Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Ukuran Foto di iPhone Tanpa Aplikasi

Cara melihat ukuran foto di iPhone tanpa aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk tau ukuran foto yang bisa menjadi acuan ketika kalian ingin mengedit atau mencetak foto menjadi sebuah hardcopy.

Perlu kalian ketahui pada ukuran foto ini mempengaruhi kualitas serta resolusi dan ketajaman pada foto tersebut untuk kalian edit ataupun ingin mencetak foto tersebut.

Pada iphone memang memiliki kamera yang bagus, jerni serta tajam dan pastinya kalian penasaran kenapa foto pada iphone bisa setajam itu dan apa saja detail informasi yang ada pada foto tersebut.

Akan tetapi pada iphone sendiri tidak memiliki fitur untuk melihat informasi dari foto tersebut padahal rincian informasi tersebut bisa mempermudah pengguna ketika dalam kondisi tertentu.

Maka dari itu berikut ini adalah tips cara melihat ukuran foto di iPhone tanpa menggunakan apliaksi dan menggunakan aplikasi yang bisa kalian coba.

Apa itu ukuran foto?

Ukuran foto adalah sebuah informasi berupa berapa jumlah piksel yang ada pada foto tersebut, biasanya kamera hp terdapat beberapa pilihan seperti 3MP, 6MP, 12MP sampai 108MP.

Jika angka pada MP tersebut besar maka bisa menghasilkan sebuah ukuran file foto yang besar juga.

Sebagai contoh jika kalian menggunakan iphone 10 dengan resolusi 4.032x3.024 maka nantinya ukuran pada file foto tersebut sebesar 2.1MB

Apa itu Resolusi Foto?

Rolusi foto adalah sebuah informasi yang ada pada foto tersebut dan biasanya resolusi tersebut digunakan untuk mengetahui tentang informasi dari foto atau video.

Untuk contoh resolusi foto pada umumnya sebagai berikut ini:

  • 720p: 1280 x 720
  • 1080p: 1920 x 1080
  • 1440p: 2560 x 1440,
  • 4K atau 2160p: 3840 x 2160
  • 8K atau 4320p: 7680 x 4320

Cara Melihat Ukuran Foto di iPhone Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Ukuran Foto di iPhone Tanpa Aplikasi

Kalian bisa untuk melakukan tweak tips untuk bisa melihat informasi pada foto yang akan kalian lihat dengan cara kalian bisa memindahkan foto tersebut pada file memori yang ada di iphone kalian.

Baca Juga:
Cara reset iPhone Lupa Password

Untuk langkah-langkahnya setelah kalian pindahkan foto tersebut ke memori iphone kalian bisa tap serta tahan pada foto tersebut dan nantinya akan muncul menu Info, untuk lebih jelasnya sebagai berikut ini:

  • Kalian bisa terlebih dahulu galeri iPhone kalian dan buka preview foto yang nantinya akan kalian lihat detail ukurannya.
  • Setelah itu kalian bisa tap pada bagian tombol bagikan dan nanti kalian scroll kebawah sampai ketemu tombol simpan ke file.
  • Nanti kalian tinggal pilih Di iPhone Saya dan tap tombol Simpan untuk menyimpan foto tersebut pada memori perangkat.
  • Nanti akan muncul lagi informasi ganti item yang ada kalian tinggal tap pada tombol ganti.
  • Setelah itu kalian tinggal masuk ke aplikasi file manager dan nanti akan muncul aktivitas penyimpanan terbaru.
  • Tinggal kalian tap dan tahan pada file foto tersebut dan kalian tap pada tombol info.
  • Nanti informasi dari foto tersebut akan muncul.

Cara Melihat Ukuran Foto di iPhone dengan Metadata Viewer

Selain kalian bisa melihat detail informasi foto di iphone tanpa aplikasi kalian jugab isa untuk melihatnya dengan menggunakan aplikasi metadata viewer yang bisa kalian kalian download di app store.

Untuk aplikasi metadata viewer gratis serta aplikasi ini bisa memberikan informasi foto dengan lengkap mulai dari lokasi, ukuran, exposure, dimensi, speed, dan sebagainya.

Untuk langkah-langkah menggunakan aplikasi metadata viewer untuk bisa melihat foto di iphone kalian sebagai berikut ini:

  • Kalian bisa terlebih dahulu app store dan kalian bisa cari aplikasi metadata viewer.
  • Nanti tinggal kalian download dan install aplikasi metadata viewer.
  • Setelah kalian download dan install kalian bisa buka apliaksi metadata viewer dan tap pada tombol get started.
  • Nnati akan muncul folder foto yang ada pada galeri iPhone kalian dan tinggal kalian pilih foto yang akan kalian lihat detailnya.

Cara Melihat Ukuran Foto di iPhone Lewat Photo Metadata

Melihat Ukuran Foto di iPhone dengan Photo Metadata

Selain kalian menggunakan apliaksi metadata viewer kalian juga bisa menggunakan alternatif aplikasi lain yaitu dengan menggunakan photo metadata viewer exif gps yang bisa kalian dapatkan di app store.

Aplikasi metadata viewer exif gps bisa memberikan kalian informasi secara detail pada foto seperti color model, dpi height, xresolution, lokasi, tanggal foto dibuat, ukuran foto, dan sebagainya.

Untuk langkah-langkah menggunakan aplikasi photo metadata viewer exif gps sebagai berikut ini:

  • Kalian buka terlebih dahulu app store dan cari aplikasi photo metadata viewer exif gps.
  • Setelah itu kalian install dan buka aplikasi metadata viewer exif gps.
  • Nanti kalian tinggal pilih foto yang akan kalian ingin lihat detail informasinya dan klik tombol attachment untuk melihat semua informasi yang ada pada foto tersebut.

Terima kasih sudah membaca artikel cara melihat foto di iphone tanpa menggunakan aplikasi, jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian juga tau untuk tau melihat informasi foto di iphone.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.