Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Barcode QR Sendiri

Cara membuat barcode QR sendiri Sebenarnnya sangatlah gampang, perlu kalian ketahui barcode adalah sebuah kode yang dibentuk seperti pola dasar hitam dan putih yang berisikan sebuah sandi yang terdapat seperti informasi harga, nama dan sebagainya.

Biasanya barcode sendiri disebut sebagai kode qr, pada kode qr sendiri berfungsi untuk bisa membedakan suatu produk dengan lainnya dengan metode quick response, akan tetapi barcode qr tidak tercipta dengan sendiri jadi kalian harus membuatnya terlebih dahulu. Berikut panduan untuk membuat barcode qr.

Cara Membuat Barcode QR Sendiri

cara-membuat-barcode-qr-sendiri

Untuk membuat barcode qr sendiri kalian bisa menggunakan smartphone kalian atau bisa juga menggunakan laptop atau komputer kalian.

1. Membuat Barcode QR Sendiri Menggunakan Android

membuat-barcode-qr-sendiri-menggunakan-android

Untuk kalian membuat barcode sendiri menggunakan android kalian bisa ikutin panduan berikut ini:
  1. Hal yang pertama kali kalian bisa kunjungi playstore terlebih dahulu untuk mendownload aplikasinya.
  2. Setelah itu kalian masukkan kata kunci "barcode generator".
  3. Nanti kalian tinggal klik download.
  4. Setelah kalian download terus membuka aplikasi barcode generator.
  5. Kalian tinggal klik "Tambahkan Kode".
  6. Lalu kalian pilih gaya barcode qr yang akan kalian buat.
  7. Setelah itu kalian bisa tinjau barcode qr yang telah kalian buat yang berada pada sebelah kiri.
  8. Nanti kalian akan melihat beberapa opsi konten, jangan lupa pada bidang atas untuk bisa kalian atur teks atau angka dasar untuk dapat memindai barcode qr kalian.
  9. Setelah itu kalian harus memasukkan nomor telepon, situs web dan juga informasi lainnya. dikarenakan format tersebut dapat menampung lebih banyak informasi.
  10. Jika sudah kalian masukkan teks yang ada pada bidang relevan.
  11. Nanti kalian tinggal klik tanda centang yang berada pada kanan atas untuk dapat menyesuaikan barcode qr kalian.
  12. Setelah itu kalian klik tombol pensil yang berguna untuk mengedit atau klik ikon kartu sd untuk dapat menyimpan ke smartphone kalian.

2. Membuat Barcode QR Sendiri Menggunakan Komputer atau Laptop

membuat-barcode-qr-sendiri-menggunakan-komputer-atau-laptop

Untuk kalian yang menggunakan komputer atau laptop untuk bisa membuat barcode qr kalian sendiri, kalian dapat menggunakan website untuk membuat barcode kalian. berikut adalah caranya:
  1. Hal yang pertama kali kalian bisa membuka website https://id.qr-code-generator.com
  2. Setelah membuka website tersebut kalian dapat memilih file yang akan kalian buat untuk membuat barcode qr kalian sendiri.
  3. Setelah itu kalian bisa klik "Buat Barcode QR" yang ada pada kolom berwarna hijau.
  4. Jika kalian ingin tracking code maka kalian hanya perlu melakukan registrasi pada website tersebut. jika tidak ingin tracking code kalian tidak perlu untuk mandaftar pada website tersebut.
  5. Setelah itu nanti kalian akan melihat barcode kalian yang ditampilkan website tersebut.
  6. Kalian juga bisa mengedit barcode qr kalian sendiri.
  7. Jika sudah kalian bisa mendownload dengan cara klik unduh.

Bagaimana Cara Kerja Barcode QR?

bagaimana-cara-kerja-barcode-qr

Perlu kalian ketahui pola yang ada pada barcode qr mewakili kode biner yang bisa ditarfsikan untuk dapat mengungkapkan data kode yang nantinya pembaca qr dapat mengindentifikasi kode berdasarkan tiga kotak besar yang berada pada luar barcode qr.

Setelah pembaca qr mengidentifikasi ketiga bentu itu nanti akan tahu semua yang ada pada dalam kota barcode qr tersebut yang nanti nya pembaca barcode qr akan menganalisa barcode qr tersebut serta memecah semuanya menjadi kotak.


Dari situ lah yang dapat memberikan masing-masing nilai yang diurutkan berdasarkan warna hitam serta putih yang kemudian akan dikelompokkan untuk membuat sebuah kode.

Terima kasih sudah membaca artikel " Cara Membuat Barcode QR Sendiri ". Jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian tahu cara membuat barcode qr sendiri.
Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.