Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menghapus Cache Di HP Samsung Semua Tipe

Cara menghapus cache di hp samsung semua tipe sampai bersih bagi kalian yang suka sekali memakai smartphone baisanya kalian akan bisa kehabisan memori dikarenakan ada nya aplikasi yang terpasang serta banyaknya file penting yang bisa disebabkan oleh cache yang menumpuk.

Masalah tersebut tentu saja akan menggangu aktivitas kalian ketika kalian berkomunikasi atau bermain media sosial maka dari itu kalian harus tau cara menghapus cache di hp samsung untuk bisa membersihkan dari data-data sampah yang ada pada hp samsung kalian.

Bagi kalian yang belum tau cara untuk hapus cache di hp samsung kalian bisa untuk simak artikel yang sudah kiraky rangkum agar kalian tau untuk mengatasi masalah cache yang menumpuk.

Apa itu Data Cache?

Sebelum kalian tau untuk menghapus cache di hp samsung kalian maka kalian harus tau apa itu data cahce, data cache adalah sebuah data yang biasanya tersimpan di hp samsung kalian ketika hp kalian sudah mendapatkan informasi dari aktifitas kalian.

Untuk lebih mudah dimengerti kalian bisa simak contoh dibawah ini tentang data cache:

  • Setiap smartphone khusus nya samsung pastinya memiliki aplikasi default chrome.
  • Ketika kalian membuka aplikasi chrome setelah itu kalian mengakses banyak situs tentunya akan memerlukan beberapa menit untuk membuka situs tersebut.
  • Pada saat kalian mengakses situs maka sistem akan menyimpan informasi yang ada pada situs tersebut.
  • Jadi ketika kalian akan mengunjungi situs tersebut lagi maka tidak akan menunggu lama lagi.
  • Maka dari itu informasi yang sudah di simpan tersebut dinamakan data cachce.

Jadi kita dapat simpulkan bahwa data cache yaitu untuk mempermudah kalian untuk mengakses sebuah situs atau aplikasi tanpa harus kalian menunggu dari loading situs atau aplikasi tersebut.

Akan tetapi jika banyak sekali membuka situs di chrome maka akan banyak juga data yang akan tersimpan dan ukuran data cache tersebut juga akan bertambah, maka dari itu kalian bisa untuk menghapus data tersebut untuk mengoptimalkan hp samsung kalian.

Cara Menghapus Cache di HP Samsung

Cara Menghapus Cache di HP Samsung

Untuk cara menghapus cache di samsung semua tipe sampai bersih tidaklah sulit dan ada banyak cara yang bisa kalian pakai contoh nya seperti kalian bisa untuk menghapus cache sistem, thumbnail, aplikasi dan sebagainnya.

Kalian bisa untuk simak dibawah ini untuk cara menghapus cache di hp samsung sampai bersih yang bisa kalian coba:

1. Menggunakan Device Care

Menggunakan Device Care

Bagi kalian yang mau menghapus cache sistem serta aplikasi maka kalian bisa untuk menggunakan device care yang dimana device care adalah sebuah fitur perawatan perangkat yang ada pada hp samsung yang bisa kalian gunakan untuk optimalisasi hp samsung kalian.

Dikarenakan hp yang optimal maka kinerja dari hp tersebut akan terjaga, untuk cara optimalisasinya kalian bisa untuk menghapus cache yang ada pada hp samsung kalian dengan menggunakan device care sebagai berikut ini:

  • Kalian bisa buka pengaturan yang ada pada hp samsung kalian.
  • Setelah itu kalian bisa untuk mencari perawatan perangakat.
  • Nanti kalian tap pada bagian memori dan akan muncul jumlah cache kalian yang sudah terpakai.
  • Setelah itu kalian bisa tap pada bagian hapus sekarang atau hps skrg.
  • Tinggal kalian tunggu dari proses tersebut dan akan ada notifikasi size cahce telah dihapus.

2. Cara Menghapus Cache Aplikasi

Cara Menghapus Cache Aplikasi

Jika kalian ingin menghapus cache aplikasi pada hp samsung kalian bisa untuk menghapusnya melalui aplikasi langsung dikarenakan jika kalian menggunakan cara pertama yaitu dengan device care maka cache pada aplkasi tersebut tidak terhapus secara keseluruhan.

Untuk cara menghapus cache aplikasi di samsung sampai bersih yang bisa kalian coba dengan mengikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini:

  • Kalian bisa untuk membuka pengaturan terlebih dahulu dan kalian bisa tap pada bagian aplikasi.
  • Nanti kalian tinggal cari aplikasi yang mau kalian hapus cachenya.
  • Jika sudah ketemu maka kalian bisa untuk tap pada bagian penyimpanan dan tinggal kalian tap pada tombol hapus memori.

3. Menghapus Cache Thumbnail

Menghapus Cache Thumbnail

Cache thumbail adalah beberapa data foto serta video yang tersimpan pada hp samsung kalian yang akan bertambah ketika banyak sekali foto atau video yang kalian simpan di hp samsung kalian.

Untuk menghapus cache thumbnail kalian bisa untuk mengikut beberapa cara dibawah ini:

  • Kalian bisa untuk membuka File Saya dan kalian tap pada bagian penyimpanan internal.
  • Setelah itu kalian cari folder DCIM.
  • Nanti kalian aktifkan terlebih dahulu lihat file tersembunyi dengan cara kalian tap pada titik tiga dipojok kanan atas dan pilih menu pengaturan.
  • Tinggal kalian tap pada bagian tampilkan file tersembunyi dan kalian kembali ke folder DCIM.
  • Nanti tinggal kalian tap pada folder .thumbnails dan kalian tap pada 1 file dan tahan nanti tinggal tap pada opsi semua.
  • Setelah itu tinggal kalian tap hapus untuk membersihkan cache thumbnail.

4. Menghapus Cache Sistem Lewat Recovery

Menghapus Cache Sistem Lewat Recovery

Kalian juga bisa untuk menghapus cache sistem lewat recovery mode di hp samsung kalian untuk menghapus semua cache yang sudah disimpan pada hp kalian seperti cache sistem dan cache aplikasi.

Untuk cara menghapus cache sistem lewat recovery kalian bisa mengikut beberapa langkah yang ada di bawah ini:

  • Hal yang pertama kali yang kalian harus lakukan yaitu dengan mematikan hp kalian terlebih dahulu.
  • Setelah itu kalian bisa tekan pada bagian power dan volume atas untuk masuk ke mode android recovery.
  • Jika kalian sudah masuk ke mode andorid recovery kalian tinggal geser kebawah dengan cara tekan tombol volume  dan kalian pilih wipe cahce partition dengan kalian tekan pada tombol power.
  • Setelah itu akan ada pesan informasi yang akan muncul dan kalian bisa pilih Yes dan pilih reboot system now untuk merestart hp samsung kalian.

5. Memakai Aplikasi Nox Cleaner

Memakai Aplikasi Nox Cleaner

Kalian juga bisa untuk menghapus cache di samsung dengan kalian memakai aplikasi pihak ketiga yaitu dengan aplikasi nox cleaner yang bisa kalian dapatkan di google play store secara gratis.

Aplikasi ini memiliki fitur untuk bisa menghapus semua cache menumpuk di android yang ada beberapa jenis data cache serta mudah untuk digunakan, untuk cara memakai aplikasi nox cleaner untuk bisa menghapus cache hp samsung kalian bisa ikuti caranya dibawah ini:

  • Kalian bisa untuk install terlebih dahulu aplikasi nox cleaner di google play store dan buka aplikasi tersebut.
  • Setelah itu tinggal kalian tap pada bagian bersihkan sampai proses dari sistem aplikasi nox selesai memindai cache yang tersimpan di hp kalian.
  • Tinggal kalian tap pada bagian bersihkan sampah dan tunggu dari proses tersebut.
  • Nanti akan muncul informasi telah dibersihkan maka cache yang ada di hp samsung kalian sudah di bersihkan.

Terima kasih sudah membaca artikel 5 Cara Menghapus Cache Di Hp Samsung Semua Tipe Sampai Bersih jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian juga tau untuk membersihkan cache di hp samsung

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.