Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Cara mendapatkan uang dari tiktok aplikasi yang sedang populer pada seakrang ini yang sedang trend oleh para anak muda yang pada aplikasi tersebut dapat mengupload video hasil dari kreativitas anak mudah zaman sekarang.

Dari video berbagi Tips, Berjoget, dan momen-momen keseruan lainnya yang bebas mereka lakukan, selain para anak muda aplikasi tiktok sendiri juga di bekali fitur yang bisa kalian gunakan untuk berbagi setiap momen yang kalian upload menjadi semakin bagus, pada aplikasi tiktok ada juga cara mendapatkan uang dari tiktok.

cara mendapatkan uang dari tiktok


Sehingga kalian selain mengupload momen-momen atau berbagi tips di tiktok, kalian juga dapat untuk mendatpkan uang sehingga bisa menjadi profesi. Hal tersebut juga sudah mulai tersebar luas pada seluruh kalangan.

Mulai dari anak muda hingga orang tua juga sudah familiar dengan aplikasi tiktok tersebut, tidak hanya di indonesia saja. Aplikasi tiktok ini sudah menjadi familiar di seluruh dunia jadi tidak heran lagi dengan aplikasi ini.

Sejarah Tiktok yang perlu kalian ketahui

sejarah tiktok

Sebelum menjadi tiktok aplikasi ini bernama Douyin yang diliris oleh perusahaan dari cina yaitu ByteDance pada tahun 2016, setelah aplikasi ini diluncurkan aplikasi Douyin ini telah memiliki sekitar 100 juta pengguna yang ada di cina.

Setelah perusahaan meraih banyak sekali kuantitas yang sangat besar maka perusahaan melakukan rebranding dengan mengganti nama dari Douyin ke TikTok agar nanti dapat diterima oleh pasar global.

Ternyata usaha mereka dalam rebranding nama aplikasi itu sangat berhasil dan sudah terbukti hingga saat ini tiktok memiliki satu miliar pengguna yang aktif pada seluruh dunia, walaupun mereka sudah memiliki ratusan juta pengguna di cina atau negara belahan dunia lainnya.

Akan tetapi aplikasi ini setelah masuk Indonesia pada awalnya aplikasi TikTok ini dipandang sebelah mata dikarenakan aplikasi ini di sebut aplikasi alayers dan juga aplikasi ini sempat diblokir oleh kominfo pada tahun 2018.

Tetapi seiring waktu popularitas pada tiktok kembali berjaya pada saat pademi hingga saat ini, perlu kalian ketahui pengguna TikTok yang ada di Indonesia pada agustus 2020 saja sudah tembus angka 22,2 juta pengguna aktif.


Tentu saja itu menjadi sebuah angka yang fantastis dikarenakan tingginya angka pengguna internet yang menaik secara drastis secara global.

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Setelah berjalan lama aplikasi tiktok tidak hanya untuk media unjuk gigi saja akan tetapi aplikasi ini juga bisa menjadi untuk mendapatkan uang dalam bentuk digital, berikut ini adalah cara unutk menjadikan TikTok sebagai aplikasi penghasil uang:

1. Sponsored Content Post

Sponsored Content Post

Pada tiktok sendiri tidak seperti youtube yang mendapatkan uang dari iklan adsense akan tetapi tiktok sendiri memiliki mekanisme yang sangat berbeda seperti dengan adanya sponsored content posts yang dimana kalian akan menjadi influencer tiktok serta kalian bisa untuk mempromosikan brand tertentu.

Agar kalian dapat mendapatkan uang dari TikTok kalian harus memiliki followers ribuan atau lebih dikarenakan sebelum kalian menerima tawaran dari sponsored content posts maka kalian harus menaikkan jumlah followers pada aplikasi tiktok.


Untuk tips meningkatkan followers tiktok kalian bisa lakukan pertama kali yaitu dengan menentukan Niche konten, mengupload video yang menarik, dan jangan lupa juga untuk mengupload konten secara terjadwal dan juga mengikuti challenge time.

2. Pemasukkan dari Donasi atau Payout Coins

Selain dari sponsored content post kalian juga bisa mendapatkan uang dari tiktok dengan cara donasi yang akan diberikan oleh fans kalian pada saat kalian live streaming di tiktok.

Secara konsep ini sama dengan aplikasi lainnya yaitu twitch atau likee yang dimana ketika kalian live streaming nanti nya pada viewer akan memberikan kalian gift yang dapat kalian tukar dengan uang.


Pada dasarnya gift yang diberikan oleh viewer untuk menghargai usaha para pembuat konten atau content creator tiktok dikarenakan konten yang dibuat bermanfaat, untuk memberikan gift para viewer harus membeli dan tidak cuma-cuma.

3. Jasa Pengelolaan Akun Professional atau TikTok Manager

Cara mendapatkan uang dari tiktok adalah dengan kalian membuka jasa kelola akun tiktok yang dimiliki oleh seorang agar akun tersebut berkembang pesat, berikut ini adalah beberapa tugas tiktok manager:
  1. Dapat meningkatkan followers, like,jumlah tayangan video hingga engagement.
  2. Dapat mengatur strategi untuk content marketing.
  3. Dapat mengembangkan ide-ide yang kreatif untuk konten TikTok.
  4. Dapat mengelola tawraan kerjasama.

4. Jasa Jual Beli Akun TikTok

Bagi kalian yang ingin sekali mendapatkan uang dari tiktok kalian bisa melalukan jasa jual beli akun tiktok yang kalian perlukan adalah:
  1. Membuat akun dengan niche tertentu.
  2. Menaikkan followers, like, jumlah tayangan dan engagement.
  3. Dapat membangun komunitas dengan niche yang sama.
  4. Setelah akun menjadi besar kalian dapat jual ke brand atau perusahaan dengan niche yang sama.
Kalian bisa lakukan jual beli akun tiktok ini dengan cara meningkatkan target promosi yang dibutuhkan oleh brand ataupun perusahaan yang memiliki minat yang sama dengan bidang bisnis mereka.

Bagi kalian yang masih pemula kalian bisa membangun community marketing dan juga mengelola akun dengan berbagai topik atau minat yang nantinya kalian bisa jual.

5. Tiktok Marketing

Cara mendapatkan uang dari tiktok dengan cara menggunakan tiktok marketing yang ada pada apliaksi tikotk marketing yang bertujuan untuk kalian yang memiliki suatu brand atau ingin menarik konsumen dari apliaksi tiktok.

Untuk cara promosi yang sangat ampuh yaitu dengan cara tiktok ads, untuk bisa membangun tiktok marketing sama seperti kalian menggunakan facebook ads atau instagram ads akan tetapi tiktok memiliki algoritma yang bisa membantu kalian agar tepat sasaran yang minati.\

6. Membangun Agensi Influencer

Kalian juga bisa mendapatkan uang dari tiktok dengan cara membangun agensi yang dapat menghungkan perusahaan atau brand yang akan ingin beriklan dengan influencer tiktok, pada dasar nya agensi ini dapat menjadi perantara, koordinator sampai manajemen untuk perjanjian iklan.

Contohnya seperti mencarikan influencer yang tepat serta mengatur konsep iklan dan mengelola kerjasama, untuk cara ini cocok bagi kalian yang memiliki keahlian sebagai content marketing atau video marketing.

Akan tetapi tidak salahnya juga jika kalian ingin mencoba cara ini dengan kalian membuka agensi influencer yang dapat memberikan harga yang relatif terjangkau dari pada penawaran yang ada diaplikasi tiktok.

7. Tiktok Influencer

Untuk kalian yang ingin menjadi influencer di tiktok untuk mendapatkan uang dari tiktok bisa diraih dengan cara:
  1. Endorsement.
  2. Brand Ambassador.
  3. Marketing Afiliasi.
  4. Sponsored Content Post.
Contoh influencer yang mendapatkan manfaat dari tiktok sendiri adalah Khaby Lame yang dirinya sendiir bisa mendapatkan uang dari tiktok sampai dengan 2,7 juta dollar.

8. Promosi Musik

JIka kalian saat ini sedang senang sekali dengan dunia musik, pada tiktok sendiri juga bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang yang sangat bagus, serta juga kalian dapat mempromosikan lagu kalian diaplikasi ini contohnya saja seperti Pamungkas dengan lagunya yang To The Bone.

Terima kasih sudah membaca artikel "Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok" Jika aritkel ini bermanfaat, kalian bisa share ke teman-teman kalian siapa tau teman-teman kalian bisa mendapatkan uang dari tiktok.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.