Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Cara Membuka Usaha Kecil-Kecilan di Rumah

Cara membuka usaha kecil-kecilan di rumah sebenarnya sangatlah banyak, siapa yang bilang untuk berbisnis harus dimulai dari modal yang besar? justru pada saat menjalani usaha dengan modal kecil terlebih dahulu kalian bisa untuk mempersiapkan mental serta bisa belajar lebih banyak soal mengelola usaha.

Salah satu contohnya kalian bisa untuk bisnis dengan modal 1 juta saja untuk membuka usaha kecil-kecilan pertama kalian sudah gitu untuk modal juga tidak sulit dan resiko nya juga cukup kecil.

Untuk modal 1 juta resiko kalian juga tidak terlalu besar bagi kalian yang baru ingin memulai bisnis kecil-kecilan pastinya kalian bingung untuk memulai dari mana, beriktu ini ada beberapa tips untuk memulai bisnis kecil yang di bawah 1 juta dan apa saja contoh usaha kecil-kecilan yang bisa menjadi inspirasi kalian.

Cara membuka usaha kecil-kecilan di rumah yang bisa kalian terapkan

cara membuka usaha kecil kecilan di rumah

Kalian bisa untuk memulai usaha modal kecil untuk bsia memilih jenis bisnis yang sesuai dengan minat serta kemampuan kalian, berikut ini adalah beberapa jenis usaha yang menjanjian dengan modal kecil.

1. Konter pulsa untuk usaha kecil-kecilan

konter pulsa untuk usaha kecil kecilan

Conton membuka usaha kecil-kecilan dirumah yang pertama adalah dengan kalian menjual pulsa, ide bisnis modal kecil ini bisa dinilai menguntungkan dalam jangka panjang, kalian sudah tahu kan pada saat ini pulsa atau paket data sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat saat ini.

Maka dari itu kalian bisa untuk membuka usaha kecil-kecil dirumah dengan jualan pulsa pasti bakalan banyak yang membeli apa lagi kalau kalian membuka usaha konter pulsa ini ditempat yang strategis.


Kalian tidak perlu untuk jauh-kauh sewa tempat seperti di mall, kalian bisa untuk membuka usaha konter pulsa kalian di depan teras rumah apa lagi rumah kalian banyak sering orang lalui jadi usaha untuk membuka konter pulsa bisa kalian buka.

Untuk modal sendiri membuka konter pulsa tidak lah banyak, berikut adalah beberapa rincian untuk modal membuka usaha konter pulsa:
  1. Etalase kaca ukuran kecil : Rp. 200.000,-
  2. Kartu perdana 1 pack : Rp. 200.000,-
  3. Deposit pulsa Rp. 600.000,-
  4. Jadi total untuk semua nya adalah 1 juta.
Jika kalian tidak perlu menggunakan etalase kaca atau menjual kartu perdana kalian bisa untuk taruh penanda seperti menempelkan kertas pada depan rumah dan kalian juga bisa memberitahu tetangga kalian sekarang kalian berjualan pulsa.


Dengan begitu maka kalian bisa untuk mengalihkan modal 1 juta untuk deposit pulsa, keuntungan yang kalian peroleh sekitaran Rp. 200.000,- dengan modal tersebut kita dapat mengitung keuntung berjualan pulsa per transaksi Rp. 2.000 per transaksi isi pulsa Rp. 10.000,-

2. Membuka usaha souvenir

membuka usaha souvenir

Untuk contoh usaha kecil-kecilan yang kedua adalah membuka usaha souvenir untuk keperluan pernikahan contohnya, untuk tips nya kalian bisa untuk membuat suatu souvenir yang menarik sebagai keperluan pernikahan.


Untuk membuka usaha souvenir juga tidak lah besar, contoh nya saja seperti souvenir kain flanel yang dapat berbentuk seperti gantungan kunci, bros, atau tempat tidur. Untuk kain flanel sendiri 1 meter bisa kalian bikin 50 gantungan kunci , berikut adalah rincian modal usaha souvenir:
  1. Kain flanel 1 meter Rp. 15.000,-
  2. Gantungan kunci 5 lusin Rp. 5.000,-
  3. Lem 4 buah Rp. 2.000,-
  4. Benang jahit 1 buah Rp. 2.000,-
  5. Jarum jahit 1 buah Rp. 500,-
  6. Maintenance Rp. 3.000,-
  7. Jadi total semua nya sekitar : Rp. 27.500,-
Nanti nya kalian bisa menjual gantungan kunci sekitar Rp. 4.000,- kalian kalikan saja 50 maka nanti nya hasilnya Rp. 200.000,- biasa nya untuk pernikahan yang sederhana biasanya membutuhkan 250 gantungan kunci sekitar Rp. 1.000.000,-

Maka kalian bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp. 1.000.000 - ( Rp. 27.500,- x 5 ) = Rp. 862.500,- banyak kan?

3. Membuka usaha sarapan

membuka usaha sarapan

Jika kalian hobi masak kalian bisa untuk membuka usaha sarapan kecil-kecilan seperti berjualan nasi uduk atau lontong sayur, walaupun ini cukup mudah untuk diolah akan tetapi menu tersebut banyak sekali disukai oleh masyarakat indonesia.


Untuk membuka usaha sarapan ini tergantung pada kalian utnuk membuat sarapan yang lezat atau tidak jika sarapan tersebut enak maka banyak orang yang akan merekomendasikan makanan kalian ke orang lain maka kalian tidak perlu promosi sana sini.

4. Membuka pesanan kue

membuka pesanan kue

Untuk membuka usaha pesanan kue kalian bisa menentukan hari yang akan kalian tentukan untuk bisa menerima pesanan kue dari pelanggan kalian misalnya saja kalian membuat kue kering, kue basah atau jenis kue yang lainnya.


Perlu kalian ketahui banyak sekali yang suka dengan kue maka untuk target nya sendiri bisa ada dimana-dimana, untuk modal nya sendiri juga tergantung dari jumlah pesanan kue yang akan nanti nya di pesan oleh pelanggan kalian.

5. Membuka Warlaba minuman

Untuk bisnis kecil-kecilan di rumah kalian bisa untuk membuka waralaba minuman yang bisa kalian mulai dengan modal kecil yaitu sekitar Rp 1.000.000 akan tetapi kalian jangan asal pilih franchise minuman.

Banyak sekali pihak dari franchisor menawarkan skema balik modal yang sangat menggiurkan, akan tetapi itu bisa saja jadi jebakan betmen. Pada skema itu hanya sebatas ilustrasi saja, kalian bisa melihat ilustrasi akan tetapi kalian juga harus melihat produk nya.


Bila minuman itu lagi sangat digemari oleh masyarakat dan banyak sekali di cari maka nantinya keuntungan kalian akan besar akan tetapi bila tidak sesuai dengan pasar akan menjadi rugi jadi harus lebih berhati-hati untuk membuka warlaba minuman.

6. Jasa jahit non-obras

Untuk membuka usaha kecil-kecilan jahit tidka harus berinvestasi dengan kalian membeli mesin jahit yang mahal akan tetapi kalian juga bisa menggunakan mesin jahir bekas untuk memulai usaha jahit non-obras pertama kalian. Berikut ini beberapa rincian modal untuk membuka usaha jasa jahit.
  1. Mesin jahit bekas : Rp. 800.000,-
  2. Jarum dan benang : Rp. 300.000,-
  3. Jadi total nya adalah 1,1 juta.
Jadi nanti nya jika kalian sudah membuka jasa jahit kalian bisa untuk menawarkan kepada tetangga kalian untuk jasa vermak pakaian, bila kalian tidak sama sekali bisa menjahit kalian bisa kursus jahit terlebih dahulu.

7. Butik prevoled sistem konsinyasi

Kalian tertarik untuk menjual barang bekas? kalian bsia untuk membuka usaha butik sederhana dirumah kalian, kalian juga bisa untuk ajak teman kalian utnuk titip jual barang preloved mereka pada toko kalian dan kalian bisa mengambil untung dari setiap penjualan atau jiak kalian mempunyai pakaian yang tidak terpakai kalian juga bisa menjualanya.

Untuk rincian modal membuka usaha butik prevoled sistem konsinyasi sebagai berikut:
  1. Rak baju gantung 5 buah : Rp. 500.000,-
  2. Hanger baju 50 buah : Rp. 600.000,-
  3. Biaya tak terduga : Rp. 200.000,-
  4. Jadi semua total nya Rp. 1,3 juta
Untuk rak baju sendiri nanti nya akan kalian jadikan rak display seperti kaos, kemeja, atau dres-dress prelove untuk tips nya sendiri kalian bisa untuk mempromosikan jualan kalian ke sosisal media atau marketplace seperti facebook, instagram, shopee, tokopedia, lazada, dll.

8. Membuka usaha parkir

Jika rumah kalian berada pada tempat yang strategis seperti dekat dengan mall, perkantoran, atau stasiun. Kalian bisa untuk membuka lahan parkir untuk membantu orang-orang yang mempunyai kendaraan untuk di simpan di lahan parkir kalian.

Untuk modal usaha membuka usaha parkir sendiri tidaklah sampai sejuta kalian cukup untuk membuat protal sederhana saja yang pastinya kalian juga harus menyediakan keamanan yang harus menjaga tempat parkir kalian.

9. Membuka bisnis kaos preoder

Kalian juga bisa untuk membuka bisnis kaos preoder untuk membuka usaha kecil-kecilan di rumah kalian, perlu kalian ketahui pada industri fashion saat ini tidak ada matinya maka tidak salahnya jika kalian membuka usaha kecil-kecilan kaos preoder.

Untuk membuka usaha ini memang membutuhkan modal yang tidaklah sedikit akan tetapi kalian bisa untuk awal-awal dengan menggunakan bisnis kaos preoder. Dengan kalian menggunakan sistem preorder maka nanti nya pelanggan yang memasan kaos preorder akan membayarkan down payment (DP) atau biasa disebut uang muka terlebih dahulu.

Jadi kalian tidak pusing untuk modal nya, kalian bisa untuk memakai uang muka terlebih dahulu untuk membuka usaha bisnis kaos preoder kalian.

10. Jualan sayur-sayuran

Untuk kalian yang suka sekali belanja untuk kebutuhan rumah tangga kalian bisa untuk membuka usaha jualan sayur-sayuran di rumah kalian dengan cara kalian berbelanja sayur-sayuran serta kebutuhan bumbu dapur lainnya dipasar kemudian kalian bisa jual lagi diteras rumah kalian.

Kalian tidak perlu banyak modal untuk membuka usaha ini kalian bisa untuk menyisihkan sekitar 1 juta untuk membeli berbagai jenis sayuran, buah-buahan ataupun bumbu-bumbu dapur yang ada dipasaran.

Untuk kalian bisa menjalankan bisnis ini kalian maka harus bangun pagi gar nanti nya kalian bisa berbelanja di pasar agar tidTak kehabisan stok untuk jualan sayur-sayuran atau buah-buahan.

11. Toko kelontong

Kalian bisa untuk membuka bisnis toko kelontong untuk mendapatkan keuntungan dari contoh usaha kecil-kecilan di rumah, kalian bisa unutk menjual berbagai macam keperluan sehari-hari seperti roti, kopi, air minum, atau berberapa snack yang nanti nya kalian akan jual.

Untuk membuka usaha toko kelontong tidak perlu modal bersar kalian bisa memulai membuka usaha toko kelontong kecil-kecilan di rumah dengan modal Rp. 1.000.000,-

12. Jualan nasi goreng

Jika kalian sekarang ini memiliki hobi memasang kalian bisa untuk membuat nasi goreng rumahan pada sore hari atau malam hari. Selain nasi goreng kalian juga bisa menjual seperti kwetiaw atau mie goreng untuk usaha kalian di rumah.

Untuk memulai usaha nasi goreng kalian haru mencoba terlebih dahulu resep nasi goreng buatan kalian kemudian kalian coba kasih ke tetangga kalian agar nanti nya tetangga kalian kasih tahu resep mana yang paling cocok untuk bisnis nasi goreng kalian.

13. Usaha jus buah

Selain usaha nasi goreng kalian juga bisa membuka usaha kecil-kecilan di rumah kalian dengan modal kecil yaitu dengan kalian membuka usaha jus buah, perlu kalian ketahui jus buah sendiri banyak sekali orang yang menyukainya.

Jus buah sendiri juga banyak sekali nutrisi tubuh dikarenakan banyak sekali mengandung vitamin dan mineral yang baik buat tubuh kita, jadi tidak ada salahnya jika kalian coba untuk membuka usah jus buah dengan modal dibawah Rp. 1.000.000,-

14. Usaha dropship

Pada saat ini kita sudah tahu banyak sekali orang yang berbelanja online, maka dari itu kalian bisa untuk bisnis usaha dropship online yang paling banyak dilakukan oleh usaha kecil selain itu untuk modal nya sendiri juga minim apa lagi kalian dapat menjalankan usaha ini hanya di rumah saja.

Kalian dapat memulai usaha dropship ini dirumah dengan paket internet di setiap bulannya saja karena pada sistem dropship ini kalian tidak perlu mengeluarkan bujet yang besar, cara kerja dropship sendiri cukup mudah yaitu dengan kalian memposting produk-produk yang akan kalian jual melalui media sosial.

Kalian harus pastikan usaha dropship kalian mengandung produk-produk yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari agar nanti nya peminat produk yang kalian jual natninya terus ada, sebagai contonhya seperti baju, perabotan rumah tangga, hijab dan lain-lainn.ya

Jangan lupa juga untuk memilih reseller yang terpercaya dan kalian harus lihat review dari para pembeli di toko online yang akan kalian jadikan reseller yang nantinya produk-produk tersebut tidak akan mengecewakan pembeli.

15. Usaha laundry

Untuk kalian yang ingin sekali membuka usaha laundry untuk bisnis kecil-kecilan di rumah maka kalian harus memiliki modal yang lumayan besar sekitar Rp. 7.000.000,- sampai Rp. 10.000.000 tergantung dari kalian memakai mesin cuci dan alat seterika baju nya.

Akan tetapi kalian bisa kok memulai usaha laundry rumahan dengan modal minim yaitu dengan kalian bekerja sama dengan usaha laundry yang sudah besar yang nanti nya rumah kalian akan dijadikan tempat unutk mengumpulkan baju para pelanggan yang telah mencuci pakainnya di laundry kalian.

Tidak hanya itu kalian juga harus memilah baju tersebut berdasarkan jenis pakaian pelanggan yang nantinya kurir laundry akan datang utnuk mengambil semua pakaian tersebut jadi kalian akan mendapatkan keuntungan dari komisi setiap potongan pakaian yang dicuci oleh pelanggan.

18. Jasa cetak foto

Untuk kalian yang ingin sekali memiliki bisnis dengan modal yang kecil kalian bisa untuk membuka bisnis jasa cetak foto yang bermodalkan printer, tinta, kertas foto yang nanti nya untuk memulai bisnis jasa cetak foto kalian.

Kalian bisa untuk membeli printer dengan harga yang murah yang dapat memiliki fitur wireless jadi kalian hanya perlu smartphone kalian saja tidak perlu membutuhkan laptop atau komputer lagi jika ingin mencetak foto tersebut.

JIka kalian sekarang ini memiliki kemampuan mendesain sebuah foto maka akan manjadi nilai tambah kalian dalam bisnis jasa cetak foto tersebut apa lagi keuntungan dari foto yang nantinya kalian edit dan cetak.

19. Membuka usaha cuci motor

Pada saat ini banyak sekali orang yang memakai motor untuk berkendara ntah itu untuk bekerja, bermain, dll. Tidak sedikit juga pengguna motor yang motor nya malas untuk di bersihkan, maka kalian bisa untuk membuka usaha cuci motor.

Kalian hanya membutuhkan modal untuk pompa air, semir ban, sampo motor dan juga kain untuk mengeringkan motor pelanggan kalian. Untuk modal usaha cuci motor juga tidak besar kalian bisa memulai usaha ini dengan modal Rp. 1.000.000,- untuk membuka usaha cuci motor.

Jika bisnis kalian ini berkembang pesat maka kalian harus untuk menambah kompresor untuk kebutuhan bisnis cuci motor kalian kedepannya atau bisa juga kalian membuka cabang bisnis cuci motor lainnya di tempat lain.

20. Membuka usaha makanan beku

Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang memiliki hidup praktis termasuk dalam makanan yang di akan di komsumsi setiap hari nya, contoh nya saja seperti pekerja kantoran atau ibu muda yang lebih sering memilih makanan cepat saji yang tidak ribet.

Maka ini kesempatan kalian untuk membuka bisnis usaha makanan beku yang kalian hanya membutuh kan freezer untuk menyimpan makanan natninya.

Untuk modal nya sendiri kalian juga tidak harus membeli freezer baru kalian bisa membeli freezer bekas dengan kualitas yang bagus atau juga kalian bisa untuk menggunakan freezer kulkas kalian untuk sementara ini.

Untuk resiko dari usaha makanan beku sendiri cukup minim mengalami basi dikarenakan makanan beku yang nanti kalian juga juga akan dikemas khusus untuk tahan lama.

21. Jual mainan anak-anak

Bisnis jualan mainan anak-anak bisa menguntungkan kalian jika kalian menekuni bisnis tersebut, kalian hanya perlu modal kurang dari Rp. 1.000.000,- untuk bisa membeli mainan anak-anak di pasar yang menjual harga grosiran jadi kalian nanti nya akan mendapatkan harga grosir yang nanti nya kalian akan jual dengan harga yang lebih tinggi.

Akan tetapi kalian harus perhatikan dalam menaikkan harga untuk mainan anak-anak untuk tips nya sendiri lebih baik untung sedikit akan tetapi mainan tersebut laku banyak.

22. Jasa potong rambut

Jika kalian sekarang ini sedang menekuni passion maka kalian bisa untuk membuka jasa potong rambut, kalian hanya bermodal gunting dan alat cukur rambut maka kalian bisa untuk membuka usaha potong rambut di rumah kalian.

Untuk modal jasa potong rambut juga tidak banyak hanya bermodal Rp. 1.000.000 untuk membeli alat cukur rambut yang biasa nya dijual sekitar Rp. 150.000,- kadang ada juga yang menjual paket alat cukur rambut yang lengkap sekitaran Rp.900.000,-

Tips bisnis modal kecil

tips bisnis modal kecil

Bagi kalian yang ingin sekali bisnis kecil-kecilan di rumah tidak lah sulit jika kalian tahu strategi yang tepat soalnya banyak pengusaha yang memulai modal kecil contohnya saja seperti Ibu Susi Pudjiastuti yang bercerita bahwa dia memulai usaha perikanan dengan modal sebesar Rp. 750.000,- dan menjualnya kebeberapa restoran.

Tentu saja untuk memulai nya ibu susi tidaklah langsung mulus akan tetapi dia bekerja keras dan akhirnya dapat mengembangkan bisnis nya jadi jika kalian berkerja keras maka kalian bisa memulai bisnis kecil-kecilan kalian agar nanti nya bisnis kalian menjadi besar, ada beberapa tips bisnis modal kecil yang dapat kalian jalankan sebagai berikut:

1. Fokus

Kalian harus fokus untuk mengelola usaha kecil-kecilan di rumah maka kalian natninya akan tahu seluk beluk dari usaha kecil kalian yang nanti nya akan menjadi lebih baik. 

Kalian juga harus pastikan jangan mencampur uang pridai kalian dengan uang usaha agar nanti nya kalian tidak bingung dalam mengatur keuangan dalam usaha kecil kalian.

2. Menghitung modal bisnis

Kalian juga harus bisa untuk menghitung modal bisnis kalian sendiri yang nanti nya kalian perlukan untuk usaha kalian, kalian bisa untuk memuli menghitung dengan teliti apa saja yang akan kalian perlukan untuk membuka usaha kecil-kecilan di rumah dengan modal kecil.

Jangan lupa untuk menghindari pembelian barang yang tidak tepat untuk keperluan usaha kalian jangan sampai barang tersebut menjadi tidak berguna.

3. Pintar mengelola uang

Mengelola uang juga harus kalian waspadai apa lagi jika keuntungan awalnya tidak begitu banyak maka dari itu kalian mau tidak mau harus belajar untuk mengelola uang dengan baik agar nanti nya usaha kecil-kecilan di rumah kalian akan berkembang.

Walaupun kalian memulai usaha dari modal kecil pastikan kalian dapat memberikan waktu untuk bisa mengatur serta mengecek arus keuangan pada usaha kalian.

4. Terus berinovasi

Pada bisnis kalian harus bisa bertahan serta harus bisa dalam berinovasi, berinovasi tidak hanya dibutuhkan pada bisnis yang sudah besar saja akan tetapi juga dibutuhkan untuk lini bisnis. Kalian juga harus bisa memperbaharui produk yang dibutuhkan oleh para pelanggan kalian sehingga pelanggan kalian tidak merasa bosan.

5. Gigih

Untuk menuju kesuksesan pastinya dalam membuka usaha tidak akan dapat diraih tanpa kegigihan dari seorang tersebut, jadi jika kalian mengalami penolakan atau masalah dalam memulai bisnis kalian maka kalian harus gigih dalam menghadapi hal tersebut dan jangan menyerah apa lagi memutuskan berhenti untuk usaha tersebut.

6. Jangan terlalu larut dalam kegagalan

Untuk bisnis kecil-kecilan adalah jangan terlalu kalian larut dengan kegagalan, dalam bisnis sendiri kegagalan adalah kunci sukses untuk menuju keberhasilan maka kalian harus memiliki mental yang tangguh dan tidak mudah utnuk menyerah apa lagi kalian larut dalam kegagalan.

Jika kalian larut dalam kegagalan kalian bisa berfikir untuk mempelajari kegagalan tersebut dan juga jangan lupa untuk mengevaluasi hal tersebut agar nanti nya kalian tidak gagal lagi.

Keuntungan dan risiko mengelola usaha kecil-kecilan di rumah

keuntungan dan risiko mengelola usaha kecil kecilan

Setelah kalian dapat mengetahui tips memulai bisnis kecil-kecilan dirumah maka kalian juga harus mengetahui keuntungan apa saja yang akan kalian dapatkan ketika kalian memulai bisnis kecil-kecilan.

Jiak berbicara pada jenis-jenis usaha yang bisa kalian pilih tentu nya ada banyak sekali contoh usaha kecil-kecilan di rumah yang bisa memberikan kalian keuntungan yang besar setiap bulannya.

Akan tetapi kalian harus juga memikirkan risiko dari usaha kecil-kecilan tersebut, berikut ini adalah beberapa keuntungan dan juga risiko dalam mengelola usaha kecil-kecilan:

1. Contoh keuntungan menjalankan usaha kecil-kecilan dirumah

Untuk mengelola usaha kecil-kecilan dirumah yang dapat mendatangkan keuntungan bagi kalian, disebabkan karena kalian tidak hanya mendapatkan penghasilan dari satu bisnis usaha saja, akan tetapi kalian dapat untuk membuka usaha yang banyak sekaligus.

Walaupun tidak membutuhkan modal yang besar dan juga waktu yang diperlukan untuk memulai usaha kecil juga tidak banyak maka akan semakin cepat usaha kecil kalian akan mendapatkan respon dari kebutuhan pasar yang akan terus berubah.

Maka dari itu natni nya usaha kecil-kecilan kalian akan meningkatkan perekonomian rumah tangga kalia ndan juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi tetangga kalian, sifatnya sendiri juga fleksibel untuk membuat usaha jenis ini adalah dengan kalian mampu bertahan pada masa krisis sekalipun.

Yaitu dengan kalian berfokus pada kebutuhan pelanggan kalian dan juga dapat memunculkan inovasi baru untuk solusi alternatif ketika nanti nya terjadi krisis, keuntungan lainnya juga menjalankan usaha kecil-kecilan yaitu kalian bisa bebas untuk mengatur strategi untuk bisnis kalian sendiri.

2. Risiko menjalankan usaha kecil-kecilan di rumah

Setelah kalian tahu keuntungan menajalankan usaha kecil-kecilan di rumah maka kalian juga harus tahu risiko yang akan kalian tanggung dari pelaku usaha kecil yang sangat berpengaruh terhadap kesuskses atau tidaknya bisnis kalian.

Jadi jika kalian tidak bersungguh-sungguh dalam melakukan usaha maka kalian jangan berharap banyak dari keuntungab isnis tersebut, kalian juga harus dapat memilih lokasi yang strategis untuk bisnis kalian dikarenakan faktor dari memilih lokasi yang strategi akan meningkatkan keberhasilan usaha keicl kalian.

Kalian bisa utnuk memilih lokasi dengan modal yang minim untuk meminimalisir risiko bangkrut yang lebih besar maka dari itu kalian harus memilih lokasi yang strategis jangan memilih lokasi yang kurang strategis untuk bisnis kalian.

Jangan lupa juga utnuk memiliki sumber daya manusia (SDM), perlu kalian ketahui jika kita kekurangan SDM maka dapat membuat perputaran untuk menyediakan barang hingga pencatatan keluar masuk barang akan jadi tidak sistematis.

Selain itu untuk pencatatan keluar masuk nya barang kalian juga harus memikirkan keuangan usaha kecil dengan keuangan pribadi kalian yang harus di catat dengan baik jika kalian tidak memiliki perhitungan yang jelas maka uang pribadi kalian dan uang usaha akan tercampur yang nantinya akan menyulitkan kalian untuk menghitung untung dan rugi di dalam bisnis kalian.

Penyebab usaha kecil-kecilan di rumah bangkrut

Setelah kalian mengetahui berbagai contoh-contoh usaha kecil-kecilan di rumah maka kalian sudah tau unutk memilih bisnis kecil-kecilan sesuai dengan minat kalian dan kemampuan kalian, walaupun begitu kalian juga harus mahir mengatur modal supaya pada cashflow usaha kalian tidak mengalami defisit apa lagi sampai kalian bangkrut.

Berikut ini adalah tips untuk menghindari usaha kecil-kecilan di rumah cepat bangkrut ada beberapa hal yang harusnya kalian hindari sebagai berikut ini :

1. Tidak memiliki rencana yang matang

Walaupun kalian menjalani bisnis dalam modal kecil tidak ada salahnya jika kalian memiliki tujuan jangka pendek, jangak panjang atau strategi yang bisa kalian perlukan nanti nya. Pada perencanaan yang baik pastinya akan memudahkan kalian untuk menajalankan serta mengembangkan usaha kalain.

Kalian bisa bayangakan apa saja yang nanti nya kalian bisa capai untuk bisnis tersebut dalam waktu kedepannya dan jangan lupa juga untuk bisa menyiapkan strategi apa saja yang tepat dalam mengembangkan bisnis kalian.

Sebagai contoh kalian bisa untuk mengembangkan bisnis kalian dengan pasar yang lebih luas dan juga kalian bisa menentukan lokasi yang tepat untuk usaha kalian.

2. Kurang promosi

Apapun bisnis nya kalian harus bisa untuk memasarkan produk kalian dengan baik agar nanti nya produk yang akan kalian jual nanti nya banyak orang yang tau, kalia nbisa untuk memanfaatkan media sosial untuk dapat mempromosikan produk kalian dan juga jangan lupa untuk menawarkan promosi dengan harga diskon pada saat kalian membuka usaha tersebut.

3. Beriskap pasif

Bisnis kalian akan cepat bangkrut jika kalian bersifat pasti atau kalian berdiam diri dan menunggu pelanggan datang begitu saja, jika kalian ingin usaha dan ingin usaha kalian berhasil maka kalian harus dapat berinteraksi dengan pengusaha lainnya, calon pelanggan, calon rekan kerja dan juga orang lain untuk mendapatkan masukan dari usaha kalian.

4. Tidak berinovasi

Salah satu yang dapat membuka usaha kecil-kecilan di rumah kalian cepat bangkrut adalah dengan kalian tidak berinovasi pada usaha kalian, perlu kalian ketahui pada setiap usaha pastinya akan mengalami turunnya usaha meraka maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut kalian harus bisa berinovasi serta berkreasi untuk bisnis kalian.

Terima kasih sudah membaca artikel "Cara membuka Usaha kecil-kecilan di rumah" Jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar nanti nya teman-teman kalian tau untuk membuka usaha kecil-kecila di rumah yang baik.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.