Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upload Produk di Shopee Lewat HP dan PC

Apakah kalian saat ini suka sekali menggunakan Shopee? dan saat ini kalian ingin sekali mencoba untuk menjadi seller di shopee? sebelum kalian ingin menjadi seller di shopee, kalian harus tahu terlebih dahulu cara upload produk di shopee.

Mungkin kalian yang masih baru menjadi seller di shopee masih bingung urutan cara upload produk di shopee yang bisa kalian gunakan untuk berjualan produk kalian di platform Shopee sampai produk kalian dipasarkan secara online.

Pada artikel ini terdapat 2 cara agar kalian bisa upload produk di shopee, dengan cara pertama memakai aplikasi Shopee dan cara kedua dengan memakai web seller shopee, berikut adalah cara untuk bisa upload produk di shopee dengan mudah.

Cara Upload Produk Di Shopee

cara upload produk di shopee lewat pc atau hp

Sebetulnya cara untuk upload produk di shopee sangatlah gampang, akan tetapi masih saja banyak seller baru yang masih bingung urutan untuk upload produk mereka ke platform shopee, tapi tenang aja kalian bisa mengikuti cara-caranya di bawah ini:

1. Membuat Akun di Shopee

Sebelum kalian mengupload produk kalian ke shopee kalian harus mempunyai akun shopee terlebih dahulu agar kalian bisa menjadi seller di platform shopee, sebelum kalian membuat akun di shopee kalian harus wajib mempunyai:

  • No HP yang masih aktif tentunya untuk verifikasi akun kalian.
  • Alamat email yang aktif untuk mendaftar dan login ke akun shopee.
  • Alamat pengiriman produk yang akan kalian gunakan untuk alamat toko kalian.
  • Kartu Tanda Penduduk untuk verifikasi akun shopee kalian.

Jika kalian sudah mempersiapkan ketentuan tersebut kalian bisa untuk membuat akun shopee di aplikasi shopee, berikut caranya:

  • Kalian harus download terlebih dahulu aplikasi shopee, bagi pengguna android kalian bisa mendownload aplikasi shopee di Google Play Store, jika kalian pengguna iOS maka kalian harus mendownload nya di AppStore.
  • Jika sudah download aplikasi shopee, kalian install aplikasi tersebut dan buka aplikasi shopee nya.
  • Nanti kalian tinggal klik register dan kalian isi form register yang tertera.
  • Jika sudah register, akun shopee kalian sudah siap untuk digunakan.

Catatan: Ini hanya untuk mendaftar akun shopee saja, jika kalian ingin membeli produk atau ingin menjual produk kalian maka kalian harus mengaktifkan ShopeePay terlebih dahulu.

Baca Juga:
Cara Tarik Saldo Gopay
Cara Upgrade Kartu Telkomsel ke 4G

Dengan cara verifikasi informasi memakai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan jangan lupa untuk mengatur alamat tujuan pengiriman produk kalian terlebih dahulu.

2. Merubah Akun Shopee Jadi Seller

cara merubah akun shopee jadi seller

Setelah kalian mempunyai akun shopee sebagai pembeli maka kalian bisa merubah shopee kalian untuk bisa menjadi seller untuk dapat menjual produk kalian di shopee, berikut ini cara untuk merubah akun shopee kalian menjadi akun seller:

  • Kalian buka terlebih dahulu aplikasi shopee di smartphone kalian.
  • Setelah itu kalian klik Menu Profile.
  • Nanti kalian tinggal pilih Mulai Jual. Untuk proses daftar shopee seller gratis dan tidak dipungut biaya apapun.
  • Jika sudah kalian tinggal klik Mulai Pendaftaran.
  • Nanti kalian akan diminta untuk memasukkan Nama Toko, Alamat dan Jasa Pengiriman, Email dan juga Nomor Telepon kalian setelah itu nanti tinggal klik Lanjut.
  • Setelah kalian sudah mengisi form pendaftaran seller shopee, kalian nanti akan di minta untuk Upload Produk pertama kali, jika sudah upload produk kalian silahkan kalian klik Selesaikan.
  • Jika kalian belum mempunyai produk pertama kalian, kalian bisa untuk mengabaikan upload produk pertama kalian lalu klik Kirim.
  • Kalian tinggal tunggu hingga pihak shopee menyetujui status akun shopee kalian menjadi akun seller.
  • Jika sudah nanti akun shopee kalian akan menjadi Shopee Seller dan kalian bisa gunakan untuk berjualan di shopee.

3. Membuat Akun ShopeePay

Shopee sendiri menyadiakan pembayaran melalui bank, minimarket, cod dan juga ShopeePay. Perlu kita ketahui fitur yang ada di ShopeePay sangat memudahkan kalian untuk melakukan proses transaksi jual beli yang sangat mudah.


ShopeePay adalah sebuah e-wallet resmi yang dimiliki oleh shopee yang dapat memudahkan kalian bertransaksi di shopee dengan aman dan cepat, untuk mengaktifkan ShopeePay berikut caranya:
  1. Kalian harus buka terlebih dahulu aplikasi shopee yang ada dismartphone kalian terlebih dahulu.
  2. Setelah itu kalian pilih menu ShopeePay. Nanti kalian tinggal klik Saya Setuju yang ada pada menu Syarat dan Ketentuan.
  3. Nanti kalian tinggal masukkan nomor verifikasi yang akan dikirimkan oleh shopee melalui SMS ke nomor yang ada di akun Shopee kalian.
  4. Setelah memasukkan nomor verifikasi, kalian akan di minta untuk mengatur PIN ShopeePay kalian yang akan kalian gunakan nanti.
  5. Maka ShopeePay kalian siap untuk digunakan.
Jadi kalian sudah membuat akun shopee dan status akun shopee kalian sudah seller dan juga kalian sudah mengaktifkan ShopeePay, berikut ini cara agar kalia nbisa mengupload produk pada Shopee Seller kalian:

Cara Upload Produk di Shopee Lewat PC

cara upload produk di shopee lewat pc


Jika kalian menggunakan PC atau komputer kalian bisa upload produk di akun shopee seller kalian dengan sangat mudah, berikut adalah caranya:
  1. Kalian buka dulu web seller.shopee.co.id pada browser kesayangan kalian.
  2. Setelah terbuka, kalian login menggunakan akun shopee seller kalian.
  3. Kalian tinggal ke menu Tambahkan Produk Baru yang ada pada sebelah kiri layar PC kalian.
  4. Nanti kalian akan diminta mengisi nama produk, dan kategori produk yang akan kalian jual, nanti kalian tinggal klik Lanjut.
  5. Setelah itu akan tampil halaman yang meminta kalian untuk memasukkan deksripsi produk, artibut produk, harga produk, stok produk, merek produk, variasi produk, dimensi produk, ongkos kirim, dan foto produk kalian juga bisa untuk menambahkan video produk yang akan kalian jual.
  6. Nanti kalian akan diminta untuk mengisi Jasa Ekspedisi yang akan kalian gunakan untuk mengirim produk kalian, lebih baik kalian memilih 3 jasa ekspedisi yang berbeda agar nanti nya memudahkan pembeli untuk memilih jasa ekspedis yang disukai pembeli.
  7. Setelah kalian melengkapi informasi produk kalian maka kalian tinggal klik Simpan dan Tampilkan.
  8. Nanti nya produk kalian akan terupload dan akan ditampilkan pada akun shopee kalian.

Cara Upload Produk di Shopee Lewat HP

cara upload produk di shopee lewat hp

Tidak hanya melalui PC saja, kalian juga bisa upload produk shopee kalian melalui aplikasi shopee sendiri menggunakan smartphone kesayangan kalian, berikut cara untuk mengupload produk shopee melalui aplikasi shopee:
  1. Kalian buka terlebih dahulu aplikasi shopee yang sudah kalian install di smartphone kalian.
  2. Setelah itu kalian login pakai akun yang sudah menjadi akun seller shopee, nanti kalian tinggal klik menu profile.
  3. Nanti akan ada Toko Saya yang berada pada pojok kiri atas.
  4. Setelah itu kalian dapat menambahkan produk baru dengan klik Tambah Produk Baru.
  5. Kalian tinggal klik Tambah Foto untuk menambahkan foto pada produk yang akan kalian jual.
  6. Klik Ambil Foto untuk menambahkan foto produk kalian secara langsung atau klik Galeri Foto untuk menambahkan foto produk kalian melalui galeri yang ada di smartphone kalian.
  7. Bisa juga menggunakan Instagram untuk menambahkan produk kalian dari Instagram.
  8. Setelah itu kalian akan diminta untuk memasukkan Deskripsi Produk yang akan kalian jual di Shopee.
  9. Nanti kalian juga harus memilih Kategori apa yang produk kalian jual.
  10. Jika produk kalian berbahaya kalian bisa pilih Iya jika produk kalian tidak berhaya kalian bisa pilih Tidak.
  11. Setelah itu kalian akan di minta memasukkan Merek Produk yang akan kalian jual dan kalian tinggal klik Simpan.
  12. Nanti kalian akan di Indentifikasi Masa Penyimpanan Produk, Tipe Paket, Berat Produk, dan Masa Garansi.
  13. Jangan lupa untuk mengisi Jumlah Produk yang akan kalian jual dan Harga Produk yang akan kalian jual di shopee.
  14. Setelah itu kalian tentukan Ongkos Kirim produk kalian kepada pembeli, untuk dapat menentukan ongkos kirim kalian bisa untuk memasukkan Berat Produk setelah itu kalian bisa tentukan Lebar, Panjang dan Tinggi Produk Kalian.
  15. Jika semua data produk kalian sudah benar kalian tinggal klik Simpan.
  16. Nanti kalian akan di minta milih Kondisi Produk kalian Baru atau Bekas. Setelah itu kalian klik Tampilkan, maka produk kalian sudah terupload di akun shopee seller kalian.
Terima kasih sudah membaca artikel "Cara Upload Produk di Shopee Lewat PC dan HP" Jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian siapa tahu teman-teman kalian bingung cara upload produk di shopee seller mereka.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.