Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara UNREG Kartu Telkomsel

Kalian pengguna kartu telkomsel serta ingin tau cara unreg kartu telkomsel? maka pada artikel ini kiraky akan kasih tahu kalian informasi serta cara unreg telkomsel dengan mudah menggunakan SMS, dial-up, call center atau dengan mendatangi langsung ke kantor GRAPARI terdekat di kota kalian.

Supaya kalian tahu bagaimana cara menonaktifkan kartu telkomsel maka kalian jangan lupa untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Mengapa Harus UNREG Kartu Telkomsel?

Mungkin saat ini kalian memiliki smartphone lebih dari satu yang biasa kalian gunakan, seperti kegiatan kerja atau kegiatan pribadi seperti bermain game.

Supaya smartphone kalian dapat berfungsi maka kalian harus memasukkan kartu operator selular supaya dapat menerima telepon, sms serta mencari informasi di internet menggunakan layanan dari operator tersebut.

Maka dari itu supaya kartu operator bisa berfungsi, kalian harus registrasi nomor kalian, akan tetapi biasanya ada beberapa orang menggunakan lebih dari 3 kartu dari satu operator yang sama.

Maka proses untuk registrasi nomor keempat nanti dengan operator yang sama akan jadi bermasalah, dikarenakan pada surat edaran Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) pada nomor 01/2018 dan Surat Ketetapan BRTI nomor 3/2008.

Setiap pengguna hanya diperbolehkan melakukan registrasi 3 nomor provider pada satu operator yang sama, maka dari itu kalian harus unreg kartu jika kalian sudah menggunakan 3 nomor dari satu operator yang sama.

Hal tersebut untuk kalian bisa mendaftarkan nomor baru kalian, jadi kalian harus mengorbankan satu nomor untuk di unreg, agar nomor kalian yang baru bisa aktif. Terus bagaimana cara unreg telkomsel? berikut ini adalah cara menonaktifkan kartu telkomsel yang bisa kalian lakukan.

Cara Unreg Kartu Telkomsel

Cara Unreg Kartu Telkomsel

Bagaimana cara unreg telkomsel? pada artikel ini ada 4 cara yang bisa kalian lakukan untuk dapat berhenti menggunakan layanan dari operator telkomsel, untuk empat cara unreg kartu telkomsel sebagai berikut ini:

1. Cara UNREG Kartu Telkomsel Melalui SMS

Cara UNREG Kartu Telkomsel Melalui SMS

Untuk dapat unreg kartu telkomsel melalui SMS kalian bisa mengikuti beberapa langkah-langkah sebagai berikut ini:

  • Kalian harus menggunakan terlebih dahulu nomor telkomsel yang akan kalian unreg.
  • Setelah itu kalian bisa buka aplikasi pesan atau mesasge pada smartphone kalian.
  • Tinggal kalian ketikkan UNREG#Nomor Kartu Keluarga.
  • Setelah itu tinggal kalian kirim ke nomor 4444.
  • Jangan lupa untuk kalian pastikan nomor kartu keluarga kalian terisi dengan benar.
  • Nanti akan ada notifikasi status nomor telkomsel kalian sudah di unreg.

2. Cara UNREG Melalui Dial-Up

Cara UNREG Melalui Dial-Up

Selain menggunakan SMS kalian juga bisa unreg dengan cara yang lebih gampang yaitu dengan menggunakan dial-up USSD untuk cara unreg telkomsel melalui dial-up kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  • Kalian harus gunakan nomor telkomsel yang akan kalian unreg dan kalian siapkan KTP serta KK.
  • Setelah itu kalian tinggal ke menu panggilan pada smartphone kalian dan ketikkan *444# dan panggil.
  • Setelah itu kalian balas '3', kode ini adalah kode untuk memproses menu unreg.
  • Nanti kalian akan di minta memasukkan nomor kartu keluarga (KK) yang kalian gunakan pada saat registrasi nomor telkomsel kalian.
  • Tinggal kalian tunggu notifikasi status unreg dari kartu telkomsel kalian.

3. Mendatangi Kantor GraPARI Untuk UNREG Telkomsel

Mendatangi Kantor GraPARI Untuk UNREG Telkomsel

Selain menggunakan SMS serta Dial-up untuk cara unreg kartu telkomsel kalian bisa mendatangi kantor GRAPARI terdekat dan jangan lupa untuk membawa kartu keluarga (KK) pada saat kalian mengunjungi GRAPARI.

Nanti setelah kalian datang ke kantor GRAPARI tinggal kalian sampaikan ke petugas GRAPARI jika kalian ingin unreg kartu SIM Telkomsel kalian, tidak hanya kalian bisa unreg tapi kalian juga bisa untuk upgrade kartu telkomsel ke 4G di GRAPARI.

4. Melalui Call Center Telkomsel

Jika kalian malas untuk datang ke kantor GRAPARI maka kalian bisa untuk menghubungi 188 dari smartphone kalian untuk bisa menghubungi call center telkomsel.

Kalian tinggal menyampaikan ingin melakukan unreg kepada call center telkomsel dan jangan lupa untuk menyiapkan KTP serta Kartu Keluarga yang kalian gunakan pada saat registrasi kartu telkomsel kalian.

Cara UNREG Kartu Hilang/Rusak

Jika kalian ingin unreg telkomsel akan tetapi kartu SIM telkomsel kalian sudah hilang atau rusak maka kalian bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini untuk dapat unregg kartu telkomsel yang hilang atau rusak.

  • Kalian bisa kunjungi kantor GRAPARI terdekat dan jangan lupa untuk mempersiapkan KTP serta Kartu Keluarga kalian.
  • Nanti tinggal ke mesin MyGRAPARI dan tinggal kalian pilih menu Kartu SIM Hilang/Rusak.
  • Setelah itu kalian akan diminta memasukkan nomor telkomsel kalian yang rusak atau hilang tadi.
  • Selanjutnya kalian masukkan nomor KTP serta nomor Kartu Keluarga kalian pada saat registrasi kartu telkomsel kalian.
  • Jika sudah semua maka nanti mesini MyGRAPARI akan mengeluarkan kartu baru dengan nomor yang sama dari kartu kalian yang rusak atau hilang tadi.
  • Setelah kalian mendapatkan kartu baru maka kalian tinggal pilih cara unreg kartu telkomsel diatas.

Note: Jika kalian sudah mendatangi kantor GRAPARI akan tetapi tidak ada mesin MyGRAPARI maka kalian bisa langsung datang ke customer service serta kalian tinggal bilang ingin unreg kartu SIM Telkomsel.

Gampang bukan artikel tentang cara unreg kartu telkomsel? kalian tinggal mengikuti beberapa langkah diatas seperti SMS, dial-up, tlp call center atau bisa datang langsung ke GRAPARI terdekat di kota kalian untuk unreg nomor telkomsel kalian.

Selain unreg kartu telkomsel mungkin kalian tertarik juga pada artikel cara stop paket telkomsel, jika artikel ini bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian.


Kiraky
Kiraky Kiraky adalah penulis utama dari blog ini yang sudah aktif dalam menulis di blog sejak 2008 dan suka membuat artikel tentang informasi, tips, dan trick.