Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Binis Game Online Di Indonesia: Ide Dan Tips Cara Memulainya

Perlu kalian ketahui pada saat ini bisnis yang bisa kalian jalankan jika kalian berdasarkan hobi kalian untuk bisa mendapatkan penghasilan untuk saat ini adalah bisnis game online.

Pada saat sekarang ini banyak sekali bisnis game yang sedang booming dikarenakan ada nya banyak skeali dukungan serta pertumbuhan dari industri game sendiri yang makin populer.

Dari kalangan anak muda hingga yang sudah dewasa, jadi tidak salahnya untuk mencoba bisnis yang cocok pada hobi kalian yaitu memulai bisnis game online.

Untuk cara bisnis game online ini sangatlah memberikan pengaruh terhadap binis yang akan kalian pilih tersebut yang bisa berjalan dengan sangat baik serta berhasil.

Jadi jika kalian ingin menjalankan bisnis game online maka kalian harus membaca habis pada artikel ini yang dimana nanti nya kalian akan mengetahui apa saja yang akan kalian persiapkan sebelum kalian akan menjalani bisnis game online serta juga kalian akan mengetahui apa alasan kenapa harus memilih bisnis game online sebagai peluang serta potensi dari bisnis tersebut.

Tidak hanya itu pada artikel ini juga akan memberikan ide dan tips untuk menjalankan bisnis game online yang pastinya kalian harus tahu.

Beberapa Hal yang Harus Kalian Persiapkan Untuk Bisnis Game Online

Binis Game Online Di Indonesia

Pada saat kalian akan menjalankan bisnis pasti kalian akan mempertanyakan apa saja yang akan dibutuhkan untuk memulai bisnis tersebut sebelum kalian untuk terjun memulai bisnis apapun itu.

Dengan kalian tahu apa saja hal yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu maka kalian akan siap untuk memulai bisnis tersebut, maka dari itu berikut ini adalah hal-hal yang perlu kalian persiapkan untuk bisnis game online untuk pemulai sebelum kalian mendapatkan keuntungan bisnis game online: 

1. Memilih Tempat Untuk Bisnis Game Online

Memilih Tempat Untuk Bisnis Game Online

Hal yang pertama yang perlu kalian persiapkan untuk memulai bisnis game online adalah memilih serta menyiapkan tempat bisnis game online yang akan kalian jalankan.

Untuk hal yang akan kalian dalam memilih tempat untuk bisnis game online adalah dengan kalian mencari lokasi atau tempat yang strategis serta juga tepat untuk membuka bisnis tersebut.

Kalian juga jangan lupa untuk mempertimbangkan apakah tempat bisnis game online kalian itu ramai , aman dan juga pastinya nyaman untuk ditempati oleh pelanggan kalian nantinya.

Untuk tempat bisnis game online cocok untuk pemula untuk menjalankan bisnis tersebut dengan cara kalian memilih tempat yang dekat dengan target pelanggan kalian contohnya saja seperti kampus atau sekolah.

Baca Juga:
Cara Upload Produk di Shopee
Cara Tarik Saldo Gopay

Dikarenakan sebagian dari mereka pastinya akan memerlukan akses internet untuk bsia mengerjakan tugas-tugas dari dosen atau guru mereka, perlu kalian ketahui pada saat ini banyak sekali tugas-tugas yang dilakukan secara online.

Maka tidak salahnya jika kalian membuka bisnis ini ditempat-tempat seperti sekolah ataupun kampus yang nantinya bisa membantu mereka untuk mengerjakan tugas online mereka.

2. Mendesain Tempat Bisnis Game Online

mendesain tempat bisnis game online

Setelah kalian mendapatkan tempat yang strategis maka kalian perlu untuk mendesain tempat bisnis game online kalian senyaman mungkin untuk bisa dinimakti oleh pelanggan nantinya.

Perlu kalian perhatikan juga untuk desain bisnis game online kalian harus memperhatikan tata ruang untuk peletakan tiap bilik komputer yang akan digunakan oleh pelanggan tentunya.

Baca Juga:
Cara Upgrade Kartu telkomsel ke 4G
Cara Mengirim Tugas di Google Classroom

Bisa itu mendesain dari memasang pembatas untuk komputer agar bisa memberikan privasi kepada pelanggan kalian dan memasang kipas angin atau ac pada setiap titik yang tepat agar para pelanggan kalian nyaman dan tidak kepanasan.

3. Instalasi Listrik

instalasi listrik

Selain kalian mempertimbangkan desain untuk tempat bisnis game online kalian, kalian juga harus mempertimbangkan instalasi listrik pada setiap bilik nantinya yang sudah kalian desain sebelumnya.

Yang nanti nya pada setiap bilik tersebut memiliki arus listrik yang bisa digunakan oleh pelanggan untuk bisa menyalakan komputernya.

Baca Juga:
Cara Membuat Tanda Tangan di Microsoft Word
Cara Download Video Youtube

Hal yang harus kalian pertimbangkan untuk menginstalasi listrik yaitu jangan sampai ada korseleting atau kekurangan listrik pada saat nanti pelanggan beraktivitas menggunakan komputer.

Kalian bisa menggunakan jasa PLN untuk bisa membantu kalian menginstalasi serta juga penambahan daya jika listrik kalian kekurangan daya agar tidak turun MCB nya. 

4. Menginstalasi Jaringan Networking

menginstalasi jaringan networking

Tidak hanya menginstalasi listrik saja kalian juga harus install jaringan network suapa nantinya bisnis game online kalian akan terlaksana dengan baik.

Untuk menginstall jaringan networking pemula maka kalian harus mempertimbangkan untuk mencari jasa internet yang cocok untuk nantinya digunakan oleh pelanggan kalian pada saat browsing di internet dan jangan lupa juga kalian juga harus memperhatikan speed internet yang cepat.

Baca Juga:
Apa itu SEO
Cara Screenshot di Laptop

Jadi kalian harus mencari provider internet yang stabil dan juga lancar serta kapasitas bandwith nya besar, perlu kalian ketahui pada networking bisnis game online bisa berjalan dengan bisa jika kalian menggunakan model ADSL dan juga jenis jaringan LAN yang menggunakan JACK RJ-45.

5. Merakit Komputer

Setelah kalian sudah memilih provider jaringan untuk bisnis game online kalian maka kalian harus juga merakit komputer yang akan digunakan oleh pelanggan natniyna.

Pada saat merakit komputer untuk pelanggan kalian juga harus perhatikan spesifikasi apa saja yang sesuai dengan penggunaannya serta juga install software-software untuk komputer pelanggan nantinya.

Baca Juga:
Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung
Cara Mengecek FUP Indihome

Setelah itu kalian bisa install game-game yang biasa di mainkan oleh pelanggan agar nantinya bisnis kalian bisa berhasil dijalankan.

Mengapa Memilih Bisnis Game Online di Indonesia?

Perlu kalian ketahui di indonesia sendiri banyak sekali yang bermain game online mulai dari yang muda sampai dewasa, jadi tidak ada salahnya kalian memilih bisnis game online di indonesia untuk mendapatkan penhasilan.

Berikut ini beberapa asalan yang bisa menjadi acuan kenapa memilih bisinis game online di indonesia antara lain:

  1. Untuk bisnis game online sendiri saat ini sangatlah meningkat cepat dikarenakan ada nya perubahan pada industri game yang ada di indonesia, yang bisa kita lihat dari kompetisi yang di selenggarakan mau itu nasional ataupun internasional.
  2. Pada bisnis game online sendiri juga dapat dijalankan bersamaan dengan industri sektor lain contohnya saja seperti bisnis topup game online.
  3. Untuk return of investment sendiri juga sangatlah setimpal dengan pengeluaran dana dari pihak advertiser.

Kumpulan Ide dan Tips Bisnis Game Online

Setelah kalian sudah tahu mengapa memilih bisnis game online maka kali ini kita akan membahas tentang kumpulan ide dan tips bisnis game online yang bisa kalian jalankan.

Berikut ini ide dan tips bisnis game online yang bisa kalian jadikan inspirasi untuk bisa menjalankan bisnis game online kalian:

1. Jual Beli Akun Game Online

Untuk ide dan tips yang pertama kalian bisa untuk menjalankan jual beli akun game online, jika kalian hobi bermain game online tidak ada salahnya jika kalian menjual akun game yang kalian mainkan.

Soalnya banyak sekali orang yang pastinya ingin mempunyai akun game yang bagus dan kuat, jadi kalian bisa untuk menjual akun game online kalian kepada pada pelanggan kalian.

Untuk tips menjalankan bisnis ini sendiri kalian dapat untuk mempromosikan jualan kalian kebanyak media sosial serta marketplace yang bisa memberikan kalian manfaat peluang usaha game.

2. Menjadi YouTuber Gamer

Jika kalian tidak tertarik untuk membuka usaha jual beli akun game, ada alternatif lain yaitu menjadi youtuber. Dikarenakan profesi sebagai seorang youtube yang kita ketahui ini sudah tidak asing lagi, apa lagi pada negara kita tercinta yaitu indonesia.

Jadi perluang bisnis game yang bisa kalian buat adalah dengan membuat chanenl youtube yang nantinya kalian jelaskan untuk cara memaikan permainan online yang sedang banyak dimainkan oleh orang-orang. Jangan lupa juga untuk mendaftarkan adsense youtube untuk channel youtube kalian nanti nya.

3. Menjadi Streamers Games

Selain menjadi YouTuber Gamer, kalian juga bisa untuk menjadi streamers game dari salah satu game yang telah ada. Kalian bisa memulai untuk menjadi streamers di berbagai platform seperti: Youtube, Twitch, Facebook Gaming, Nimo TV, atau Cube TV.

Untuk tips nya sendiri kalian harus fokus menjadi streamers game yang dapat memberikan wawasan kepada para penonton kalian contohnya saja seperti cara bertarung atau menyelesaikan misi pada sebuah game.

4. Menjadi Jasa Joki Games

Tidak tertarik juga menjadi streamers games? tenang kalian bisa juga mencoba menjadi jasa joki games untuk usaha bisnis game online. Perlu kalian ketahui sekarang ini banyak sekali yang menjadi jasa joki game online.

Dengan cara memaikan akun pelanggan dan menyelesaikan misi pada akun tersebut atau dapat juga meningkatkan level pelanggan sesuai dengan permintaan dan juga perjanjian kepada pelanggan kalian.

Untuk tips jasa joki game adalah dengan kalian memiliki kemampuan untuk bermain game yang nanti nya pelanggan minta serta juga jangan lupa untuk memiliki koneksi internet yang memadai agar nanti nya kalian bisa meningkatkan akun pelanggan kalian.

5. Membuka Usaha Rental Game

Untuk ide bisnis yang bisa menghasilkan uang selanjutnya kalian bisa untuk membuka usaha rental game online yang nanti nya akan kalian akan menyediakan perangkat yang bisa kalian sewakan kepada pelanggan kalian.

Untuk tips membuka usaha rental game sendiri kalian dapat mempromosikan usaha kalian kepada media sosial atau teman-teman kalian yang nanti nya akan menjadi pelanggan kalian.

6. Membuat Website Seputar Games

Ide bisnis game yang bisa kalian lakukan selain membuka usaha rental game adalah menjadi blogger yang nanti nya kalia nakan membahas tentang seuptar perminaan game.

Tips nya sendiri adalah dengan kalian menulis artikel tentang seputar game baik itu tentang promo, tips dan trick dan juga kalian harus posting ke berbagai media sosial untuk bisa meningkatkan traffic pengunjung website kalian.

7. Mengikuti Kompetisi Game

Sekarang ini banyak sekali cara menghasilkan uang dari game online adalah dengan kalian menigkuti ajang kompetisi game yang diikuti banyak sekali penggemar game tersebut.

Dikarenakan pada saat game online mengadakan kompetisi yang akan diselanggarakan, hadiah pemenanga kompetisi game tersebut tidak lah sedikit maka dari itu banyak sekali orang yang membuat team untuk mengikuti kompetisi pada game.

Tips untuk mengeikuti kompetisi game adalah dengan kalian bisa berkerjasama dengan tim serta juga bisa mengasah kemampuan bermain game kalian menjadi lebih baik.

8. Jasa Pengisian Game

Pada saat ini mungkin kalian sudah tahu perangkat game konsol sudah menggunakan cara digital untuk bisa menambahkan game kepada perangkatnya.

Biasanya pada gamer sering sekali membeli game-game yang akan dimainkannya dengan cara pembayaran via kartu kredit atau ATM, akan tetapi biasanya para gamer lebih suka untuk menggunakan jasa pengisian game dikarenakan ini dianggap lebih mudah.

9. Membuka Jasa Top Up Voucher Game Online

Sekarang ini banyak sekali game online yang biasanya membutuhkan voucher untuk bsia membeli item-item premium  atau fitur-fitur yang ada pada game tersebut.

Kalian bisa untuk melakukan bisnis yang bisa kalian pertimbangkan yaitu dengan cara kalian membuka jasa top up voucher game online.  Untuk tips nya sendiri, kalian bisa share ke media sosial atau promosi ke teman-teman kalian.

Kesimpulan

Dari artikel ini kalian bisa simpulkan bahawa pada saat ini perkembangan game online di indonesia sudah sangat banyak dan telah membuak banyak sekali ide bisnis yang sangat bagus yang bisa kalian coba.

Beberapa peluang usaha yang bisa kalian jalankan yaitu:

  • Membuka warnet gaming.
  • Toko perlangkapan game.
  • Jasa top up game online.
  • jasa penyewaan game konsol.
  • dll.

Pada bisnis ini sangatlah cocok untuk kalian yang sekarang ini mempunyai minat besar pada dunia gaming, khusus nya pada game online. Selain kalian bisa menjalankan hobi kalian, kalian juga bisa untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis tersebut.

Terima kasih sudah membaca artikel "Bisnis Game Online Di Indonesia: Ide Dan Tips Cara Memulainya". Jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian juga tahu cara bisnis game online.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.