering kesal dikarenakan baterai pada hp samsung kalian yang cepat habis apa lagi jika kapasitas baterai kalian hanya 3.000 mAh.

Pastinya saat kalian sedang berpergian atau kalian sedang aktifitas di luar rumah suka sekali kehabisan baterai pada hp samsung kalian, sehingga kalian harus mengcharger hp kalian untuk mengisi kembali baterai di hp kalian.

Kalian juga bisa untuk menggunakan powerbank untuk mengisi baterai pada smartphone kalian, akan tetapi jika kalian sering memakai powerbank maka kemampuan pada baterai kalian bisa melemah atau menurun.

Dikarenakan pada powerbank sendiri arus listirk yang dikeluarkan tidak stabil sehingga bisa menyebabkan baterai di hp samsung kalian akan melemah atau menurun sehingga kalian akan cepat kehabisan baterai.

Cara Menghemat Baterai Samsung Agar Awet

Cara Menghemat Baterai Samsung Agar Awet

Terus bagaimana cara untuk menghemai baterai hp samsung? kalian bisa simak artikel dibawah ini agar baterai hp samsung tidak cepat habis atau boros.

1. Mengaktifkan Penghemat Baterai Ultra

Mengaktifkan Penghemat Baterai Ultra

Kalian bisa untuk mengaktifkan penghemat daya baterai ultra untuk menghemat pemakian baterai pada hp samsung kalian, jika kalian mengaktifkan mode ini maka nantinya layar pada smartphone samsung kalian akan menjadi greyscale.

Jadi nantinya penggunaan data pada hp kalian akan dipotong pada saat ada notifikasi yang masuk serta fitur bluethooth akan dimatikan untuk menghemat baterai hp samsung.

2. Mengatur Screen Timeout

Mengatur Screen Timeout

Pada saat kalian sering sekali menyalakan layar hp kalian maka akan membuat daya baterai kalian akan berkurang dengan cepat, maka dari itu kalian harus mengatur screen timeout agar baterai hp samsung kalian tidak cepat habis.

Baca Juga:
Cara Melihat RAM HP Samsung Semua Tipe

Perlu kalian ketahui screen timeout adalah sebuah fitur yang bisa mematikan lampur layar hp kalian secara otomatis yang bisa membuat layar kalian akan mati serta terkunci secara otomatis untuk waktu yang sudah kalian tentukan.

Untuk cara menghemat baterai samsung dengan menggunakan screen timeout sebagai beirkut ini:

  • Kalian bisa masuk ke menu settings dan cari menu Display.
  • Setelah itu kalian bisa memilih screen timeout yang akan kalian atur.
  • Biasanya waktu untuk mengatur screen time out sekitar 15 atau 30 detik.

3. Kurangi Penggunaan Warna Putih Pada Layar

Kurangi Penggunaan Warna Putih Pada Layar

Jika hp samsung kalian mengugnakan super amoled maka kalian bisa untuk mengatur penggunaan wallpaper yang tidak banyak warna putih atau cerah.

Dikarenakan jika kalian menggunakan wallpaper dengan banyak warna putih atau cerah maka penggunaan dari daya baterai hp kalian akan meningkat.

Jadi kalian bisa menggunakan wallpaper warna gelap seperti hitam, navy dan sebagainya agar baterai hp kalian tidak boros.

4. Mematikan Konektivitas Jika Tidak Diperlukan

Mematikan Konektivitas Jika Tidak Diperlukan

Pada hp yang banyak sekali konektivitas yang aktif maka daya baterai hp samsung kalian akan banyak terkuras dengan sangat cepat.

Maka dari itu kalian bisa untuk mematikan konektivitas yang tidak kalian perlukan seperti bluetooth, gps, nfc, wifi dan sebagainya untuk menghemat baterai samsung kalian.

5. Matikan Koneksi Data dan Hidupkan WiFi

Matikan Koneksi Data dan Hidupkan WiFi

Untuk menghemat baterai kalian bisa untuk menggunakan WiFi dan mematikan koneksi data ketika kalian menggunakan WiFi agar baterai samsung kalian lebih awet.

Dikarenakan pada saat kalian menggunakan koneksi data tidak stabil maka smartphone kalian akan terus mencari sinyal agar signal tersebut terisi penuh.

Jadi jika kalian sedang berada pada tempat yang terdapat WiFi lebih baik kalian menggunakan WiFi tersebut dari pada menggunakan koneksi data untuk bisa menghemat daya baterai kalian.

6. Mengaktifkan Fitur Power Saving Mode

Mengaktifkan Fitur Power Saving Mode

Pada handphone samsung terdapta fitur power saving mode untuk menghemat daya baterai handphone samsung kalian agar dapat meminimalisir dari penggunaan CPU.

Ketika kalian mengaktifkan fitur power saving mode maka fitur tersebut akan menurunkan frame rate, mengurangi waktu timeout layar, dapat mengurangi kecerahan layar serta bisa mematikan lampu pada tombol sentuh.

7. Mengurangi Kecerahan Layar

Mengurangi Kecerahan Layar

Kalian bisa untuk mengurangi kecerahan layar di hp samsung kalian agar bisa menghemat baterai samsung agar awet, dikarenakan jika layar hp kalian sangat cerah maka bisa membuat baterai cepat habis.

Maka dari itu kalian bsia untuk mengurangi cahaya atau brightness pada layar handphone samsung kalian agar baterai awet.

8. Periksa Penggunaan Baterai

Periksa Penggunaan Baterai

Kalian bisa untuk memeriksa penggunaan baterai dengan kalian membuka fitur abnormal battery usage untuk bisa cek dari penggunaan baterai pada hp samsung kalian.

Fitur tersebut bermanfaat untuk kalian bisa melihat aplikasi yang menggunakan daya baterai secara berlebihan, dikarenakan aplikasi yang menggunakan banyak sekali daya baterai akan membuat baterai boros.

9. Hapus Aplikasi Yang Tak Berguna

Hapus Aplikasi Yang Tak Berguna

Jika memori internal pada handphone samsung kalian cukup besar maka kalian dapat untuk menginstall banyak aplikasi yang ada pada google play store.

Akan tetapi jika kalian terlalu banyak apliaksi maka bisa membuat baterai handphone kalian cepat habis, jadi lebih baik kalian uninstall apliaksi yang sudah tidak kalian gunakan agar baterai hp samsung kalian awet.

10. Matikan Aplikasi Gimmick

Matikan Aplikasi Gimmick

Pada sekarang ini banyak sekali smartphone yang sudah terdapat aplikasi gimmick contohnya hp samsung yang sudah ada fitur tambahan gestures, smart stay dan briefing.

Jadi kalian bisa untuk mematikan fitur-fitur tersebut dikarenakan jika aplikasi tersebut sering menyala maka bisa menyebabkan baterai kalian cepat habis.

11. Matikan Sinkronisasi

Matikan Sinkronisasi

Jika kalian ada akun google ataupun samsung pada hp kalian maka akan secara otomatis kalian akan menyinkronkan data ke akun tersebut.

Perlu kalian ketahui pada proses sinkronisasi maka akan berjalan secara terus menerus sehingga bisa memebuat daya baterai kalian terkuras cepat, jadi lebih baik kalian mematikan sinkronisasi akun.

12. Menggunakan Charger Original

Menggunakan Charger Original

Jika kalian saat ini menggunakan charger tidak original maka bisa menyebabkan baterai hp cepat rusak, dikarenakan charger tidak original memiliki arus daya yang tidak stabil.

Jadi untuk menghemat baterai hp samsung agar awet kalian bisa memakai charger original agar arus daya untuk baterai stabil.

13. Update Software

Update Software

Perlu kalian ketahui jika terdapat bug pada software maka bisa mengakibatkan baterai hp cepat habis, maka dari itu kalian bsia untuk update software untuk mengatasi masalah tersebut secara resmi.

14. Mengurangi Widget Pada Home Screen

Mengurangi Widget Pada Home Screen

Jika hp samsung kalian banyak sekali widget yang terdapat pada home screen yang terus berjalan maka bisa menyebabkan baterai akan cepat terkuras.

Maka dari itu cara menghemat baterai samsung agar awet kalian bisa untuk tidak memakai widget yang tidak diperlukan.

15. Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai


Kalian bisa untuk install aplikasi penghemat baterai agar baterai hp samsung kalian awet, aplikasi tersebut bermanfaat untuk menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang agar bisa mengoptimalkan performa hp kalian.

Terima kasih sudah membaca 15 cara menghemat baterai samsung agar awet dan tahan lama, jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian tau cara baterai samsung tidak boros

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.