Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya

 Bagian-Bagian komputer dan fungsinya - Komputer adalah sebuah perangkat elektronik atau mesin yang terdiri dari berbagai macam komponen yang saling terhubung serta terintegrasi dengan aturan-aturan yang tertentu.

Sehingga komputer dapat digunakan untuk alat atau mesin yang bisa mengolah data, komptuer sendiri dibuat dengan tujuan untuk bisa mempermudah pekerjaan dan aktivitas manusia.

Contohnya seperti berkomunikasi dengan mudah dan praktis yang bisa mengirimkan email, video call, chat, dan sebagainnya. Dengan adanya komputer sendiri akan bisa mempermudah kalian utnuk mengkases berbagai macam informasi yang ada di seluruh dunia.

Tidak hanya itu komputer juga bisa kalian gunakan untuk hiburan sepert bermain game, mendengarkan musik, menonton video, menonton film dan seabgainnya.

Komputer sendiri dapat bekerja dengan baik untuk bisa membantu kegiatan serta aktivitas manusia, untuk membangun suatu komputer ada berabgai macam perangkat yang diperlukan.

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya

Bagian-Bagian Komputer dan Fungsinya

Ada beberapa bagian-bagian yang penting untuk membangun komputer yang bisa kalian ketahui pada artikel ini sebagai berikut ini:

1. Casing Komputer

Casing Komputer

Untuk casing komputer adalah sebuah bagian dari komputer yang biasanya digunakan untuk wadah utama bagian-bagian komputer seperti CPU, Fan, Motherboard, dan sebagainya.

Untuk motherboard sendiri pada umumnya berbentuk kotak dan digunakan sebagai rumah komputer, walaupun casing kurang penting akan tetapi memiliki bermacam fungsi yang cukup penting untuk bagian komputer.

Contohnya seperti menyusun bagian-bagian perangkat komputer yang kalian miliki untuk terlihat rapi serta casing juga berfungsi untuk melindungi bagian-bagian komputer yang ada seperti CPU, RAM, Disk dan sebagainnya.

Selain itu casing juga dapat meminimalisir kerusakan serta mejaga perangkat tetap aman jika terkena sesuatu yang bisa merusak perangkat tersebut seperti air, debu, terbentur dan seabgainyna.

2. Power Supply Komputer

Power Supply Komputer

Power supply adalah bagian dari perangkat komputer yang berfungsi untuk menyuplai atau memberikan tegangan langsung untuk bagian komponen pada komputer yang memerlukan tegangan listrik seperti hardisk, fan, motherboard, dan sebagainyna.

Pada power supply bekerja untuk menurunkan tegangan listrik yang akan masuk pada komputer, misalnya tegangan listrik yang akan masuk 220 V AC maka nanti akan dijadikan 3 ukuran tegangan yaitu 5 V DC, 3.3 V DC, dan 12 V DC.

Pada setiap tegangan tersebut memiliki fungsi serta kegunaan yang berbeda-beda seperti 3.3 Volt DC hingg 5 Volt DC berfungsi untuk memberikan tegangan listrik kepada rangkain digital yaitu processor.

Sedangkan utnuk tegangan 12 Volt DC berfungsi untuk memberikan tegangan listrik kepada perangkat seperti fan, hardisk, drive cd atau optical driver.

Untuk kapasitas power supply ini dihitung dengan ukuran watt jadi jika pada komptuer tidak memiliki perangkat power supply maka komputer tersebut tidak bisa berjalan dikarenakan power supply merupakan perangkat yang memberikan tegangan kepada perangkat yang ada pada casing komputer.

3. Motherboard Komputer

Motherboard Komputer

Motherboard adalah bagian yang paling penting untuk komputer dikarenakan motherboard sendiri memiliki fungsi yang berguna untuk bisa menghubungkan komponen-komponen yang ada pada komputer.

Komponen-komponen yang ada pada komputer seperti processor, ram, video card, disk dan sebagainnya yang bisa saling terhubung dan bekerja dengan semestinya.

Motherboard merupakan bagian yang paling penting pada perangkat komputer yang memiliki wujud seperti sirkuit atau pcb yang tertanaman pada macam-macam komponen elektronik sehingga bisa menghubungkan berbagai perangakt yang diperlukan untuk bisa mengoperasikan komputer.

Pada umumnya motherboard mempunyai beberapa komputer seperti CPU fan connection atau kipas port, slot ram, port power, ide sekunder, ide primer, konektor sata, panel connector system, slot pci express, serial port connection, slot vga, slot pci, socket processor, line out jack, microphone jack, dan baterai cmos.

4. Prosesor Komputer

Prosesor Komputer

Prosesor adalah bagian yang pernting juga untuk komputer dan biasanya disebut sebagai otak dari komputer dikarenakan processor ini bertugas untuk bisa menjalankan sekaligus untuk mengendalikan kegiatan yang ada di dalam komputer serta bisa saling terintergrasi atau terhubung dengan perangkat lain yang ada pada komputer.

Untuk satuan kecepatan atau kemampuan prosesor biasanya menggunakan ukuran Mhz atau biasa disebut Mega Heartz dan Ghz atau Giga Heartz yang dimana makin tinggi kecepatan prosesor maka akan semakin bagus untuk mengerjakan berbagai tugas yang diberikan.

Prosesor memiliki 3 bagian utama untuk bisa mengerjakan serta memproses tugas yang akan diberikan yaitu:

  • ALU atau Arithmatics
  • Logical Unit yang dapat berfungsi utnuk mengurus semua hal yang berhubungan dengan aritmatika.
  • MU atau Memory Unit berfungsi sebagai alat utnuk bisa mengatur data yang ada.

5. Chipset Komputer

Chipset Komputer

Chipset adalah bagian yang ada pada komponen komputer yang berbentuk Integrated Circuit atau komponen yang dibuat dengan bahan atau material semi conductor yang ukurannya kecil pada komputer.

Komponen chipset berfungsi utnuk mengatur lalu lintas yang ada pada komputer seperti mengarahkan aliran data yang sedang ada pada komputer serta menentukan perangkat apa yang bisa didukung untuk komputer tersebut.

Chipset bertugas untuk mengarahkan data dari central processing unit ke dalam chipset tersebut, komponen chipset juga memiliki 2 bagian utama yaitu:

  • Southbridge bertugas untuk dapat mengelola serta mengatur ISA Bus serta bisa menjembatani ISA Bus dengan PCI Bus.
  • Northbridge bertugas untuk mengatur bagian seperti slot pci ekspansi, house bus, cache memory, dan main memory.

6. RAM Komputer

RAM Komputer

Random Access Memory atau RAM adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi utnuk mempercepat dari pengolahan serta pemrosesan data yang ada pada komputer.

RAM merupakan salah satu jenis memori yang hanya bersifat sementara pada saat komputer beroperasi, untuk penamaan random dikarenakan untuk data yang disimpan pada ram diakses secara acak.

Semakin besar ukuran ram akan semakin tinggi juga kecepatan ram maka akan semakin cepat juga kinerja komputer kalian dalam memproses data yang diolah.

7. ROM Komputer

ROM Komputer


Read Only Memory atau ROM adalah sebuah perangkat komponen komputer yang berbentuk seperti chip memori dengan sifat semi kondukter yang hanya bisa dibaca, data yang ada di rom sendiri bersifat permanen sehingga jika data atau program yang sudah ada pada rom akan seulit unutk dihapus atau diubah.

Maka dari itu untuk memasukkan data program ke dalam ROM biasanya tidak dapta dilakukan dengan mudah serta komponen ini biasanya digunakan untuk menyimpan program perangkat lunak yang penting untuk perangkat keras yang akan terhubung ke komputer.

8. Baterai CMOS Komputer

Baterai CMOS Komputer

Complementary Metal Oxide Semiconduktor atau CMOS adalah bagian komponen komputer yang berupa baterai utnuk digunakan pada BIOS agar tetap aktif walaupun tanpa ada aliran listrik yang masuk sehingga bisa menyimpan data walaupun tidak ada sumber daya.

CMOS berfungsi untuk menyimpan pengaturan program, informasi waktu dan tanggal, waktu pembuatan komputer serta program diagnosa.

Keitka kalian menyalakan komputer cmos ini memiliki tugas untuk memeriksa dari konfigurasi lain yang ada pada komputer sepert hardisk dan raid, perangkat periphal, pengaturan boot, dan sebagainnya.

cmos juga bisa digunakan untuk pengaturan meningkatkan performa pada komputer sepert overclocking.

9. Fan Komputer

Fan Komputer

Fan adalah kipas yang ada pad komputer yang berfungsi untuk mengelurkan udara pada yang dihasilkan oleh mesin serta menggantinya dengan udara seegar yang akan disedot dari luar.

Untuk loaksi fan sendiri biasanya terletak di dekat CPU serta VGA dikarenakan kedua komponen tersebut merupakan komponen yang mudah cepat panas.

10. Sound Card Komputer

Sound Card Komptuer

Souncard adalah Bagian dari hardware atau perangkat keras yanga ada pada komputer yang berfungsi untuk memproses sistem menjadi suara serta dapat memproduksi suara atau mengelolah input dan output suara.

Pada umumnya soundcard untuk posisi pemasangannya ada 3 jenis yaitu sound card onboard atau sound card yang posisinya biasanya menempel atau diletakkan secara langsung pada motherboard.

Sound card offboard adalah sound card yang posisi pemasangannya biasanya melalui slot PCI atau ISA.

Sound Card External adalah soundcard yang posisi pemasagannya ada pada luar komputer yang biasanya terhubung kedalam komputer dengan menggunakan slot USB ataupun fire wire.

11. Video Card (VGA) Komputer

Video Card (VGA) Komputer

Video Gprapichs Array atau VGA adalah bagian komponen yang berfungsi untuk mengubah atau mengola serta menterjemahkan sinyal digital yang diterima komputer untuk menampilkan atau output pada monitor agar bisa dilihat oleh manusia.

Untuk kualitas kartu grafis berpengaruh terhadap performa komputer jika kalian menggunakannya untuk desain grafis seperti membuat video, animasi, mengedit foto dan seabgainnya.

Selain itu pada vga ini juga berpengaruh terhadapat hal lain seperti pemrosesan gambar pada saat kalian bermain game maka jika kartu grafis kalian bagus gambar yang akan ditampilkan akan semakin bagus juga.

Pada saat ini sudah banyak sekali kartu grafis yang memiliki kemampuan untuk mengelolah gambar yang sangat mumpuni serta tertanaman fitur graphic accelerator chipset yang berguna untuk memaksimalkan dari kinerja komputer untuk memproses gambar.

12. Cooler Komputer

Cooler Komputer

Coolor adalah sebuah pendingin yang bertugas untuk mendinginkan suhu pada perangkat-perangkat serta komponen yang ada pada komputer agar tidak mengalami overheat.

Cooler sendiri mempunyai berabgai jenis salah satunya fan atau kipas dan heatsink yang biasanya berbentuk logam dan terbuat dari bahan tembaga.

Pada heatsink fan merupakan kombinasi dari kipas yang dijadikan satu yang dimana proses pendinginan akan lebih efektif dari pada menggunakan heading saja.

Dikarenakan kipas aliran udara yang ada pada komputer akan menyebabkan aliran udara menjadi lebih bagus serta terjaga.

Banyak sekali cooler yang bisa kalian gunakan pada perangkat komputer seperti water cooling, dry ice, thermoelectric cooler, phase-change cooler dan sebagiannya.

13. Keyboard Komputer

Keyboard Komputer

Keboard adalah salah satu perangkat input komputer yang bisa kalian gunakan untuk kebutuhan input data dari user seperti mengetik atau melakukan kontrol fungsi untuk masuk ke task manager dengan menekan ctrl + alt + del dan sebagainnya.

Baca Juga:
Cara Menggunakan Keyboard dan Mouse

Untuk keyboard sendiri ada bermacam jenis yang bisa kalian gunakan untuk mengetik serta memberikan perintah ke komputer seperti klocknenberg, keyboard maltron, aplhabetic, numeric, dan sebagainnya.

14. Mouse Komputer

Mouse Komputer

Selain keyboard untuk alat input ada juga mouse yang berfungsi untuk menggerakan kursor yang ada pada monitor komputer kalian, mosuse sendiri juga memiliki fitur dasar yaitu fungsi klik kanan, klik kiri dan juga ada scroll yang ditengah utnuk melakukan scroll dengan mudah.

Berikut ini merupakan beberapa dari fungsi mouse yang bisa kalian ketahui:

  • Memberikan perintah klik atau double click.
  • Melakukan zoom in serta zoom out.
  • Memberikan perintah tertentu pada suatu program.
  • Mempermudah pekerjaan saat mendesain gratif serta bermain game.
  • Klik dan tahan serta drag and drop.
  • Melakukan scroll pada layar dengan cepat.

15. Monitor Komputer

Monitor Komputer

Monitor adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk ouput untuk menampilkan berbagai macam gambar atau data lainnya yang bisa diproses sehingga bisa dilihat secara visual.

Gambar yang akan ditampilkan pada monitor adalah hasil dari proses data dari inforamsi yang sebelumnya masuk melalui alat input, ada berabgai macam jenis monitor dari ukuran layar, resolusi, bentuk fisik, komponen yang ada pada monitor tersebut.

Untuk contoh monitor yang biasa kalian lihat seperti monitor led, monitor lcd, monitor tabung, monitor plasma dan monitor oled.

Ada banyak sekali komponen-komponen komputer baik itu primer ataupun sekundur unutk bisa melengkapi sebuah komputer, jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian.

Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.