Cara Membuat Rekening BNI: Jenis, Syarat dan Prosedur

Daftar Isi [Buka]

Cara membuat rekening BNI untuk mahasiswa sangatlah mudah, terus bagaimana cara membuat rekening BNI yang paling gampang?

Jika kalian ingin membuat rekening BNI atau ingin membuka rekening BNI tidaklah sulit.

Pada artikel ini akan membantu kalian untuk membuka rekening BNI dengan sangat mudah dan cepat.

Akan tetapi sebelum membuatnya kalian perlu tahu apa saja syarat untuk bisa membuat rekening BNI serta langkah-langkah untuk bisa membuka rekening BNI.

Apa Syarat Membuat Rekening BNI?

cara-membuat-rekening-bni

Sebelum membuka rekening BNI baru, ada beberapa syarat yang kalian harus siapkan untuk bisa membuka rekening BNI kalian sendiri yaitu:
  1. Kartu Tanda Indentitas: Syarat yang pertama kalian sudah mempunyai KTP/SIM/Passpor, Kartu Keluarga, dan lainnya. Pastikan pada kartu identitas kalian gunakan masih berlaku serta terbukti keasliannya.
  2. Uang Tunai: Uang tunai untuk setoran awal, wajib kalian setorkan pada saat kalian membuka rekening BNI. Untuk jumlah setoran awal saat kalian membuka rekening BNI dapat berbeda-beda tergantung kalian ingin membuka jenis tabungan yang kalian pilih.
  3. NPWP: Kalian juga harus menyertakan nomor pokok wajib pajak (NPWP) bagi perorangan ataupun perusahaan yang akan membuka rekening dan sudah ada NPWP nya.
  4. SIUP: Jika kalian ingin membuka rekening atas nama usaha ataupun perdagangan maka kalian harus mempunyai Surat Izin Usaha (SIUP).

Pembukaan Rekening BNI Minimal Berapa?

minimal-pembukaan-rekening-bni

Setelah kalian sudah memenuhi syarat-syarat diatas, kalian perlu untuk menyipakan sejumlah uang tunai sebagai setoran awal untuk bisa membuka rekening BNI.

Untuk setoran awal nanti nya akan diminta oleh petugas bank sesudah kalian mengisi formulir pembukaan rekening baru.

Baca Juga:

Sekedar informasi untuk setoran awal minimal untuk bisa membuka rekening BNI adalah sebesar Rp. 250.000,- jika kalian membuka rekening di luar jabodetabek.

Jika kalian membuka rekening di jabodetabek seteroan awal minimumnya Rp.500.000,-.

Apakah bisa membuka rekening BNI secara Online?

membuka-rekening-bni-secara-online

Untuk kalian yang ingin membuka rekening BNI tetapi kalian tidak mempunyai waktu untuk ke bank bni secara langsung, kalian bisa membuka rekening BNI secara online.

Berikut adalah cara untuk membuka rekening BNI secara Online:
  • Hal yang pertama kali, kalian harus mempunyai aplikasi BNI Mobile Banking dan juga kalian harus mempunyai pulsa yang cukup.
  • Setelah sudah mempunyai aplikasi BNI Mobile Banking dan juga pulsa yang cukup kalian bisa membuka aplikasi BNI Mobile Banking.
  • Setelah itu kalian pilih opsi untuk membuka rekening BNI pada aplikasi.
  • Jika sudah membukanya kalian siapkan syarat-syarat untuk membuat rekening BNI secara online yaitu: E-Ktp serta NPWP.
  • Jika sudah melengkapi syarat-syaratnya kalian bisa mengikuti intruksi yang diberikan pada aplikasi BNI Mobile Banking.
  • Setelah kalian mengikuti intruksi yang di berikan di aplikasi BNI Mobile Banking, Nanti akan dihubungi oleh petugas BNI melalui Video Banking BNI.
  • Setelah sudah di hubungi oleh pihak BNI, nantinya tabungan kalian sudah bisa digunakan serta kalian akan diberikan nomor rekening dan juga nomor kartu debit/ATM.

Jenis-Jenis Tabungan Rekening BNI

jenis-jenis-tabungan-rekening-bni

Rekening BNI memiliki beberapa jenis-jenis tabungan untuk nasabahnya, kalian harus tahu terlebih dahulu sebelum kalian membuka rekening BNI.

Jadi ketika kalian membuka rekening BNI dapat memilih jenis tabungan rekening BNI yang cocok untuk kebutuhan kalian. Berikut adalah beberapa jenis-jenis tabungan BNI:

1. Membuka Rekening BNI Taplus

Jenis rekening BNI taplus adalah jenis rekening BNI yang banyak sekali digunakan oleh nasabah BNI.

kalian bisa untuk membuka rekening jenis ini dengan kalian melengkapi beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi dibawah ini:

Persyaratan BNI Taplus

  1. Untuk persyaratan pertama, kalian bisa mengisi formulir pada aplikasi pembukaan rekening.
  2. Jika sudah kalian isi formulir pada aplikasi pembukaan rekening, kalian harus setor awal minimal Rp.500.000,- Untuk Jabodetabek jika kalian diluar jabodetabek setoran awal minimal Rp.250.000,-.
  3. Melampirkan kartu identitas:
    -Jika kalian Warga Negara Indonesia kalian harus menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)*
    -Jika kalian Warga Negara Asing kalian harus menyiapkan Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP.
  4. Kalian juga akan dikenakan biaya administrasi bulanan.
Catatan:
  • Jika KTP kalian di DKI Jakarta, kalian dapat membuka rekening pada seluruh cabang Bank BNI yang beradapa pada wilayah DKI Jakarta.
  • Jika KTP kalian non DKI Jakarta, kalian hanya bisa membuka rekening pada Bank BNI yang ada pada wilayah pemda penerbit KTP kalian.
  • Akan tetapi jika kalian membuka rekening tabungan pada luar wilayah KTP tempat ktp kalian terbit maka kalian harus melampirkan:
    -Surat Keterangan Domisili atau
    -Surat Keterangan Kerja

2. Membuka Rekening BNI Taplus Bisnis

JIka kalian ingin membuka rekening BNI Taplus Bisnis yang menjadi salah satu tabungan pada bank BNI yang banyak mendapat daya tarik bagi para nasabah Bank BNI baru ataupun yang lam.

Yang memiliki banyak sekali keuntungan untuk nasabahnya, berikut adalah cara untuk bisa membuka rekening BNI Taplus Bisnis:

Persyaratan BNI Taplus Bisnis

Perlu kalian ketahui BNI Taplus Binsis ada 2 jenis yaitu Taplus Bisnis Perorangan dan Taplus Bisnis Non Perorangan, berikut adalah syarat dari 2 jenis tabungan BNI Taplus Bisnis tersebut:

Syarat Rekening Taplus Bisnis Perorangan

  1. KTP/SIM (sesuai dengan domisili kalian jika kalian ingin membuka rekening BNI Taplus Bisnis diluar domisili KTP/SIM kalian harus menyertakan Surat Keterangan Domisili / Kerja).
  2. Peserta:
    -Wiraswasta / Pengusaha.
    -Pegawai Swasta.
    -Pegawai Negeri.
    -Perorangan lainnya yang mempunyai aktivitas transaksi yang relatif tinggi.

Taplus Bisnis Non Perorangan:

  1. Bentuk Hukum yang jelas.
  2. Surat kuasa penunjukkan pengelolaan rekening.
  3. Tanda bukti dari pejabat atau pengurus yang berwenang.
  4. Tanda bukti pemberi/penerima kuasa.
  5. Data-data seperti akte pendirian, ijin usaha, NPWP, SITU, dll.
  6. Peserta:
    -Badan Usaha, Baik itu badan Hukum seperti PT, Koperasi, Yayasan ataupun Non Badan Hukum seperti CV dan Firma.
    -Non Badan Usaha seperti asosiasi, perkumpulan, himpunan, ikatan, instansi, dan lain-lain.

3. Membuka Rekening BNI Taplus Anak

Bank BNI tidak hanya untuk orang dewasa saja yang bisa membuka rekening pada Bank BNI dapat juga membuka rekening untuk anak yang bisa menjadi tabungan untuk anak usia 0 s/d 17 tahun.


Jadi bagi kalian yang ingin membuka rekening BNI untuk anak kalian dibawah usia 17 tahun maka disarankan untuk membuka Rekening BNI Taplus Anak.

Berikut adalah syarat untuk membuka rekening tersebut:

Anak:
  • Hal yang pertama kali untuk membuka rekening BNI Taplus Anak kalian dapat mengisi formulir aplikasi data nasabah (CIF) perorangan dan formulir pembukaan rekening yang ditanda tangani oleh pihak anak/orangtua.
  • Kalian dapat melampirkan foto copy akte kelahiran / kartu pelajar / paspor/ kartu keluarga.
Orang Tua:
  • Mengisi Formulir persetujuan untuk pembukaan rekening BNI Taplus anak dan pelaksanaan transkasi yang ditanda tangani oleh orang tua.
  • Kalian harus melampirkan foto copy kartu indentitas diri seperti KTP/SIM/Paspor orang tua.

4. Membuka Rekening BNI Tappa

Pada jenis rekening BNI Tappa menjadi salah satu tabungan untuk pegawai atau anggota pada suatu perusahaan / lembaga / asosiasi / oraganisasi profesi yang dapat menjalin kerjasama dengan pihak Bank BNI yang dapat berfungsi seabgai sarana tabungan atau kartu identitas pegawai / anggota.

Persyaratan membuka rekening BNI Tappa

  1. Tabungan yang nanti diberikan oleh pegawai/anggota kepada pegawai/anggota perusahaan, lembaga, asosiasi, organisasi yang telah mengadakan kerjasama oleh pihak Bank BNI yang telah didudukkan dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) yang antara BNI dengan perusahaan, lembaga, asosiasi, organisasi tersebut.
  2. Perusahaan/Lembaga/Asosisasi/Organisasi Profesi yang sudah melakukan kerjasama kepemilikan rekening BNI Tappa sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku oleh pihak bank BNI.

5. Membuka Rekening BNI Tapenas

Untuk rekening jenis BNI Tapenas atau biasa disebut Tabungan Perencanaan Masa Depan adalah tabungan yang berjangka untuk dapat membantu kalian dalam perencanaan keungan kalian untuk bisa mewujudkan tujuan masa depan kalian yang pasti dan juga aman.

Persyaratan Membuka Rekening Tapenas

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia untuk membuka rekening ini minimal 17 Tahun atau 65 Tahun saat jatuh tempo.
  3. Sudah memiliki identitas diri (KTP/SIM/Paspor).
  4. Memiliki rekening afiliasi seperti:
    -Afiliasi BNI Tapenas IDR seperti BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis Perorangan atau BNI Giro Perorangan.
    -Afiliasi BNI Tapenas USD yaitu BNI Dollar atau BNI Giro USD perorangan.
  5. Harus mengisi Formulir pada apliaksi BNI Tapenas.
Setelah kalian sudah melihat beberapa jenis-jenis tabungan rekneing BNI diatas kalian pasti sudah dapat menentukan akan membuka jenis rekening BNI yang mana bukan? jadi saat ini kalian dapat membuka rekening BNI dengan cara berikut ini:

Cara Membuka Rekening BNI

cara-membuka-rekening-bni


Untuk kalian yang akan membuka rekening BNI baru maka kalian harus tahu beberapa langkah-langkah nya terlebih dahulu sebelum kalian membuka rekening BNI kalian. Berikut adalah beberapa langkah-langkah untuk bisa membuka rekening BNI baru:

1. Siapkan dan Lengkapi Berkas Persyaratan

Hal yang pertama kalia kalian harus bisa menentukan jenis rekening BNI apa yang akan kalian ambil serta juga kalian harus melengkapi berkas persyaratan untuk bisa membuka rekening BNI baru.

Jangan lupa kalian juga harus mengetahui apa saja manfaat serta keuntungan dari jenis rekening BNI yang akan kalian pilih.

2. Datang ke Kantor Bank BNI

Setelah dirasa persyaratan untuk membuka rekening BNI baru sudah lengkap, maka kalian bisa untuk mendatangi kantor cabang Bank BNI terdekat untuk bisa membuka rekening bank bni.

3. Mengambil Nomor Antrian

Jika kalian sudah sampai di Cabang Bank BNI maka kalian harus mengambil terlebih dahulu nomor antrian, biasanya pada saat kalian datang nanti akan disambut oleh satpam Bank BNI serta di tanya ada keperluan apa kalian datang ke Bank BNI.

Kalian tinggal bilang ingin membuka rekening BNI baru nanti satpam bank bni akan memberikan nomor antrian serta formulir untuk pendaftaran membuka rekening BNI baru. Kalian tunggu sampai nomor antrian kalian dipanggil.


Jangan lupa untuk mengisi formulir membuat rekening BNI baru yang tadi dikasih oleh satpam Bank BNI.

Jika ada bagian pada formulir yang kalian tidak paham, nanti kalian bisa tanyakan kepada customer service bank bni setelah kalian di panggil nomor antriannya.

4. Datangi Customer Service

Setelah nomor antrian kalian dipanggil oleh customer service bank bni nanti akan ditanya keperluan kalian datang ke bank bni.

Kalian sampaikan saja keperluan kalian untuk membuka rekening BNI baru sambil kalian menyerahkan formulir pendaftaran yang sudah kalian isi tadi serta berkas persyaratan untuk membuka rekening Bank BNI baru.

Setelah itu nanti kalian akan diarahkan oleh pihak Customer Service untuk langkah selanjutnya, kalian tinggal mengikuti intruksi dari pihak customer service bank bni untuk bisa membuka rekening BNI baru sampai selesai.


Setelah semua proses membuka rekening BNI baru telah selesai maka kalian nanti nya akan diberikan sebuah buku tabungan dan juga kartu ATM sesuai dengan Jenis Rekening BNI yang kalian pilih.

Terima kasih sudah membaca artikel "Cara Membuat Rekening BNI". Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian juga tahu cara untuk membuka rekening BNI baru.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel